4 Aplikasi Pengolah Kata Untuk Hape Android

4 Aplikasi Pengolah Kata Untuk Hape Android

Dulu sebelum adanya hape android jika ingin menyalurkan hobi menulis kita harus mempunyai laptop agar lebih efisien. Namun, sekarang ini perkembangan jaman sudah begitu sangat maju. Hanya dengan modal hape android, Google Playstore dan kuota interet kita bisa menulis dengan pengalaman yang sama seperti menulis di PC.

Berikut adalah aplikasi-aplikasi pengolah kata yang menurut pendapat pribadiku sangat baik performanya untuk membantu kalian dalam menyalurkan hobi menulis, mengerjakan tugas sekolah maupun menyelesaikan pekerjaan kantor.

4 Aplikasi Pengolah Kata Untuk Hape Android
  • WPS OFFICE+Pdf
Wpslogo
Sumber gambar wps.com


Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi word favoritku. Karena lewat aplikasi ini aku bisa menyalurkan hobi menulisku dan mengikuti beberapa lomba menulis. Sebelum mengenal aplikasi ini aku dulu sempat bingung untuk menulis di aplikasi apa supaya tulisanku bisa berkualitas. Karena aku sendiri tidak punya laptop dan hapeku sangat jadul untuk mendownload aplikasi pengolah kata milik Microsoft Word. Setelah mencari ke sana-ke mari dan akhirnya menemukan aplikasi milik Kingsoft ini.

Aplikasi ini sudah dirilis sejak 32 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1988 dengan nama Kingsoft Office. Namun sejak beberapa tahun yang lalu berubah nama menjadi WPS Office + Pdf yang diambil dari singkatan Writer, Presentation, dan Spreadsheets. Pada tahun 2015 WPS Office mendapatkan penghargaan dari Google Playstore sebagai aplikasi terbaik, aplikasi pilihan Editor dan Pengembang Populer. Serta sudah di download lebih dari 700 juta orang. Ukurannya yang kurang dari 37MB juga tidak begitu memakan ruang untuk hape yang hanya memiliki kapasitas RAM kecil. Aplikasi ini juga sudah kompatibel dengan Microsoft Office Word.

Namun bagaimanapun juga ada sedikit fitur yang menurutku masih menjadi kendala. Pertama soal font, kita harus berlangganan untuk mendapatkan font dengan kualitas yang sama seperti di PC, tapi jika tidak punya uang kita cukup menyediakan kuota internet dan mencari font gratis di Google, banyak kok website yang menyediakan font gratis. Yang kedua, pengaturan batas margin. Pada aplikasi ini mengatur batas margin adalah masalah yang cukup membuatku jengkel, karena di aplikasi ini kita harus menggeser sebuah garis untuk mengatur batas margin. Tidak seperti di PC yang cukup memasukkan angka saja.

  • POLARIS OFFICE SUITE
Polarisofficelogo
Sumber gambar googleplaystore.com


Pengolah kata yang satu ini memang cukup asing di dengar telinga. Namun aplikasi milik Infraware, INC ini memungkinkan kita melakukan serangkaian pengeditan format file Microsoft Office dan tampilan file PDF. Sama persis seperti aplikasi di atasnya. Polaris Office juga sudah kompatibel dengan Microsof Office. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin mengedit file yang kita kerjakan di PC.

Pada aplikasi ini font yang kita perlukan sudah tersedia di sana, kita juga bisa memformat batas margin layaknya di komputer, yaitu cukup dengan mengganti angka-angka tanpa perlu ribet menggeser garis. Namun, ketiadaan tampilan lembar kerja secara ponsel menjadi kendala yang cukup berarti. Pasalnya ketika kita ingin membaca ulang hasil tulisan kita akan sangat merepotkan karena kita harus menggeser ke kanan, kiri, lalu bawah.

  • MICROSOFT WORD FOR ANDROID
gambarlogomsword
Sumber gambar googleplaystore.com


Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Sejak mengenal komputer pasti yang pertama disuruh membuka oleh guru adalah aplikasi ini.

Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi lain, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984). Namun setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Seiring perkembangan jaman yang maju, Microsoft Office Word juga melakukan pelebaran sayap dengan membuat aplikasi word yang bisa digunakan di hape android.

Aplikasi ini membawa fitur yang hampir mirip dengan aslinya. Font yang tinggal dowload membuat kita lebih mudah dalam menulis, juga untuk pengaturan batas margin. Cukup memasukkan angkanya saja sama seperti di PC. Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk mengubah lembar kerja ke bentuk ponsel. Sehingga sangat memudahkan kita dalam mengoreksi penulisan.

  • GOOGLE DOCS
    Logogoogledocs
    Sumber gambar googleplaystore.com


    Google Docs merupakan aplikasi milik Google dengan penyimpanan data berbasis web gratis yang menyediakan layanan penyimpanan data hingga maksimum 1 GB per berkas yang diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai aplikasi web, aplikasi seluler untuk Android, iOS, Windows, BlackBerry, dan sebagai aplikasi desktop di Google ChromeOS.


    Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup ringan dibanding dengan tiga aplikasi pengolah kata yang sebelumnya kita bahas. Namun walaupun begitu Google Docs sudah kompatibel dengan format berkas Microsoft Office Word dan memiliki fitur yang hampir sama dengan ketiga aplikasi sebelumnya. Sangat cocok untuk kamu para blogger yang selalu punya ide tiba-tiba.

    Sepertinya hanya itu yang bisa aku tulis teman. Bila masih ada yang kurang mohon di maklumi saja. Ambil yang positifnya dan buang yang negatif. Terimakasih, semoga membantu. Salam literasi!

      Tags: Android

      Aplikasi 3 months ago
      Loading...
      10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

      10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

      Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

      close

      Mengenal Vebma

      Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

      Apa yang anda dapat?

      Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

      Apa saja yang bisa kamu tulis?
      Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

      Advertiser
      hello@vebma.com