Peluang Bisnis Pemasaran Melalui Endorse di Instagram

Peluang Bisnis Pemasaran Melalui Endorse di Instagram

Dengan maraknya sosial media yang beredar, bertambah pula peluang bisnis yang tak kalah menjanjikan di era kekinianseperti sekarang ini. Hanya dengan modal upload foto dan video, kita bisa menjadi jutawan dalam sekejap mata. Instagram adalah salah satu jalan untuk menjadi jutawan bagi generasi millennial yang umumnya fokus mengejar passiondan malas bekerja di perkantoran. 

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terbesar saat ini. Menurut hasil survey WeAreSocial.net, Instagram menduduki peringkat ke tujuh sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Aplikasi ini dirilis pada 6 Oktober 2010 oleh Kevin Syntrom dan Mike Krieger dan diambil alih oleh Facebook senilai US$ 1 miliar. 

Total penggunanya berkisar800 juta pada Januari 2018 dan 55 juta dari Indonesia menjadikan Instagram sebagai saluran pemasaran yang sangat besar; dalam artian Instagram dapat menjangkau ragam audience dari berbagai kalangan yang tidak terbatas pada lokasihanya dengan unggahan foto dan video.

Unggahan video dan foto merupakan fitur utama yang ditawarkan Instagram. Pengguna dapat membagian foto dan video yang berdurasi maksimal 1 menit dalam setiap postingan.Tak hanya itu, Instagram juga saat ini menambahkan fitur seperti polling, questions, countdown, berbagai macam filter wajah dan juga GIF yang disatupadankan dalam Instastory. Fitur ini diadaptasi oleh Snapchat yang merupakan aplikasi membagian momen yang hanya berdurasi 1 hari. 

Instastorytelah digunakan oleh 200 jutaan pengguna aktif Instagram dan berhasil mengalahkan Snapchat yang hanya digunakan oleh 161 juta orang. Angka tersebut juga kerap menurun dengan berjalannya waktu. Menurut TechCrunch, hal ini juga berdampak pada saham Snapchat yang turun 1,25 persen pada pertengahan April 2017. 

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan Instagram, menjadikannya sebagai lahan baru marketing yang dapat meraup keuntungan besar.Instagram yang mulanya hanya diisi oleh akun pribadi mulai menambah menjadi lahan bisnis dengan keuntungan yang besar. Munculah pengguna dengan puluhan ribu pengikut yang mulai memasarkan berbagai macam produk atau endorsement.

Selebriti Instagram atau yang sering dikenal dengan sebutan "selebgram” adalah istilah bagi para pengguna media sosial Instagram, tak jauh berbeda, mereka pun memiliki pengikut dan fans setia yang banyak karena unggahan foto dan videonya yang menarik. Mereka kerap membagian kegiatan kesehariannya lewat Instagram bahkan menceritakan kehidupannya. 

Selebgram atau influencer adalah salah satu fenomena dengan hadirnya media sosial. Siapapun bisa menjadi selebriti di media sosial dengan jutaan fans yang tidak kalah dengan pemain sinetron di layar tv. Biasanya seorang selebgram adalah seseorang yang memiliki hobi yang menarik perhatian seperti hobi make-up, travelling, penggemar musik maupun fotografi. 

Konten adalah poin terpenting dalam mengelola akun Instagram. Semakin menarik konten seseorang, maka semakin banyak pengikut yang akan didapatkan. Bahkan tak jarang seorang selebgram mengunggah konten yang kontroversial hanya untuk mendapatkan pengikut.

Tentunya kita mengenal Karin Novilda atau pemilik akun @Awkarin yang memiliki jutaan followers di Instagram. Seorang gadis yang tahun ini genap berumur 21 tahun terkenal karena unggahan vulgar untuk gadis seumurannya. Karin dikenal sebagai gadis yang memiliki gaya hidup bebas, ia kerap mengunggah foto dengan pakaian minim dan mengumbar kemesraan dengan kekasihnya. 

Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki, perusahaan mulai melihat adanya potensi selebgram untuk mempromosikan produk mereka lewat paid promoteataupun endorsement. Dengan sekejap mata, selebgram telah menjadi tempat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Paid promote dan endorsement adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk kepada pada selebgram. Perbedaannya tidak terlalu tampak,  paid promotehanya mempromosikan atau mengiklankan akun Instagram dan endorseberarti memberikan barang jualan secara gratis untuk direview

Tak hanya produk kecantikan maupun barang, berbagai macam iklan pun dapat kita jumpai dari yang biasa saja sampai yang konyol seperti iklan peninggi, pelangsing, dan pemutih badan, hingga minyak bulus. Banyak selebgram yang tidak memperhatikan kualitas barang yang akan di reviewkarena mementingkan uang yang didapat.

Tarif yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari Rp 50 ribu sampai jutaan, bahkan puluhan juta rupiah tergantung siapa yang akan kita endorse dan jenis produk atau jasanya. Biasanya semakin banyak pengikut yang dimiliki akan semakin mahal pula tarif yang diberikan. Ada pula kerjasama yang berbentuk barter dengan barang tanpa membayar tarif, hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang belum memiliki banyak pengikut.

Salah satu selebgram Indonesia dengan pengikut terbanyak adalah Rachel Vennya. Dengan pengikut 3,1 juta, Rachel memasang tarif Rp 5 juta sampai Rp 10 juta untuk sekali endorse.  Namanya mulai dikenal karena kisah asramanya dengan Niko Al-Hakim yang menjadi konsumsi publik di Instagram dan Youtube dengan vlognya. Rachel melangsungkan pernikahan mewah layaknya pernikahan di negeri dongeng pada bulan Februari 2017 lalu. Selain aktif di Instagram dan youtubenya, Rachel dan suaminya Niko juga menjalankan berbagai macam bisnis yang membuatnya tajir melintir seperti membuka bisnis kuliner Sate Taichan Goreng dan Rumah Sedep di Kawasan Tebet. Sebelumnya, ia juga menjual jamu pelangsing dan membuka clothing linebernama Raven Is Odd. 

Selain Rachel Vennya, Atta Halilintar adalah selebgram yang ramai dibicaran karena kekayaannya yang fantastis. Menurut hai-online.com, kekayaan Atta mencapai Rp 8,7 miliar. Ia juga sukses meraih subscriber tertinggi se-Asia Tenggara dan menjadi Youtuber Indonesia pertama yang meraih 10 juta subscribers di kanal Youtubenya. Atta adalah anak pertama dari 11 bersaudara. Sebelum itu, keluarganya sudah terkenal dengan sebutan Gen Halilintar semenjak sang ibu menulis bu ku yang berjudul Kesebelasan Gen halilintar: My Family My Team. Banyak orang menganggap bahwa keluarga ini sangat inspiratif dan kompak satu sama lain. 

Sebelumnya, pada tahun 2018 warganet dikejutkan dengan berita rencana pernikahan Atta dengan selebgram ternama Ria Ricis, namun sayangnya rencana tersebut batal karena alas an personal. Ria Ricis juga melebarkan sayapnya menjadi selebgram dengan pengikut mencapai 10 juta di Instagram dan 8 juta subscribers di akun Youtube-nya. Baru-baru ini Ria juga membagian rumah mewahnya di Pasar Minggu kepada sang penggemar lewat vlog-nya. 

Dengan pendapatan yang sangat menjanjikan, artis televisi pun tak mau kalah oleh para selebgram. Selain aktif di bidang seni Tarik suara, Syahrini aktif menerima endorse di akun Instagramnya. Dengan pengikut 25,3 juta di Intagram ia mematok harga Rp 100 juta untuk satu kali posting di akun Instagramnya.

Dilanjutkan dengan pasangan sensasional Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang memiliki akun Instagram gabungan @raffinagita1717, mereka memasang tarif endorse sebesar Rp 22 juta untuk satu kali promo. Ketiga adalah pedangdut Ayu Ting-Ting, walaupun kerap mendapatkan kabar miring, Ayu tak segan memasang tarif Rp 17 juta untuk sekali postingvideo. 

Selain itu, artis lainnya seperti Sandra Dewi mematok harga Rp 8,4 juta sekali post.Kemudian ada Olla Ramlan yang memberikan harga Rp 6,3 juta per postdan Ayudia Bing Slamet memiliki tarif Rp 6 juta. Terbayang berapa keuntungan yang bisa didapatkan jika dalam sehari mereka meng-endorse satu produk. 

Melihat pendapatan selebgram yang sangat menjanjikan, sebenarnya mudah bagi kita mengikuti jejak menjadi selebgram. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah konten, pastikan bahwa konten yang kita sebarkan menarik dan bermanfaat bagi orang lain, bagikan hal-hal yang sesuai dengan karakter dan passionkita akan menjadi nilai plus. Membangun image memang hal penting, namun pastikan bahwa imagetersebut tidak terlalu jauh dari realitas yang sebenarnya.

Kedua adalah konsistensi, takkan ada artinya jika kita hanya membagikan foto sesekali. Perhatikan jam-jam sibuk untuk mengunggah konten, waktu dimana para pengguna sedak aktif-aktifnya bermain Instagram seperti jam 12 – 2 siang dan jam 5 – 8 malam. Dengan menerapkan minimal 2 poin tersebut, menjadi selebgram bukan hal yang mustahil diwujudkan.

Selama ini selebgram dianggap menjadi profesi yang remeh bagi sebagian orang.  Padahal jika kita teliti lebih dekat, keuntungan yang bisa didapatkan jauh dari apa yang dibayangkan sebelumnya. Walaupun melihatnya tampak mudah bahwa selebgram dapat menghasilkan uang jutaan rupiah, tetap diperlukannya niat dan kerja keras untuk mendapatkannya. 

Tags: Instagram, Sosial Media, Youtuber, Selebgram

Aplikasi 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com