Fahami Dulu Ini, Baru Mulai Bisnis Online

Blog 5 months ago
Fahami Dulu Ini, Baru Mulai Bisnis Online

Anggaran Bisnis Online Perlu Dipahami Sebelum Memulai

Anggaran Bisnis Online ? Maksudnya apa ya ?, mungkin Anda akan bertanya seperti itu ketika akan terjun ke bisnis online, bisa jadi Anda akan mundur atau penasaran untuk melanjutkan.

Bagaimanapun juga, bisnis online itu adalah bisnis yang sangat menarik banyak pengguna internet, apalagi sering sekali kita jumpai di Internet itu sendiri yang menginformasikan bahwa berbisnis online itu tanpa modal.

Pentingnya Anggaran Dalam Bisnis, Termasuk Bisnis Online

Hal ini yang perlu diluruskan, karena bagaimanapun juga, tidak hanya di online, di offline pun kita sudah tahu kan untuk memulai usaha itu butuh modal, hanya saja ada yang kecil dan ada yang besar, begitu pun di bisnis online.

Nah, pada kesempatan ini, supaya tidak menjadikan ketakutan bagi Anda yang hendak memulai bisnis online, barangkali tulisan kami berikut ini akan menjadi jawaban berkenaan dengan modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis online sampai Anda meraih kesuksesan.

Pelajaran Dari Pelaku Bisnis Online Yang Sukses

Sebelumnya, kita coba bahas dulu anggapan yang berkembang di masyarakat berkenaan dengan kesuksesan atau keberhasilan dalam bisnis online. Bagi pemula di bisnis online, disarankan untuk tidak berfokus dulu pada hasil akhir suatu bisnis, karena bagaimanapun juga tidak ada kesusksesan yang instan.

Dari beberapa sumber yang kami dapat, ternyata para pelaku Bisnis online bisa meraih sukses karena kesungguhan mereka, keuletan, ketekunan dan konsistensi yang menjadi bekal utama mereka, semoga kita bisa memetic pelajaran dari mereka.

Anggaran Termasuk Pada Perencanaan Bisnis Online

Baiklah, salah satu kesungguhan itu bisa terlihat dari sejak proses perencanaan yang salah satunya adalah dalam merencanakan anggaran. Nah, pada kesempatan ini kami coba paparkan apa saja sih komponen anggaran bisnis online supaya berhasil yang perlu untuk Anda ketahui.

Perlu Anda ketahui, ini lebih bersifat masukan yang berkenaan dengan bisnis online ya, bukan bisnis secara global, berikut ini diantara anggaran yang dimaksudkan.

Anggaran Untuk Rumah Utama Online

Pertama, Anggaran Untuk Membuat Media Online. Untuk bisnis online, memiliki media online adalah semacam keharusan, karena itu adalah merupakan rumah utama, sebagai muara dari apa yang akan kita jadikan tempat objek bisnis, entah itu barang ataupun jasa.

Contoh dari media Online dimaksud adalah Website atau Blog bisa berupa Company Profile, Toko Online atau kombinasi dari keduanya. Berapa anggaran bisnis online untuk point pertama ini, cobalah anggarkan sekira Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) itu sudah termasuk Jasa web design, pembelian Top Level Domain dan Sewa Hosting untuk 1 Tahun pertama.

Nilai ini adalah hitungan kasar, dengan target tampilan website dan fitur pendukung didalamnya sudah layak dan memadai untuk pebisnis online pemula, karena seiring perkembangan usaha, bisa diupgrade kok, jadi tidak perlu khawatir.

Website Sebagai Kantor Digital Bisnis

Buatlah Website dengan kesungguhan, jadikan ini sebagai rumah atau kantor digital bisnis Anda, karena disana akan menjadi kantor untuk Brand Online produk atau jasa Anda yang berkelanjutan bahkan ketika Anda sedang tidur sekalipun, Silakan Baca tulisan kami yang lebih detil lagi tentang website toko online

Ketika bicara bisnis online, tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya mesin pencari, karena itu dengan memiliki media online Anda akan memiliki media yang akan dengan mudah dipertemukan dengan calon konsumen Anda melalui mesin pencari, jadi kami kira Anggaran sebesar Rp. 2.000.000 minimal sudah Anda anggarkan untuk ini.

Anggaran Untuk Konten

Anggaran Bisnis Online yang kedua yang tidak kalah pentingnya adalah Anggaran untuk Mengisi Media Online Kita, bisa berupa editing gambar, pembuatan katalog produk, artikel tentang produk dan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki skill dalam hal pengolahan gambar, memiliki kemampuan menulis, mungkin akan tidak terasa berpengaruh, akan tetapi hasilnya layak atau tidak untuk menjadikan website kita menarik di mata pengunjung, ada tidak daya Tarik sehingga mereka bisa jadi pembeli bahkan bisa jadi pelanggan setia, ini pun akan lebih baik dianggarkan.

Menyiapkan Gambar Produk Secara Professional

Sebagai Contoh untuk point ini, Anda membayar paket kepada orang percetakan yang biasa membuat katalog dan editing gambar satuan untuk produk website Anda, sehingga nantinya Anda memiliki Master File Produk, anggarkanlah sekira Rp. 500.000 untuk tahap Awal.


Untuk Tulisan atau artikel website Anda, coba Anda cari Jasa penulisan Artikel Website yang banyak sekali bertebaran di internet, Anda bisa mulai dengan 20 artikel misalnya, jika biaya per artikel sekira 20.000, maka Anda sisihkan Rp. 400.000 untuk ini.

Tingkatkan Kemampuan Content Writer

Jika Anda memiliki kemampuan menulis, maka biaya untuk artikel ini sudah barang tentu akan bisa dipangkas bahkan dihilangkan, akan tetapi lebih baik Anda anggarkan, minimal untuk membeli Artikel SEO, toh ujungnya untuk kemajuan bisnis online anda juga kan ?

Untuk Content Writer, Kami juga secara bertahap sedang membangun blog tentang kursus menulis, meskipun masih dalam tahap persiapan.

Artikel SEO Perlu Disiapkan Anggarannya

Artikel SEO ? ya, dalam hal konten website, artikel SEO ini sangat dibutuhkan, karena dengan adanya Artikel SEO, aka nada beberapa kata kunci yang ditarget mengacu pada produk/jasa yang Anda tawarkan, sehingga peluang deal transaksi akan semakin terbuka lebar.

Anggaran Untuk Promo Online

Ketika Rumah utama Anda sudah jadi, konten sudah mulai terisi, gambar pendukung sudah terpasang di etalase toko, masuklah pada tahapan yang ketiga yaitu Berpromosi. Jadi Anggaran Bisnis Online berikutnya adalah Anggaran Promosi.

Tidak hanya di offline, di bisnis online pun kita tetap harus berpromosi, walaupun ini bisa dilakukan dengan tanpa berbayar alias gratis, tetap saja anggarkan untuk promosi berbayar, karena aka nada perbedaan dari sisi hasil yang akan kita dapatkan kedepannya.

Arahkan Dulu Calon Konsumen Untuk Mengenali Kita

Buatlah orang kenal dulu dengan toko rumah kita, giring dulu mereka, ajak mereka berkunjung, dan solusi terbaik adalah dengan melakukan promo berbayar, karena para penyedia promo berbayar mereka telah memiliki fasilitas memadai untuk mendongkrak pasar.

Berapa perkiraan Anggaran yang disiapkan untuk yang ketiga ini, berdasarkan pengalaman kami, saat itu kami melakukan promo berbayar melalui Pay Per Click di Google dan Facebook, dengan anggaran sekira Rp. 500.000, untuk bulan pertama.

Konsep Deposit Pada Promo Berbayar Sangat Adil Untuk Pemula

Hasilnya, kunjungan ke situs pun lumayan banyak dan Biaya yang terpakai pun tidak habis dalam 1 bulan untuk hampir 10 Materi Iklan, karena dana 500.000 itu ibarat deposit yang akan berkurang ketika ada kunjungan dari uniq visitor ke website kita.

Perkiraan Total Anggaran Bisnis Online

Nah, mungkin itu saja Anggaran Bisnis Online Supaya Berhasil Sukses yang perlu Anda ketahui, jika kita hitung secara keseluruhan kurang lebih seperti berikut ini :

Biaya Pembuatan Media Online : Rp. 2.000.000

Biaya Pengelolaan Produk Online : Rp. 500.000

Biaya Pengelolaan Konten berupa Naskah/tulisan Biasa/SEO : Rp. 400.000

Biaya Promosi : Rp. 500.000

Penutup

Jadi jumlahnya sekitar 3.400.000, saran dari kami siapkan dana taktis sebesar 20% dari total tersebut berarti 20% x 3.400.000 : 100 yaitu sekira Rp. 680.000, itu digunakan untuk masa awal pengelolaan, sebelum bisnis yang kita bangun benar-benar menghasilkan.

Tags: Blog, Blogger, Bisnis Online, Website, Seo, Tag Inspirasi, Artikel, #cara Promosi, Cara

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com