Para Komikus Lokal Yang Bikin Kita Jatuh Hati

Entertaiment 1 year ago
Para Komikus Lokal Yang Bikin Kita Jatuh Hati

Menggambar merupakan hobi yang menyenangkan. Selain bisa melepas stres ternyata hobi yang satu ini jika ditekuni bisa menghasilkan uang.

Ada orang yang menjadi pelukis,ilustrator atau menjadi komikus.

Berbeda dengan pelukis yang hanya fokus pada sebuah gambar,komikus dituntut untuk bisa menyajikan cerita dalam bentuk panel gambar.

Jika ilustrator hanya menggambar untuk memperjelas sebuah maksud, lain cerita dengan komikus. Komikus merupakan gabungan dari seni  ilustrasi juga kemampuan mengarang cerita.

Di jepang Komikus disebut Mangaka.

Di Indonesia mempunya komikus keren dengan karya yang enggak bisa dipandang sebelah mata,bahkan beberapa dari mereka sudah Go International.
Lihat karya-karya mereka,kalian pasti jatuh hati!


1. Ardian Syaf

Nama yang satu ini kayaknya sudah terkenal banget di dunia perkomikan.  Ardian Syaf merupakan salah satu komikus yang berkeja untuk DC juga Marvel Comic, doi menggarap komik Batman,Batgirl,Superman,juga beberapa komik lainnya.

Ternyata Ardian enggak serta merta mendapatkan kesempatan berkerja sama dengan DC dan Marvel. Ada perjuangan doi yang enggak sebentar ,hingga akhirnya dia bisa seperti sekarang.

Dia merasakan bagaimana karyanya dibayar dengan bayaran yang kecil juga merasakan sulitnya komikus lokal untuk berkembang di negri sendiri.

Tapi itu tidak memberhentikan doi untuk bekerja sesuai minat dan juga hobi.

Doi rajin menawarkan karyanya pada penerbit luar,sehingga banyak penerbit luar yang melihat karya-karyanya pun mulai meliriknya.

Doi tidak menunggu kesempatan datang padanya,tapi doi menciptakan kesempatan tersebut.

Hingga akhirnya doi bekerja untuk DC Comic dan Marvel.

Dalam karya-karyanya doi suka memasukan unsur Indonesia.

Baru-baru ini doi memasukan simbol  dari surat Al-Maidah ayat 51 dan serta aksi demo 212 pada komik X-Men Gold #1 ,hal ini membuat dirinya dikecam oleh berbagai pihak.

Doi sempat mengatakan jika karriernya sudah berakhir.  Tetapi semoga saja ini tidak membuat doi benar-benar berhenti berkarya. Ya mengingat doi  pernah mengatakan jika dirinya ingin membuat penerbitan komik sendiri di Indonesia,semoga saja mimpi Ardian terealisasi ya!

2. K. Jati

Kalian suka komik dengan tema yang enggak biasa? Berbau radikalisme? Penuh cucuran darah dan adegan yang menyayat hati?

Komik Karya Kharisma Jati adalah jawabannya!

K. Jati atau Kharisma Jati merupakan salah satu komikus berbakat asal Indonesia.

Dia terkenal akan karyanya yang kontroversial disertai adegan sadis nan brutal ,tetapi tak jarang dalam karyanya tersimpan pesan moral yang mendalam.

Komiknya memang cenderung radikal,karena tak jarang mengangkat isu agama,sosial,pembunuhan disertai mutilasi,pelecehan seksual pada anak,kekerasan dan penyiksaan,berbeda banget dengan kebanyakan komikus asal Indonesia.

Jadi sudah dapat dipastikan jika komik-komik karyanya memang hanya terbatas bagi kalangan tertentu.

Tapi walau begitu,karya-karya doi  diakui sampai keluar loh guys,dan jika dipikir-pikir karya doi memang lebih cocok untuk segmen luar,karena ada beberapa hal yang memang masih tabu untuk dia angkat di Indonesia.

Beberapa komik doi yang terkenal adalah God Must Be Joking,How to Kill Your Girlfriend,Comicus, Interruptus,dan masih banyak lagi.

Doi juga sempat terlibat konflik dengan sesama komikus  lain,Sheila Rooswitha Putri ,pecipta komik Sheila’s Playground . Semua bermula dari Kharisma Jati yang menyusupkan karakter Sheila’s Playground dalam komiknya yang diposting di Twitter.

Dalam komiknya tersebut terdapat adegan tidak senonoh yang sontak membuat Kharisma Jati dikecam keras oleh sesama komikus lainnya,entah apa maksud dari pihak Kharisma Jati membuat komik tersebut.

Bahkan sampai ada gerakan untuk  membakar buku karyanya, walau pada akhirnya Kharisma Jati sudah meminta maaf dan menghapus postingannya.

Sampai sekarang doi masih aktif berkarya.


3. Sweta Kartika

Walau gambarnya enggak sekeren Naruto tapi dia berhasil merebut hati pembaca komik di Indonesia.

Sweta Kartika merupakan salah satu komikus lokal yang berhasil mengangkat komiknya lewat kekuatan sosial media.

Pendiri Wanara Studio ini merupakan lulusan S2 FSRD ITB Bandung.

 Pengakuannya sih doi sudah menggeluti dunia perkomikan sejak masih SD dan karya-karyanya terinspirasi dari komik Amerika seperti Marvel ,juga terinpirasi  manga Jepang seperti komik Detective Conan dan Dragon Ball.

Karya-karya buatannya kental akan tradisi nusantara,mungkin itu merupakan salah satu cara bagi doi untuk menunjukkan rasa cinta akan tanah air.

Selain menerbitkan komiknya lewat penerbit lokal ,doi juga aktif memposting komiknya di Line dan sosial media seperti Facebook.

Yang sering baca Line tentu enggak asing dengan judul Piraku x Piraku.

Selain itu ada  Nusantranger juga Grey dan Jingga.

Mas Sweta juga memberikan  contoh jika berkarya enggak harus memakai peralatan mahal.

Dalam menghasilkan karya modal doi hanya menggunakan kertas,pensil 2B,drawing pen dan juga spidol.

Dan doi selalu membawa alat kerja itu kemana pun, sehingga setiap waktu bisa produktif berkarya.

Karyanya membuktikan jika komik lokal enggak kalah kok sama komik luar.

 Bahkan dari komiknya kita bisa belajar lebih mencintai tanah air kita dan lebih melek sama budaya sendiri.

4. Chris Lie

Tahu komik superheroes GI Joe ?

Ternyata ada sosok anak bangsa yang turut serta dalam pembuatan komik tersebut.

Christiawan Lie atau lebih dikenal sebagai Chris Lie. Namanya sudah enggak asing sebagai salah satu komikus yang mengharumkan nama bangsa .

Chris Lie adalah pendiri komik Re:ON selain itu doi juga merupakan direktur dari Caravan Studio,Studio ilustrasi yang dia dirikan sendiri. 

Doi merupakan lulusan arsitektur ITB. Dan doi merupakan salah satu lulusan terbaik di jurusannya tapi kecintaannya pada komik membuatnya  banting setir menjadi seorang komikus.

Dari awal-awal, mencontoh komik yang dia baca,Chris lie kecil belajar secara otodidak.

Walau begitu doi memiliki mimpi untuk bisa belajar komik secara formal dan itu tercapai di tahun 2003 ketika Chris mendapatkan beasiswa Fullbright S2 di Savannah College Of Arts And Design.

Chris juga merasakan bagaimana sulitnya menjadi komikus. Pernah mendirikan studio Bajing Loncat di Bandung, Chris bekerja sebagai komikus di malam hari dan sebagai arsitek di siang hari.

Walau pada akhirnya Chris dan teman-temannya hengkang dari Bajing Loncat,dikarenakan penghasilan dari komik sangatlah kecil bahkan menurutnya banyak ruginya ketimbang untungnya.

Chris sempat magang di sebuah pernerbitan terkenal, Devil’s Due Publishing selama dirinya berkuliah. Keberuntungannya terjadi ketika tempatnya bekerja mendapatkan proyek GI Joe dari Hasbro.

Hasbro merupakan perusahaan raksasa mainan anak-anak di Amerika Serikat.

Dirinya ikut menggambar sosok GI Jo dan karyanya lah yang terpilih.

Doi mendapatkan kontrak pembuatan karakter GI Joe dan berbagai tokoh komik,juga diminta untuk mendesain cover komik  tersebut di akhir tahun 2004.

Sekembalinya dirinya ke Indonesia di tahun 2007,doi membangun studionya sendiri yang diberi nama Caravan Studio.

Sekarang Chris menaungi 40 komikus Indonesia.

Selain Caravan Studio, Chris pun membuat majalah komik, khusus kumpulan komik Indonesia yang diberi nama Re ON komik.

Re ON komik juga membuka pendaftaran bagi siapa saja yang berniat menjadi komikus,cukup dengan mengirimkan karyanya pada penerbitan tersebut.

Chris Lie merupakan salah satu contoh anak muda yang berhasil membuat komik lokal terangkat dan tidak lagi di pandang sebelah mata.

Baca juga :  Cara Sembuh Dari Jerawat Parah


5. Octo Barimbing

Jika di Amerika ada superheroes seperti Captain Amerika atau Superman,di Indonesia  punya  Galau Man.

Dari namanya bisa ditebak jika dia merupakan superheroes yang hobinya galau.

Pencipta karakter superheroes yang agak nyeleneh ini adalah Octo Barimbing.

Tapi karya doi bukan cuman superheroes galau doang kok guys,dia menelurkan karya “5 Menit Sebelum Tayang” yang berkelaborasi dengan  Muhammad Fathanatul Haq.

Karyanya yang satu itu berhasil memenangkan  Silver Award di International Manga Award di tahun 2013.

Dia merupakan lulusan ITB dan doi awalnya bekerja di bidang jurnalistik guys,tapi berhenti dan memilih menekuni hobi.

Awalnya dia merasakan bagaimana karyanya ditolak lantaran penerbit tidak menerima komik lokal.

Tapi tidak memberhenti doi ,malah doi terus menerus berkarya. Kerja kerasnya tidak sia-sia walau di awal-awal doi tekor.

Mas Octo melihat sendiri bagaimana teman-teman yang awalnya berprofesi sama ,sebagai komikus berguguran lantaran pekerjaan yang satu ini tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup alias tidak menghasilkan uang.

 Sekarang ,Mas Octo merupakan salah satu komikus lokal yang berhasil survive.

Berkerja sebagai comic writer di Re On comic,kini doi bergelut setiap hari dengan dunia komik yang begitu dicintainya.

Mas Octo membuktikan bahwa komik lokal tidak kalah dengan komik luar,jika kita sebagai komikus melakukan research secara mendalam sehingga komik yang kita buat memiliki kekuatan cerita.

Tentu kekuatan cerita sangat berpengaruh pada penilaian kualitas sebuah komik.

Kualitas inilah yang diberikan Octo pada komik-komiknya .


6. Annisa Nisfihani

Jika dari tadi cuman komikus cowok doang yang dibahas,sekarang giliran salah satu komikus Cewek yang karyanya berhasil bikin pembacanya baper pengen cepat nikah.

Yup! Mbak Annisa,komikus yang satu ini berhasil membius pembaca lewat karyanya My Pre Wedding.

Berawal dari komik 4 panel yang dipostingnya di sosial media sama seperti Mas Sweta,karya doi merupakan salah satu yang berhasil berkat kekuatan para pembaca yang baper dan pengen tahu kelanjutan dari cerita Adel dan Adimas.

Pernah ditolak sebanyak 5 kali oleh penerbit Elex,tidak membuat seorang Annisa Nishifani berhenti berkarya.

Malahan lewat catatan yang diberikan oleh pihak Editor, dirinya justru mampu memperbaiki karyanya jadi jauh lebih baik bahkan setelah itu karyanya tidak mengalami kesulitan dalam penerimaan.

Penolakan tidak membuatnya berhenti,dirinya tetap berani berkarya.

 Dan sama seperti komikus-komikus kita yang lain, Mbak Annisa pernah merasakan bagaimana rasanya dipandang sebelah mata karena memilih pekerjaan sebagai komikus bahkan ditentang oleh kedua orang tuanya sendiri.

Sekarang Annisa mengerjakan beberapa projek,mulai dari  Me Vs My Slacker Baby dan baru-baru ini dia menyelesaikan komik Pasutri GaJe alias Pasangan Suami Istri Enggak Jelas.

Dan para pembacanya tentu tau jika karya Annisa terkenal akan humor romantisnya.

Sosok Mbak Annisa mengajarkan kita untuk berani mengejar keinginan dan mimpi kita. Tidak berhenti hanya ketika ada sebagian orang yang mengatakan pada kita jika itu tidak akan berhasil.

Dia merupakan salah satu bukti nyata dengan ketekunan,keseriusan,dan konsistensi ,kerja keras yang kita lakukan itulah justru akan membawa kita pada mimpi-mimpi kita.

Baca juga : Para Cosplayer Ini Bikin Kita Bangga

7. Is Yuniarto

Wind Rider adalah karya debut dari pemuda asal Surabaya ini.

Dan kecintaannya pada komik membuatnya menghasilnya banyak karya-karya yang diterbitkan, baik yang diterbitkan oleh dirinya secara independen atau lewat penerbit besar seperti Koloni.

Salah satu karyanya yang terkenal adalah Garudayana, komik yang kental banget dengan unsur Indonesianya ini lah yang justru berhasil mencuri hati para pembaca komik di Indonesia.

Coretan yang Indah disertai cerita yang apik ,Doi berhasil memecahkan stigma bahwa komik Indonesia itu jelek!

Bahkan komiknya yang satu ini berhasil menembus pasar Jepang loh guys.

Sekarang Doi juga bergabung dengan Re On Comic,sebagai salah satu komikus disana selain itu dia juga mengajar sebagai dosen, bekerja juga sebagai ilustrator lepas dan desainer grafis.

Karya-karyanya berhasil membuat dirinya  mendapat berbagai macam penghargaan. 

Is Yuniarto merupakan salah satu contoh nyata jika ketekunan akan berbuah hasil yang luar biasa. Asalkan kita percaya dan disertai kerja keras, dengan itu semua mampu mendobrak stigma yang sudah menempel di kepala masyarakat.

Doi juga berhasil mewujudkan salah satu mimpinya yaitu berkerja di rumah dekat dengan keluarganya.


 Nah itu merupakan komikus asal Indonesia yang karyanya enggak kalah sama Masashi Kishimoto,Eichiro Oda,atau Slainley Lieber a.k.a Stan Lee.
Selain itu para komikus tersebut juga mengajarkan kita agar tidak menyerah pada mimpi-mimpi kita. Perkataan orang lain tidak akan bisa menghentikanmu dari mimpi kecuali kita sendiri yang memutuskan untuk berhenti.
So,jangan berhenti berkarya guys!

Tags: Komik, Komikus

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com