5 Dampak Buruk Akibat Kebiasaan "Nyinyir"

5 Dampak Buruk Akibat Kebiasaan "Nyinyir"

Segala sesuatu itu pasti ada batasnya, termasuk nyinyir. Terkadang nyinyir menjadi begitu bermanfaat apabila dapat menyadarkan orang lain, tidak menyinggung perasaan orang lain, dan membuat tali persaudaraan menjadi kuat karena menyebarkan informasi yang baik tentang orang lain. Akan tetapi ada batasannya pula ketika nyinyir. Setiap orang memiliki kapasitas masing-masing dalam menerima nyinyiran tersebut, sehingga respon mereka akan berbeda-beda.

Berikut ini 5 kerugian yang diakibatkan oleh nyinyir, baik bagi pelaku, korban, dan orang lain.

1. Merusak Nama Baik Orang Lain

Penyebaran informasi tentang orang lain yang buruk kepada publik atau orang lain, dapat merusak nama baik yang bersangkutan. Karena informasi tersebut akan memberikan pandangan yang buruk dari orang lain terhadap orang yang dinyinyirin. Hal ini sangat merugikan bagi orang yang dinyinyirin, karena akan mendapatkan perilaku kurang menyenangkan dari orang lain, padahal tidak dikenal dan tidak melakukan apapun.

sumber: korankaltim.com

2. Merusak Hubungan Orang Lain

Ternyata bukan hanya merusak nama baik pribadi orang yang dinyinyirin, tetapi juga orang lain yang memiliki hubungan dengannya. Karena dinilai buruk karena sudah berhubungan dengan orang yang buruk (menurut yang didapat dari nyinyiran). Jadi untuk menghindari hal tersebut, lebih memilih untuk menghindari dari orang yang telah dinyinyirin. Disitulah awal dari rusaknya hubungan seseorang, berawal dari menghindari hingga tidak berkomunikasi lagi. Sungguh malang mereka yang dinyinyirin, sudah dipandang buruk oleh orang lain, dijauhi pula oleh orang terdekatnya.

sumber: idntimes.com

3. Menyinggung Perasaan Orang Lain

Setelah melihat dampak yang bisa terjadi akibat dinyinyirin, tentunya semua orang pasti akan tersinggung karena menyangkut harga diri di lingkungan masyarakat. Selain itu mereka juga merasa dirugikan dari dampak yang muncul dari nyinyiran tersebut sehingga akan membuat perasaan menjadi marah, jengkel, dll.

sumber: sepositif.com

4. Menyebabkan Perasaan Dendam

Akibat perasaan marah, jengkel, yang diakibatkan telah dinyinyirin orang tentang dirinya yang tidak baik, pastinya ada beberapa orang yang merasa tidak terima dan bisa melakukan apa saja untuk melampiaskan segala amarahnya, termasuk berkeinginan untuk membalas dendam. Apabila sudah seperti itu, maka akan menyebabkan permusuhan yang berkepanjangan dan dapat menyebabkan kerugian yang semakin besar bagi kedua belah pihak.

sumber: suprafx.com

5. Dimusuhi Orang Atau Dijauhi Orang Terdekat

Menyebarkan informasi buruk tentang orang lain tidak hanya memberikan dampak buruk tehadap orang yang dinyinyirin, tetapi juga pada yang nyinyirin. Selain dimusuhi oleh orang yang dinyinyirin, orang terdekat pun juga enggan untuk mendekat padanya. Karena takut mendapatkan imbas dari perilakunya yang nyinyir meski yang sebenarnya tidak terlibat.

sumber: life108.jakarta.com

Jadi untuk semua masyarakat baik di lingkungan sosial maupun sosial media, harap berhati-hati dalam bertutur kata jangan sampai menyebabkan sesuatu hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Kalau tidak dilakukan pada diri sendiri, lalu siapa lagi ?

Hiduplah bersama dengan harmonis !

Tags: Nyinyir, Dampak Buruk, Dampak Negatif, Jangan Dilakukan

Fakta 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com