Ketahuilah Buah Kualitas Lokal Indonesia Yang Mulai Punah Dimakan Zaman 

Ketahuilah Buah Kualitas Lokal Indonesia Yang Mulai Punah Dimakan Zaman 

Indonesia sangatlah cocok jika sebagai negara penghasil buah-buahan yang segar, sebab negara yang beriklim tropis sangatlah tepat untuk hal ini. Yang paling menyedihkan di Indonesia tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sedangkan katanya penghasil buah-buahan oleh sebab itulah Indonesia mengambil buah impor.

Jangan salah, Indonesia juga memiliki banyak buah-buahan yang rasanya tidak kalah dengan rasa buah-buahan impor sana. namun tidak bisa dipungkiri lagi bahwa buah-buahan yang lezat ini kini keberadaannya mulai langka akibat ulah manusia itu sendiri. Lahan yang dijadikan pemukiman, perusahaan industry dan lain sebagainya.

1. Kawista



Tahukah kita dengan kawista?mungkin sebagian dari kita jarang mengetahui buah jenis ini. Tumbuhan ini hanya bisa tumuh ditanah yang kering sehinga mendapat asupan sinar matahari yang maksimal. Bentuk dari buah ini adalah bulat yang menyerupai bola tetapi sangat keras seperti batu. Aroma dari buah ini sangat wangi ketika masak, terkadang dia akan terjatuh dengan sendirinya jika sudah masak. Ukuran buah ini bisa mencapai sebesar kepala balita berumur 1 tahun.  Butuh benda tajam yang sangat kuat untuk membuka buah ini.

2. Maja 



Maja merupakan buah yang hampir mirip dengan jeruk. Tumbuhan ini sangat tahan dengan lingkungan yang sangat keras. Buah maja yang masih ada diatas pohon pasti tidak akan pernah ada yang mengambil. Karena kepercayaan orang-orang yang selalu memikirkan bahwa buah maja pasti pahit. Kenapa demikian? Karena mitos asal mula adanya buah maja pada saat masa kejayaan Majapahit. 

Kisahnya Raden Wijaya menerima sebidang tanah petak dan kemudian prajuritnyalah yang membangun, kemudian prajurit tersebut memakan buah namun rasanya yang sangat pahit maka dari itulah nama buah tersebut dinamakan buah maja.

3. Mundu



Tanaman asli Indonesia ini banyak terdapat di pulau jawa,merupakan termasuk jenis buah-buahan yang rimbun dan dengan ketinggian pohon yang bisa mencapai 13 meter ketinggiannya. Mundu sendiri masih tergolong keluarga manis namun jika dilihat sekilas mundu hampir mirip dengan kesemek, nama latin mundu garcinia dulcis. 

4. Rukem 



Rukem bisa disebit dengan nama latin Flacourtia rukam merupakan tumbuhan buah aslu Indonesia yang mulai punah di tanah nan hijau ini. Buah ini sangat unik, cara memakannya saja harus dengan memijat-mijat luarnya hingga lunak cara ini digunakan agar rasa sepat yang terkandung dalam rukem akan hilang dan akan berubah menjadi manis. Rukem sendiri juga bisa dijadikan obat menghilangkan diare. 

5. Buni



Ada yang menyebut buah ini Uni. Uni merupakan jenis bauh-buahan yang rimbun buahnya seperti kopi. Ketinggian pada pohon ini bisa mencapai 30 meter, cabang-cabangnya juga bisa membentuk pohon yang rindang. Buah ini sangat unik berwarna warni dan kecil-kecil, awal mulai berwarna hijau , kemudian menguning dan menjadi memerah. Baunya yang sangat khas membedakan buah ini dari buah yang lainnya. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan buah ini sebagai rujak, dan juga sebagai campuran minuman.

Baca Juga: Negara Paling Berbahaya Di Dunia, Kamu Harus Waspada Ketika Berkunjung

6. Matoa



Mungkin kita jarang mendengar apa itu buah matoa? Buah Matoa merupakan khas Papua dan pada umumnya matoa hanya bis berbuah sekali dalam satu tahun. Buah ini juga terjadwal dia akan berbuah ketiga pada saat musim bunga pada bulan ke tujuh maka dia akan berbuah di bulan ke sebelas. Rasa buah matoa layaknya leci, rambutan, kelengkeng. 

Tags: Buah, Sejarah

Fakta 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com