Indonesia Belum Seberapa, Inilah 10 Negara dengan Hutang Terbanyak di Dunia

Indonesia Belum Seberapa, Inilah 10 Negara dengan Hutang Terbanyak di Dunia

Jika kita berbicara mengenai hutang negara, maka sudah pasti semua negara di dunia memiliki hutang kepada negara lain. Mustahil rasanya jika sebuah negara bisa berdiri dan tanpa memiliki hutang kepada negara lain. Hutang - hutang negara ini biasanya dipergunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembangunan, menutupi anggaran kekurangan pangan, modal untuk menjalin hubungan dengan negara lain, dan masih banyak lagi. Dan sebenarnya tidak ada masalah jika hutang/pinjaman suatu negara dipergunakan untuk keperluan negara dengan baik, sekalipun memiliki hutang yang banyak.

1. Amerika Serikat, Senilai US$ 19.947 Miliar

Mungkin banyak diantara kamu yang tidak akan percaya atau tidak sadar jika Amerika yang notabenenya adalah sebagai negara Super Power ternyata memiliki jumlah hutang yang sangat besar sekarang ini. Gaya hidup warga Amerika Serikat yang terbilang mewah jika dibandingkan dengan warga Indonesia memang seakan - akan menutupi jika ternyata negara ini memiliki hutang yang sangat besar.

Namun siapa menyangkan jika pada awal 2018 ini, tercatat Amerika Serikat memiliki hutang senilai US$ 19.947 miliar atau setara dengan Rp. 274 triliun Rupiah. Sebagaimana kita ketahui Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan ekonomi yang sangat kuat, sehingga hutang tersebut bisa dipergunakan untuk hal - hal baik dan demi kebutuhan para warganya.

2. Jepang, Senilai US$ 11.813 Miliar

Jepang merupakan salah satu negara dengan teknologi yang sangat maju, terutama di bidang otomotif dan elektronik. Namun berbicara soal hutang  negara, Jepang sendiri ternyata mencatatkan hutang senilai US$ 11.813 miliar, jumlah yang sangat fantastis tentunya. Hutang - hutang dan pinjaman tersebut selalu mereka pergunakan untuk kemajuan negara, terlebih di bidang teknologi.

Melihat jumlah hutang yang tinggi ini, banyak orang beranggapan jika Jepang sedang mengalami kesulitan keuangan. Namun ternyata tidak, sebab terlihat kemajuan yang sangat pesat tahun demi tahun di negara ini dan pendapatan perkapita yang semakin meningkat. Untuk sekedar informasi, total pendapatan perkapita mencapai US$ 28.200, dan itu merupakan jumlah yang sangat tinggi.

3. Republik Rakyat China (RRC), Senilai US$ 4.976 Miliar

Menurut IMF, yang merupakan Dana Moneter Internasional, China memang mengalami krisis finansial belakangan ini. Mereka menyimpulkan hal tersebut melihat perekonomian China yang sangat bergantung pada hutang dari negara lain. Bahkan mereka pun memprediksi jika utang dari negara ini masih akan terus meningkat hingga hampir 300 persen di tahun 2022 mendatang.

Pada 2018 ini, tercatat China sudah memiliki hutang sebesar US$ 4.976 miliar, jumlah yang sangat tinggi. Beberapa tahun belakangan ini, China memang mengalami kasus yang kurang baik di bidang ekonomi. Kebanyakan orang beranggapan jika hal ini juga turut dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat sana yang terbilang high class dan sangat konsumtif. Untungnya mereka memiliki tembok raksasa China yang semakin ramai pengunjung dari mancanegara, yang mana hal tersebut menambah pendapatan mereka secara signifikan.

4. Jerman, Senilai  US$ 2.491 Miliar

Berbicara mengenai perekonomian, Jerman memang sangat kuat, terlebih didukung dengan produk dan jasa kompetitif yang mereka miliki untuk diekspor. Negara ini juga merupakan negara pencetus ekonomi dan integrasi politik Eropa. Berdasarkan GDP, Jerman pun menduduki peringkat 4 sebagai negara dengan pertumbuhan eknomi paling besar di dunia.

Namun dibalik semua itu, ternyata Jerman masih memiliki hutang yang tidak sedikit, yakni senilai US$ 2.491 miliar. Standar hidup di Jerman memang sangatlah tinggi dan negaranya sendiri dikelola dengan baik oleh pemerintah. Setiap aspek kehidupan diisi oleh orang - orang berkompeten, seperti bidang kesehatan, keamanan, dan setiap orang selalu diusahakan untuk bekerja sesuai dengan bidang dan keahliannya masing - masing.

5. Italia, Senilai  US$ 2.454 Miliar

Italia merupakan salah satu negara Eropa yang seringkali menjadi destinasi favorit pada wisatawan dari mencanegara. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Italia, akan bisa melihat keindahan alam, budaya, dan adat setempat disana. Sayangnya, pertumbuhan ekonomi Italian terkenal sangat lambat, diperparah lagi dengan semakin tingginya tingkat pengangguran disana.

Ada banyak negara - negara di Eropa yang mana para pengangguran menjadi tanggung jawab dari pemerintah. Dan beberapa tahun terakhir ini, pengangguran semakin meningkat di Italia, dan ini menjadikan beban pemerintah disana semakin tinggi untuk menanggung jawabi para warga yang menganggur tersebut. Alhasil, Italia pun harus terpaksa menanggung jumlah hutang yang tidak sedikit, yakni sekitar US$ 2.454 miliar.

6. Perancis, Senilai US$ 2.375 Miliar

Tidak berbeda jauh dengan Italia, Perancis juga merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang sangat populer di negara Eropa. Keindahan kota Paris dengan menara Eiffelnya sangat mampu memikat hati para traveler ataupun mereka yang ingin berlibur ke mancanegara. Negara ini menempati urutan ketiga sebagai negara Eropa dengan budaya terbanyak.

Namun siapa sangka jika negara indah ini ternyata memiliki hutang senilai US$ 2.375 miliar. Untungnya hasil dari hutang tersebut memang terlihat, seperti transportasi dan pembangunan di Perancis yang terbilang sangat maju. Negara Perancis yang terkenal dengan seni dan filosofinya ini pun tak pernah lolos dari jerat hutang yang tinggi.

7. Inggris, Senilai  US$ 2.342 Miliar

Pada tahun 2007 lalu, rasio hutang yang dimiliki oleh negara Inggris terbilang sangat kecil, hanya sekitar 44 persen saja terhadap PDB. Namun dikarenakan krisis ekonomi pada tahun 2008, perekonomian negara inipun merosot dan berkelanjutan hingga sekarang. Bahkan sampai sekarang, hutang dari negara inipun semakin meningkat dan sudah mencapai senilai US$ 2.342 miliar.

Tepat pada tanggal 29 Maret 2017 lalu, Inggris pun membuat keputusan yang sangat mengejutkan, dimana mereka keluar dari Uni Eropa. Kendati demikian, negara ini tetaplah merupakan negara yang sangat kuat dalam bidang militer, ekonomi, kultur, politik, dan ilmiah.

8. Brazil, Senilai US$ 1.501 Miliar

Perekonomian negara Brazil memang bukanlah terbilang buruk sepanjang sejarah. Namun belakangan ini, perekonomian negara inipun semakin parah, terlebih diakibatkan oleh skandal korupsi yang sangat tinggi di negara ini. Kasus korupsi yang seringkali menggelapkan uang negara dalam jumlah banyak memang memiliki dampak yang sangat besar terhadap negara itu sendiri.

Tercatat pada awal 2018 lalu, Brazil sudah mencatatkan hutang senilai US$ 1.501 miliar, dan itu bukanlah angka yang rendah dan merupakan angka hutang tertinggi dari negara Brazil sepanjang sejarah mereka. Jumlah tersebut sekitar 2,2 persen dari keseluruhan hutang dari semua negara di dunia.

9. India, Senilai US$ 1.103 Miliar

Tidak berbeda jauh dengan Indonesia, India memang memiliki permasalahan yang kurang lebih sama, yakni rendahnya nilai mata uang terhadap suku bunga Amerika Serikat. India pun terkenal dengan kehidupan yang seringkali tidak stabil dan sulit dikontrol oleh pemerintah. Tidak heran jika banyak pabrikan otomotif menggunakan negara India sebagai basis produksi dari kendaraan yang mereka miliki, karena mereka hanya akan mengeluarkan upah yang rendah untuk para karyawan dan pekerja.

Dibandingkan dengan negara Indonesia, perekonomian memang terbilang relatif stabil, namun India masih terkesan lebih parah. Negara inipun harus mencatatkan angka hutang yang tidak rendah, yakni sekitar US$ 1.103 miliar.

10. Kanada, Senilai US$ 893 Miliar

Kanada, salah satu negara di benua Eropa juga ternyata memiliki hutang yang tidak sedikit, walaupun tidak sebanyak hutang dari Amerika Serikat. Setidaknya, negara ini mencatatkan hutang senilai US$ 893 miliar pada awal tahun 2018 lalu. Konon, jumlah hutang yang tinggi ini merupakan jumlah hutang tertinggi yang dimiliki oleh Kanada sepanjang sejarah mereka.

Kendati demikian, banyak para ahli keuangan yang memperkirakan dan yakin jika hutang yang dimiliki Kanada akan semakin turun dan bisa menekan ketergantungan akan angka pinjaman dari negara lain. Jika dipikir - pikir, ternyata hutang yang dimiliki negara Indonesia masih tidak seberapa dibandingkan negara - negara ini yah. Sebagai gambaran, Indonesia sendiri memiliki hutang sekitar US$ 358 miliar per akhir bulan Juli lalu.

Tags: Hutang, Pinjaman, Negara Hutang Tertinggi, Hutang Negara

Fakta 6 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com