16 Olahan Jamur Yang Lezat Dan Menggugah Selera

16 Olahan Jamur Yang Lezat Dan Menggugah Selera

Jamur mengandung berbagai zat gizi diantaranya karbohidrat, protein, gula, kalium, zat besi dam magnesium. Jamur dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan diantaranya sebagai berikut :

1. Pepes Jamur

Jamur yang biasanya dijadikan pepes adalah jamur tiram. Cara membuat pepes jamur cukup mudah sama seperti membuat pepes pada umumnya. Bumbu-bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, tomat, minyak sayur, gula, garam dan daun pisang sebagai bungkus. Cara memasaknya dengan cara dipanggang. Pepes jamur dapat dijadikan lauk yang lezat sebagai teman nasi.

2. Keripik Jamur

Keripik jamur biasanya dibuat dari jamur tiram. Jamur dibumbui dengan bumbu rempah seperti bawang, merica, garam dan penyedap rasa. Kemudian jamur dibaluri dengan tepung terigu dan tepung meizena. Setelah itu jamur digoreng dengan menggunakan minyak goreng pada api sedang. Keripik jamur memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau lauk untuk makan nasi.


3. Burger Jamur

Burger jamur adalah salah satu olahan jamur yang unik dan lezat. Dalam pembuatan burger, jamur digunakan sebagai pengganti daging. Makanan ini sangat cocok untuk vegetarian atau bagi anda yang sedang menjalani diet. Adonan patty burger dibuat dengan mencampurkan jamur yang sudah digiling bersama dengan tepung.

4. Sate Jamur

Sate jamur dapat dibuat dari jamur tiram yang sudah direbus kemudian ditiriskan dan disuwir. Suwiran jamur direndam dalam bumbu bawang putih, garam dan kecap. Setelah itu jamur ditusuk seperti membuat sate pada umumnya. Sate jamur dapat disantap bersama sambal kecap atau bumbu kacang yang gurih, manis dan pedas.

5. Steak Jamur

Jamur yang digunakan sebagai bahan untuk membuat steak jamur adalah jamur tiram. Jamur tiram yang sudah dicuci bersih direbus sebentar hingga layu. Kemudian jamur dicampurkan dengan bumbu bawang merah, bawang putih, merica, garam, telur, tepung protein tinggi dan tepung meizena. Setelah dicampur merata, adonan dibentuk seperti steak daging pada umumnya dan digoreng dengan minyak.  Bisa juga dipanggang lagi setelahnya untuk mendapatkan kesan steak jamur agar seperti steak daging. Steak jamur bisa disajikan dengan saus sambal atau saus tomat bersama sayuran rebus seperti wortel, kentang dan buncis.

6. Es Krim Jamur

Es krim jamur terbuat dari jamur tiram. Cara pembuatan es krim jamur cukup mudah karena sama dengan pembuatan es krim pada umumnya hanya tinggal ditambahkan jamur tiram yang sudah dihaluskan. Rasa es krim jamur sangatlah segar, enak dan manis. Es jamur sangat digemari dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

7. Nugget Jamur

Nugget jamur terbuat dari jamur tiram yang sudah direbus dan dihaluskan. Cara pembuatannya sangat mudah hanya membutuhkan bahan-bahan seperti garam, bawang merah, bawang putih, telur, merica, telur ayam, daging ayam giling, tepung terigu dan tepung meizena. Bahan yang sudah tercampur rata kemudian dicetak dan dikukus, setelah itu nugget dibaluri dengan tepung roti dan digoreng. Nugget jamur memiliki rasa yang gurih dan cocok digunakan sebagai cemilan atau lauk.

8. Sosis Jamur

Sosis jamur dapat dijadikan alternatif makanan bagi anak-anak yang tidak begitu suka dengan sayuran. Jamur yang diolah menjadi sosis menciptakan daya tarik bagi anak-anak untuk mencicipinya, sehingga anak-anak yang tidak menyukai sayuran bisa tetap mendapatkan asupan sayuran dari jamur. Sosis jamur dapat dibuat dari jamur tiram dengan menambahkan bumbu seperti bawang putih, gula, garam, putih telur, tepung tapioka dan minyak jagung. Proses pembuatannya sama dengan pembuatan sosis pada umumnya. Sosis jamur dapat dijadikan lauk atau camilan untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

9. Botok Jamur

Botok jamur merupakan olahan makanan jamur tiram yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus. Pembuatan botok jamur sama dengan botok pada umumnya dengan menggunakan bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, kelapa atau santannya, tahu, daun salam, dapat juga ditambahkan daun kemangi atau petai. Botok jamur dapat dijadikan lauk yang lezat sebagai teman nasi.


10. Bakso Jamur

Jamur dapat diolah menjadi bakso sebagai pengganti daging. Pembuatan bakso jamur sama dengan pembuatan bakso pada umumnya, hanya saja daging pada bakso diganti oleh jamur tiram yang sudah direbus dan disuwir kemudian diulek, kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, garam, penyedap rasa dan tepung. Bakso jamur dapat disajikan dengan kuah bakso yang hangat dan lezat.


11. Mie Ayam Jamur

Jamur yang digunakan untuk membuat mie ayam jamur pada umumnya adalah jamur kancing. Jamur digunakan sebagai pengganti daging ayam. Walaupun demikian, rasa mie ayam ini tetaplah lezat, tidak kalah dengan mie ayam pada umumnya. Mie ayam jamur sangat cocok dikonsumsi oleh vegetarian atau bagi orang yang sedang diet.

12. Abon Jamur

Abon jamur dapat dibuat dari jamur tiram. Proses pembuatannya hampir sama dengan abon pada umumnya. Bumbu-bumbu yang digunakan diantaranya bawang merah, bawang putih, gula, garam, ketumbar, daun salam, lengkuas dan santan. Jamur yang sudah direbus dan disuwir-suwir dacampurkan dengan bumbu dan kemudian dimasak pada penggorengan yang sudah diberi beberapa sendok minyak goreng dan dimasak sampai jamur menjadi kering seperti abon. Abon jamur dapat dijadikan sebagai lauk makanan yang lezat dan siap saji.

13. Kerupuk Jamur

Kerupuk adalah jenis makanan yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Kerupuk jamur belum banyak dikenal oleh banyak. Tetapi rasanya yang enak dan gurih membuat siapapun yang menikmatinya menjadi ketagihan. Cara pembuatan kerupuk jamur sama dengan pembuatan kerupuk pada umumnya, hanya saja bahan baku kerupuk yang biasanya terdiri dari udan atau ikan, digantikan oleh jamur tiram yang sudah dikukus dan dihaluskan. Kerupuk jamur ini bisa dijadikan sebagai camilan atau sebagai lauk tambahan pada makanan anda.

14. Sop Jamur

Jamur kancing atau jamur kuping sangat cocok jika dijadikan sop yang hangat dan lezat. Hampir semua orang menyukai jenis masakan berupa sop. Bumbu yang digunakan untuk pembuatan sop jamur ini sama dengan bumbu sop pada umumnya, hanya saja bahan sayurannya ditambahkan jamur kancing atau jamur kuping. Sop jamur sangat nikmat disantap pada saat hangat.

15. Soto Jamur Tiram

Jamur tiram juga dapat dijadikan bahan membuat soto yang lezat dan nikmat. Jamur tiram digunakan sebagai pengganti daging ayam pada soto ayam. Cara pembuatannya sama dengan pembuatan soto pada umumnya hanya tinggal ditambahkan suwiran jamur tiram yang sudah direbus matang dan dimasukkan kedalam kuah soto. Soto jamur tiram sangat nikmat disajikan dalam kondisi hangat ditambah perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng.

16. Pizza Jamur

Pizza merupakan makanan khas Italia yang memiliki banyak topping diatasnya. Bagi pecinta sayur atau vegetarian bisa mencoba pizza yang menggunakan jamur sebagai toppingnya. Jamur yang digunakan biasanya jamur kancing, untuk pelengkapnya ditambah dengan bawang bombai, paprika dan keju mozzarella. Pizza jamur ini sangat lezat dinikmati dengan saus tomat.


Demikianlah 16 jenis masakan olahan jamur yang lezat dan sangat menggugah selera. Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di restoran tertentu yang menyajikan menu khas dengan jamur sebagai bahan masakannya.

Tags: Jamur, Masakan, Masakan Khas, Burger Unik, Pizza, Makanan Enak, Enak, Makan Lezat

Food 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com