4 Khasiat Mentimun Buat Kesehatan , Bisa untuk minuman berbuka juga lho

4 Khasiat Mentimun Buat Kesehatan , Bisa untuk minuman berbuka juga lho

Anda pasti sering menyantap lalapan ayam bakar, hmmm nyammm, timun selalu hadir bukan? Memang kalau tanpa sayuran satu ini, lalapan tidak terasa lengkap. Teksturnya yang renyah dengan kandungan air yang banyak membuat timun menjadi favorit banyak orang untuk melengkapi hidangan. Tapi tidak hanya itu, selain sebagai pelengkap makanan, timun ternyata memiliki khasiat obat dan kecantikan serta bisa dijadikan minuman sehat yang menyegarkan. 

Timun, mentimun atau ketimun (Cucumis sativus ) adalah tumbuhan berbuah lonjong yang bisa hidup di berbagai belahan dunia, namun dengan varietas yang berbeda beda. Kandungan vitamin dan mineral didalamya dipercaya memiliki khasiat baik untuk kecantikan wajah maupun untuk mengontrol tekanan darah. Dibawah ini beberapa kegunaan timun yang mungkin anda lewatkan:

  • Masker wajah

Timun memiliki efek pendingin, pembersih dan pengencang kulit. Selain itu kandungan vitamin A dan C didalamnya sangat baik untuk wajah karena dapat mencerahkan dan mengurangi munculnya kerutan dan bintik hitam. Caranya sangat mudah, parut timun yang sudah didinginkan di lemari es, kemudian aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan hingga 10 menit, selanjutnya bilas hingga bersih.

Anda juga bisa menambahkan lemon, jeruk nipis, yogurt maupun madu dalam masker timun. Lemon dan jeruk nipis memiliki kadar Vitamin C tinggi untuk mencerahkan kulit, yogurt baik untuk peremajaan kulit dan madu memiliki kandungan yang bisa melembabkan wajah.

Tertarik untuk mencoba?

  • Kompres mata lelah

Apakah anda sering begadang? atau secara genetis memiliki kantung mata yang tebal? Manfaatkan saja irisan timun dingin untuk mengompres mata.

Vitamin C dan asam caffeic dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Karena itu timun memiliki efek mengencangkan yang bisa mengurangi lingkaran hitam pada mata yang seringkali muncul saat anda lelah. Gunakan kompres mata timun sekitar 10 menit, dan anda bisa melihat perubahannya.

  • Pengontrol tekanan darah

Timun memiliki kandungan mineral kalium yang penting dalam mengontrol tekanan darah. Kurangnya kalium dalam darah dapat menyebabkan tekanan darah dan fungsi otot jantung tidak normal. Konsumsi rutin timun dalam jumlah yang cukup bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain dimakan langsung, timun juga bisa dibuat dalam bentuk jus maupun smoothie. Tapi tetap saja, timun tidak bisa menggantikan peran obat dalam menurunkan darah tinggi. Jadi, bila anda terdiagnosa menderita darah tinggi, tetap minum obat teratur ya.

  • Minuman segar

Nah ini dia, timun bisa kita olah jadi minuman segar sehat dengan cara yang sangat mudah. Sangat cocok untuk minuman berbuka karena kesegaran dan kandungan mineralnya bisa langsung mengisi kebutuhan elektrolit yang hilang. Bila suka, timun bisa diolah menjadi rujak serut, tapi bila anda merasa terlalu ribet membuatnya, anda bisa membuat minuman Es Timun Jeruk Nipis yang super segar dan murah.

Cara membuatnya, siapkan 1 buah timun dan 2 buah jeruk nipis, cuci bersih timun lalu serut, anda bisa juga mengupasnya terlebih dulu. Selanjutnya beri air perasan jeruk nipis dan gula secukupnya. Tambahkan 350 ml air, kemudian dinginkan di lemari es. Hhmmm... sangat nikmat untuk diseruput saat berbuka puasa.

Begitu banyak cara untuk menikmati khasiat timun yang murah meriah ini. Selain itu, timun juga sangat mudah ditemukan dimana saja. Bagaimana? Selamat mencoba. Stay Fresh!

    Tags: Khasiat Timun, Minuman Berbuka, Tekanan Darah

    Food 2 months ago
    Loading...
    10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

    10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

    Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

    Mengenal Vebma

    Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

    Apa yang anda dapat?

    Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

    Apa saja yang bisa kamu tulis?
    Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

    Advertiser
    hello@vebma.com