5 Takjil Unik Dari Berbagai Negara

5 Takjil Unik Dari Berbagai Negara

Berbagai negara di dunia memiliki hidangan di bulan Ramadan atau takjil yang berbeda-beda satu sama lain. Berbagai menu tersaji khususnya untuk berbuka puasa. Nah, di artikel kali ini akan kita bahas tentang berbagai takjil unik dari berbagai negara.

1. Gullac

Makanan yang satu ini berasal dari negara dengan ibukota di Ankara, yaitu Turki. Keistimewaan dari Gullac yaitu hanya dapat dijumpai saat bulan Ramadan saja. Gullac yang memiliki tekstur kenyal dan manis ini terdiri dari beberapa lembar gullac pastry. 

Makanan ini hampir tidak dapat dijumpai diluar bulan Ramadan dikarenakan gullac pastry tidak diproduksi oleh pabrik. Gullac pastry ini terbuat dari tepung maizena dan tepung terigu. Gullac ini merupakan sebuah dessert Turki dengan sensasi yang dingin. Biasanya Gullac disajikan dengan taburan kacang kenari atau siraman air mawar diatasnya.

2. Qatayef

Hidangan Ramadan khas Timur Tengah ini berasal dari Mesir. Qatayef ini terdiri dari beberapa mini pancake (kulit qatayef) yang diisi dengan beberapa macam bahan, seperti pisang, kacang, atau keju. Bahan yang digunakan untuk kulit qatayef sama dengan bahan yang biasa digunakan untuk membuat pancake. 

Cara memasak kulitnya pun sama dengan cara memasak pancake. Kulit yang telah matang ini nantinya akan diisi dengan isian yang sudah dibuat, lalu bagian pinggir kulit saling direkatkan. Qatayef asli khas Mesir ini dimasak dengan cara digoreng dengan banyak minyak (deep frying) lalu dihidangkan dengan dicelupkan ke sirup. Masyarakat Mesir biasanya memberikan garnish di atas hidangan qatayef ini dengan beberapa buah kenari hijau, kayu manis, atau krim.

3. Maritozzi

Maritozzi ini adalah roti manis yang diisi dengan krim putih. Maritozzi berasal dari Italia. Biasanya untuk roti maritozzi khas Italia ini ditambahi dengan ekstrak jeruk. Untuk pembuatan rotinya membutuhkan waktu yang lumayan lama, yaitu hampir setengah hari lebih, karena ada proses fermentasi dengan pendinginan yang membutuhkan waktu sekitar 14 jam. Roti ini nantinya akan melewati proses pemanggangan. 

Roti maritozzi ini nantinya akan dibelah dibagian tengahnya dan diisi dengan krim yang telah dibuat. Pada saat dihidangkan, maritozzi biasanya diolesi dengan sirup.

4. Kolak ayam

Saat mendengar nama kolak, pasti yang tergambar di fikiran kita yaitu kuah manis yang berisi pisang ataupun labu. Tetapi tidak untuk makanan khas Gresik, Indonesia ini. Kolak ayam terdiri dari beberapa suwiran ayam yang ditambah dengan bawang agar semakin nikmat. Kuah dari kolak ayam ini juga terasa manis seperti berbagai macam kolak lainnya.

5. Kothu Parotta

Kothu parotta ini kebanyakan dijual di Sri Lanka sebagai menu takjil masyarakat Sri Lanka. Kothu parotta merupakan roti berbentuk pipih yang dicincang, lalu dimasak dengan berbagai bahan tambahan seperti sayuran ataupun telur. 

Bumbu untuk kothu parotta ini memiliki sensasi pedas. Cara memasak kothu parotta yaitu dengan ditumis. Kothu parotta ini menjadi takjil favorit masyarakat Sri Lanka

Tags: Ramadan, Bulan Ramadan, Makanan Kuliner, Unik

Food 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com