Jukut Ares (Sayur Batang Pohon Pisang) - Makanan Khas dari Bali Pertama di Dunia

Jukut Ares (Sayur Batang Pohon Pisang) - Makanan Khas dari Bali Pertama di Dunia

Pernah mendengar Jukut Ares?

Mungkin kalian yang bukan berasal dari Pulau Dewata (Bali) jarang atau bahkan belum pernah mendengar kuliner yang satu ini.

Ya, Jukut Ares, dari namanya saja sudah pasti membuat penasaran. Sesuai dengan namanya dalam Bahasa Bali, jukut berarti sayur, dan ares berarti pohon pisang. Jukut Ares merupakan makanan khas dari daerah Bali yang dibuat dari batang pohon pisang yang masih muda atau bagian dalamnya yang tidak begitu keras. Selain gedebong (batang pohon pisang), jukut ares juga diisi dengan campuran daging, baik daging ayam maupun babi (sekedar info: masyarakat Hindu Bali tidak menganggap daging babi itu haram).

Yang membuat Jukut Ares lebih istimewa lagi yaitu Jukut ares dimasak hanya pada waktu atau acara - acara tertentu seperti acara keagamaan, pernikahan, syukuran, dan lainnya. Makanan atau jukut ini tidak dimasak untuk makanan sehari - hari, namun sekali dibuat biasanya dalam porsi yang besar. Ini karena jukut ini disugguhkan untuk saudara, tetangga, dan tamu yang ikut membantu dalam pelaksanaan acara - acara tertentu seperti acara pernikahaan.

Dari segi rasa, sudah barang tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Jukut Ares memiliki rasa yang gurih dan lezat yang tentunya tidak kalah dengan makan - makanan di restoran ternama, karena dibalut dengan bumbu khas Bali yaitu bumbu genep.

Penasaran cara membuatnya?

Cara membuatnya bias dikatakan mudah karena bahan - bahan dan bumbu - bumbu yang diperlukan tidak susah dicari, dan tentunya tidak memerlukan dana yang banyak. Berikut bahan dan bumbu yang menjadi rresep Jukut Ares sebagai makanan khas masyarakat Bali.

Bahan - Bahan :

  • 3 batang pohon pisang muda ( kalau bisa anak pohon pisang bukan tunasnya)
  • 1 kg daging ayam atau babi
  • Minyak kelapa
  • Garam
  • Kunyit

Bumbu - Bumbu :

  • Basa genep : Kunyit, lengkuas, jahe, 6 suing bawang putih, 10 suing bawang merah, 4 biji cabe besar, 4 biji cabe kecil, 1 sdt ketumbar, 1/2 sdt merica putih, 1/2 sdt merica hitam, 3 buah kemiri, 1 buah tomat besar, 5 batang serai (cincang), gula dan garam.

Langkah membuat :

  1. Iris tipis - tipis batang pohon pisang, kemudian masukkan ke baskom, tambahkan minyak kelapa, garam, dan parutan kunyit, lalu remas - remas hingga lembek dan lemas.
  2. Bilas dengan cara menambahkan air secukupnya, aduk sedikit, kemudian tiriskan sampai tak tersisa.
  3. Rebus daging dan tulangnya kurang lebih 30 menit hingga matang dan  cukup empuk, usahakan air kaldunya masih tersisa.
  4. Haluskan bumbu (basa genep), lalu tumis hingga matang dan mengeluarkan aroma.
  5. Setelah rebusan daging cukup empuk masukkan batang pohon pisang yang sudah diiris tadi.
  6. Tambahkan bumbu yang telah ditumis tadi, biarkan kurang lebih 15 menit hingga bumbunya meresap.
  7. Jika merasa kurang, tambahkan bumbu, namun jika rasa bumbu terlalu pekat maka tambahkan air secukupnya sesuai selera.

Demikian pembahasan mengenai Jukut Ares, dan juga cara membuat Jukut Ares. Sudah sepantasnya kita melestarikan makanan khas daerah seperti halnya Jukut Ares ini karena merupakan warisan leluhur. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan dicoba.

    Tags: Makanan Kuliner, Sayur, Bali, Viral, Pertama Di Dunia, Gaya Hidup, Masakan Lezat, Khas, Indonesia, Budaya, Warisan Leluhur, Restoran, Bisnis, Tourism

    Food 1 month ago
    Loading...
    10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

    10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

    Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

    Mengenal Vebma

    Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

    Apa yang anda dapat?

    Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

    Apa saja yang bisa kamu tulis?
    Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

    Advertiser
    hello@vebma.com