Makanan Khas Wonosobo

Makanan Khas Wonosobo

Wonosobo adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah berbatasan langsung dengan Temanggung. 

Wonosobo memiliki banyak makanan khas yang unik sekaligus enak yang mana makanan tersebut hanya bisa di temui Wonosobo. Tanpa lama - lama ayo langsung saja kita bahas makanan khas apa saja yang ada di Wonosobo

1. Tempe Kemul

Tempe kemul terbuat dari bahan dasar tempe yang di iris tipis kemudian di celupkan kedalam tepung yang telah di beri bumbu dan juga kucai. Selain itu tempe kemul ini cenderung berwarna kuning karena dalam pembuatan adonan diberi kunir. Nah warna kuning inilah yang membuat makanan ini terlihat enak dan menarik.

2. Mie Ongklok

Mie ongklok adalah salah satu makanan khas wonosobo yang banyak dicari karena rasanya yang enak tentunya. Makanan ini kenapa diberi nama mie ongklok karena dalam proses pembuatannya di "ongklok" (bahasa daerah Wonosobo) , atau dalam bahasa indonesia mirip dengan di goyang - goyang. Makanan ini terbuat dari bahan utama mi yang di campur dengan kubis yang diiris tipis dan juga tahu. Yang membuat makanan ini enak adalah kuahnya yang terbuat  dari tepung tapioka dengan bumbu yang pas.

Baca juga : Objek Wisata di Wonosobo Yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Nasi Megono

Nasi megono atau biasanya bahasa jawa disebut sego megono. Sego megono adalah makanan khas Wonosobo yang lezat. Sego Megono adalah masakan yang dibuat dari nasi yang dicampur dengan sayuran dan juga ikan teri. Masyarakat Wonosobo pada umumnya menyebut Sego Megono dengan nama ” Sego Reged “. Yang berarti nasi yang kotor karena terdapat campuran sayur dan juga ikan teri di dalamnya.

4. Carica Dieng

Buah carica adalah buah khas dari daerah Wonosobo, Dieng, Jawa Tengah. Buah yang cukup asing bagi beberapa orang ini ternyata masih satu keluarga dengan buah pepaya. Oleh sebab itu bentuknya mirip, hanya saja ukuran carica lebih kecil.Masyarakat di daerah Wonosobo mengolah carica menjadi manisan. Manisan carica menjadi oleh-oleh favorit ketika orang-orang datang berkunjung ke daerah ini. Selain rasanya yang manis dan segar, ternyata carica memiliki manfaat bagi kesehatan.


Tags: Wonosobo, Kuliner Dieng, Makanan Khas Dieng, Carica Dieng, Mie Ongklok Dieng

Food 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com