Bukan Game Biasa, 10 Game Ini Dipakai Untuk Rekrut Militer

Bukan Game Biasa, 10 Game Ini Dipakai Untuk Rekrut Militer

Tapi bagaimana kalau sebuah video game justru menjadi suatu media untuk tes perekrutan prajurit dalam suatu organisasi kemiliteran.

Game Simulasi Militer


Jika kalian mengira beberapa dari game tersebut adalah game-game terkenal seperti halnya point blank atau counter strike, kalian salah besar ! Permainan video game ini justru tidak terlalu banyak orang tahu. Bahkan banyak yang mengira sebagian dari permainan itu adalah game yang mudah dan terkesan menarik.

Apa saja nama game-game tersebut ? Siapa yang menggunakannya untuk tes perekrutan militer ? Simak saja daftar di bawah ini.


 1. Spacewar

spacewar-game-buatan-pentagon


Siapa yang mengira bahwa game ini ternyata adalah buatan Pentagon, sebuah markas pusat militer di Amerika Serikat. Game ini mereka buat pada tahun 1962 dengan menugaskan seorang mahasiswa MIT dengan kucuran dana yang sangat luar biasa besarnya.

Spacewar sendiri  adalah game simulasi pesawat luar angkasa. Pentagon menggunakan game ini untuk tes orang-orang yang akan mereka rekrut menjadi pekerja.  Meskipun meliki tampilan yang sangat sederhana, namun game ini memiliki fungsi yang sangat realistis.

 2. Battlezone


Amerika terus berinovasi untuk menciptakan sebuah simulasi perang yang nyata ke dalam bentuk video game. Itulah satu kelebihan dari mereka, yang seakan tak pernah bosan berinovasi dan membuat hal-hal baru. Terutama pada bidang teknologi. 

Hingga pada tahun 1980, Militer Amerika kembali menggunakan sebuah game untuk melatih prajurit mereka merasakan pengalaman terjun ke medan pertempuran. Kali ini sebuah arcade “Battlezone” yang mereka gunakan.

Keseriusan mereka terbukti dengan adanya pembangunan beberapa sistim prototype dari Battlezone di dunia nyata agar di masa depan prajurit mereka bisa berlatih berlatih dengan robot-robot yang ada dalam game tersebut. Dalma bentuk virtual yang seakan terlihat real tentunya.


 3. Operation Sleeper Shark


Berperang tak hanya mengangkat senjata. Terkadang, untuk membongkar suatu rahasia dari pasukan musuh, para prajurit militer juga harus memecahkan kode-kode tak lazim.  Demi tujuan itulah game ini dibuat.

Militer Angkatan Laut Amerika Serikat menggunakan game “Operation Sleeper Shark” untuk mengetes calon prajurit yang akan bergabung dalam kesatuan mereka. Calon prajurit yang berhasil memecahkan sandi kriptografi dan mendapat skor diatas standart yang telah mereka tentukan, akan mendapat kesempatan untuk bergabung.

Bagi para pasukan militer, penggunaan kode atau sandi sangat penting untuk menjaga kerahasiaan komunikasi.


 4. America Army : Proving Ground


American Army : Proving Ground memiliki sebuah fungsi yang tak hanya sekedar untuk bermain tembak-tembakan. Beberapa kesatuan militer di Eropa dan Amerika menjadikan game satu ini untuk merekrut prajurit penjaga keamanan. Mereka yang lolos tahapan sebelumnya, juga harus melewati tes ini untuk melanjutkan ke level tes berikutnya.


 5. Full Spectrum Warrior


Jika membandingkannya dengan game-game bertemakan FPS sejenis seperti Medal of Honor, memang Full Spectrum Warrior ini masih berada di bawahnya, dari segi ketenaran. Meskipun begitu, Misi dan penggarapan game satu ini ternyata lebih terlihat realistis jiga dibandingkan dengan game lain yang serupa.

Bahkan alur cerita, perilaku tokoh yang dimainkan, hingga item di dalamnya memang khusus tercipta untuk sarana doktrin calon prajurit Amerika Serikat.


 6. Tactical Iraqi


Rilis pada tahun 2017, bersamaan dengan pecahnya perang Iraq. Game PC satu ini sempat dipakai untuk uji coba tentara yang akan turun ke medan pertempuran. Alur dan latar dari game Tactical Iraq ini sama persis dengan kenyataan di lapangan.


 7. Virtual Battlefield System


Game yang mempunyai latar dan alur yang sengaja diciptakan menyerupai aslinya. Bahkan sedemikian realistisnya game VBS ini, hingga apa yang kita lakukan dalam game tersebut akan meghasilkan efek yang berbeda.



Game ini wajib mereka mainkan untuk mendapat pengalaman tentang kondisi lapangan yang terjadi di dunia nyata.


 8. ARMA III


Tak hanya tentara resmi negara seperti militer Amerika yang menggunakan teknologi dari sebuah video game untuk melatih prajurit mereka. Bahkan dari beberapa sumber juga menyebutkan bahwa kelompok teroris ISIS juga menggunakan teknik ini untuk merekrut anggota.



Mereka memodifikasi sebuah game berjudul ARMA III hingga mirip dengan situasi dalam peperangan yang mereka hadapi.


 9. Jietai Collection


Seperti banyak kita ketahui. Dibalik segala kemajuannya pada bidang teknologi, Negeri Sakura Jepang menghadapi sebuah masalah yang cukup serius. Di negara tersebut, minat para warganya untuk terjun ke dalam dunia militer demi membela negara sangatlah minim.

Hingga pemerintah Jepang membuat sebuah video game untuk sarana promosi dan perekrutan prajurit. Siapapun dapat memainkan game ini karena compatible untuk dimainkan di platform smartphone.


 10. Grand Theft Auto 5


Untuk yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Sebuah permainan video game legendaris Grand Theft Auto yang dari masa ke masa terus berinovasi untuk menambah efek realistis dalam permainannya.

Kelompok militan juga banyak menggunakan game satu ini, karena menurut mereka alur cerita yang ada di dalamnya hampir sama dengan kehidupan nyata yang mereka hadapi.

Nah, itulah tadi 10 daftar video game yang tercipta tak hanya sekedar untuk hobi atau mengisi waktu luang. Sangat unik memang, namun itulah yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi.

Tags: Game, Militer

Game 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com