Asal Usul Permainan Monopoli dan Perkembangannya

Asal Usul Permainan Monopoli dan Perkembangannya

Monopoli adalah salah satu permainan yang disenangi oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Permainan ini mengajarkan kita mengenai bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Tidak hanya itu, permainan ini juga dapat memberikan sensasi bermain yang asyik dikarenakan seakan-akan kita benar-benar sedang membeli tanah, hotel, maupun negara. Meskipun permainan ini diminati oleh banyak orang, sedikit orang yang mengetahui fakta-fakta mengenai permainan ini. Berikut ulasannya.

Permainan monopoli ditemukan oleh Charles Darrow pada tahun 1933. Ide pembentukan permainan ini terinspirasi dari seorang perempuan yang bernama Elizabeth Maggie. Inspirasi permainan ini dapat dikatakan juga sebagai hasil jiplakan karena pada tahun 1904, Elizabeth telah merancang permainan ini yang dinamakan The Landlord’s Game. Permainan ini diklaim sebagai akibat kekuasaan sistem monopoli yang berkuasa pada masa itu. Awalnya, Elizabeth merancangnya untuk membuat orang-orang lebih mudah dalam memahami pajak.

Dalam proses terkenalnya permainan ini, juga terdapat campur tangan perusahaan Parker Brothers dimana Charles Darrow mencoba peruntungan dengan menawarkan idenya tersebut kepada perusahaan ini. Akan tetapi perusahaan tersebut sempat tidak menerima permainan itu dikarenakan terdapat 52 konsep permainan yang salah meliputi kompleksitas, lama bermain dan tema yang dirancang oleh Charles Darrow. Seiring berjalannya waktu akhirnya perusahaan Parker Brothers menerima permainan ini dan mulai memproduksinya secara masal pada tanggal 5 November 1935.

Untuk nama-nama tempat yang terdapat pada permainan monopoli adalah tempat yang berlokasi di Kota Atlantik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mencoba mengubahnya sehingga nama-nama tempat tersebut sudah tidak sama lagi bahkan sudah banyak terjadi modifikasi pada permainan tersebut termasuk adanya unsur kebudayaan negara.

Awalnya permainan monopoli ditawarkan ke pasar dengan harga 2 Dolar AS atau sekitar 27.000 rupiah. Untuk harga permainan monopoli yang asli, kini harganya berkisar dari 18 dolar AS hingga 500 dolar AS. Luar biasanya, permainan ini sudah terjual lebih dari 275 juta di seluruh dunia dengan telah diterjemahkan ke dalam 43 bahasa serta sudah terdapat versi onlinenya. . Mengingat bahwa semua orang menginginkan untuk memainkannya, monopoli versi Braille diciptakan pada tahun 1970-an dan yang tak kalah menariknya, permainan monopoli mendapatkan penghargaan sebagai Best Mobile App Award pada tahun 2008. Permainan monopoli sempat terpilih sebagai permainan nomor 1 di Amerika pada tahun 1940 sampai 1960.

Permainan monopoli ini juga menginspirasi seorang pembuat perhiasan yang berasal dari San Fansisco. Beliau mencoba peruntungan dengan membuat permainan monopoli dengan model legenda. Idenya tersebut membuatnya berhasil meraup uang sebesar 2 Juta Dolar AS yakni sekitar 27, 1 milliar rupiah.

Demikian informasi mengenai permainan monopoli. Semoga bermanfaat.

Tags: Monopoli, Permainan

Game 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com