11 Cara Budidaya Ikan Lele Agar Hasil Memuaskan

11 Cara Budidaya Ikan Lele Agar Hasil Memuaskan

Kata.co.id Budidaya ikan lele adalah hal yang susah dan ketika menjadi seorang pembudidaya ikan lele mungkin adalah hal yang sangat gampang dan ada juga yang susah untuk dikembangkan, karena dengan modal memiliki keterampilan khusus dalam bidang pembudidayaan maka hasil yang akan diperoleh akan semakin maksimal dan memuaskan. Indonesia kaya akan alam peternakan dan lain sebagainya. Tidak kalah pentingnya juga membudidayakan ikan lele adalah cara yang sangat tepat untuk mengembangkan produk usaha anda kepada dunia. Membudidayakan ikan lele ini harus dibarengi dengan cara yang pas dan mudah dilakukan untuk para peternak ikan lele agar menghasilkan kualitas yang baik tentunya menghasilkan keuntungan dari membudidayakan ikan lele tersebut.

Cara budidaya ikan lele itu sangat mudah hanya kita perlu pengetahuan juga dalam memulai usaha pembudidayaan ikan lele tersebut. Ada yang sukses dari budidaya ikan lele dan ada juga yang gagal dalam membudidayakannya karena keterbatasan wawasan yang dimiliki seorang peternak. Maka dari itu simaklah cara pembudidayaan ikan lele tersebut agar mendapatkan hasil yang sangat memuskan.

11 Cara Budidaya Ikan Lele

1.Persiapan Buat Kolam Untuk Lele

Pembuatan kolam untuk peternakan lele adalah hal yang paling penting dalam membudidayakan ikan lele, karena kalau tidak persiapan kolam mau bagaimana berkembang usaha anda dalam bidang ikan lele. Maka sebelum anda memulai ternak ikan lele maka siapkan terlebih dahulu kolam serta ukurannya agar dalam membudidayakan ikan lele ini dapat berhasil dengan maksimal.

Jika anda sedang menggarap budidaya ikan lele hal dalam kolam harus tetap diperhatikan agar ikan lele ini dapat hidup dengan cepat dan tidak mati karena ukuran kolam yang terlalu kecil. Maka buatlah ukuran kolam yang secukupnya.

Butlah kolam lebih dari 1 atau 2, dengan tujuan untuk pembibitan kembali benih baru dan kolam untuk proses pembesarnan anak ikan lele, serta lebih bagusnya lagi anda buat kolam khusus untuk induknya saja agar mereka tetap menghasilkan keturunan yang berkualitas juga.

Sebagai saran dalam pembuatan kolam ikan lele sebaiknya anda buat dengan bahan terpal atau dari tembok agar mudah dibuat serta hal tersebut akan banyak manfaatnya.

  • Manfaat pertama adalah ikan lele akan terhindar dari pemangsa
  • Hidup ikan lele akan aman
  • Penggunaan lahan tidak akan begitu besar
  • Akan menghasilkan kualitas lele yang tinggi

2. Siapkan Modal

Sebelum anda melakukan ternak mungkin modal adalah salah satu hal yang sangat penting juga, karena dengan modal untuk budidaya ikan lele akan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan. Nah maka dari itu anda siapkan segala kebutuhan yang anda butuhkan untuk memulia usaha ternak ikan lele tersebut, salah satunya adalah modal yang cukup, tempat dan kesiapannya.

3. Memilih Induk Ikan Lele yang berkualitas

Memilih induk lele yang berkualitas adalah salah satu cara yang penting juga, karena selain modal anda juga dituntut agar memilih induk ikan lele yang berkualitas dan yang mudah menjadi berkembang pesat dan tidak menunggu lama untuk panen. Maka dari itu anda sebelum membeli bibit tanya terlebih dahulu ikan lele mana yang bagus untuk dijadikan budidaya dan usaha agar cepat berkembang.

Dengan memilih ikan lele yang sangat berkualitas tentunya akan menghasilkan sebuah usaha yang berkembang dengan hasil yang maksimal dan diusahakan peternak ikan lele berpintar-pintar dalam memilih jenis ikan lele yang bagus. 

4. Bedakan antara jantan dan betina

Ikan lele juga sama halnya dengan ikan yang lainnya hanya saja ikan lele juga ada yang betina dan ada pula yang jantan. Untuk membedakan mana yang jantan dan betina maka simaklah ciri-cirinya sebagai berikut.

Ciri ikan lele betina

  • Kepalanya terlihat cembung
  • Gerakannya biasa dan perlahan
  • Warna terlihat lebih cerah
  • Perutnya terlihat besar

Sedangkan ciri ikan lele yang jantan adalah.

  • Memiliki perut ramping
  • Memiliki kepala pipih
  • Gerakannya lincah
  • Warnanya gelap

5. Saatnya Pendederan

Saatnya pelepasan ikan lele juga harus bisa memilih ikan lele mana saja yang harus disatukan satu kolam, perlu anda ketahui satukanlah ikan lele sesuai ukuran besar kecilnya. Serta ukuran yang besar dengan yang besar juga agar tidak saling memangsa, karena tidak menutup kemungkinan ikan lele yang besar akan memangsa yang kecil.

6. Kualitas Air

Kualitas air sangatlah penting dalam peternakan ikan lele karena jika salah pilih air yang kotor atau terkena zat yang berbahaya maka resikonya akan mati. Maka dari itulah sebelum membudidayakan ikan lele dianjurkan sekali dalam proses pemilihan jenis air yang ada disekitar kolam.

Warna air yang disukai ikan lele tersebut adalah warna yang hijau karena air jernih itu tidak disukai oleh ikan lele maka dari itu carilah warna air yang sekiranya kelihatan warna hijau.

7. Kedalam Air pada kolam

Jangan sesuka anda memasukan air ke dalam kolam sedangkal mungkin dan itu akan membuat resiko lele menjadi mati. Seharusnya anda buat ketinggian air secukupnya agar ikan lele tidak terlalu panas ketika siang hari disinari oleh matahari.

8. Tambahkan Tumbuh tumbuhan

Sebagai para ternak yang cerdas tidak hanya saja air yang ada di kolam tersebut. Coba anda bayangkan kalau hidup gak ada pepohonan, pasti semuanya akan terasa panas dan kemungkinan tidak ada kehidupan. Begitu juga dengan ikan lele jika hanya air saja maka hidupnya akan stress karena tidak ada bahan untuk berlindung di siang hari, maka anda tanam seperti talas air, eceng gondok dan yang lainnya.

9. Pakan

Dalam membudidayakan ikan lele, pakannya juga harus diperhatikan agar perkembangannya cepat. Pakan yang dianjurkan adalah pelet, sisa nasi dan lain-lain.

10. Pengendalian hama

Sebagai peternak harus jeli dengan berbagai penyakit ikan lele, maka peternak juga harus bisa melihat keadaan ikan lele agar tidak terkena penyakit. Dianjurkan minimal sebulan sekali ikan lele diberi obat khusus yang disedikan atau dicampur bersama pakannya.

11. Saatnya Panen

Masa panen biasanya dilakukan selama 3 bulan sekali dengan memilih ukuran ikan lele yang sudah besar baru bisa di panen, dan yang masih kecil biarkan dikolam tunggu sampai besar nanti

Itulah 11 cara Pembudidayaan Ikan lele agar mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan berhasil.  

Tags: Ternak Lele, Lele

Hewan 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com