7 Cara Budidaya Ikan Koki agar Menghasilkan Kualitas yang Bagus

7 Cara Budidaya Ikan Koki agar Menghasilkan Kualitas yang Bagus

Kata.co.id - Cara Budidaya ikan koki adalah hal yang gampang jika sudah mempunyai teknik perkembangannya, berbeda sekali jika para budidaya ikan koki tidak tahu cara budidayanya, maka dari itu ketahuilah cara-cara budidaya ikan koki tersebut. Sebelum mengetahui caranya langkah-langkah budidaya ikan koki maka ketahuilah terlebih dahulu ikan koki tersebut. Ikan koki adalah ikan hias yang banyak ditemukan dimana-mana saja yang banyak dibudidayakan di indonesia, sehingga banyak jenisnya ikan koki tersebut.

Menjadi seorang budidaya ikan koki adalah salah satu peluang usaha yang sangat besar untuk dilakukan oleh siapa saja, karena tidak begitu banyak para pembudidaya ikan koki yang berhasil membudidayakan ikan tersebut  maka peluang usaha tersebut adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi anda jika anda memulainya dengan cara keseriusan yang kuat.

Cara Budidaya ikan koki ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Apabila ingin menjadi seorang pembudidaya ikan koki maka silahkan anda baca step by step caranya agar menjadi pembudidaya ikan koki yang sukses.

Cara Budidaya ikan koki yang benar dan tepat.

1. Pemilihan Induk

ikan koki
Bibit ikan koki

Memilih induk koki adalah salah satu hal yang sangat penting dan utama dalam sebuah pembudidayaan ikan koki tersebut. Pemilihan bibit yang unggul dalam pembibitan akan menunjukan proses pembibitan yang berhasil. Sebagai para pembibitan ikan koki harus dibarengi juga dengan modal yang sangat baik dan cukup.Untuk mengetahui induk yang bagus alangkah baiknya ketahui dahulu ciri-ciri ikan koki tersebut.

Induk jantan memiliki ciri sebagai berikut.

  • Warna ikan lebih cerah dibandingkan betina
  • Badan ikan jantan lebih ramping dan panjang
  • Gerakannya lebih lincah

Sedangkan induk betina memiliki ciri sebagai berikut

  • Warnanya lebih redup
  • Gerakannya lamban
  • Badan ikan koki betina lebih besar ke bawah karena tempat untuk pembuahan telur

Jika ingin menjadikan ikan koki sebagai induknya pilihlah yang sudah berumur 6 bulan ke atas agar dalam pembuahan telur lebih matang.

Pilihlah induk koki yang sangat sehat dan jauh dari penyakit.

2. Tempat budidaya

aquarium
Tempat Budidaya

Tempat budidaya ikan koki tersebut alangkah pentingnya juga dalam proses budidaya karena salah tempat salah juga hasilnya. Maka dari itu anda sebagai para peternak yang cerdas gunakanlah tempat baik dengan aquarium atau kolam khusus, asalkan tempatnya cukup buat perkembangbiakan ikan koki nanti.

Jangan anda gunakan alat lain selain tempat yang bagus menurut di atas. Maka untuk itu anda harus bisa memilih tempat yang sangat cocok untuk perkembangbiakan karena hal ini adalah hal yang harus diperhatikan sekali, jangan sampai membuat salah tempat yang jelek dan bisa membuat usaha budidaya ikan koki menjadi gagal.

3. Buat media untuk pijah

media pijah
Tempat media pijah

Buat media pijah Sebagai sarana untuk menyimpan telur di air alangkah baiknya anda gunakan media lain dengan tujuan telur yang dihasilkan berada diam di bahan tersebut. Salah satu media yang paling pas dan cocok adalah dari serabut ijuk yang ada di pohon aren. Itu adalah media yang sangat cocok dan terbukti berhasil dalam menyimpan telur supaya aman dan baik.

Kedua induk atau lebih yang sengaja di khususkan untuk proses perkawinan maka jangka waktu yang dibutuhkan selama 2 sampai 3 minggu juga sama seperti ikan lainnya, setelah itu induknya kembali dipisahkan agar proses pembelahan telur menjadi burayak tidak terganggu dan tidak dimakan kembali oleh induknya.

Karena tidak menutup kemungkinan induknya juga akan memakan kembali telur yang sudah dihasilkan, untuk menjaga hal ini terjadi maka induk ikan tersebut dipisahkan kembali ke tempat biasa mereka dilepaskan.

4. Pilih Air yang baik

Pilih air yang baik
Pilih Air yang Baik

Memilih air yang baik adalah salah satu cara yang bagus dilakukan oleh anda sebagai para budidaya ikan koki, pilihlah kualitas air yang murni dan terhindar dari bahan obat dan tidak terhindar dari zat-zat pabrik yang dapat menimbulkan kematian pada ikan koki baik anaknya maupun pada induknya.

5. Pemijahan

pemijahan
Pemijahan

Proses pemijahan dilakukan dengan cara induk betina dan induk jantan dipisahkan terlebih dahulu setelah proses perkawinan dilakukan, dengan tujuan induk betina bisa membuat sarang sendiri di media pijah tersebut dan bertelur pada media pijah tersebut. Hal yang salah satu ini adalah cara yang harus dilakukan juga agar menghasilkan hasil yang sangat memuaskan bagi pecinta ikan koki.

Jangan sampai salah tafsir ya ! ketika induk betina sudah bertelur maka induk tersebut pisahkan dan masukan lagi ke tempat yang lain agar telur tersbut tidak terganggu. Tunggu telur tersebut sampai menetas sampai semuanya hidup di air.

6. Pemberian Makan

makan
Pemberian Makan

Setelah begitu besar anak burayak ikan koki maka anda harus beri makanan yang lembut dan tidak terlalu besar untuk proses percepatan pertumbuhan anak burayak. Makanan tersebut bisa anda gunakan dengan bekatul beras yang sudah lembut, sepertinya itu sudah bagus sekali bagi perkembangan anak ikan.

7. Proses Pembesaran

proses
Proses Pembesaran

Proses pembesaran memerlukan waktu hingga 1 sampai 2 bulan, maka anda harus bisa sabar dalam berternak ikan koki terebut. Karena diluaran sana pasti akan ada hal yang akan anda dapatkan setelah ikan koki tersebut besar. Setelah besar anda tinggal pasarkan dan jual dengan harga yang lumayan pantastis.

Ingat jangan memberi harga yang terlalu tinggi dari harga umumnya karena akan membuat usaha anda gagal juga. Maka coba beri harga dengan memiliki keuntungan bagi anda dan pembeli, maka mereka akan lebih mau membeli ikan hasil budidaya anda.

Itulah 7 Cara Budidaya ikan koki yang sangat mudah dan bagus untuk para pembudidaya ikan koki.

Tags: Ikan Koki, Budidaya Koki

Hewan 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com