15 Cara Menjinakkan Kucing dengan Ampuh Dan Mudah

15 Cara Menjinakkan Kucing dengan Ampuh Dan Mudah

Adakalanya kucing yang baru diadopsi oleh pemilik barunya belum dapat beradaptasi dan menyatu dengan lingkungan baru, sehingga kesan beringas, agresif muncul dan kadang ketidakpekaan pemilik baru dapat memunculkan tindakan ekstrem seperti mencakar dan menggigit. Hal tersebut biasanya terjadi akibat stress yang tidak tertangani. Berikut inilah 15 cara menjinakkan kucing yang ampuh dan mudah dilakukan.

1) Gunakan Percikan Air

Semprotan air yang biasa digunakan untuk menyemprot tanaman dapat digunakan untuk menyemprot kucing ketika kucing sulit dikendalikan. Ketika kucing tidak mau mendengarkan perintah dan tetap melakukan aktifitas yang berbahaya seperti mencakar cakar sofa, pemilik dapat menyemprotkan air sekali atau dua kali pada wajah kucing sebagai tanda bahwa apa yang dilakukannya itu adalah sebuah kesalahan. Dengan kebiasaan semprotan air ini kucing akan mengerti dan tidak mengulangi hal tersebut kembali.

2) Perlakukan Kucing dengan Lembut

Kucing yang diperlakukan dengan kasar hanya akan membuat kucing bertambah agresif dan juga kasar. Maka perlakukanlah kucing dengan lembut tanpa memberikan perintah atau suara membentak dan memaki. Bentakan dan makian biasanya dianggap oleh kucing sebagai suara ancaman sehingga kucing memposisikan diri untuk menjaga jarak dan memandang pemilik sebagai musuh.

3) Berikan Makanan Yang Disukai

Pada awalnya kucing akan menolak beberapa makanan yang disajikan oleh pemilik baru, maka pemberian variasi makanan perlu dilakukan untuk mengetes makanan seperti apa yang disukai oleh kucing. Jika sudah ditemukan makanan yang cocok dan disukai maka berikanlah makanan tersebut secara terjadwal agar ketika waktu makan terlewat dan tidak tersedia makanan, kucing akan mencari sang pemilik.

4) Redupkan Pencahayaan Untuk Menenangkan Kucing

Pencahayaan yang terlalu terang dapat membuat kucing tambah stres yang mengakibatkan kucing menjadi sulit untuk dijinakkan. Redupkan cahaya di mana kucing itu diletakkan. Jika kucing sudah merasa nyaman dan aman, pencahayaan dapat dikembalikan ke pencahayaan normal secara bertahap. Kucing yang sudah tenang akan lebih mudah untuk dijinakkan.

5) Jadwalkan Waktu Makan Untuk Membuat Kucing Disiplin

Pemberian makan yang terjadwal dapat membuat kucing terikat dengan waktu dan perlahan akan merasa membutuhkan pemilik kucing jika waktu makan telah terlewat. Dengan cara ini kucing akan mendekati pemilik jika waktu makan sudah terlewat namun belum ada makanan yang disajikan di tempat makannya.

6) Tempatkan Di Ruang Tertutup

Ruangan yang tertutup selain menjaga agar kucing tidak kabur keluar rumah, juga dapat membuat kucing merasa terlindungi. Namun ruang dibutuhkan haruslah luas aagar ucing dapat menjelajah, paling tidak berjalan jalan santai.

7) Tempatkan Di ruang Tanpa Perabotan

Menempatkan kucing di ruang penuh perabotan selain membuat kucing merasa tak nyaman, juga dapat menimbulkan potensi kerusakan perabotan yang disebabkan oleh kucing. Kucing yang liar dan agresif memiliki cenderung untuk mencakar dan merusak perabotan yang dianggapnya sebagai ancaman. Karena itu tempatkan kucing di ruang tanpa perabotan agar kucing merasa aman dan nyaman agar mudah dijinakkan.

8) Jauhkan Dari Hingar Bingar

Hingar bingar dan suara keras dapat membuat kucing menjadi gelisah, tak nyaman dan tambah stress. Jika kucing masih dalam kondisi stress maka sangatlah sulit untuk menjinakkannya, maka jauhkan kucing dari suara berisik, bising dan keras.

9) Berikan Stimulan Dengan Makanan

Kucing dapat dipancing untuk kesuatu tempat dengan memberinya jejak makanan instan di lantai. Kucing akan memakan dan mengikuti jejak makanan tersebut ke tempat yang dituju, cara ini juga dapat dilakukan untuk kucing yang enggan keluar kandang atau kerap bersembunyi di dalam kandang atau kardus.

10) Beri Ruang Untuk Beradaptasi

15 Cara Menjinakkan Kucing dengan Ampuh Dan Mudah
Beri ruang untuk adaptasi

Biarkan kucing dalam ruangan yang tidak terlalu sempit lengkap dengan makanan bak pasir. Penyediaan ruang dan sarana tersebut untuk membuat kucing nyaman dan merasa aman di lingkungan barunya.

11) Jangan Paksakan Kucing

Memaksakan kucing untuk melakukan sesuatu atau memakan sesuatu dapat menambah beban stress yang dialami oleh kucing, beban stress ini hanya akan membuat kucing menjadi lebih agresif dan sulit untuk dijinakkan. Biarkan kucing beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan alami tanpa dipaksakan.

12) Berikan Tempat Persembunyian

kucing yang agresif membutuhkan ruang tersendiri dimana dirinya dapat merasa aman dan nyaman. Sediakan sebuah rumah kucing atau kardus sebagai tempat dimana dia bisa menenangkan diri. Pada umumnya kucing akan bertahan di dalam tempat persembunyiannya untuk beberapa waktu dan akan keluar ketika merasa lapar. Pemilik dapat membiasakan memanggil namanya saat memberikan makanan. Perlahan dengan cara ini kucing akan melunak dan menjadi jinak.

13) Perkenalkan Bau Manusia

Kucing yang liar biasanya belum pernah atau jarang melakukan kontak dengan manusia. Untuk memperkenalkan kehadiran manusia dapat dilakukan dengan cara meletakkan pakaian bekas atau tidak terpakai yang sudah dikenakan di dekat kucing. Dengan begitu kucing anak mulai familier dengan bau manusia dan menerima keberadaannya. Kucing yang sudah menerima keberadaan manusia biasanya akan mudah menurut dan menjadi jinak.

14) Jangan Sentuh Kucing Saat Memberikan Makan

Kucing yang agresif sangat tidak menyukai sentuhan dari manusia, terutama ketika ada makanan. Berikanlah kucing makanan dalam tempat makan lalu tinggalkan dan lihat dari jauh. Lakukan hal ini kurang lebih selama seminggu lalu perlahan lahan mulai dekati kucing.

15) Ajak Kucing Bermain

Kucing yang masih liar sebenarnya sudah bisa diajak bermain, namun kontak fisik dengan kucing tidak disarankan karena kucing dapat tiba tiba mencakar atau mengigit karena apa yang dilakukan mungkin saja dianggap sebagai tindakan mengancam bagi kucing. Pemilik dapat mengajak main kucing dengan bulu yang diikat dan di dekatkan pada kucing, pada umumnya kucing akan bergerak mengejar bulu tersebut.

Demikianlah 15 cara menjinakkan kucing dengan ampuh dan mudah. Semoga bermanfaat.

Tags: Kucing, Menjinakan Kucing

Hewan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com