Fakta Mengejutkan Yang Belum Banyak Orang Ketahui Tentang Hewan Yang Hampir Punah

Fakta Mengejutkan Yang Belum Banyak Orang Ketahui Tentang Hewan Yang Hampir Punah

Bumi telah menyaksikan sendiri sejarah atau peristiwa  lima kepunahan massal sebelum kehidupan manusia di bumi. Hewan yang termasuk di dalamnya yakni Dynosaurus, dan sebagainya. Nah untuk keenamnya, sedang terjadi sekarang ini dan mengancam keanekaragaman hayati yang ada di bumi. Kita sendiri sebagai manusialah yang menjadi penyebab kepunahan keenamnya.

Dengan begitu, akan terjadi hilangnya kekayaan spesies hewan yang kita miliki. Dari beberapa hewan yang hampir punah tersebut, telah berhasil di dokumentasikan. Barikut ini adalah fakta mengejutkan tentang hewan yang hampir punah yang belum banyak orang ketahui.

Aye-aye

Di temukan di daerah Madagaskar, terutama mendiami hutan hujan kanopi di pantai timur sebuah negara kecil. Aye-aye memiliki kuku yang sangat panjang, jari tengahnya di gunakan untuk mengorek bagian dalam pohon guna mencari larva serangga untuk di makan. Hewan nokturnal ini memang sangat suka terhadap belatung dan juga larva. Aye-aye mempunyai mata yang besar, terlihat seram, dan jari tengah yang unik. Tapi sayangnya, hewan ini terancam kelangsungan hidupnya. Dengan alasan karena terlihat aneh, sehingga masyarakat setempat sering menganggap aye-aye sebagai sebuah pertanda buruk. Yang pada akhirnya hewan tersebut akan di bunuh ketika masyarakat melihatnya.

Kanguru Pohon

Kanguru Pohon juga termasuk ke dalam hewan yang di kategorikan sebagai hewan yang terancam punah. Hewan ini banyak mendiami dataran rendah dan hutan hujan pegunungan Guinea Papua, Indonesia dan Australia Utara. Mereka banyak memakan daun dan juga buah-buahan. Ancaman kepunahan mereka adalah karena perburuan liar untuk di ambil dagingnya, serta yang lebih penting adalah karena faktor deforestasi. Sebenarnya Kanguru Pohon sudah langka di alam liarnya, dan semakin langka karena perburuan tersebut. Apalagi karena gerakannya yang sangat lambat ketika berada di tanah, memungkinkan untuk di buru anjing serta tertabrak oleh mobil.

Trenggiling

Trenggiling merupakan hewan yang paling sering di perdagangkan, 20 persen di antaranya melalui pasar gelap. Trenggiling akan menggulungkan tubuhnya ketika terancam oleh predator. Dengan di tutupi oleh sisik yang tebal seperti baja dari ujung ekor hingga seluruh tubuhnya. Hewan ini banyak di jual di pasar gelap untuk tujuan pengobatan. Terdapat 8 spesies trenggiling, 4 di antaranya berada di Asia, sedangkan 4 lainnya berada di Afrika. Karena faktor tersebut, menjadikan hewan ini terancam punah. Sebagian besar trenggiling telah di buru di Asia, dan terkadang mereka juga memanfaatkan dagingnya. Akibatnya, 2 dari 8 spesies trenggiling terdaftar di IUCN sebagai hewan yang terancam punah.

Kakapo

Kakapo merupakan hewan yang berasal dari Selandia Baru, dengan populasi sekitar 125 yang masih hidup. Kakapo menjadi salah satu hewan yang terancam punah. Hewan endemik ini banyak di buru untuk di ambil daging serta bulunya untuk pakaian oleh penduduk Maori. Populasi yang paling menderita adalah karena ancaman dari predator. Sebab tempat tinggal mereka adalah berada di tanah, sehingga sarang mereka rentan terhadap ancaman predator seperti kucing dan juga tikus. Dan kabar baiknya, karena upaya konservasi, populasi kakapo meningkat 68 persen sejak tahun 1955.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Ikan Hias

Markhor

Markhor adalah kambing besar yang di temukan di Asia Tengah. Beberapa subspesies yang membentuk keluarga Markhor mendiami wilayah mulai dari Afghanistan ke Himalaya. Seperti kambing liar pada umumnya, mereka telah menyesuaikan diri dengan daerah pegunungan lokal. Bergerak kesana kemari pada bukit-bukit yang curam. Tanduknya dapat tumbuh hingga 1,5 meter. Tanduk itu sangat unik dan di sebut-sebut sebagai pedang bermata dua bagi kambing. Karena mereka sangat berharga bagi para pemburu sekaligus pasar perdagangan hewan ilegal untuk di manfaatkan sebagai obat. Para pemburu Markhor harus merasa kecewa, sebab spesies ini telah di lindungi oleh pihak IUCN sebagai hewan yang terancam punah. Dengan adanya usaha ini, populasi mereka meningkat sebesar 20 persen selama dekade terakhir.

Nah itulah mengenai fakta mengejutkan tentang hewan yang hampir punah yang belum banyak orang ketahui. Sebagai manusia yang sadar lingkungan, seharusnya kita juga memelihara populasi mereka dengan cara tidak ikut memburu hewan-hewan tersebut.

Tags: Fakta, Mengejutkan, Tentang , Hewan Yang Hampir Punah

Hewan 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com