11 Cara Budidaya Ikan Bawal yang baik dan cepat

11 Cara Budidaya Ikan Bawal yang baik dan cepat

Kata.co.id - Ikan Bawal merupakan ikan yang banyak dicari oleh semua orang baik dari para pembisnis ikan bawal, perorangan dan yang lainnya. Memiliki ikan bawal harus dilakukan cara pembudidayaan terlebih dahulu agar ikan bawal tersebut menjadi berkembangbiak dan bertambah banyak yang bisa anda miliki.

Budidaya ikan bawal ini bisa membuat para pembudidaya menjadi sukses karena angka permintaan dari pasar ikan bawal ini sangat tinggi, maka dari itu pembudidaya harus berpikir cerdas bagaimana usaha budidaya ikan bawal tersebut menjadi sumber penghasilan yang sangat besar.

Menjadi seorang budidaya ikan bawal ini tidak menutup kemungkinan anda akan menjadi orang yang sangat kaya dan sukses karena permintaan ikan bawal ini banyak peminatnya juga baik dari dalam maupun dari luar negeri, patutdisukuri dan  beruntung jika anda seorang budidaya ikan bawal.

Membudidayakan ikan bawal sebenarnya ada yang untung dan ada yang malah rugi sama sekali, hal tersebut tergantung kepada para pembudidaya ikan bawal  lagi bagaimana cara yang baik dan benar tersebut dalam membudidayakannya. Daripada anda penasaran cara budidaya ikan bawal tersebut maka simaklah cara-cara dibawah ini.

Cara budidaya ikan bawal yang baik dan memuaskan

1. Modal

Modal dalam setiap sistem pembudidayaan memang sangat berperan penting sekali, karena modal akan sangat berpengaruh terhadap pembudidayaan ke depannya nanti. Maka dari itu persiapkan modal anda untuk membudidayakan ikan bawal tersebut.

2. Lokasi Budidaya

Lokasi
Lokasi Budidaya

Lokasi budidaya ikan bawal ini harus anda anda perhatikan juga, karena ikan bawal berbeda sekali seperti ikan yang lainnya. Ikan bawal ini lebih suka dengan air yang bersih, dan yang penting tempat dan lokasi budidaya ikan bawal ini yang lebih baik adalah kolam tembok yang sudah dirancang sedemikian rupa.

3. Persediaan Jaring

jaring
Sedia Jaring

Jaring digunakan untuk media ternak ika bawal yang disimpan dibawah kolam dan nantinya akan berguna ketika panen tiba. Tidak perlu susah nantinya dalam hal panen, hanya angkat jaring ke atas dan panen deh.

4.  Pilih Bibit Berkualitas

Bibit Unggul
Bibit Bawal bagus

Pemilihan bibit unggul dan berkualitas adalah hal yang utama sekali, karena pemilihan bibit tersebut tidak dilakukan dengan baik maka akan memiliki pengaruh besar terhadap masa pembudidayaan nanti. Maka dari itu sebagai para budidaya ikan bawal agar memperhatikan terlebih dahulu keadaan ikan tersebut, karena kemungkinan ikan bawal tersebut memiliki penyakit, cacat dan yang lainnya.

5. Perkawinan/Pembenihan

Pembenihan
Suntik Pembenihan

Setelah anda menentukan induk ikan bawal yang bagus dan berkualitas, maka tahap selanjutnya adalah dengan membuat tempat pijah yang dimana induk ikan bawal jantan dan betina disatukan 1 kolam agar proses perkawinan ikan bawal tersebut berjalan dengan baik. Proses perkawinan pada ikan Bawal tersebut bisa dilakukan selama 2 sampai 3 minggu. Setelah waktu tersebut habis maka ikan bawal jantan dipisahkan kembali ke kolam yang lainnya dan biarkan induk ikan betina tersebut berada di kolam yang tadi tunggu sampai bertelur.

6. Media Pijah

Media Pijah
Kolam Media Pijah

Media pijah ini adalah dimana telur ikan betina tersebut bisa berada di media pijah. Membuat media pijah ini seharusnya anda lakukan ketika proses perkawinan dimulai, karena tanpa media pijah, telur ikan bawal ini tidak akan berkembang biak dengan baik karena akan terganggu oleh induk ikan betina yang bermain kesana kemari di dalam kolam. Maka media pijah tersebut berguna bagi telur ikan bawal sebagai tempat penyimpanan telur nanti.

7. Pilih Air yang Baik

Air Bagus
Air Bagus untuk Ikan Bawal

Dalam pembudidayaan ikan bawal tersebut kualitas air juga akan sangat berpengaruh. Air yang lebih bagus tersebut adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan atau persawahan. Karena air yang berasal dari pegunungan mengandung zat yang sangat berguna bagi ikan bawal.

Dalam pembudidayaan ikan bawal ini perlu anda ketahui bahwa ikan bawal suka dengan air yang deras dan air yang lambat, maka sebagai para pembudidaya ikan bawal tersebut anda harus bisa sediakan dua kolam khusus untuk ikan bawal.

8. Pemberian Pakan

Pakan Bawal
Pakan Makanan Bawal

Pemberian pakan makanan terhadap ikan bawal tersebut perlu diperhatikan juga, karena ikan bawal berbeda dengan ikan yang lainnya. Ikan bawal lebih suka dengan makanan alami dan buatan. Untuk makanan alami bisa anda gunakan bisa dari cacing tanah atau caing sejenisnya, Daun sayuran, Bekatul beras dan yang lainnya.

Sedangkan untuk pakan buatan anda bisa gunakan pelet khusus ikan, layer dan yang lainnya. Tujuan pemberian makanan yang alami dan buatan ini agar dalam proses pertumbuhan ikan bawal bagus dan cepat.

9. Perawatan/Pengendalian Hama

Ikan bawal tidak akan terlepas dari berbagai penyakit maka dari itu sebelum budidaya ikan banyak, perlu diperhatikan dalam proses pemeliharaan ikan bawal tersebut agar terhindat dari berbagai penyakit yang dapat menyerang ikan bawal.  

10. Proses Panen

Panen
Panen

Setelah sekian lama anda memberikan makanan pada ikan bawal, maka proses panen tersebut akan tiba waktunya. Proses panen tersebut bisa anda lakukan sekitar 3 bulan sekali setelah anda melakukan pendederan pertama setelah ikan masih burayak. Proses pemanenan bisa anda lakukan dengan cara memilih ikan yang besar saja dan ikan yang masih kecil atau sedang bisa anda budidayakan kembali dan tunggu sampai ikan tersebut menjadi besar dan bisa anda panen kembali.

11. Pemasaran

Pemasaran
pemasaran

Pemasaran adalah langkah terakhir yang dilakukan dalam membudidayakan ikan bawal, dan disinilah anda akan berpeluang memiliki banyak keuntungan yang sangat besar dalam membudidayakan ikan bawal.

Itulah 11 cara Budidaya ikan bawal yang baik dan benar serta akan menghasilkan hasil yang memuaskan.    

Tags: Ikan Bawal, Budidaya Ikan Bawal

Hewan 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com