15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula

Hewan 1 year ago
15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula

Kucing Persia Flatnose adalah satu dari sekian jenis kucing hias berbulu lebat yang banyak diburu oleh pecinta kucing untuk diadopsi menjadi hewan peliharaan. Kucing ini memiliki keunikan pada bagian hidungnya, yang terlihat tidak terlalu pesek seperti kucing peaknose. Selain kontur wajah yang unik , perilakunya juga menggemaskan dan lucu.

Biasanya untuk medapatkan kucing  Flatnose berkualitas dan murah,pecinta kucing dapat ikut dalam grup jual beli atau grup pecinta kucing, karena sewaktu waktu ada saja pecinta kucing yang melepaskan kucing peliharaannya dengan harga murah karena hendak pergi keluar negeri atau mulai sibuk dengan bisnisnya. Namun jika ingin melakukan transaksi jual beli di grup grup demikian, selalu pastikan kondisi kucing dengan mata sendiri, riwayat kesehatan kucing juga perlu diperhatikan, seperti terakhir kali divaksin dan pernahkah terserang penyakit atau tidak. Kewaspadaan tersebut perlu dilakukan agar Anda tidak tertipu dan mendapatkan kucing Flatnose yang tidak berkualitas. Yuk simak cara merawat Kucing Persia Flatnose dalam ulasan berikut ini.

1) Jaga Suhu Ruangan

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Untuk Pemula
Jaga Suhu Ruangan

Jaga udara di dalam ruangan agar selalu stabil, suhu udara yang naik dan turun dengan drastis dapat menganggu kesehatan kucing. Suhu udara yang sangat dingin atau sangat panas juga dapat menurunkan kualitas kesehatan kucing.

2) Ajak kucing Untuk Bermain

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Untuk Pemula
Ajak kucing Untuk Bermain

Kucing Flatnose memiliki perangai yang tenang, mudah dekat dengan orang baru dan mempunyai rasa ingin tahu yang lumayan tinggi. Kucing flatnose juga terkenal mudah diajak bermain dan kerap memanjakan diri ke pemiliknya jika hendak masuk jam makan. Interaksi kucing Flatnose saat bermain dengan pemiliknya mampu membangun mood ceria dan gembira bagi pemiliknya, hal ini karena kucing Flatnose terkadang melakukan hal hal lucu seperti mengejar pantulan cahaya atau bermain main dengan pantulan dirinya di cermin.

3) Melakukan Pergantian Jenis Makanan

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Melakukan Pergantian Jenis Makanan

Kucing Flatnose termasuk salah satu jenis kucing yang agak rewel dengan makanannya, terutama jika rasa kebosanannya sudah tinggi, kucing ini hanya akan memainkan makanannya tanpa melahapnya sedikitpun. Untuk mengatasi hal tersebut pemilik dapat melakukan rotasi makanan, dimana pemilik melakukan pergantian jenis makanan dalam kurun waktu dan jangka waktu tertentu. Selain jenis makanan, tekstur makanan yang disajikan juga harus diperhatikan, berikan sajian makanan dengan tekstur lembut, tekstur keras, makanan kering dan makanan basah. Hal tersebut dilakukan untuk menurunkan tingkat kebosanan si kucing.

4) Ajak Kucing Flatnose Untuk Berinteraksi

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Untuk Pemula
Ajak Kucing Flatnose Untuk Berinteraksi

Selain menjaga dan merawat kondisi fisik kucing, kondisi psikis seperti rasa bosan dan stress pada kucing juga perlu mendapatkan perhatian. Berikan mainan kucing, sering sering mengajak bermain, rutin menjalin komunikasi dengan kucing seperti mengelus ngelus tubuh kucing dapat menjaga tingkat stress kucing pada tingkat terendah.

5) Rajin Memandikan Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Rajin Memandikan Kucing

Bulu lebat dan panjang pada tubuh kucing flatnose juga memiliki konsekuensi tersediri bagi pemilik saat akan merawatnya. Memandikan kucing adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga keindahan bulu, jika pemilik tidak dapat atau belum sanggup untuk memandikan kucing dengan tangan sendiri, pemilik dapat meminta bantuan jasa memandikan kucing, biasanya jasa ini juga disediakan juga oleh petshop.

6) Jauhkan Kandang Kucing dari Kebisingan

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Jauhkan Kandang Kucing dari Kebisingan

Suara Bising dapat membuat kucing flatnose terganggu, jika terlalu lama dalam kondisi bising, tingkat stress kucing flatnose akan semakin tinggi dan berpotensi lebih besar untuk keluyuran keluar rumah.

7) Berikan Makanan Instan Untuk Selingan

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Berikan Makanan Instan Untuk Selingan

Pemilik juga dapat sesekali memberikan makanan instan kucing untuk selingan. Beberapa produsen makanan instan kucing diketahui juga menambahkan multivitamin serta suplemen tambahan yang dapat membantu menjaga kualitas bulu serta kelebatan bulu. Untuk mendapatkan makanan instan kucing yang terbaik, pemilik dapat berkonsultasi ke beberapa grup pecinta kucing flatnose atau bertanya pada pemilik petshop yang menjual makanan instan kucing.

8) Rutin Memotong Kuku

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Rutin Memotong Kuku

Selain itu memotong kuku juga adalah hal yang harus pemilik perhatikan, kuku kucing yang terlalu panjang dapat melukai manusia serta dapat merusak perabot rumah tangga. Sama seperti halnya dengan memandikan kucing, jika pemilik belum mampu memotong kuku, maka pemilik dapat meminta bantuan dari jasa pemotongan kuku kucing yang biasanya ditawarkan oleh petshop tertentu.

9) Cukupi Kebutuhan Minum Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Cukupi Kebutuhan Minum Kucing

Sediakan air minum yang cuku agar kucing tidak kehausan dan minum dari air kotor. Jika kuicng minum air bekas cucian atau air kotor lainnya maka pencernaan kucing akan terganggu.

10) Berikan Makanan Hijau Seperti Sayur

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Berikan Makanan Hijau Seperti Sayur

Makanan utama kucing flatnose adalah daging dagingan. Selain daging, pemilik kucing juga dapat menyajikan sayuran seperti brokoli, wortel atau bayam. Penyajian sayur sayuran ini dimaksudkan untuk tetap menjaga kesehatan kucing karena sayuran mengandung nutrisi dan gizi yang cukup bagi kucing. Pada dasarnya kucing tidak menyukai sayur sayuran hijau, namun pemilik dapat mengatasinya dengan merebus sayuran sayuran tersebut dan mencampurnya bersama daging giling, sehingga kucing tidak merasakan keberadaan sayuran dan tetap lahap memakan makanannya.

11) Jangan Tempatkan Kucing Dalam kandang yang Terlalu Sempit

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Jangan Tempatkan Kucing Dalam kandang yang Terlalu Sempit

Kandang yang terlalu sempit dapat membuat kucing menjadi tidak nyaman dan mudah gelisah, jika pemilik tidak memiliki kandang besar, cukup sediakan saja tumpukan kain bekas di pojok ruangan agar kucing tidur dan istirahat disana.

12) Jaga Kenyamanan Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Jaga Kenyamanan Kucing

Menjaga kenyamanan kucing bertujuan agar tingkat stress kucing tetap rendah, kucing yang stress akan sulit didekati dan sulit diajak bermain. Jauhkan kucing dari polusi udara dan suara.

13) Jauhkan Kucing Dari Jangkauan Cairan Kimia

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Jauhkan Kucing Dari Jangkauan Cairan Kimia

Kucing adalah hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, adakalanya mereka akan mengendus, meminum ataupun bermain dengan cairan yang mencurigakan, tentu saja akan sangat berbahaya jika cairanitu tertelan, baik sengaja atau tidak. Karena itu pemilik harus menjauhkan cairan kimia dari sekitar kucing.

14) Redupkan Pencahayaan Jika Kucing Gelisah

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Redupkan Pencahayaan Jika Kucing Gelisah

Suasana gelap dapat menenangkan kucing dan membuat kucing tidur dengan nyaman. Hal ini dilakukan jika kucing tiba tiba gelish dan sulit untuk tidur.

15) Jangan Memberikan Kucing Makanan Untuk Manusia

15 Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Mudah Untuk Pemula
Jangan Memberikan Kucing Makanan Untuk Manusia

Memberikan kucing makanan manusia dapat menggangu sistem pencernaan kucing. Kucing yang sistem pencernaannya terganggu berpotensi menurunkan tingkat kesehatannya.

Demikianlah 15 cara merawat Kucing Persia Flatnose yang baik dan benar untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Tags: Kucing, Kucing Persia

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com