15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula

Hewan 1 year ago
15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula

Kucing persia Himalaya adalah salah satu dari sekian banyak jenis kucing yang memiliki banyak peminat dan diburu oleh pecinta kucing untuk diadopsi. Hewan menggemaskan ini dikenal luas dengan keindahan bulu, kecerdasan serta tingkah lakunya yang lucu.

Kucing persia Himalaya merupakan kucing yang muncul dari hasil persilangan dua ras kucing, yakni ras kucing persia dan ras kucing Siam. Sebenarnya ras ini sudah eksis semenjak ratusan tahun silam, namun baru terkenal di wilayah Eropa pada era 1950. Kala itu kucing himalaya lebih dikenal dengan nama Colourpoint Persian (dinamakan demikian karena memiliki totol warna pada bulu di tubuhnya). Namun semenjak tahun 1957 kucing tersebut dipisahkan dari ras kucing Persia dan mulai dikenal dengan nama kucing Persia Himalaya. Semenjak itu banyak pecinta kucing yang memburu dan berniat mengadopsi hewan menggemaskan ini.

Ciri tubuh kucing persia Himalaya sesuai dominasi ras indukan, atau dengan kata lain, Kucing Persia Himalaya terbagi menjadi dua anakan, ada yang menginduk pada ras persia dan ada yang menginduk pada ras siam. Anakan yang menginduk pada ras persia akan memiliki bentuk tubuh mirip dengan kucing persia dengan badan yang gempal cenderung bulat serta kaki yang lebih mungil dan pendek. Sementara anakan yang menginduk pada ras siam akan memiliki bentuk tubuh langsing dengan kaki panjang yang jenjang. Umumnya bulu kucing Himalaya baik yang menginduk pada ras persia maupun ras siam, sangat panjang, terlihat indah dan terasa lembut jika dibandingkan dengan kucing hias kebanyakan. Yuk simak cara merawat kucing persia Himalaya berikut ini.

1) Tempatkan Kucing Dalam Ruangan Yang Bebas

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Tempatkan Kucing Dalam Ruangan Yang Bebas

Kucing Himalaya termasuk jenis kucing yang tenang, lembut, cerdas dan komunikatif dengan lingkungannya. Kucing ini akan dengan mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru, dengan syarat kucing tersebut ditempatkan di lingkungan yang memungkinkan untuk bergerak bebas dan jauh dari polusi udara. Kucing Himalaya ini juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi pada benda benda mengkilap dan menyilaukan, seperti kilauan kaca, pantulan sinar lampu atau kerlip lampu.Selain itu kucing himalaya juga dikenal mudah untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang baru, hal ini juga yang membuat beberapa pecinta kucing memberikan kucing himalaya sebagai hadiah atau kado untuk anak anak mereka.

2) Berikan Sayur Untuk Menjaga Kesehatan

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Berikan Sayur Untuk Menjaga Kesehatan

Makanan yang dapat diberikan kepada kucing persia himalaya tak hanya daging dagingan seperti daging ayam, daging ikan atau daging bebek, namun pemilik kucing dapat memberikan sayur sayuran seperti wortel, brokoli, bayam atau makanan kucing instan. Cara memberikan sayur sayuran untuk kucing adalah dengan mencampurnya bersama sedikit daging dan disajikan dalam satu wadah.

3) Untuk menghindari Kebosanan Lakukan Pergantian Makanan

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Untuk menghindari Kebosanan Lakukan Pergantian Makanan

Kucing himalaya termasuk salah satu kucing yang agak rewel jika diberikan makanan yang itu itu saja, karena itu pemilik kucing disarankan untuk rutin melakukan pergantian makanan dengan memprioritaskan variasi tekstur. Misalnya hari senin hingga rabu pemilik menyajikan makanan bertekstur keras seperti daging , hari kamis pemilik menyajikan makanan kucing instan, hari jumat sabtu pemilik menyajikan makanan bertekstur lembut seperti daging giling (daging ikan, ayam atau bebek yang direbus lalu digiling) dan pada hari minggu Pemilik dapat kembali memberikan makanan kucing instan.

4) Jangan Berikan Kucing Makanan Untuk Manusia

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Jangan Berikan Kucing Makanan Untuk Manusia

Jangan berpikir untuk memberikan kucing, makanan olahan untuk manusia, terutama yang mengandung bahan pengawet dan perasa tambahan. Makanan manusia tidak cocok dengan sistem pencernaan kucing. Jika dilakukan maka kucing akan mengalami gangguan pada sistem pencernaannya. Dan gangguan tersebut jika tidak segera diatasi akan berpotensi mengganggu kesehatan kucing secara keseluruhan.

5) Rutin Memandikan Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Rutin Memandikan Kucing

Kucing himalaya termasuk kucing dengan tingkat ketebalan bulu yang lebat, karena hal itu pemilik kucing harus memperhatikan kebersihan bulu kucing peliharaannya. Cara sederhana untuk menjaga kebersihan bulu kucing adalah dengan memandikan kucing dengan shampoo anti kutu dan rutin menyisirnya setiap kali ada waktu.

6) Kurangi Aktifitas Kucing Di Luar Rumah

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Kurangi Aktifitas Kucing Di Luar Rumah

Pemilik juga harus membatasi kucing agar tidak selalu main keluar rumah, hal ini dilakukan agar bulu kucing terhindar dari noda dan kotoran seperti lumpur dan tanah.

7) Jaga Agar Tingkat Kebosanan Kucing Tetap Rendah dengan Mengajaknya Bermain

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Jaga Agar Tingkat Kebosanan Kucing Tetap Rendah dengan Mengajaknya Bermain

Selain itu pemilik kucing juga harus memperhatikan kondisi tingkat kebosanan kucing, hal ini perlu diperhatikan karena jika kucing himalaya bosan,maka kucing ini akan keluyuran keluar rumah dan terkadang kembali dalam waktu yang relatif lama. Karena itu pemilik harus mengajaknya bermain.

8) Rajin Memotong kuku kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Rajin Memotong kuku kucing

Kondisi kuku kucing himalaya juga perlu dirawat dengan cara dipotong, butuh ketelatenan dan ketenangan saat melakukan pemotongan kuku, karena jika salah memotong maka akan berpotensi melukai kucing itu sendiri.

9) Rajin Menyisir Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Rajin Menyisir Kucing

Selaion untuk menjaga kebersihan bulu, menyisir bulu kucing juga dapat meningkatkan huungan antara pemilik dan kucing. Lakukan aktifitas ini saat senggang atau setelah memandikan kucing.

10) Berikan Vaksinasi

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Berikan Vaksinasi

Kucing juga perlu mendapatkan vaksinasi untuk mencegah dan mengobati dari serangan penyakit tertentu. Pemilik dapat meminta vaksinasi pada dokter hewan atau petshop tertentu yang sudah memiliki ijin.

11) Jaga Kebersihan Tempat Makan kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Jaga Kebersihan Tempat Makan kucing

Tempat makan kucing yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan bau yang tidak enak dan dapat menjadi media penularan penyakit. Karena itu pemilik harus selalu menjaga kebersihan tempat makan kucing.

12) Perhatikan Nutrisi Makanan Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Perhatikan Nutrisi Makanan Kucing

Nutrisi dan gizi yang diberikan harus diperhatikan agar keshatan kucing tetap sehat, bulunya terpelihara dan berat badannya normal. Kekurangan gizi dapat menyebabkan bulu kucing rontok dan menurunnya berat badan.

13) Selalu Menjaga Kebersihan kandang

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Selalu Menjaga Kebersihan kandang

kandang yang kotor dapat menjadi media penular penyakit dan juga kutu seperti tengau penyebab scabies, karena itu pemilik harus selalu menjaga kebersihan kandang kucing.

14) Sediakan Kotak Berpasir Untuk Kucing Buang Kotoran

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Sediakan Kotak Berpasir Untuk Kucing Buang Kotoran

Agar kucing tidak buang kotoran di sembarang tempat, pemilik harus menyediakan kotak berpasir sebagai tempat kucing buang kotoran. Kucing memiliki isnting alami untuk buang kotoran di tanah berpasir.

15) Jaga Kesehatan Bagian Mulut Kucing

15 Cara Merawat Kucing Persia Himalaya Mudah Untuk Pemula
Jaga Kesehatan Bagian Mulut Kucing

Makanan dengan tekstur keras seperti daging dagingan memiliki potensi untuk teselip di dalam sela sela gigi,karena itu pemilik harus menjaga kebersihan mulut dengan melakukan pengecekan dan menyikat gigi kucing.

Demikianlah ulasan mengenai 15 cara merawat kucing persia himalaya mudah untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Tags: Kucing, Hewan Kucing, Kucing Persia

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com