15 Makanan Ikan Lele Agar Ikan  Memiliki Bobot Ideal

15 Makanan Ikan Lele Agar Ikan Memiliki Bobot Ideal

Makanan ikan lele akan mempengaruhi kualitas ukuran dan bobot dari ikan lele, karena itu dibutuhkan makanan yang baik bagi perkembangan ikan lele. Bobot ideal ikan lele adalah 100 hingga 150 gram per ekornya.

Makanan ikan lele tidak hanya pelet, sejumlah pakan alami seperti cacing dan serangga juga dapat diberikan untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi perkembangan ikan. Ikan lele merupakan ikan rakus yang akan memakan apapun yang dapat ia temukan, termasuk memakan lele yang memiliki ukuran lebih kecil jika kebutuhan makanan mereka tidak terpenuhi. Karena itu penting bagi pembudidaya lele untuk selalu memberikan ikan lele makan sesuai dengan jadwal.

Dengan kandungan vitamin D, asam lemak omega 3 rendah dan asam lemak omega 6 tinggi, tentulah ikan lele menjadi makanan layak konsumsi bagi manusia. Selain kandungan gizi, kelezatan, gurih dan kelembutan daging ikan lele juga tidak tergantikan, Karena alasan itu pulalah ikan lele digemari banyak orang, namun meski demikian tidak mudah membudidayakan ikan lele hingga menghasilkan ukuran ikan yang besar dan memiliki bobot ideal. Dibutuhkan pakan berkualitas.

Berikut ini adalah makanan lele yang dapat meningkatkan bobot ikan.

1) Bekicot

Bekicot adalah hewan bertubuh lunak dan bercangkang yang sering ditemukan di kebun atau sawah. Bekicot layak dijadikan makanan ikan lele karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk perkembangan ikan lele. Bekicot disajikan sebagai pakan ikan lele dengan cara direbus selama 10 hingga 15 menit terlebih dahulu, pisahkan dari cangkang, cincang hingga ukuran kecil, lalu sajikan ke ikan lele.Perebusan berfungsi melunakan tubuh bekicot dan menjadi cara ampuh untuk mencegah bibit penyakit yang mungkin menempel di tubuh bekicot. Jika di sekitar Anda terdaopat banyak bekicot Anda dapat mulai mengolahnya sebagai pakan selingan ikan lele.

2) Ikan Rucah

Ikan rucah bukan lah nama dari suatu jenis ikan, melainkan hanya sebutan bagi ikan ikan kecil sisa tangkapan nelayan yang dianggap tidak layak jual , bukan karena tidak dapat dikonsumsi, namun karena ukurannya terlalu kecil. Ikan Rucah dapat didapatkan di pelelangan ikan, mereka biasanya mematok harga murah untuk ikan rucah. Seperti bekicot, ikan rucah disajikan dalam bentuk cincang.

3) Tanaman Azolla

Tanaman Azolia pada awalnya dianggap sebagai gulma atau hama bagi kolam kolam ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, di dapat bahwa Azolia memiliki kandungan yang baik bagi ikan lele seperti kandungan protein sebesar 31%. cara penyajian pakan untuk ikan lele adalah dengan cara di fermentasikan terlebih dahulu kemudia di campurkan dengan dedak, tepung terigu, telur ayam dan air hangat, di campurkan, di bentuk kecil kemudian di keringkan.

Pada umumnya peternak lele memfermentasi Azolla dengan cara mencampur 50 kilogram tumbuhan Azolla dengan 30 cc probiotik dan 1 liter tetes tebu (molase). Campuran tersebut lalu didiamkan selama kurang lebih 20 hari.Tanaman Azolla yang sudah difermentasi tersebut lalu dicampurkan dengan bahan bahan pembuat pelet yang sudah dibahas sebelumnya.

4) Maggot

Maggot adalah larva serangga atau umumnya dikenal sebagai belatung. namun maggot yang biasanya dijadikan sebagai pakan ikan lele adalah maggot dari Black Soldir Fly ( Hermetia Illucens ) yang memiliki kandungan protein hingga 40%. maggot dapat dijadikan sebagai pakan selingan dan disajikan dengan cara memberikannya langsung tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

5) Cacing Tanah

Cacing Tanah memiliki kandungan asam amino dan protein yang baik bagi perkembangan ikan lele. Cacing tanah dapat di sajikan sebagai makanan ikan lele dengan cara di cincang pendek atau diolah menjadi pelet. Pelet cacing biasanya terdiri dari campuran dedak, tepug kanji, telur ayam, tepung terigu dan air hangat. Dicampur kental dan di bentuk menjadi butiran kecil. Butiran kecil tersebut kemudia di keringkan di bawah terik matahari.

6) Belatung

Belatung memiliki sekitar empat puluh persen kandungan protein. Dengan kandunagn protein yang tinggi tersebut, belatung layak dan dapat digunakan sebagai pakan tambahan untuk memperbaiki kandungan nutrisi pada tubuh ikan lele.

7) Ayam Tiren

Ikan lele adalah jenis ikan rakus yang akan memakan apapun ketika lapar , bahkan sesamanya sendiri. Sehingga pola makan dan keteraturan jadwal menjadi hal yang penting bagi peternak lele jika tak ingin lele peliharannya berkurang karena dimakan oleh lele yang kelaparan. Penggunaan daging ayam fresh sebagai pakan ikan tentu dirasa berat bagi peternak ikan lele, maka Ayam Tiren ( ayam mati kemarin ) menjadi alternatif peternak lele untuk memberikan lele mereka tambahan asupan makanan. Demi kebersihan dan mencegah bibit penyakit, ada baiknya Ayam tiren juga harus melewati proses perebusan dan pencincangan. Ukuran daging ayam yang kecil memudahkan ikan lele untuk melahap daging ayam tiren.

8) Kotoran Ayam

Kotoran ayam? Ya. kotoran ayam, limbah unggas yang satu ini ternyata juga digunakan oleh peternak sebagai bahan pakan ikan lele. Di beberapa daerah, peternak lele bahkan mendirikan kandang ayam di atas kolam ikan lele, agar kotoran ayam langsung jatuh ke dalam kolam dan peternak lele tak perlu lagi memikirkan pakan ikan.

9) Kroto

Kroto atau telur semut memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup untuk perkembangan ikan lele. Peternak ikan lele biasanya mendapatkan kroto dipengepul kroto/ penjual makanan burung.

10) Ulat Daun Pisang

Uat daun pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi perkembangan ikan lele. Setelah ulat daun pisang terkumpul, Anda dapat memberikannya langsung tanpa perlu melakukan pengolahan seperti merebus atau memasak ulat tersebut.

Baca Juga : 21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar

11) Keong Mas

Keong mas dapat ditemukan dengan mudah di persawahan. Anda dapat mengolah hama sawah ini sebagai bahan pakan ikan lele dengan cara direbus, dipisahkan dari cangkang, cincang dan berikan pada ikan lele.

12) Tanaman Paku Air

Tanaman paku air dapat ditemukan di punggir pinggir kolam, saluran irigasi dan tanah yang lembab. kandungan protein pada tanaman paku air berkisar antara 30 hingga 35 %. tanaman paku air ini biasnya dijadikan bahan tambahan pada campuran pembuatan pelet ikan.

13) Cacing Sutra

Cacing sutra memiliki kandungan yang cukup untuk perkembangan tubuh ikan lele. tenturnya yang lembut dan kecil menjadi alasan utama peternak ikan lele menjadikannya sebagai bahan pakan ikan lele anakan. cacing sutra mudah didapatkan di penjual ikan hias.

14) Jeroan Ikan

Jeroan ikan atau sisa bagian tubuh ikan yang tidak dapat diolah untuk dikonsumsi oleh manusia biasaya dibuang, namun jeroan ikan tersebut masih memiliki nilai gizi. Sebagian peternak umumnya akan mencari ke tempat pengolahan ikan untuk menampung jeroan ikan kemudian dijadikan sebagai pakan ikan lele. Sebelum diberikan pada ikan lele jeroan ikan di cincang kecil agar dapat dimakan oleh lele.

15) Ampas Tahu

Harga ampas tahu terbilang murah, sekitar 5 ribu rupiah/kilogram, namun jika Anda tidak mengetahui cara mengolah dan menyimpan ampas tahu dengan baik dan benar maka ampas tahu hanya akan bertahan 1 hari. Untuk menjaga agar Ampas Tahu tidak cepat rusak, ampas tahu dimasukan dalam tong tertutup dan hindarkan dari kontaminasi kotoran, karena jika terkena kotoran, ampas tahu akan membusuk. Ampas tahu biasanya dijadikan bahan campuran dalam pembuatan pelet.

Demikianlah ulasan mengenai 15 makanan ikan lele agar ikan tumbuh sehat dan memiliki bobot ideal.

Tags: Makanan Ikan Lele, Budidaya Ikan Lele

Hewan 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com