Lima Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang

Lima Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang

Sebagai salah satu ikan peliharaan untuk hias dalam akuarium tentu cupang memiliki karakter morfologi yang mencolok. Mulai dari bentuknya, warnanya hingga, tingkah lakunya.

Ikan yang disebut pertama kali ditemukan di perairan darat Thailand tersebut, dinilai menjadi salah satu ikan hias air tawar yang juga memiliki manfaatnya.

Berikut akan disampaikan lima fakta dari ikan Cupang atau yang memiliki latin Betta tersebut berdasarkan kaca mata salah satu peneliti dan penghobi ikan dari Padang, Sumatera Barat Fachrul Reza, M.Si.

1. Dapat Hidup Di Berbagai Kondisi Air

Salah satu keistimewaan Cupang yakni dapat hidup di air jernih maupun keruh. Hal ini menandakan perawatan dan pemeliharaan cupang bagi penghobi lebih mudah. Bahkan dengan wadah seadanya saja bisa memelihara cupang.

2. Memakan Jentik Nyamuk Potensial Kurangi Berjangkitnya Demam Berdarah

Cupang sangat menyukai jentik atau telur nyamuk selain pelet dan plankton. Hal ini bisa bermanfaat bagi manusia untuk mencegah perkembangan nyamus Aedes aegypti perantara demam berdarah atau Anopheles penyebab malaria. Di beberapa daerah seperti di Jakarta dan Bengkulu, masyarakat diimbau pemerintah untuk memelihara cupang bahkan bibitnya ikut dibagikan. Analisisnya dengan dimasukkan ikan cupang ke dalam kolam atau selokan dapat mengurangi pertambahan nyamuk.

3. Cupang Alam Indonesia

Selain perkawinan dan berasal dari luar negeri, perairan Indonesia juga memiliki jenis cupang alam. Seperti jenis Betta fusca yang ada di Sumbar, jenis cupang Jambi, Kalimantan atau Sulawesi. Di tengah pemelihara dan penghobi cupang alam masih jarang dibudidayakan karena sifatnya yang masih liar.

4. Terdapat Organisasi Internasional Terkait Ikan Cupang

Namanya IBC atau International Betta Congress yang merupakan kegiatan pertemuan bagi seluruh penghobi dan masyarakat yang ada dalam industri Cupang di dunia. Biasanya berupa kegiatan kontes dalam hal kecantikan, kesehatan hingga Seminar. Di Padang pada September lalu digelar kontes ikan cupang tingkat internasional.

5. Ikan Cupang Dapat Hidup Hingga Satu Bulan Tanpa Makan

Khusus cupang alam selain dapat hidup di perairan keruh juga dapat hidup hingga satu bulan tanpa makan dan hanya minum. Meski demikian hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut apakah semua jenis cupang yang dapat seperti itu atau tidak.

Itulah sekilas fakta menarik dari ikan cupang menurut seorang penghobi tersebut. Tentu masih banyak fakta lain yang belum disebutkan dalam tulisan ini. Diharapkan artikel ini bermanfaat.

Tags: Ikan Hias

Hewan 7 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com