Selain Sapi 7 Hewan Ini Juga Penghasil Susu

Selain Sapi 7 Hewan Ini Juga Penghasil Susu

Manfaat susu bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi. Selain sebagai sumber protein, susu juga dapat menangkal radikal bebas dan menghaluskan kulit. Bahkan bisa menjadi alternatif terbaik untuk menaikan berat badan. Oleh karena itu tidak heran bila banyak yang mengkonsumsi susu dipagi hari dan sebelum tidur.

Untuk saat ini sumber susu yang paling popular dan sering dikonsumsi oleh manusia berasal dari sapi. Padahal selain sapi masih ada binatang lain yang susunya dapat dimanfaatkan karena memiliki kandungan yang sama bahkan tidak terdapat pada susu sapi. Beberapa binatang yang dapat menjadi sumber susu tersebut adalah:

1. Kambing

Walaupun di Indonesia belum terkenal seperti susu sapi, tenyata susu kambing telah dikonsumsi lebih dari 1000 tahun tahun silam di timur tengah. Kandungannya tidak kalah dengan susu sapi loh. Menurut ahli gizi yang bernama Jansen Ongko MSc, RD susu kambing lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh serta tidak mengakibatkan peradangan. Susu kambing juga memiliki asam lemak 35% lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi yang hanya 17 % asam lemak.

Susu kambing juga dapat membantu membuat normal tingkat kolestrol di dalam tubuh serta memenuhi kebutuhan kalsium untuk memperkuat tulang. Nutrisi pada susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi yang mengalami alergi laktosa.

2. Kerbau

Susu kerbau juga tidak kalah menyehatkan dibandikan dengan susu sapi. Di dalam susu kerbau terdapat banyak kandungan yang baik bagi tubuh, seperti tinggi protein. Bahkan secangkir susu kerbau saja mengandung 8,5 gram protein. Rajin mengkonsumsi susu ini dapat menjaga kesehatan otot diusia muda maupun tua. Susu kerbau juga mengandung banyak kalsium, magnesium, fosofor dam potasium sehingga dapat menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Namum susu kerbau tinggi lemak sehingga lambat diserap oleh tubuh. Tidak cocok untuk bayi dan yang sedang menjalankan program diet karena akan menyebabkan obesitas. Di India susu kerbau sudah diolah menjadi beberpa macam produk yang bernilai jual tinggi seperti keju dan yogurt.

3. Kuda

Di Indonesia khususnya pulau sumbawa, susu kuda lebih terkenal dan telah banyak dikonsumsi. Susu ini memiliki khasiat menguatkan imun dan menstimulasi pembersihan organ di dalam tubuh. Selain itu kandungan dan manfaat susu kuda ini hampir sama seperti susu sapi atau hewan lainnya, namun susu kuda liar punya keunggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa. Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen. Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda liar tidak cepat gemuk.

4. Domba

Susu domba memiliki kandungan lemak yang kecil. Susu domba juga bisa dijadikan susu pengganti bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi atau susu kambing. Kandungan mineral padasusu domba mencapai dua kali lipat susu sapi, tetapi kandungan lemak jenuhnya pun sangat tinggi. Susu domba memiliki rasa yang agak manis dantekstur yag pekat atau kental. Memang jarang ditemui orang meminum susu domba. Karena kebanyakan susu dari binatang penghasil wol ini biasanya diolah menjadi keju, yogurt dan berbagai macam produk kecantikan. Namun mengkonsumsi susu domba dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung mineral dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A dan E. Selain itu kandungan Nukleosida dan Nukleotida yang tinggi dalam susu ini dapat membantu mengurangi resiko kangker.

5. Unta

Sekitar 3000 SM daerah selatan Arab Saudi telah mengembangkan unta untuk dimanfaatkan daging dan susunya. Bahkan kandungan protein dan komposisi yag dimiliki susu unta cukup unik sehingga menyebabkannya tidak menggumpal ketika diasamkan. Hal ini pula lah yang menyebabkan susu unta tidak bisa dijadikan keju.Susu dari binatang gurun pasir dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain tinggi protein, di dalam susu unta juga terkandung 3 kali vitamin C dan 10 kali lipat zat besi bila dibandingkan dengan susu sapi. Susu unta juga tinggi asam lemak tak jenuh vitamin B serta mineral serta antimikroba yang ditak ditemukan di dalam susu sapi. Susu unta juga bebas laktosa jadi aman dikonsumi bagi bagi yang intoleran terhadap laktosa.

6. Yak

Yak adalah binatang sejenis lembu namun berbulu lebat. Biasanya terdapat di pegunungan Himalaya. Biasanya orang Tibet memanfaatkan Yak untuk diambil daging dan susunya untuk dikonsumsi. Susu Yak beraroma khusus dan berwarna merah jambu, kandungan di dalam susu Yak seperti Asam Amino, kalsium dan dan vitamin A yang lebih tinggi dari susu sapi sangat baik bagi tubuh.Kini susu Yak sudah banyak ditemukan di supermarket - supermarket yang ada di Cina. Karena kaya manfaat banyak orang membelinya untuk di konsumsi.

7. Rusa Kutub

Susu Rusa Kutub biasanya dikonsumsi di Norwegia dan Swedia. Susu ini dapat diminum langsung, diencerkan atau difermentasi. Kandungan laktosa di dalam susu ini rendah dan bersifat anti diare. Selain itu susu ini juga mengandung banyak protein, mineral dan omega – 3 yang baik untuk kecerdasan otak dan kekebalan tubuh. Sifatnya cepat mengental dan elastis seperti adonan kue membuatnya mudah dibuat keju. Selain itu susu rusa kutub juga sering digunakan sebagai produk terapi kesehatan dan kecantikan.

Ternyata banyak alternnatif pengganti susu sapi yang dapat kita konsumsi. Sehinga tidak ada yang perlu di khawatirkan bila kelak stok susu sapi menurun. Begitu juga untuk yang alergi susu sapi, mereka memiliki banyak pilihan sumber susu hewani, tinggal dicari mana yang cocok sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak minum susu. Semoga bermanfaat.








Tags: Hewan, Penghasil, Susu

Hewan 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com