10 Alasan Menunda Pernikahan saat Masih Muda, Kamu yang Mana?

10 Alasan Menunda Pernikahan saat Masih Muda, Kamu yang Mana?

Buat kamu yang baru lulus kuliah, bisa jadi pertanyaan "kapan nikah?" akan sering kamu dengar dalam waktu dekat. Ya, bisa jadi orang-orang terdekat, ingin melihat kamu segera menikah dan mendapatkan momongan. Tapi, kamu merasa belum siap, ada banyak alasan yang menyebabkan pasangan muda menunda pernikahan mereka, apa sajakah itu?

Menikah adalah momen sekali seumur hidup, dewasa ini tidak sedikit pasangan muda yang sengaja menunda pernikahan. Ada banyak alasan yang mempengaruhi, selain personal reason, berikut 10+ alasan kenapa banyak pasangan muda yang memilih untuk tidak menikah muda.

1. Masih Takut Menjalin Komitmen Jangka Panjang

Menikah membutuhkan komitmen besar dan jangka panjang, pernikahan tidak dilakukan dalam waktu 1-2 tahun saja, hal penting yang harus disesuaikan setelah pernikahan adalah kamu harus mempertimbangkan setiap keinginan pasangan dalam setiap keputusan yang kamu buat.

2. Ingin Membahagiakan Orang Tua Dulu

Setelah menikah, tentu perhatian akan lebih tertuju pada rumah tangga, baik pasangan Anda atau anak. Hal ini dikhawatirkan akan mengurangi waktu dan perhatian kamu untuk ayah dan bunda yang selama ini telah banyak membantumu.

3. Merasa Belum Dewasa

Masih suka jengah dengan kritik dan suka memaksakan kehendak? maka bisa dipastikan kamu masih belum dewasa. Pernikahan membutuhkan kedewasaan kedua belah pihak agar bisa menerima kekurangan masing-masing dan menjaga usia pernikahan hingga akhir hayat.

4. Belum Ada Calon yang Mantap di Hati

Nah, alasan ini terbilang klasik, tentu dalam setiap pernikahan diperlukan pasangan, bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan atau hobi yang menyenangkan bisa jadi kesulitan menjalin sebuah hubungan dengan seseorang yang solid sehingga kesulitan saat akan membicarakan hal yang berhubungan dengan pernikahan.

5. Nunggu Mapan

Alasan berikutnya banyak pasangan muda yang menunda pernikahan adalah merasa belum mapan secara finansial. Bayangan akan banyaknya biaya yang diperlukan untuk menikah, membangun rumah atau membiayai anak seringkali membuat pasangan berpikir ribuan kali sebelum memutuskan untuk menikah.

6. Masih Suka Hang Out Bareng Teman

Setelah menikah tentu waktu bersama dengan teman akan berkurang, hang out bareng yang selama ini selalu menyenangkan mau tidak mau harus dikurangi. Bagi sebagian orang, bukan hal mudah untuk mengganti kebiasaan yang menyenangkan bersama teman.

7. Ingin Mengembangkan Karir

Karir juga menjadi salah satu faktor banyak pasangan muda yang terpaksa menunda pernikahan. Ada sebagian perusahaan yang mensyaratkan belum menikah untuk bisa mendaftar atau sebagian yang lain ingin mendapatkan posisi yang bagus dulu di perusahaan sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.

8. Masih Ingin Belajar Mandiri

Betul menikah bisa mengurangi beban kamu, karena bisa dikerjakan bersama pasangan. Tetapi tanpa sikap mandiri yang tepat, bisa-bisa salah satu pihak merasa bekerja lebih banyak dan yang lain kurang dirasa kurang membantu dalam keluarga. Maka dari itu, mempunyai sikap mandiri yang tepat akan sangat membantu dalam hubungan rumah tangga

9. Masih Ingin Travelling

Masa muda memang tidak berlangsung selamanya, maka sebisa mungkin dimanfaatkan dengan baik, salah satunya dengan menikmati perjalanan wisata atau bertraveling. Pemikiran sebagian anak muda inilah yang seringkali menyebabkan banyak pasangan muda menunda pernikahan.

10. Masih Butuh Waktu Sendiri

Me Time. Ya, waktu untuk diri sendiri pasti akan terkuras setelah berkeluarga, apalagi jika  sudah memiliki momongan. Anak muda yang masih mengingingkan banyak me time, seringkali akan menunda keputusan untuk menikah.

Pernikahan adalah awal kehidupan baru bagi setiap pasangan, maka dari itu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, tentu akan berdampak positif bagi kehidupan rumah tangga di masa depan.

Tags: Nikah, Pernikahan

Hubungan 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com