12 Tanda Kalau Kamu Pantas Dinobatkan Sebagai Orang Dewasa

Inspirasi 1 month ago
12 Tanda Kalau Kamu Pantas Dinobatkan Sebagai Orang Dewasa

Dewasa, menjadi salah satu karakter yang melekat dalam diri seseorang. Tidak hanya dinilai dari usianya, kedewasaan seseorang juga dinilai dari pola pikir dan perilakunya dalam kehidupan sehari hari. Namun masih banyak orang yang menyebut dirinya sudah dewasa walau karakteristiknya cenderung kekanak-kanakkan. 

Hal tersebut tentu membuat dirinya merasa nyaman dengan karakteristiknya yang seperti itu dan membuatnya menjadi engga untuk menerima kritikan dari orang-orang disekitar. Lalu, karakteristik apa saja yang membuat seseorang layak untuk disebut dewasa?

12 Tanda Kalau Kamu Pantas Dinobatkan Sebagai Orang Dewasa

1. Tahu bagaimana cara mengatur keuangannya. 

Mereka yang masih bersifat kekanak kanakan cenderung kurang bijak dalam mengatur keuangannya sendiri, misalnya mereka lebih mengikuti keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Alhasil, tagihan dan daftar pengeluaran semakin membengkak dari waktu ke waktu.

2. Mudah percaya dengan orang lain. 

Orang yang bersifat dewasa pasti bisa berfikir dengan bijak, salah satunya mereka tidak mudah memberi kepercayaan penuh kepada orang lain walaupun sudah lama mereka kenal dan menjalin hubungan baik.

3. Mempersiapkan masa depan. 

Mereka juga tak lupa untuk mempersiapkan masa depan mereka kelak. Sedini mungkin mereka sudah mulai membuat dan mengatur rencana agar dapat berjalan dengan baik sesuai target.

4. Tidak takut gagal. 

Gagal? Coba lagi! Itu salah satu prinsip yang ditanamkan dalam diri seseorang yang berfikiran dewasa. Mereka tidak takut untuk menghadapi banyak kemungkinan yang akan dihadapi nanti, karena sudah mempersiapkan segalanya dengan matang.

5. Selalu bersyukur. 

Tidak semua orang tahu dan selalu merasa bersyukur atas apa yang mereka miliki, tapi dengan bersyukur, menunjukkan karakter seseorang yang dewasa karena kesadaran dirinya bahwa hidup diabdikan hanya untuk Tuhan.

6. Tidak takut kehilangan. 

Kehilangan seseorang tentu sangat menyakitkan bagi banyak orang, namun untuk mereka kehilangan adalah hal yang wajar dan tak perlu memakan waktu lama untuk menerimanya. Mereka sadar bahwa didunia ini apapun bisa datang dan pergi kapan saja, termasuk orang orang yang dicintai karena suatu alasan tertentu dan percaya bahwa semua akan ada hikmahnya.

7. Tidak membuang buang waktu. 

Mereka juga tahu bagaimana cara menggunakan waktu dengan baik dan efektif. Dibanding mengobrol dengan teman atau nonton bioskop bersama pasangan, mereka lebih memilih menghabiskan waktu untuk hal hal lain yang lebih produktif dan bermanfaat.

8. Berani membuat keputusan. Membuat keputusan tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk suatu masalah yang besar. Namun mereka yang dewasa tidak takut untuk membuat keputusan yang sudah mereka anggap terbaik walau nantinya mungkin akan banyak resiko yang ditanggung.

9. Bertahan atau mundur. 

Didalam hidup mereka, hanya ada 2 prinsip, jalani atau sudahi. Mereka tahu mana jalan yang terbaik untuk menghadapi suatu masalah, terutama dalam menjalani hubungan.

10. Tidak ragu untuk meminta maaf. 

Mereka juga tidak ragu untuk meminta maaf kepada orang lain jika merasa bersalah, karena yang utama adalah mengakui kesalahan dan mendapat maaf atas semua kesalahannya. Tapi kalau merasa benar, mereka tahu bagaimana cara menunjukkannya.

11. Belajar dari kesalahan. 

Setelah mengalami kegagalan berulang kali, bukan rasa pesimis yang mereka rasakan, tapi motivasi. Setiap kali mengalami kegagalan, mereka selalu mengambil pelajaran yang terselip didalamnya.

12. Memahami arti perbedaan. 

Didunia ini setiap orang pasti memiliki perbedaan dan karakteristiknya masing masing. Mereka paham bahwa perbedaan bukanlah sebuah hal yang buruk, tapi keberagaman untuk saling melengkapi dan menjaga. Selain itu, mereka juga menghargai pendapat orang lain, karena setiap individu punya pola pikir yang berbeda beda.

Itulah beberapa karakteristik orang orang yang layak disebut dewasa, kamu salah satunya? Semoga bermanfaat!

Tags: Inspiration

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com