5 Poin Ini Akan Membuatmu Bijaksana

5 Poin Ini Akan Membuatmu Bijaksana

Untuk segala sesuatunya ada waktunya, ada waktu menanam da nada waktu untuk memanen. Oleh sebab itu ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

Untuk menjadi bijaksana itu butuh pengorbanan, terkadang kita hanya bijak disatu tempat saja, sehingga sering kita dengar kata-kata “bijak sana namun tidak bijak sini”.

Oleh sebab itu, perhatikanlah hidupmu, apakah kamu sudak menjalani hari-harimu dengan bijaksana?

Berikut ini ada 5 langkah yang akan membantumu menjalani hari-harimu dengan bijaksana, semoga setiap poin yang ada bermanfaat.

1. Awali dengan doa

    Bagi kebanyakan orang akan mengawali aktifitasnya dipagi hari, dan bebara orang juga ada yang mengawali aktifitas disiang bahkan dimalam hari.

    Namun, apapun aktifitasmu, kapanpun aktifitasmu akan kamu kerjakan, semuanya awali dengan DOA.

    Mungkin kita pernah berpikir dan berkata dalam hati bahwa dengan berdoa kita tidak akan mendapat makan atau uang, melainkan harus bekerja untuk menghasilkan uang.

    Untuk bertahan hidup tentunya kita harus bekerja, namun kita harus sadari bahwa ada pemilik bumi dan segala sesuatu yang ada di bumi ini termasuk kita.

    Dialah Tuhan pencipta dan penyedia, oleh sebab itu pekerjaan dan yang ada pada kita saat ini adalah pemberian Tuhan.

    Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk berdoa sebelum kita mengawali segala aktifitas. Kita harus pahami bahwa doa inilah yang akan menjaga kita sehingga kita tidak ambisius dan melupakan Tuhan dalam setiap aktifitas kita.

    Baca juga : 6 Kalimat "Jangan" Yang akan Membuatmu Jadi Kuat

    2. Mengerti kehendak Allah

      Tuan kita dibumi atau pimpinan kita di pekerjaan akan sangat kita hormati, dan pastinya kita sebagai pekerja yang baik akan berusaha memahami apa yang disenangi dan tidak disenangi oleh atasan kita.

      Kita tahu bahwa bumi dan isinya bahkan kita sendiri ada pemiliknya yaitu sang Pencipta. Oleh sebab itu, kita harus pahami apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita.

      Ketika kita mengerti hal itu, akan sangat membantu kita dalam setiap tindakan kita. Baik dalam perkataan, sikap, tingkah langkah kita, pergaulan kita akan semakin berhati-hati.

      Dengan demikian akan senantiasa membantu kita menjadi orang yang bijaksana dalam mei hari-hari kita.

      3. Pergunakan waktu yang ada

        Berjalan terus dan tidak dapat dihentikan merupakan ciri dari waktu. Kita sering menunda waktu, namun waktu tidak akan pernah menunggumu.

        Pergunakanlah waktu yang ada, jangan biarkan sedetikpun waktu itu berlalu hanya dengan kesia-siaan. Buatlah list kegiatan yang akan kamu kerjakan hari ini, dan terus memperhatikannya.

        Bagi orang yang tidak mampu mempegunakan waktu yang ada akan selalu merasa bosan dan ingin rasanya kita mampu mempercepat putaran waktu.

        Namun, bagi orang yang mampu menggunakan waktu dengan baik dia akan merasa waktu itu begitu cepat berlalu dan merasa bahwa 24 jam 1 hari 1 malam itu kurang.

        Untuk itu, latih dirimu untuk mempergunakan setiap waktu yang ada, mulai dengan membuat jadwal aktifitas setiap saat dan latih untuk melakukannya.

        4. Perhatikan bagaimana kamu hidup

        Ketika dalam sebuah pertandingan bola kaki atau bahkan pertandingan catur, yang paling pintar dari semuanya adalah penonton, kenapa?

        Ini menunjukkan bahwa sudah menjadi kebiasaan atau bahkan boleh kita katakana sebagai kelemahan manusia untuk melihat kekurangan dan kesalahan orang lain.

        Kita lebih jeli melihat, kita lebih peka menemukan kekurangan atau kesalahan orang lain, namun kita tidak pernah menyadari kesalahan kita.

        Ada orang yang tidak tahu bahwasanya dia tidak tau, ada orang yang tidak tahu bahwasanya dia tahu, ada orang yang tahu bahwasanya dia tidak tahu da nada orang yang tahu bahwasanya dia tahu.

        Kita ada diposisi yang mana, orang yang tidak tahu akan kesalahannya dia tidak akan pernah bisa memperbaikinya.

        Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan bagaimana kita hidup. Orang arif itu akan selalu melihat apa yang dia sudah lakukan setiap detik kehidupan yang dia lalui.

        Namun orang bodoh akan menghabiskan waktunya dengan memperhatikan dan kemudian mengkritisi kehidupan orang lain.

        Oleh sebab itu, ceklah setiap list kegiatan yang sudah kamu buat sebelumnya, apakah sudah tercapai atau belom, maka kamu akan lebih bijaksana.

        Baca juga : 3 Hal Sederhana Ini Akan Membuatmu Tetap Semangat, Nomor 3 Adalah Hal Yang Utama

        5. Akhiri dengan doa

          Ketika 4 langkah yang sudah saya paparkan di atas sudah kita laksanakan, akan kurang lengkap kalau tidak  melakukan poin yang kelima.

          Empat sehat saja kurang sempurna, harus ada yang kelima baru namanya empat sehat dan lima sempurna.

          Kita tahu bahwa apa yang kita kerjakan, kemampuan kita dalam bekerja, hasil yang kita dapatkan sepanjang hari semua bersumber dari Tuhan.

          Oleh sebab itu, Sempurnakanlah segala sesuatu yang sudah kamu kerjakan sepanjang hari dengan doa syukur kepada Tuhan dan persiapkan dirimu untuk esok harinya.

          Bagaimana menurut sahabat Vebma, apakah lakah ini sudah membantumu? Mari beri komentar dan bagikan jika menurut Vebma bermanfaat.

          Sumber : Inspirasi dan pengalaman penulis.

          Tags: Doa

          Inspirasi 2 months ago
          Loading...
          10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

          10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

          Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

          Mengenal Vebma

          Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

          Apa yang anda dapat?

          Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

          Apa saja yang bisa kamu tulis?
          Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

          Advertiser
          hello@vebma.com