7 Tips Menghemat Uang Bagi yang Suka Overspending

7 Tips Menghemat Uang Bagi yang Suka Overspending

7 Tips Menghemat Uang  - Kita semua ingin menghemat uang, namun hanya beberapa yang berhasil melakukannya. Padahal, dengan menghemat uang kita telah menyimpan cadangan untuk masa yang akan datang tanpa harus minta uang atau ngutang sana sini.

Setiap orang memiliki cara mereka sendiri untuk menghemat. Berikut ada beberapa tips bagi kamu yang ingin menghemat uang demi masa depan yang cerah.

7 Tips Menghemat Uang Bagi yang Suka Overspending

7 Tips Menghemat Uang Bagi yang Suka Overspending

1. Hindari Utang

Hindari diri dari meminta hutang sama kawan, sodara, atau orang lain. Jika memiliki hutang, maka kita akan selalu merasa terbebani dan rencana untuk menghemat uang jadi hancur berantakan. Intinya, jangan suka minjem kalo memang ga ada keperluan mendadak ya.

Baca juga : 10 Kunci Sukses ala Amancio Ortega, Orang Terkaya di Eropa

2. Tetapkan tujuan penghematan

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri agar menghemat uang adalah dengan memvisualisasikan alasan mengapa kita menabung hari ini. Tetapkan target tabungan kita beserta dengan jadwal dari hari dimana kamu akan membeli sesuatu. Contohnya adalah rumah, mobil, motor, dan smartphone.

3. Tetapkan uang harian

Kamu pasti pernah membeli makanan yang sebenarnya tidak harus kamu beli kan?, padahal, kamu sudah kenyang. Contohnya seperti snack atau minuman. Jika pernah, maka sekarang saatnya kamu berhenti, karena hal itu hanya akan membuat kita semakin merasa bahwa makanan tersebut adalah kebutuhan primer. Kamu bisa batasi kemauan kamu dengan menetapkan uang harian setiap hari dan niatlah untuk tidak membeli makanan atau barang yang hanya bertujuan untuk memenuhi hawa nafsu.

Baca juga : 8 Daftar Makanan yang Cocok Bagi Ginjal yang Bermasalah

4. Biasakan "Stay vacation"

Daripada pergi liburan ke tempat jauh-jauh yang menghabiskan uang banyak, lebih baik liburan di tempat sendiri aja. Pasti ada tempat yang bisa kamu habiskan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Contohnya belakang rumah, taman di sekitar tempat kamu tinggal atau apabila kamu dekat dengan pantai, maka cukup tempat itu saja yang dibutuhkan. Pasti ada lebih dari satu hal yang bisa kamu lakukan di tempat tersebut. Kamu bisa ajak keluarga dan teman sambil ngeteh atau ngobrol santai. 

5. Stop smoking

Memang tidak mudah untuk berhenti merokok. Namun dengan menyimpan uang yang kamu beli rokok setiap hari, pasti akan tersisa banyak. Contohnya jika kamu menghabiskan 20 ribu rupiah untuk rokok dalam sehari, maka dalam satu bulan kamu bisa menghemat 600.000 ribu rupiah. Lumayan, bukan?.

Baca juga : 5 Tips Cari Kerja Bagi Kamu yang Baru Lulus Kuliah

6. Bawa makanan ke tempat kerja atau sekolah

Membawa bekal makanan ke sekolah daripada harus jajan ke kantin adalah langkah paling efektif bagi kamu yang suka hemat. Uang jajan yang kamu dapatkan bisa kamu simpan untuk membeli sesuatu suatu saat nanti. Jika kamu masih sekolah dimana belum berpenghasilan, maka nyimpen uang jajan adalah satu-satunya cara agar suatu saat bisa beli barang kesukaan tanpa harus minta duit dari orang tua.

Tags: Hemat Uang, Inspirasi Hidup, Business, Keluarga, Tips

Inspirasi 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com