Daniel Kish, Difabel Netra yang Bisa Melihat Dengan Lidah

Daniel Kish, Difabel Netra yang Bisa Melihat Dengan Lidah

Mata adalah indera yang bisa dikatakan sebagai bagian organ tubuh yang memiliki nilai urgensi tinggi, kaerena akses informasi akan keberadaan suatu objek akan didapatkan lebih cepat secara visual daripada secara audio.

Akan tetapi, fakta tersebut dibantah oleh Daniel Kish.

Pria kelahiran Montebello, California) pada tahun 1966 ini mengalami kebutaan sejak usia 1 tahun karena terjangkit penyakit retinablastoma, yaitu kanker ganas yang menyerang bagian retina.

Karena penyakit kebutaannya itu, Kish membiasakan dirinya untuk menggunakan suara yang ditimbulkan dari lidahnya untuk mengetahui objek –objek disekitarnya.

Karena kepekaannya itulah Kish dapat beraktivitas layaknnya orang yang memiliki penglihatan normal.

Tak heran, pemimpin lembaga World Access for the Blind (WAFTB) ini dapat melakukan aktivitas-aktivitas normal seperti berjalan, bersepeda bahkan mendaki gunung.

Dalam proses mobilitasnya, Kish sangat bergantung pada gelombang suara yang dittimbulkan oleh bunyi lidahnya

Teknik memanfaatkan gelombang suara ini juga digunakan oleh kelelawar untuk mengetahui objek di sekitarnya.

Sejak kecil, Kish terbiasa menggunakan teknik sonar ini untuk melancarkan mobilitasnya.

Kemampuan khusus yang disebut echolocation ini membuatnya lihai dalam mendeteksi benda-benda di sekitarnya seperti bangunan, mobil dan objek lainnya.

Kendati demikian, Kish menolak disebut sebagai manusia super karena menurutnya, semua orang bisa melakukannya. "Saya tidak memiliki kemampuan mendengar seperti manusia super, saya hanya melatih telinga saya untuk bisa memahami gema yang dihasilkan. Semua orang, baik buta atau normal, bisa melakukannya," ungkapnya dalam laman The Guardian.

Kish juga menegaskan bahwa semua yang dilakukannya tentu memiliki resiko. "Mobil adalah target gema yang sangat baik sehingga saya bisa menghindari, tapi bukan berarti tidak pernah kecelakaan, semua kegiatan ada risikonya," ungkap Kish.

Tags: Https://www.vebma.com/misteri/10-Misteri-Penampakan-Ufo-Paling-Menggemparkan-Di-Seluruh-Dunia/45498, #inspirasi, #difabelnetra

Inspirasi 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com