Dilema Seorang Pengajar Sosial

Inspirasi 1 year ago
Dilema Seorang Pengajar Sosial

“pendidik sudah bisa jadi guru, tetapi guru belum tentu jadi pendidik.” Kata Ms. Harini Ambarwati, yang merupakan salah satu pengajar di Sekolah Rakyat Ancol 2. Ms. Harini atau  yang biasa dipanggil Ms. Today oleh murid-murid di Sekolah Rakyat Ancol 2 ini sudah mengajar di Sekolah Rakyat Ancol 2 sejak tahun 2015. Sekolah Rakyat Ancol yang disingkat SRA ini sendiri sudah berdiri selama 12 tahun, ini merupakan sekolah tingkat pertama (SMP) yang pembentukkannya diawali dengan rasa kepedulian beberapa guru di sekitar lingkungan aerah Pademangan yang kurang pendidikan, keadaan ekonomi yang kurang, dan juga dengan adanya penawaran CSR yang diadakan PT. Taman Impian Jaya Ancol, maka terbentuklah Sekolah Rakyat Ancol.

Pengajar-pengajar di sekolah ini bekerja secara sukarelawan, jadi ini merupakan kerja sosial sehingga tidak perlu mengaharap untuk uang atau yang lainnya. Padahal, Ms. Today sempat beberapa kali berpikir untuk resign dari SRA 2, dengan frontal Ia mengatakan “Saya ingin berbuat baik tapi bukan berarti saya ingin menelantarkan diri saya,” ini yang menjadi dilema tersendiri untuk Ms. Today, dimana ia harus tetap berkualitas dalam mengajar di SRA 2 ini sedangkan di sisi lain Ia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam mengajar Ms. Today bukanlah tipe pengajar yang mengajar dengan setengah-setengah, maka menurutnya apabila Ia bekerja dan mungkin nantinya akan merasa capek dengan pekerjaannya maka itu akan mempengaruhi kualitas mengajarnya. Tetapi, dengan dorongan latar belakang yang memang sering dan suka untuk mendidik dan rasa kepeduliannya akan anak-anak yang kurang beruntung juga keseruan murid-murid SRA 2,  Ms. Today masih mengajar di SRA 2 sampai sekarang.

Tantangan untuk mengajar disekolah ini bukan hanya dari dirinya saja, melainkan dari murid-muridnya sendiri yang punya permasalahan ekonomi,  juga ada orang tua yang lebih memilih anaknya untuk bekerja sehingga tidak diizinkan untuk sekolah. Menurutnya, yang membuat Ia bertahan sampai sekarang menjadi pengajar adalah kepercayaan Ia akan apabila kita berbuat baik terhadap orang lain, bukanlah kita yang menolong mereka, tetapi mereka yang menolong kita, karena menurutnya, ketika kita berbuat baik kepada orang, ada pahala yang kita simpan yang nantinya akan berguna bagi kita untuk dimasa depan.  

Harapan Ms. Today untuk Sekolah Rakyat Ancol kedepannya nanti lebih ke murid-muridnya, karena mereka hanya belajar di SRA selama 3 tahun, maka Ia sendiri sebenarnya tidak bisa berharap bahwa setelah lulus anak-anak akan melanjutkan sekolah nantinya. Tetapi, Ia berharap untuk kedepannya adalah setidaknya anak-anak di sekolah ini punya bekal untuk perbaikkan hidup mereka karena di SRA ini mereka telah mendapat pandangan seberapa pentingnya pendidikan, walaupun mereka tidak bisa lanjut sekolah setidaknya mereka memilih untuk melakukan kebaikan.

Salah satu harapan Ms. Today adalah kepada Ridho Saputra. Ridho merupakan salah satu murid di SRA 2 kelas 1 SMP yang berumur 13 tahun. Ia tau sekolah SRA 2 ini dari saudaranya yang juga merupakan alumni di sekolah ini. Menurutnya, Ia belajar banyak dari sini, selain belajar pelajaran seperti IPA, IPS, dll. tapi ia juga belajar cara beretika dengan baik selain itu ia juga belajar kemampuan seperti, public speaking, vocal dll.

“Baik-baik, ramah, seru juga..” kata Ridho saat ditanya bagaimana pengajar-pengajar di SRA 2 ini. Menurut Ridho, selama ia belajar di SRA 2, Ia sama sekali tidak merasakan duka, karena menurutnya pendidikan itu penting dan pengajar-pengajarnya sangat mendukung juga teman-temannya yang asik dan seru. Salah satu pengajar favoritnya adalah Ms. Harini, Ia berkata bahwa Ms. Harini mengajar dengan semangat dan tak pernah terlambat datang ke kelas, juga tak pernah marah-marah ke murid-muridnya.

Untuk kedepannya, Ms Harini akan berusaha untuk tetap bertahan mengajar di SRA 2, karena Ms. Harini sebenarnya memang tak mau untuk meninggalkan murid-muridnya. Walaupun Ms. Harini aktif mengajar disana, tetapi Ia juga aktif untuk bekerja secara freelance diluar, seperti menjadi translator. 

Tags: Inspirasi, Pengajar Anak Jalanan, Sosok Pejuang, Tokoh

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com