Ingin menghafal untuk Ujian Nasional tanpa takut lupa? 5 Tips JITU ini soluisinya!

Ingin menghafal untuk Ujian Nasional tanpa takut lupa? 5 Tips JITU ini soluisinya!

Cara Menghafal yang Baik

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana memperoleh hasil yang lebih baik dalam belajar. Hal tersebut mendorong seseorang untuk mencari tahu kesalahan-kesalahan apa saja yang mempengaruhi hasil belajar. Salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan adalah tentang bagaimana cara menghafal yang baik. Kebanyakan dari kita mungkin menganggap bahwa menghafal merupakan salah satu pekerjaan yang merepotkan. Padahal jika Anda mengetahui cara menghafal yang baik, boleh jadi anggapan tentang menghafal dapat merubah cara pandang Anda selama ini.

Boleh jadi, ketika Anda memiliki persepsi yang positif tentang menghafal, maka Anda akan merasa lebih bersemangat untuk memulai menghafal. Karena segala sesuatu yang kita pandang positif, tentu kita akan termotivasi untuk melakukan hal tersebut, begitu juga dengan menghafal. Adapun cara menghafal yang baik dan mudah untuk diterapkan antara lain:

  1.  Niatkan dalam hati bahwa menghafal merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Menghafal bukanlah hal yang membebani melainkan suatu kegiatan yang dapat melatih kinerja otak.
  2. Pilihlah suasana yang membuat Anda nyaman dan bersemangat untuk memulai menghafal. Jangan biarkan diri Anda berada dalam lingkungan yang dapat membuat Anda kehilangan fokus dan konsentrasi karena menghafal adalah tentang cara berkonsentrasi dan memfokuskan pikiran.
  3. Mulailah mengahafal dengan mengaitkan bahan hafalan kepada sesuatu yang sudah Anda ketahui atau memahami arti dari kata. Contohnya: ketika anda sedang menghafal tentang suatu istilah seperti ‘Kontradiksi’ maka Anda dapat mengaitkan istilah tersebut dengan suatu kondisi dimana Anda menemukan ketidaksamaan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengingat istilah tersebut.
  4. Menghafal dengan menggunakan teknik yang Anda kuasai dan media yang membuat Anda mudah berkonsentrasi. Misalnya: jika Anda terbiasa menghafal sambil menuliskannya kembali, atau menghafal dengan diiringi instrumen musik yang Anda sukai, maka hal tersebut patut Anda terapkan.
  5. Ulangilah hafalan Anda dengan tekun dengan harapan agar Anda dapat memahami hafalan Anda dengan baik. Jangan biarkan apa yang sudah Anda hafalkan hilang seketika karena Anda tidak mengulangi hafalan Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menghafal dengan baik. Semoga bermanfaat.

Tags: Pendidikan, Menghafal, Ujian Nasional, Tips, Jitu

Inspirasi 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com