Intelektual dan Spiritual Berpadu di Kampung Inggris Pare

Inspirasi 1 year ago
Intelektual dan Spiritual Berpadu di Kampung Inggris Pare

Membaca sejarah awal terbentuknya komplek lembaga kursus bahasa Inggris yang sekarang beken dengan nama Kampung Inggris, benar benar menghadirkan perpaduan antara kecapakan intelektual bahasa Inggris dan sapuan spiritual yang agamis. Betapa kadar intelektual seseorang tidak melulu ditentukan dari bangku sekolah formal atau kuliah sampai menjadi seorang pakar. 

Namun metode “meguru” , belajar dari seseorang yang memiliki ilmu juga bisa diraih. Bahkan, Kalen Osen telah membuktikan, santri asal  Kutai Kartanegara di tahun 1976 yang putus sekolah karena tidak kuat menanggung biaya pendidikan, akhirnya memilih berguru dan tinggal belajar di Pesantren Darul Falah, Desa Singgahan , Pare kediri, milik Ustadz yazid. Kini sang Pionir boleh berbangga di tengah kesederhanaannya, upayanya yang gigih membuka dan mengurus lembaga kursus bahasa Inggris, telah menginspirasi ratusan orang untuk mengikuti jejak  Kalen Osen.

Kampung Inggris yang namanya sudah mendunia, bahkan alumnusnya tersebar di mancanegara. Ada yang menjadi TKI, mahasiswa, diplomat, artis hingga pejabat. Hingga kini tetap teropinikan sebagai kampung bahasa yang memberikan pengajaran bahasa. Satu hal yang masyarakat di kampung tersebut mampu menjaga opini positif adalah Pusat Pendidikan Bahasa

Mengapa opini positif ini tetap menjadi  “icon” bersama untuk tetap terwujud? Tidak lain, masyarakat kampung Inggris tidak melepaskan aspek spiritual. Perwujudan aktivitas seperti rumah rumah tahfidz, beasiswa untuk para Hafidz Qur’an dalam belajar bahasa, mampu menjadikan kampung ini menjadi kampung agamis namun tetap mengedepankan intelektual yang profesional.  Maka, sangat pantas jika dikatakan  Kampung Inggris yang mendunia

Lantas , bagaimana sebenarnya gambaran rutinitas aktivitas di Kampung Inggris? Memasuki Kampung Inggris di Desa Tulungrejo dan Desa Singgahan, Kecamatan Pare Kediri, bayangan kita pasti banyak bule dan turis asing yang berseliweran seperti di Bali. Benarkah? Sama sekali tidak! Kampung Inggris di dominasi pengendara sepeda pancal yang bisa disewa tiap bulannya, deretan warung, kios warnet, toko dan ratusan lembaga kursus berjejer layaknya kampung modern. Juga deretan ATM aneka bank, jasa laundry, spanduk, banner dan rumah kost kost an menunjukkan kampung yang dinamis. Mereka yang kursus bahasa Inggris pun datang dari berbagai daerah, mulai dari Aceh sampai Papua. 

Karenanya jasa penyewaan rumah atau kost sangat prospektif dan punya nilai bisnis yang menguntungkan. Kost kost dari yang “English Area” yang mewajibkan penghuninya menggunakan bahasa Inggris dan diawasi semacam tutor benar benar menunjukkan keseriusan dalam mengajarkan bahasa. Demikian pula masjid, banyak menghadirkan tahfidz qur’an dan kajian kajian dengan Filosopi hidup dan menjadi benteng keimanan saat merantau di negeri orang. Bahkan tidak hanya jasa pengajaran bahasa Inggris yang tersedia, namun bahasa Arab pun juga tersedia. Maka, lengkaplah kampung ini menjadi cikal bakal peradaban. Karena sesungguhnya Bahasa itu menunjukkan Budaya. Bahasa itu menunjukkan Bangsa.

Tags: Kampung Inggris, Kampung Inggris Pare, Pare Kediri

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com