Langka, Unik dan Spesial!  Inilah Fakta Menarik Tipe Kepribadian INFP

Langka, Unik dan Spesial! Inilah Fakta Menarik Tipe Kepribadian INFP

Berdasarkan tes MBTI (Myers-Brigss Type Indicator), terdapat 16 tipe kepribadian (personaliti), namun salah satu yang langka, unik dan spesial adalah orang yang memiliki tipe kepribadian INFP yang memiliki populasi sangat sedikit yaitu hanya sekitar 4%-5% di dénia.

INFP sendiri adalah singkatan dari I (Introvert), N (Intuitive), F (Feeling) dan P (Peceiving). Orang dengan kepribadian INFP fokus ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang. Tujuan utama mereka adalah menemukan arti mereka dalam kehidupan. Mereka adalah orang yang idealis dan perfeksionis, yang menggerakkan diri mereka untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga terus mencoba menemukan kebenaran dan arti dari sesuatu yang tertutupi, sehingga mereka sering disebut mediator atau orang yang sangat idealis.

Secara umum, INFP adalah pendengar yang baik dan menempatkan orang dalam ketentraman. Meskipun mereka menahan untuk mengekspresikan emosi, mereka dapat peduli dan tertarik untuk mengerti orang lain. Hal ini menjadikan INFP seorang teman yang bernilai. Mereka dapat menjadi hangat dengan orang-orang yang mereka kenal back. Hal tersebut tentunya sesuai dengan setiap tipe kepribadian yang dimilikinya.

Introversion (I): INFP cenderung pendiam dan menyendiri. Mereka lebih memilih berteman dengan sedikit orang.

Intuitive (N): INFP cenderung melihat pada gambaran besar daripada detail. Mereka teliti pada hal yang disukai tapi mengabaikan detail yang membosankan.

Feeling (F): INFP lebih banyak dipengaruhi oleh perasaan mereka daripada informasi obyektif.

Perceiving (P): INFP senang menjaga pilihan tetap terbuka, jadi mereka lebih sering menunda membuat keputusan untuk melihat apakah ada pilihan atau situasi yang baru. 

Tipe kepribadian INFP sendiri terbagi menadi 2 yaitu INFP-a (asertif) dan INFP-t  (turbulensi), lalu apakah perbedaaan kedua tipe INFP tersebut? 

Berdasarkan huruf akhirnya tentu bisa dibedakan secara jelas, INFP-a memiliki kepribadian yang tegas dan teguh, memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain

Biasanya INFP-a tidak menyukai konflik dan mencoba untuk menjauhinya. Jika mereka harus menghadapi konflik, mereka akan selalu menggunakan pendekatan perasaan. INFP akan menjadi mediator yang baik dan dapat mengatasi konflik pada orang lain karena mereka dapat mengerti perspektif dan perasaan orang lain dan ingin membantu mereka. Atau dengan kata lain memiliki empati yang cukup tinggi. 

Selain itu orang INFP-a akan menolak analisis impersonal meskipun sebagian memiliki kemampuan dan mampu berpikir logis. Mereka tidak suka berurusan dengan fakta dan logika yang terlalu serius. 

INFP-a juga memiliki standar yang tinggi dan perfeksionis, mereka biasanya keras pada diri sendiri dan tidak memberikan diri mereka cukup penghargaan. 

Sebaliknya mereka yang memiliki tipe kepribadian INFP-t. adalah mereka yang secara emosi mudah bergejolak, bergolak, atau bergelora.

Biasanya INFP-t mudah marah dan tidak menggunakan logika dengan semestinya, terutama saat mereka menghadapi tekanan, balk dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi tidak terkontrol.

INFP-t seringkali memiliki masalah saat berkerja dalam kelompok, karena standar mereka cenderung lebih tinggi dari anggota lainnya. Di situasi kelompok, mereka memiliki masalah dalam “kontrol”, akibatnya INFP-t lebih suka melakukan pekerjaan seorang diri, karena menganggap orang lain tidak mampu memenuhi standar yang diinginkannya. 

Namun demikian pada prinsipnya orang dengan tipe kepribadian INFP-a dan INFP-t memiliki kreatifitas yang sangat tinggi dan juga sangat sulit ditebak alias penuh misteri, walaupun suka bersosialisasi namun mereka hanya memiliki sedikit teman, karena memang tidak mudah untuk "menerjemahkan" tipe kepribadian ini, tapi kalau sudah bisa tahu celahnya, orang tipe kepribadian langka, unik dan spesial ini sangat asyik untuk dijadikan sahabat. Jadi pertahankan, ya.

Tags: Penulis Vebma, Vebma.com, Vebma

Inspirasi 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com