Lupa Buat Perahu Kertas

Lupa Buat Perahu Kertas

Ilustrasi Perahu kertas
Perahu kertas sumber : sketsadalamsunyi

Selama Pagi Sobat Vebma. 

Pernah suatu ketika saat sedang mengetik artikel di kos, tiba-tiba datang 2 orang anak sekitar 7 tahunan sambil membawa kertas di tangan. Ternyata mereka meminta saya membuat perahu kertas.
 
" Kak,buatkan dulu kapal-kapalan. " Kata mereka dengan polosnya.
 
Dengan santai ku ambil kertasnya lipat sana lipat sini. Di luar dugaan,  aku sudah lupa cara membuat perahu kertas atau yang mereka sebut kapal-kapalan. Berulang kali aku coba hasilnya sama saja,hingga kertasnya yang tadinya mulus kini koyak tak beraturan.

Setelah 15 menit lebih akhirnya kapal-kapalan jadi. Dengan senang hati aku ajari mereka cara membuatnya dan mereka tampak senang dengan perahu kertas hasil buatan mereka sendiri. Kemudian mereka beranjak pergi.
 
Setelah itu aku berfikir bagaimana mungkin aku bisa lupa cara membuat perahu kertas. Padahal perahu kertas adalah origami paling mudah setelah pesawat kertas?.  

Selang beberapa hari saya berkunjung ke kos teman. Saya ingat kejadian kapal-kapalan itu ,lalu menantang teman-temanku. Apakah masih ingat cara membuat perahu kertas?. Dan ternyata mereka juga lupa. saya tertawa kecil,  ternyata bukan saya sendiri yang sempat lupa. Nah untuk kalian nih sahabat Vebma.  Berapa lama kalian coba membuat perahu kertas?. 
 
Sebenarnya intinya bukan perahu kertas itu.Tapi yang kupikirkan kedewasaan itu begitu cepat berubah mengganti masa kanak-kanak. Jikalau hal kecil seperti membuat kapal-kapalan saja kita lupa bagaiamana dengan hal kecil lainnya ?. Misalnya jikalau Gas menjadi Air apa namanya ?, 1/2 + 3/4 berapa hasilnya ?,  hewan bertelur apa namanya ?, karnivora itu apa ?, bahkan yang lebih parah ketika di tanya 10 nama Malaikat ,25 nama Nabi & Rasul,Rukun Islam dan Rukun Iman banyak yang sudah kelabakan alias lupa.
 
Padahal semua itu dulunya adalah hal yang mudah hal yang sepele.  Hal kecil yang mantap kita kuasai.Tapi sekarang dengan kesibukan ala dunia dewasa hal tentang dunia anak-anak sudah kita lupakan.Anak -anak sering berkata :
 
" Orang dewasa itu egois,gak mengerti dunia anak-anak "
 
Padahal logikanya.  Mana mungkin orang dewasa gak paham dunia anak-anak sedangkan orang dewasa pasti pernah merasakan dunia anak-anak entah itu bahagia atau tidak, pasti sebelum ke dewasa harus melewati dunia anak-anak.

Waktu saya kecil pernah saya sedang main kelereng bersama teman-teman sebayaku. lalu sekelompok anak SMA lewat. Melihat kami sedang bermain mereka malah menghampiri kami dan mengacaukan permainan kami.Jelas saja kami marah ,mau melawan apalah daya kita masih anak-anak.  Akhirnya senjata andalan anak-anak keluar yaitu menangis.Waktu itu saya berpikir kenapa orang besar tidak suka main kelereng? . Main kelereng waktu itu saya rasa sangat menyenangkan dan ingin terus bermain sepanjang hari.Kini setelah makin bertambah usia. Jawaban itu terjawab sendiri ternyata main kelereng itu membosankan dan buang -buang waktu.
 
Hal-hal menyenangkan disaat dewasa dan masa kanak-kanak tentu berbeda misalnya : nongkrong di warkop sambil online itu menyenangkan,bagi anak-anak itu membosankan.Bekerja lalu gajian itu menyenangkan bagi anak-anak masa bodoh kerja lebih baik bermain.
 
Kini jaman semakin berubah masa kanak-kanak kita telah berbeda jauh dengan masa kanak-kanak sekarang baik secara fasilitas dan moralitas.Misalnya sulit sekali melihat anak-anak sekarang main kelereng,koleksi kertas binder,mainpetak umpet,dan kesekolah sambil pamerin pensil inul.Kita dulu hapal macam -macam lagu anak-anak,kita dulu belum tau apa itu pacaran,apa itu HP,apa itu internet,apa itu facebook dan lain-lain.Dunia kita saat itu penuh imaginasi ,bermain-dan bermain yang selayaknya memang dunia anak-anak.
 
Saya tidak menyalahkan jaman moderen karena bagi saya jaman moderen seharusnya mempermudah bukan mempersulit.Apa-apa tinggal GugLing.Dulu kita harus bolak balik ke perpus,nabung beli buku,tukaran buku,tukaran copian dan catatan. Kalau ada masalah pribadi kita tak canggung cerita ke Ortu,guru sekolah,guru ngaji karena bagi kita saat itu,kita pasti dapatkan solusi bijak dari mereka.Anak-anak sekarang malah curhat di FB,Twitter ,bahkan parahnya curhatan mereka tentang keluhan pada Guru,Orang tua,teman,tetangga,bahkan luka lecet tertusuk pentul aja di upload. yah jelas saja curhatan di sosmed hanya sedikit yang mendapat solusi bijak,karena tujuannya hanya untuk narsis.
 
Anak-anak sekarang ,walaupun tak semuanya bukannya tambah cerdas tambah lucu,dan menggemaskan polosnya.Tapi anarkis,norak dan memalukan.Yang lebih memalukan orang dewasa bukannya tambah perhatian tambah peduli tapi makin Cuek dan acuh tak acuh.

Tags: Tag Inspirasi, Motivasi, Dunia Cinta, Keluarga, Dewasa

Inspirasi 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com