Miliki 7 Hal Ini Kamu Akan Terhindar Dari Kenakalan Remaja

Miliki 7 Hal Ini Kamu Akan Terhindar Dari Kenakalan Remaja

Apabila kita amati dengan seksama, kenakalan remaja saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Baik orang tua maupun anak semua sama-sama khawatir akan hal itu.

Kita sering menyaksikan secara langsung atau melihat lewat media social bagaimana akibat dari pergaulan anak-anak remaja saat ini.

Oleh sebab itu, bagi orang tua dan para anak remaja atau semua pembaca, penulis mencoba bagikan ada 7 poin yang harus kita miliki sehingga kita terhindar dari jurang kenakalan remaja. Semoga bermanfaat.

1. Memiliki pemahaman yang benar

    Bagaimana kita bisa menentukan seseorang itu hitam atau putih?, bagaimana kita bisa menentukan seseorang itu tinggi atau pendek?.

    Pernahkah kamu menyadari pertanyaan itu?, mungkin kita tidak pernah memikirkan kenapa seseorang itu kita katakan hitam ataupun pendek.

    Kita bisa berkata seperti itu karena ada sesuatu hal yang kita bandingkan, kalau tidak kita tidak akan bisa berkata tinggi,hitam,kaya dan hal yang lain.

    Dengan demikian, kita harus memiliki pemahaman tentang hal yang benar sehingga kita bisa melihat hal yang salah.

    Ketika kita tidak memiliki pemahaman yang benar, semua yang salahpun kita akan anggap sesuatu yang benar dan pantas untuk dilakukan.

    Ketika kita mengetahui yang benar, tentunya kita akan membiasakan diri untuk melakukannya. Tidak lagi membenarkan apa yang biasanya kita lakukan atau orang lain lakukan.

    Baca juga : 5 Poin Ini Akan Membuatmu Bijaksana

    2. Memiliki sikap hati-hati

      Kita harus hati-hati dengan masalah hati, karena dari hati inilah terpancar kehidupan setiap manusia.

      Ketika kamu biarkan hatimu dengan hal yang buruk, maka buruklah hidupmu. Dan jika kamu biasakan hatimu dengan kebaikan, maka baiklah hidupmu.

      Sebelum kita bertindak, alangkah lebih baiknya kamu berpikir dulu, lihat dampaknya apakah positif atau negative?

      Ketika kamu tidak berhati-hati, maka kamu bisa terjerumus ke dalam jurang kenakalan remaja. Berhati-hatilah.

      Baca juga : 3 Hal Sederhana Ini Akan Membuatmu Tetap Semangat, Nomor 3 Adalah Hal Yang Utama

      3. Memiliki prinsip yang benar

        Orang yang tidak punya pendirian atau prinsip hidup, dia sama seperti layangan putus terbang tidak ada arah yang diombang-ambingkan oleh angin dan kemudian dijatuhkan.

        Kapal di laut yang bisa tenggelam ketika air di sekelilingnya dibiarkan masuk ke dalam kapal, kalau tidak kapal itu akan tetap aman berjalan di atas laut.

        Orang yang punya prinsip hidup tidak akan membiarkan pergaulan buruk yang ada di sekitarnya masuk ke dalam pikiran dan hatinya.

        Karena dia paham, mana yang seharusnya dilakukan dan mana hal-hal yang seharusnya dihindari.

        Oleh sebab itu, hendaknya kita semua memiliki prinsip yang benar di dalam hidup, niscaya kamu akan terhindar dari kenakalan remaja.

        Baca juga : 6 Kalimat "Jangan" Yang akan Membuatmu Jadi Kuat

        4. Memiliki aktifitas positif

          Ketika kita tidak bisa atau tidak melakukan aktifitas seperti teman-teman kita lakukan, kadangkala kita akan dibuly dengan kata-kata “Kuper” atau kurang pergaulan.

          Sebagai remaja kita harus tahu mana kegiatan yang positif mana kegiatan yang sudah tidak baik untuk diikuti.

          Kamu harus berani berkata “TIDAK” untuk segala sesuatu yang tidak baik dilakukan, meskipun kamu dibuly.

          Oleh sebab itu, kamu boleh mengisi waktumu dengan banyak aktifitas yang postif, sehingga kamu tidak memberikan waktu lengah pada pikiranmu untuk memikirkan yang tidak baik.

          Kamu boleh mengikuti aktifitas seperti ekskul pramuka,rohis,rokris atau les tambahan di luar sekolah, dan banyak lagi aktifitas yang dapat kamu lakukan.

          5. Memiliki sahabat yang benar

            Sebagai mahluk social, tentunya kita membutuhkan seseorang untuk jadi teman curhat kita. Mungkin kita kurang nyaman ketika kita harus menceritakan segala sesuatu rahasia kita kepada keluarga, dan itu hal yang manusiawi.

            Oleh sebab itu, bagi kita sangat penting memiliki sahabat untuk kita boleh saling berbagi cerita ataupun masalah.

            Sahabat yang seperti apa?, nah disinilah kita juga harus perhatikan dan juga berhati-hati dalam memilih sahabat. seorang sahabat akan menangis bersama kita ketika kita menangis dan akan tertawa juga bersama-sama.

            Ketika kita salah memilih sahabat, maka hidup kita dalam bahaya besar, tapi ketika kita mampu memilih sahabat yang benar, maka masa remajamu akan tertolong.

            Baca juga : Cara Jitu Membuatmu Senang Belajar Matematika, Nomor 6 Hal Yang Sering Dilupakan

            6. Memiliki Keluarga

              Banyak orang memiliki keluarga, namun dalam tindakannya seolah-olah tidak memiliki keluarga.

              Kita boleh saja berteman atau bersahabat di luar sana, tapi kita kita akan tetap kembali kepada keluarga kita.

              Pacar boleh saja suatu saat jadi mantan pacar, teman boleh jadi mantan teman atau sahabat jadi mantan sahabat.

              Tapi ingat, kita sebagai anak tidak akan pernah dikatakan oleh orang tua kita sebagai mantan anak. Jangan pernah tinggalkan keluargamu dengan alasan apapun, karena keluarga akan senantiasa mengajarkanmu arti ketulusan.

              Ketika kita memiliki keluarga, yakinlah sekuat tenaga mereka yang tersisa akan dipergunakan untuk menghindarkanmu dari yang tidak baik. oleh sebab itu, jangan relakan keluargamu demi mendapatkan sesuatu tapi relakanlah sesuatu itu untuk keluargamu.

              7. Memiliki Iman

                Kenapa harus memiliki iman, karena imanlah yang mampu mengalahkan dunia dan yang ada di dalam dunia ini.

                Setelah 6 hal di atas sudah kita miliki, tentunya yang ketujuh ini akan menyempurnakan langkahmu sebagai remaja yang berkemenangan.

                Iman membuat kita mampu melakukan segala sesuatu di luar akal dan logika manusiawi kita, iman membawa kita terbang melampaui batas kemampuan kita.

                Oleh sebab itu, sangat penting kita memiliki iman di dalam hidup kita untuk menjauhkan kita dari segala pergaulan-pergaulan yang kurang baik.

                Dunia memiliki banyak cara-cara yang licik untuk membujuk kita, dia akan menawarkan segala kemudahan-kemudahan, namun dengan iman kita mampu melihat melampaui penglihatan manusiawi kita.

                Kita tidak akan terlena karena kita mampu untuk melihat hal-hal yang terselip di dalam keindahan-keindahan yang ditawarkan oleh dunia ini kepada kita.

                Oleh sebab itu, tanamkanlah nilai-nilai agama dalam dirimu sehingga kamu memiliki kekuatan iman. Karena jika kamu ingin mengalahkan dunia kamu harus memiliki iman, Jika tidak dunia akan mengalahkanmu.

                Bagaimana dengan para sahabat pembaca, apakah kamu akan membiarkan masa remajamu berlalu begitu saja? Mari para pembaca, saling berbagi di kolom komentar sehingga remaja-remaja saat ini boleh memahami tindakan pencegahan.

                Sumber : Inspirasi penulis

                Tags: Kenakalan Remaja

                Inspirasi 1 week ago
                Loading...
                10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

                10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

                Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

                close

                Mengenal Vebma

                Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

                Apa yang anda dapat?

                Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

                Apa saja yang bisa kamu tulis?
                Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

                Advertiser
                hello@vebma.com