Netizen Selalu Benar, Siapa itu Netizen?

Netizen Selalu Benar, Siapa itu Netizen?

Netizen....?

Yup, sebutan untuk warga dunia maya yang aktif bersosialisasi dan berkomunikasi di komunitas online.

Netizen berasal dari gabungan dua kata, Internet dan Citizen (Warga) sehingga digabungkan dan menjadi Netizen.

Ntah muncul dari mana istilah Netizen ini, namun tanpa disadari istilah Netizen ini sudah menjadi identitas tersendiri bagi pengguna aktif internet maupun sosial media.

Saat ini dengan semakin aktifnya sosial media dan platform media online lainnya, membuat Netizen juga semakin menunjukkan jati dirinya. Seakan Bumi memiliki dua dunia sekarang, yaah dunia nyata dan dunia maya.

Netizen tidak memandang bulu, mau tukang becak, polisi, TNI, dokter, pejabat bahkan artis sekalipun termasuk yang bikin tulisan ini (Hahaha) dan kita semua adalah Netizen.

Iya, karena Netizen adalah semua orang yang terlibat menggunakan sosial media dan platform online lainnya.

Aktivitas Netizen...?

Aktivitas utama Netizen adalah berkomentar, yup... hahaha unik memang, tapi itulah kenyataannya.

Sekarang sosial media menjadi platform penyebar informasi secepat kilat, dibandingkan TV dan media cetak seperti koran, majalah yang memakan waktu cukup lama, karena harus menunggu jam tayang dan waktu cetak.

Semua kejadian atau peristiwa yang dianggap penting, darurat, dramatis maupun yang tidak berfaedah sekalipun hanya agar menjadi viral dapat dengan mudah disebarkan oleh media di tangan Netizen, karena sebagai pengguna aktif media.

Bicara mengenai aktivitas Netizen, selain sebagai penyebar berita, Netizen juga lebih sering menggunakan jari jemarinya untuk berkomentar mengenai aktivitas orang lain.

Baik itu yang buruk maupun yang baik sekalipun.

Kebaikan Netizen...?

Netizen sejatinya adalah manusia, orang-orang aktif yang menggunakan sosial media dan tak terlihat dibalik layar hp, tablet maupun laptop mereka.

Setiap Netizen memiliki sifatnya masing-masing, sekarang kita akan bahas kebaikan Netizen terlebih dahulu.

Kebaikan dari Netizen antara lain adalah :

1. Menyebarkan Informasi Penting dengan Cepat

Seperti yang kita tahu bahwa segala informasi yang dianggap penting untuk disebarkan dengan cepat ke khalayak ramai dapat dengan mudah dilakukan oleh Netizen, berbagai peristiwa sering kita lihat dapat dengan mudahnya disebar luaskan di sosial media. 

Kejadian detik ini, saat ini juga dapat disebarkan ke seluruh dunia dalam waktu singkat. Sehingga menarik perhatian Netizen lain dan terus disebarkan.

Peran baik Netizen dalam beberapa kasus penting seperti menyebarkan informasi orang hilang, kasus pencurian, penculikan, gejala bencana alam, orang-orang yang butuh bantuan seperti donasi, donor darah, bantuan untuk kaum fakir miskin dan lain sebagainya merupakan sedikit contoh dari kebaikan Netizen yang memiliki peran penting.

Dengan informasi yang dapat disebarkan dengan cepat, maka akan menarik perhatian orang banyak yang mungkin dapat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan tersebut.

2. Siap Membela Orang Lain

Netizen adalah tipe masyarakat yang siap membela orang lain di dunia maya, (mungkin juga didunia nyata) ketika mengetahui ada orang lain yang disakiti, menjadi korban penganiayaan, korban bully, korban kejahatan dan lain sebagainya.

Netizen memberikan suaranya melalui komentar-komentar, dukungan petisi-petisi bahkan dengan tindakan nyata seperti donasi dan bahkan dalam beberapa kasus mengunjungi langsung korban tersebut untuk memberikan empati dan simpati.

3. Berdoa Untuk Orang Lain

Netizen sebagai manusia juga merupakan umat beragama, dengan tidak melupakan ajaran Tuhan yang Maha Esa, Netizen akan selalu siap dalam memberikan dukungan berupa doa kepada orang lain. 

Terkadang doa yang diberikan adalah berbentuk komentar (tidak masalah selama itu iklas), tapi beberapa Netizen bahkan sampai berdoa nyata kepada Tuhan untuk orang lain.

Sebenarnya masih banyak kebaikan Netizen yang tidak disebutkan, mungkin dari kalian ada yang bisa menambahkan, silahkan disimpan dalam hati, hehehe....

Keburukan Netizen...?

Selain kebaikan yang dapat diberikan oleh Netizen, berbagai keburukan juga siap dilontarkan dari jari jemari indah Netizen.

Karena sejatinya Netizen adalah manusia, memiliki sisi buruk dan baiknya masing-masing.

Berikut ini beberapa contoh keburukan Netizen :

1. Lebih Banyak Berkomentar daripada Berempati

Sejatinya Netizen adalah orang-orang yang bersembunyi dibalik sosial media yang ia gunakan.

Meskipun jati diri Netizen dapat diketahui dengan mudah dari profil mereka, namun tak jarang si Netizen menggunakan akun palsu untuk menutupi jati dirinya.

Aktivitas utama Netizen adalah berkomentar, tak jarang Netizen sangat aktif bahkan agresif dalam memberikan pendapatnya melalui komentar, segala kritikan menjadi bahan utama Netizen dalam menyumbangkan suaranya.

Baik atau buruk perilaku seseorang jika Netizen sudah tidak suka maka si Netizen akan lebih banyak memberikan komentar dari pada empati.

2. Merasa Bebas Bersuara dan Benar

Kebebasan bersuara adalah hak setiap orang, tapi perlu memperhatikan sisi bijak dalam berkata-kata.

Dunia maya adalah dunia yang berbanding terbalik 180 derajat dengan dunia nyata, seekor kucing di dunia nyata mampu berubah dan menjelma menjadi seekor singa di dunia maya.

Yup, itu lah Netizen, dunia maya membuat perilaku Netizen menjadi lebih aktif dan agresif karena merasa sosial media merupakan platform yang menjadi tempat untuk bebas menyuarakan pendapat.

Tak jarang, perilaku Netizen membuatnya merasa menjadi orang yang paling benar, satu helai rambut orang lain tidak sesuai dengan kriteria si Netizen, maka kritikan bahkan cacian yang akan diterima orang lain.

Sejatinya tidak ada manusia yang sempurna, semua orang pernah melakukan salah bahkan si Netizen.

3. Tukang Bully paling Handal

Komentar adalah salah satu cara utama Netizen menyuarakan pendapatnya. Tak jarang komentar yang diberikan tanpa memandang bulu apakah orang yang dikomentari salah atau tidak.

Ucapan yang diberikan Netizen melalui komentar lebih tajam dari pisau sekalipun.

Menyakiti perasaan orang lain dianggap lumrah dan wajar bagi Netizen. Tak jarang dalam beberapa kasus komentar yang diberikan menjadi pembullyan, karena tujuan komentar yang diberikan adalah kritikan bukan saran.

Akhirnya, serangan kata-kata kasar terhadap orang lain yang tidak disukai oleh Netizen sering dilontarkan, mulai dari kritikan yang cukup pedas sampai kalimat-kalimat, ancaman, caci maki, kata kotor dan lain sebagainya.

Tak jarang ucapan Netizen menyebabkan gangguan dan menurunnya mental si Korban Netizen tersebut.

Dalam beberapa kasus si Korban Netizen bahkan ada yang sampai bunuh diri.

Jadi Netizen yang Bijak...?

Netizen adalah manusia, manusia diciptakan dengan akal, hati dan pikiran.

Gunakan ketiganya agar kita semua menjadi makhluk yang bermanfaat bagi orang lain.

Ucapan Netizen bagaikan cermin bagi dirinya sendiri. Ucapan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan perilakunya di dunia nyata sehari-hari.

Jadilah Netizen yang bijak, tidak semua manusia selalu benar dan tidak semua manusia selalu salah.

Menyuarakan pendapat adalah hak semua orang, jika Netizen merasa dirinya punya hak untuk bersuara maka orang lain juga berhak untuk tidak mendengarkan.

Jangan jadi singa di dunia maya jika sejatinya kita adalah kucing di dunia nyata.

Jadilah rakyat dua dunia yang bijak, yang terus menyebar kebaikan, yang kritis namun berempati dan yang selalu bercermin dengan diri sendiri.

Terima kasih sudah membaca! 


Tags: Netizen, Netizenbijak, Netizenindonesia, Duniamaya, Internet, Inspirasinetizen, Orangbijak

Inspirasi 4 weeks ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com