10 Bahan Berbahaya di Lipstik yang Jarang Diketahui

Kecantikan 2 months ago
10 Bahan Berbahaya di Lipstik yang Jarang Diketahui

Lipstik menjadi benda yang paling berharga bagi kaum hawa. Pasalnya, lipstik tak hanya dapat menolong penampilan saja namun, lipstik dapat memperbaiki kondisi bibir wanita. Sehingga tak jarang lipstik akan di bawa ke mana-mana dan tak pernah absen menemani penampilan wanita.

Warna-warna lipstik yang menggoda membuat wanita lupa bagaimana cara memilih lipstik yang tepat dan tak berbahaya. Kebanyakan dari wanita hnaya fokus pada warna lipstik yang cocok dengan kesehariannya. Nyatanya, terdapat hal yang paling nyata yang harus dilihat pertama kali saat akan memilih jenis lipstik yang tepat yaitu kandungan bahan kimianya. Bahan kimia lipstik ini dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan bibir Anda. Berikut bahan berbahaya lipstik yang sering dijumpai pada lipstik komersial.

10 Bahan Berbahaya di Lipstik yang Jarang Diusik

1. Methylparaben

      Methylparaben menjadi bahan yang wajib ada pada kosmetika. Bahan ini berfungsi sebagai antijamur dan antimikrobia namun, bahan ini dapat menimbulkan kanker sehingga kandungannya dalam lipstik harus berada pada ambang batas tertentu. Bahkan, ada beberapa Negara yang telah membatasi penggunaan bahan ini dengan label "High Hazard".

        2. Retynil Palmitate

          Bahan kimia lainnya yang harus diperhatikan dalam lisptik adalah Retynil palmitate atau yang biasa dikenal sebagai vitamin A sintesis ini kerap ada pada lipstik. Vitamin A ini memiliki manfaat yang bagus bagi kulit namun, akan menjadi masalah baru bagi wanita hamil. Bahan ini dapat menyebabkan masalah pada reproduksi, dan dapat memicu kanker sehingga bahan ini diberi label “Moderate Hazard”.

          3. Logam berat

            Banyak lipstik produk local yang dicurigai mengandung logam berat. Logam berat yang umum ada di lipstik adalah timbal. Timbal dapat membahayakan sistem saraf dan juga organ tubuh manusia seperti ginjal, tulang, serta dapat memicu pertumbuhan kanker. Bukan hanya timbal saja, masih ada logam berat yang umumnya ditemukan dalam lipstik seperti aluminium, merkuri, kromium, arsenic, mangan, dan juga cadmium. Sehingga, bagi Anda yang ingin membeli lipstik harus mengecek kandungannya terlebih dahulu ya.

            4. Triklosan

              Triklosan juga umum ditemukan dalam lipstik. Bahan ini berfungsi sebagai agen antibakteri pada produk seperti sabun, pencuci wajah, scrub wajag, dan pasta gigi. Berdasarkan penelitian terhadap hewan, bahan ini dapat memacu pertumbuhan kanker, mengurangi kerja otot jantung dan mengurangi kekuatan otot, serta menyebabkan resistensi pada mikroba.

              5. Ftalat

                Ftalat juga kerap ditemukan dalam lipstik. Bahan ini merupakan bahan yang kerap digunakan dalam pembuatan detergen, lem, dan plastic. Ftalat dapat emmicu terjadinya iritasi sehingga pastikan lipstik yang Anda gunakan terbebas dari ftalat yang berbahaya.

                6. Tocopheryl Acetate

                  Tocopheryl acetate atau yang kerap dikenal sebagai vitamin E sintesis ini merupakan bahan kimia brebhaya pada lipstik dengan label “Moderate Hazard”. Bahan ini berfungsi untuk melembabkan sehingga tak jarang juga ditemukan dalam foundation. Bahan ini dapat menyebabkan luka, iritasi, rasa gatal, hingga terbakar pada kulit.

                  7. Colorants

                    Pewarna merupakan bahan yang wajib ada pada suatu lipstik. Pewarna ini dapat berbahaya bagi tubuh manusia sehingga cermati terlebih dahulu jenis pewarna yang digunakan sebelum menentukan warna kesayangan. Beberapa jenis pewarna kosmetik seperti D&C Red 22 Aluminum lake telah memiliki label “ Moderate Hazard”. Bahan pewarna yang baik tentunya adalah bahan pewarna alami. Pewarna yang umum dan aman digunakan untuk kosmetik adalah D&C Red 36 dengan label “Low Hazard”.

                    8. Parafin

                      Paraffin merupakan bahan yangumum ditemukan dalam pembuatan lilin. Paraffin ini juga sering ditemukan dalam jumlah kecil di lipstik. Pemakaian paraffin yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang dapat berakibat pada kerusakan enamel gigi yang berdampak pada karies gigi. Sehingga, teliti terlebih dahulu apakah produk yang Anda gunakan terbebas dari paraffin.

                      9. Formaldehyde

                        Kehadiran lipstik tentunya sudah tak bisa dinegosiasi lagi karena mutlak ada lipstik bagi kaum hawa. Nyatanya, saat ini masih terdapat banyak produk kosmetika terutama lipstic yang mengandung pengawet berbahaya seperti formaldehyde. Penggunaan formaldehyde ini sejatinya hanya untuk mengeraskan dan mengeringkan lapisan epidermis. Penggunaan formaldehyde yang tak tepat dapat berdampak pada iritasi kulit, vertigo, sakit kepala, muntah atau bahkan dapat memicu timbulnya kanker nasofaring.

                        10. Propylparaben

                          Propylparaben memiliki fungsi yang hampir sama seperti metylparaben yakni sebagai agen antibakteria. Penggunaan propylparaben yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, memicu timbulnya kanker, dan berbagai efek beracun lainnya. Hal ini disebabkan propylparaben telah dikategorikan sebagai Moderate Hazard dalam dunia kosmetika sehingga harus diwaspadai keberadaanya.

                          Lipstik memang menjadi salah satu benda yang menarik bagi wanita. Lipstik juga dapat memperbaiki tektsur dan juga penampilan wanita sehingga bagi Anda yang akan membeli lipstik harus wsapada terhadap segala macam kandungan yang ada di dalamnya. Yuk mulai menjadi konsumen yang cerdas.

                          Tags: Wanita, Tips Kecantikan, Lipstik, Bahan Kimia, Kosmetik

                          Loading...
                          10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

                          10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

                          Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

                          close

                          Mengenal Vebma

                          Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

                          Apa yang anda dapat?

                          Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

                          Apa saja yang bisa kamu tulis?
                          Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

                          Advertiser
                          hello@vebma.com