7 Cara Mudah Hindari Kulit Kusam Selama Berpuasa

7 Cara Mudah Hindari Kulit Kusam Selama Berpuasa

Selama berpuasa, kurangnya asupan cairan dapat langsung memberikan efek dehidrasi pada tubuh. Gejala awal dehidrasi pada tubuh yaitu rasa haus dan urin yang berwarna kuning pekat dengan jumlah yang sedikit. untuk meminimalisir dehidrasi, disarankan untuk mengkonsumsi minum setidaknya sekitar 2 L setiap harinya serta mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan selama berpuasa.

Tapi tahukah anda, dehidrasi juga berakibat buruk bagi kulit loo... nahh... ini nih efeknya dehidrasi bagi kulit, mulai dari kulit kering bersisik, tampak kusam, bahkan bisa juga terasa gatal dan gampang berjerawat.. Gak mau dong ya... selama berpuasa kulit jadi tidak kinclong berseri... Apakah cukup konsumsi minum selama sahur dan berbuka bisa mencegah dehidrasi kulit? sebenarnya ada beberapa tips lain untuk mengurangi dehidrasi kulit selama berpuasa.. Yuk simak:

1. Hidrasi adekuat

Yup, yang terpenting tetaplah menjaga kecukupan konsumsi cairan anda. Tidak hanya melulu berupa air putih, tapi bisa divariasikan dalam bentuk jus, susu, konsumsi sayur berkuah dan buah dengan kadar air tinggi seperti semangka.

(Thinkstock)

2. Perbanyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran jangan pernah dilupakan bila kita bicara tentang kesegaran kulit. Kandungan serat dan vitamin dalam buah dan sayur sangat penting dalam menjaga elastisitas kulit jangka panjang. Dalam 1 hari usahakan mengkonsumsi sekitar 150 gr buah (setara dengan 3 buah pisang ambon) dan 250 gr sayur (setara dengan 2 gelas sayur hijau).

Baca juga : 4 Penyebab Kulit Kusam Saat Berpuasa, Waspadai Segera!

3. Hindari terlalu sering mencuci muka

Segala hal yang berlebihan tidaklah baik, begitu pula dengan mencuci muka. Mungkin anda merasa kulit wajah akan lebih bersih bila sering mencuci muka, tapi saat anda membasuh muka, terutama dengan sabun, tidak hanya kotoran yang terangkat tapi juga kelembaban alami wajah anda. Maka jangan kaget kalau terlalu sering mencuci muka dapat membuat wajah terasa kering dan kasar. Mencuci muka dengan sabun sebaiknya cukup 2 kali dalam sehari atau saat mandi.

4. Cek sabun kamu

Sabun yang baik  memiliki pH kurang dari 7. Selain itu, pastikan ada kandungan moisturizer atau pelembab di dalamnya. Perhatikan juga pewangi pada sabun. Sabun yang terlalu wangi biasanya lebih mudah mengakibatkan iritasi dan mengeringkan kulit. Untuk kulit yang cenderung mudah alergi, pilihlah sabun yang hypoalergenic, atau yang tidak mengakibatkan alergi. 

Baca juga : 3 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puas

5. Gunakan Pelembab

Setelah mencuci muka maupun mandi, jangan lupa memakai body lotion yang berfungsi untuk 'mengikat' kelembaban alami' kulit. Pastikan lotion yang anda pakai memiliki tambahan vitamin E untuk menutrisi kulit. Pelembab tidak hanya dipakai setelah mandi, amun juga tiap kali kulit terasa kering. Bila saat berpuasa, perlu mengaplikasikan pelembab saat siang hari atau saat kulit terasa kering.

6. Proteksi tambahan

Last, jangan lupa untuk memberikan proteksi tambahan bagi kulit, bisa dengan memakai masker wajah maupun payung saat keluar rumah serta menggunakan sunscreen yang sesuai dengan kulit anda. Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, karena paparan panas yang berlebih dapat meningkatkan evaporasi atau penguapan cairan melalui kulit.

7. Tetap Berolahraga Ringan

Meski sedang berpuasa, aktivitas olahraga tetap perlu dilakukan lho.. Lakukan olahraga ringan saat sore menjelang berbuka atau malam setelah tarawih. Olahraga rutin akan melancarkan aliran darah termasuk pada wajah. Aliran darah yang lancar juga berimbas pada kulit sehat yang tidak mudah kusam. 

Itu tadi beberapa 7 tips agar kulit wajah tetap terhidrasi saat berpuasa. Semoga bermanfaat. Keep fresh!!

Tags: Puasa, Kulit Kusam

Kecantikan 1 month ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com