8 Solusi Alami Untuk Merawat Rambut Beruban

8 Solusi Alami Untuk Merawat Rambut Beruban

Munculnya uban atau rambut berwarna putih adalah petanda bahwa usia seseorang sudah tidak muda lagi. Ketika mendapatkan uban dengan jumlah satu hingga beberapa helai saja pada usia di atas 50 tahun, hal tersebut termasuk dalam kondisi wajar.

Rambut beruban dapat pula dikatakan rambut mati. Hal ini dikarenakan si rambut tidak mendapatkan cukup nutrisi disebabkan oleh menurunnya kinerja sistem tubuh akibat usia semakin bertambah.

Rambut beruban

Memiliki uban di usia lanjut bukan bearti dibiarkan begitu saja. Rambut beruban jika dibiarkan tanpa perawatan dapat menimbulkan masalah kesehatan rambut seperti rambut gatal, berketombe, rontok parah, berminyak dan sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan rambut walaupun rambut telah beruban, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Jagalah Kebersihan Rambut

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kondisi rambut yang kurang bersih dapat menyebabkan adanya ketombe sebagai awal munculnya uban. Ya, ketombe memang menjadi penyebab pigmen rambut menghilang perlahan karena efek polutan. Menggunakan sampo yang khusus untuk anti ketombe bagi anda yang memiliki tipe rambut berketombe atau berminyak bisa mengurangi uban yang muncul di rambut anda. Selain itu, pilihlah jenis shampo yang terbuat dari bahan alami serta cocok untuk jenis kulit kepala anda.

2. Memijat Kulit Kepala

Melakukan pemijatan di kulit kepala akan merangsang peredaran darah agar menjadi lancar. Lakukan pemijatan secara rutin dan teratur pada saat anda keramas atau pada waktu lain saat sehabis mandi dengan menambahkan minyak esensisal atau lidah buaya ke kulit kepala. Keramas dengan menggunakan air hangat sangat dianjurkan bagi rambut yang beruban dan rontok. Selain itu memijat kulit kepala akan membuat kepala merasa rileks dan nyaman.

3. Perawatan Rambut Alami

Penuaan dini yang ditandai dengan rambut beruban dapat berkurang dengan melakukan perawatan rambut secara alami. anda boleh melakukannya di salon atau sendiri di rumah. Saat ini sudah banyak tersedia masker rambut siap pakai yang mengandung bahan alami sesuai jenis rambut kita. Jika ingin berhemat, anda dapat membuat masker sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami seperti susu, santan, wortel, yoghurt, atau lidah buaya. Dengan merawat rambut secara alami, kesehatan dan warna rambut akan lebih berseri tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, dan yang pasti bebas bahan kimia.

4. Mengurangi Pewarnaan Rambut

Untuk kebiasaan yang satu ini seringkali sukar untuk dihilangkan, terutama bagi anda kaum wanita. Pewarnaan rambut adalah hal yang penting bagi sebagian orang untuk menunjang penampilan atau sekadar menutupi uban di kepala mereka. Namun, agaknya untuk tujuan menutup uban hal ini semestinya justru tidak dilakukan. Pasalnya, penggunaan zat kimia yang ada di bahan pewarna rambut dapat berisiko mengurangi pigmen rambut alami anda. Jadi, alangkah baiknya menggunakan bahan alami jika ingin mewarnai rambut seperti dengan minyak kemiri atau merang. Memang sedikit lebih sulit dan menyita waktu, tapi agar mendapatkan hasil yang aman serta sehat, tidak ada salahnya kan?

5. Istirahat Cukup

Kulit kepala anda agaknya sudah cukup lelah setelah bekerja seharian, apalagi disana tempat berbagai saraf otak yang anda gunakan untuk berpikir. Wajar apabila saat otot atau saraf tidak beristirahat, akan menimbulkan stres dan sakit kepala. Nah, sakit kepala dapat memicu munculnya uban di rambut anda. Oleh karena itu, menjaga kadar istirahat anda setiap hari adalah awal yang baik untuk membantu mengurangi uban di kulit kepala.

6. Menghindari Stres

Dilansir dari situs aoglamedia.com, banyaknya tekanan yang mengharuskan kita terutama bagi anda yang berkarir dapat memicu stres meningkat. Tekanan tersebut agaknya menjadi salah satu penyebab munculnya uban. Bagi anda yang hobi dengan kerja keras serta deadline atas suatu tugas tertentu, baiknya mengurangi kebiasaan ini. Tertekan meskipun menimbulkan kebaikan bagi pekerjaan anda faktanya dapat memicu stres panjang yang tentu berpengaruh buruk bagi kesehatan. Pasti anda tidak ingin kan mengalami hal ini? Mengurangi tingkat pekerjaan dengan ririko tekanan serta merencanakan liburan agar stres dapat berkurang adalah cara terbaik untuk membantu mengurangi munculnya uban.

7. Konsumsi Mineral untuk Rambut

Rambut membutuhkan asupan mineral yang cukup agar tumbuh bsehat dan indah. Beberapa minyak esensial yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut adalah Zinc, Zat Besi dan Cooper. Kandungan bahan-bahan aktif tersebut dapat diperoleh dari daging ayam, telur, makanan laut, dan sayuran. Dengan mengonsumsi beberapa alternatif makanan tersebut, bisa memenuhi kebutuhan mineral untuk rambut yang sehat. (baca juga: Manfaat Celak Mata, Manfaat Apel untuk Kulit)

8. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi tidak hanya penting dikonsumsi bagi kesehatan tubuh melainkan juga untuk kesehatan rambut anda. Penelitian membuktikan kekurangan Zat Besi akan memicu tumbuhnya uban di kulit kepala. Oleh karena itu, bagi anda yang berkeinginan untuk mengurangi jumlah uban agaknya cara ini sangat dianjurkan. Kandungan zat besi dapat diperoleh melalui makanan laut, bayam, jamur atau lemon yang akan membantu produksi Melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut anda.

Demikianlah tips bagaimana cara alami merawat rambut

beruban yang bisa anda lakukan agar rambut anda tetap sehat dan kuat serta tidak mudah patah. Tips ini bisa anda lakukan terutama bagi anda yang sudah lanjut usia dan rambut sudah beruban. Semoga bermanfaat.

Tags: Rambut, Perawatan Rambut, Kesehatan Rambut

Kecantikan 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com