6 Makanan yang Membantu Fungsi Otak Jadi Lebih Baik

Kecantikan 2 months ago
6 Makanan yang Membantu Fungsi Otak Jadi Lebih Baik

Makanan yang kita makan mempengaruhi tubuh kita baik secara fisik maupun emosional, oleh karena itu penting tidak hanya berkonsentrasi pada asupan kalori tapi juga nutrisi yang kita temukan dalam makanan. Otak ibarat mesin dalam tubuh kita yang membutuhkan perawatan sebanyak organ lainnya. Otak yang sehat akan memungkinkan tubuh anda merasa baik dan berada pada kinerja puncak.

Makanan yang tepat akan memungkinkan otak anda untuk diberi makan dan meringankan beberapa penyakit seperti Alzheimer (koordinasi neuron buruk yang menyebabkan kehilangan ingatan), demensia (pembusukan pikiran yang menyebabkan kegilaan) dan koordinasi kognitif yang buruk. Perubahan mood kita juga dipengaruhi oleh jenis nutrisi yang dimiliki otak. Bila kita mendapatkan diet yang tepat, nuansa hormon yang baik dilepaskan dan stres dapat dikelola dengan baik.

Di pasaran, anda akan menemukan jenis makanan, minuman, rempah-rempah dan bahkan minyak yang dapat digunakan untuk memastikan otak diberi makan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda masukkan ke dalam makanan anda dan pastinya otak anda akan berterima kasih.

1) Buah Berry

Semakin tua kita tumbuh, kemampuan kita untuk memproses informasi baru semakin melambat. Itulah sebabnya belajar hal baru menjadi tugas bagi yang lebih tua. Hal ini karena peradangan pada sel otak, membuat komunikasi antar mereka sulit. Buah berry adalah obat yang baik untuk situasi seperti ini. Mengonsumsi blueberry, blackberry, dan strawberry, mengandung antioksidan yang disebut polifenol dan anthocyanin yang membantu dalam melawan peradangan dan melindungi otak dari kerusakan.

Antioksidan tidak hanya memperbaiki kemampuan menyimpan informasi namun juga memiliki kemampuan untuk membalikkan kehilangan ingatan. Mereka juga menurunkan tekanan darah sehingga ada aliran darah yang cukup ke otak sehingga bisa berfungsi dengan baik. Beberapa penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang mulai mengalami kehilangan ingatan menunjukkan peningkatan saat mereka disajikan buah berry dalam makanan mereka. Mereka yang makan secara sporadis atau tidak sama sekali, tidak mengalami perbaikan.

2) Rempah-rempah

Bumbu atau rempah-rempah membuat makanan memiliki cita rasa yang lebih enak. Oleh karena itu, seiring selera anda menikmati rasa, otak anda juga mendapat manfaat kesehatan. Kunyit, memiliki peran dalam melindungi otak. Ini berisi curcumin, yaitu zat yang dalam berbagai penelitian telah menunjukkan dapat merangsang perkembangan sel otak baru. Ini juga meningkatkan daya ingat.

Curcumin menghambat terbentuknya amyloid beta plak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Ini juga membantu memerangi kolesterol, yang dapat menghalangi arteri, sehingga mengurangi aliran darah ke otak yang mengakibatkan kerusakan otak.

Kayu manis adalah bumbu lain yang mengandung dua bahan kimia proanthocyanidins dan cinnamaldehyde. Ini dapat melawan protein yang bertanggung jawab menyebabkan sel-sel otak mati mempengaruhi fungsi otak yang tepat.

3) Cokelat Gelap

Mereka yang menikmati rasa manisnya juga bermanfaat bagi otak mereka. Sumber cokelat terbaik adalah yang memiliki persentase kakao tidak kurang dari 70%. Cokelat mengandung flavanols, obromine, dan kafein. Hal ini juga tinggi serat, magnesium, dan besi. Antioksidan dalam coklat ini jauh lebih tinggi daripada buah berry dan teh hijau.

Semua nutrisi ini memperbaiki aliran darah ke otak, sehingga menghasilkan fungsi kognitif dan daya ingat yang lebih baik. Mereka juga menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sel yang rusak. Sebuah studi di jurnal nutrisi tahun 2009 menunjukkan bahwa mengonsumsi sepertiga dari satu ons cokelat gelap setiap hari mencegah hilangnya ingatan.

4) Minyak Atsiri

Otak terdiri dari 60% lemak yang terdiri dari asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam ini penting untuk fungsi otak yang sehat. Asam amino-6 ditemukan pada makanan seperti alpukat dan kacang-kacangan. Omega-3 ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon dan herring serta pada tanaman seperti kenari. Lemak ini bagus untuk jantung dan otak. Asam lemak omega-3 mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan vitamin D, yang memperbaiki fungsi neuron otak.

Zat ini bertindak sebagai antiinflamasi yang membantu melindungi otak dari gangguan dengan membuat otot otak kuat. Aliran darah ke otak juga meningkat karena lemak membantu dalam melawan kolesterol. Lemak ini membuat otak bisa memiliki performa puncak. Minyak penting lainnya yang membantu otak adalah minyak extra virgin. Ini melawan ADDL (amyloid B-derived diffusible ligands) yang merupakan racun yang bias menyebabkan kehilangan daya ingatan.

5) Sayuran

Kita telah diberi tahu oleh ahli gizi untuk makan lebih banyak makanan yang terdiri dari sayuran, tapi kebanyakan dari kita enggan mengikuti saran mereka. Sayuran mengandung polifenol (senyawa pelindung pada tanaman). Brokoli, mengandung vitamin K, kolin, dan potassium yang membantu sistem saraf dan juga membantu penyembuhan otak jika terjadi cedera. Bayam yang memiliki vitamin K, vitamin E dan folat membantu aliran darah ke otak.

Ini juga memperbaiki jaringan otak dan saraf. Seledri juga merupakan zat yang disebut luteolin sangat penting dalam melawan peradangan, yang menyebabkan degenerasi otak. Nutrisi dalam sayuran ini mengurangi gangguan kognitif, meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat kembali informasi, meningkatkan produksi hormon dopamin yang enak, sehingga mengurangi depresi. Manfaatnya sangat besar bagi otak untuk menyajikan varietas sayuran yang berbeda.

6) Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh

Biji-bijian adalah makanan otak yang baik saat melepaskan glukosa secara perlahan. Hal ini memastikan otak memiliki cukup gula yang berfungsi dengan baik. Diet kita harus mencakup nasi merah, makanan yang dimasak dari biji-bijian utuh. Beras putih, roti putih dan bentuk karbohidrat lainnya tidak baik untuk otak saat mereka melepaskan tingkat energi mereka dengan cepat. Hal ini membuat kadar glukosa meningkat dan turun drastis serta membuat otak menjadi lelah. Vitamin yang ditemukan dalam biji-bijian meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kemampuan untuk menyimpan informasi.

Kehadiran glukosa di otak membuat seseorang menjadi perhatian dan memiliki rentang konsentrasi yang lebih baik. Vitamin yang hadir dalam biji-bijian memungkinkan sistem saraf berkinerja baik. Kolesterol darah diturunkan oleh antioksidan yang ditemukan di biji-bijian utuh.

Semakin banyak porsi, satu dari daftar di atas akan sangat bermanfaat. Anda bisa mencoba minimal empat porsi seminggu. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak wawasan dari ahli gizi tentang cara terbaik untuk melayani diri anda karena tubuh kita memiliki tingkat kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Tags: Makanan Sehat, Manakan Untuk Otak

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com