15 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari

Kecantikan 1 month ago
15 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari

Penuaan dini adalah kondisi kulit wajah terlihat lebih tua dari umur sesungguhnya. Hal seperti ini sering terjadi pada kondisi kulit kering kurang nutrisi, alhasil kulit tidak dapat memproduksi minyak guna melindungi kulit dari radikal bebas, sinar UV dan polusi. Proses penuaan tidak bisa dihindari, namun penuaan dini bisa dicegah dengan cara menjaga pola makan, rajin berolahraga, menjahui rokok, menjahui alkohol dan cukup istirahat. Pertanyaanya mengapa wajah tetap terlihat tua padahal sudah sering bahkan rutin menerapkan tips diatas? Kemungkinan besar lima belas hal yang membuatmu mengalami penuaan dini  tanpa pernah kamu sadari.

Sering Terkena Sinar Matahari Saat Siang Hari

Berjemur dibawah sinar matahari memang bisa memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh, menekan kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu benar faktanya, namun di jam-jam tertentu seperti jam 06:00 sampai jam 09:00 pagi hari dan jam 03:00 sampai matahari terbenam. Untuk siang hari tidak kami sarankan karena sinar matahari siang mengandung sinar UV yang tidak bersahabat dengan kulit, dampaknya warna kulit berubah dan kulit keriput penyebab penuaan dini.

Kurang Asupan Air MIneral

Kurang lebih 70% dalam tubuh kita merupakan air, jika kita kekurangan air tentu bisa memicu beberapa masalah kesehatan. Seperti gangguan pencernaan, lesu, ginjal terganggu, konsentrasi menurun, mudah mengantuk, kepala pusing, metabolisme tubuh menurun dan mengalami sirkulasi darah yang kurang baik. Saat sirkulasi darah pada tubuh kurang baik maka sel-sel darah pada kulit wajah juga ikut terganggu, akibatnya kulit wajah terlihat pucat, kusam dan tampak lebih tua.

Stres Berkepanjangan

Hidup adalah perjuangan yang cukup sulit, mau sebaik apapun usaha yang kita lakukan selalu saja ada masalah yang datang. Jika masalah itu tidak kunjung selesai akhirnya stres melanda pikiran kita. Jangan biarkan stres menumpuk, hal negatif seperti itu hanya membuat dirimu kehilangan banyak kolagen, kemampuan kulit melindungi diri menurun dan susah tidur yang berakibat munculnya kantong mata di keesokan harinya. Belum lagi keadaan stres kronis membuat wajahmu terlihat lesu tidak bersemangat.

Jarang Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Pekerjaan padat, jalanan yang macet hingga masalah keuangan yang tidak kunjung habis membuat badan terasa sangat letih, jadi wajar bila kamu ingin lekas tidur untuk melupakan sejenak masalah-masalah tersebut. Eits jangan buru-buru, setelah pulang beraktifitas banyak sekali kotoran dan debu menempel di wajah penyebab penuaan dini, belum lagi pori-pori tersumbat akibat debu bisa memunculkan masalah baru seperti jerawat dan komedo.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Dengan Gula Berlebih

Siapa sangka makanan manis menggoda selera juga dapat memicu penuaan bila mengkonsumsinya secara berlebihan. Bagi yang suka atau hobi mengkonsumsi makanan manis perlu hati-hati, karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih bisa mempengaruhi proses pengumpulan glukosa dengan lemak dan juga protein. Akibatnya kolagen pada kulit menjadi saling-silang pemicu munculnya kerutan, pengenduran dan perubahan warna kulit.

Banyak Mengkonsumsi Alkohol

Menuman satu ini memang membingungkan, sudah harganya mahal berdampak buruk bagi kesehatan tetap saja banyak orang membelinya. Sebenarnya alkohol tidak sepenuhnya buruk bagi kesehatan asal dikonsumsi sesuai anjuran. Konsumsi alkohol jangka panjag tanpa anjuran bisa membuat kulit mengalami dehidrasi, dampaknya kulit kehilangan kelembapan, kering dan kusam. Jadi para peminum alkohol jangan heran bila wajahmu terlihat tua karena sering mengkonsumsi minuman ini.

Banyak Mengkonsumsi Minuman Berkarbonasi

Rata-rata minuman berkarbonasi tinggi gula rendah nutrisi, bila dikonsumsi secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh, kulit dan gigi. Banyak mengkonsumsi minuman berkarbonasi hanya akan membuat kulit kita mengalami dehidrasi, akibatnya kulit menjadi kusam, kering dan keriput. Sedangkan untuk tubuh bisa menyebabkan resiko obesitas, fungsi ginjal rusak, diabetes, hipertensi, serangan jantung hingga mengalami stroke.

Minum Kopi Lebih Dari Dua Gelas Perhari

 Tidak hanya alkohol minuman nikmat seperti kopi juga bisa menyebabkan penuaan dini bila dikonsumsi sembarangan tanpa aturan. Minum segelas kopi sampai dua gelas kopi sehari itu masih bisa ditolelir, bila lebih dari itu dan setiap hari kamu melakukannya kamu wajib prihatin kondisi kesehatan tubuh dan kulitmu. Terlalu banyak minum kopi membuat kulit dehidrasi dampaknya kulit kekurangan asupan cairan pemicu munculnya kerutan pada wajah. Sedangkan dampak negatif bagi tubuh antaralain meningkatkan resiko kolesterol, penyakit jantung, rusaknya pembuluh darah hingga stroke.

Merokok

Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari
Sering Merokok

Jika kamu pecinta kopi sekaligus menjadi pecandu perokok kemungkinan besar penuaan dini terjadi padamu dua kali lebih cepat. Saat kamu menghisap satu batang rokok tubuh menggunakan setidaknya 35mg vitamin C untuk menetralisir racun dari rokok itupun tidak semua racun dapat dinetralisir. Semakin banyak kamu menghisap batang rokok semakin keras perjuangan vitamin C, akibatnya tubuh kekurangan vitamin C, akhirnya kulit kehilangan kolagen yang akhirnya memicu munculnya kerutan pada wajah.

Sering Begadang

Faktor begadang sangatlah banyak, seperti : mengerjakan skripsi, menyelesaikan project, lembur hingga ronda malam. Apapun alasannya keseringan begadang tidaklah baik bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah. Kamu mungkin tidak sadar, kebanyakan begadang membuatmu kurang tidur  sehingga menimbulkan rasa stress penyebab kelenjar adrenal memproduksi hormon androgen secare berlebihan pemicu munculnya jerawat. Selain itu begadang terlalu sering membuat kulit susah meregenerasi sel-sel yang rusak, dampaknya muncul garis halus, kulit kusam dan keriput pada wajah.

Baca Juga : 17 Jenis Masker Memutihkan Wajah Dengan Cepat dan Alami

Sering Menggunakan Produk Kecantikan Lebih Dari Satu Jenis

Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari
Gonta-ganti Make Up

Untuk urusan produk kecantikan tentu lebih identik dengan wanita, demi mendapatkan wajah yang cantik selain merawatnya dari dalam mereka juga merawatnya dari luar salah satunya dengan menggunakan make up. Namun ada satu hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan make up, yaitu sesuaikan make up dengan kondisi kulitmu. Jangan kamus sering bergonta-ganti produk untuk mengejar kata cantik, ingat tidak semua produk kecantikan cocok dengan jenis dan Ph kulit. Sering bergonta-ganti make up hanya akan membuat kulit mudah iritasi, munculnya jerawat, ruam dan penurunan elastisitas kulit.

Jarang Mengkonsumsi Makanan Sehat Seperti Buah dan Sayur

Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari
Kurang Makan Buah dan Sayur

Proses penuaan pada mahkluk hidup sudah pasti terjadi, semakin bertambahnya umur produktifitas tubuh semakin berkurang. Oleh karena itu menjalani pola hidup sehat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Salah satunya adalah rutin mengkonsumsi buah dan sayur, seperti alpukat, melon, tomat, brokoli, apel dan berbagaimacam buah berry. Jika tidak ingin mengalami penuaan dini kamu wajib menghindari makanan sejenis junk food, makanan dengan kandungan gula dan garam berlebih.

Malas Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari
Jarang Melindungi Kulit

Aktifitas yang sibuk setiap hari sering membuat kita lupa untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bagi yang sering bekerja di luar ruangan bodylotion tidak cukup untuk melindungi kulitmu, karena beberapa kandungan bodylotion menghilang saat kamu mengeluarkan keringat. Gunakanlah sunscreen dengan kandungan yang dikhususkan untuk menangkal sinar UV. Namun sebelum membeli sunscreen perhatikan kandungan pH-nya, pastikan cocok dengan pH kulitmu untuk menghindari masalah kulit yang lain.

Terlalu Lama Beraktifitas di Luar Ruangan

Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari
Beraktifitas di Luar Ruangan

Sebagai mahluk sosial tentu hidup tidak hanya dijalani di dalam ruangan saja, ada kalanya kita harus keluar untuk melalukan aktifitas lainnya. Contohnya bekerja, gotong royong, bakti sosial, menyampaikan aspirasi atau sekedar olahraga ringan. Selain mendapatkan manfaat terlalu lama beraktifitas di luar ruangan juga bisa mendatangkan masalah, diantaranya jerawat, kulit kusam, pori-pori tersumbat, iritasi dan kerutan. Hal ini wajar mengingat kondisi luar memungkinkan kita terkena polusi, debu, radikal bebas dan terkena sinar UV. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah sehabis beraktifitas di luar untuk menghindari masalah tersebut.

Banyak Mengkonsumsi Gorengan

Penyebab Penuaan Dini Tanpa Disadari
Banyak Makan Gorengan

Gorengan memang terkenal praktis pembuatanya maka tidak heran banyak orang selalu menyediakan gorengans sebagai cemilan saat santai. Tapi siapa yang menyangka di balik gurih dan renyahnya gorengan terdapat ancaman bagi kecantikan kulit, siapa lagi kalau bukan lemak trans penyebabnya. Kandungan lemak trans pada gorengan bisa menyebabkan kulit berjerawat, komedo, munculnya garis-garis halus dan keriput. Untuk menangkal lemak trans kamu bisa mengkonsumsi minyak zaitun yang mengandung banyak vitamin E untuk menutrisi kulit kembali.

Tags: Penuaan Dini, Kesehatan, Kecantikan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com