Cara Cara Untuk Mendukung Mengurangi Animal Testing Kosmetik

Cara Cara Untuk Mendukung Mengurangi Animal Testing Kosmetik

Animal testing merupakan isu yang sudah berkembang lama dimasyarakat, yang dimaksud dengan animal testing adalah pengujian suatu produk kosmetik terhadap hewan sebelum produk tersebut dijual dipasaran,pengujian hewan tersebut dilakukan dengan dioleskan nya suatu bahan kimia atau dipaksa untuk menghirup bahan kimia tertentu untuk melihat reaksi yang ditimbulkan dari bahan kimia tersebut. Uji coba dengan menggunakan hewan sudah sejak lama menjadi bahan perdebatan. Banyak ilmuwan yang mempertanyakan kembali penggunaannya karena hal ini dinilai membawa dampak buruk untuk kesehatan masyarakat. Dari sudut pandang etika, banyak orang beranggapan bahwa membuat hewan menderita dan membunuhnya demi harapan untuk meningkatkan kesehatan manusia merupakan tindakan yang immoral. 

Ada sekitar 100.000-200.000 binatang menderita dan meninggal tiap tahun nya di dunia akibat animal testing diantara nya yaitu binatang kelinci ,babi,marmot,hamster,dan tikus. 

Animal testing dianggap sebagai tindakan yang kejam karna banyak hewan yang setelah dilakukan pengujian,hewan tersebut dibiarkan begitu saja tidak diberikan pengobatan dan hal terburuknya hewan tersebut dibiarkan kesakitan sampai akhirnya mati begitu saja. Dan hewan merupakan mahluk hidup yang sama dengan manusia dapat merasakan hal yang sakit.

Terdapat banyak metode alternative untuk melakukan pengujian suatu produk kosmetik selain animal testing dan pastinya lebih murah dan lebih cepat untuk menghasilkan informasi lebih akurat. Contohnya meliputi kulit buatan dan teknologi robot yang bisa menyaring ribuan bahan kimia sekaligus.

Untuk mendukung tidak menggunakan produk kosmetik yang masih menggunakan animal testing,maka sebelum kita membeli kosmetik kita harus memperhatikan apakah sudah ada label animal cruelty free,no animal testing,leaping bunny dan juga vegan perbedaan dari label label tersebut adalah:

1.Animal Cruelty Free

Masih terdapat produk kosmetik yang menggunakan bahan baku hewani, seperti asam laktat dari susu sapi. Jika bahan baku tersebut diperoleh tanpa menyakiti hewan,atau membunuh hewan tersebut maka produk tersebut tergolong cruelty free.

2.No Animal Testing

Yang termasuk dalam label no animal testing adalah produk kosmetik yang kandungan nya mengandung bahan hewani tetapi tidak diujicobakan kepada hewan sama sekali.

3.Leaping Bunny

Label ini secara resmi memastikan produk kosmetik tersebut tidak pernah dites pada hewan. Label ini berlaku internasional.

4.Vegan

Yang termasuk dalam label vegan ini berarti bahan baku dan pengujiannya sama sekali tak melibatkan hewan. Produk kosmetik mengambil ekstrak tumbuhan. Vegan tidak lepas juga dari bahan baku kimia sebagai pengganti bahan baku hewani. Tetapi semua bahan baku dan prosesnya dibuat tanpa melibatkan hewan.

 

 

Tags: Informasi, Kecantikan, Makeup

Kecantikan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com