34 Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Olahraga, Suplemen dan Obat Serta Efek Sampingnya

34 Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Olahraga, Suplemen dan Obat Serta Efek Sampingnya

Sayangnya, tak semua orang dikaruniai badan tinggi. Ada beberapa orang yang terlahir dengan tubuh kurang tinggi sehingga membuatnya kurang percaya diri. Alhasil, banyak orang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata mencari cara meninggikan badan atau menjalani program peninggi badan.

Tinggi badan seseorang memang bisa ditambah dengan cara khusus. Secara umum, tinggi badan akan mudah ditambah ketika tulang masih dalam masa pertumbuhan, yakni saat usia anak-anak hingga 18 tahun. Sedangkan saat usia 18 hingga 20 tahun, pertumbuhan tulang sudah melambat. Namun, hal ini bukan berarti tak ada peninggi badan alami di atas 20 tahun.

Orang dewasa tetap bisa menambah tinggi badannya. Hanya saja, usaha untuk menambah tinggi badan harus dilakukan secara ekstra. Pun demikian dengan vitamin untuk tumbuh tinggi yang mungkin dibutuhkan sebagai asupan tambahan.

Meski ada cara meninggikan badan yang cepat dan efektif, bukan berarti Anda bebas menentukan seberapa tinggi badan yang Anda inginkan. Ada titik maksimal tinggi badan setiap orang dan bisa dihitung menggunakan rumus. Jadi, sebelum mencoba salah satu cara meninggikan badan, ada baiknya Anda pahami rumus tinggi badan maksimal berikut ini.

  • Tinggi Badan Maksimal Wanita : ((Tinggi Ayah – 12,5)+ tinggi ibu ) : 2.
  • Tinggi Badan Maksimal pria : ((Tinggi Ibu + 12,5)+ tinggi ayah ) : 2.
  • Tinggi maksimal yang bisa Anda capai nantinya adalah hasil perhitungan dengan selisih ±5cm.

Penyebab Badan Pendek

Setelah mengukur seberapa tinggi maksimal yang bisa dicapai, maka Anda bisa mencoba salah satu cara meninggikan badan. Namun, sebelum itu penting bagi Anda mengetahui penyebab badan tak tumbuh tinggi sehingga dapat menemukan solusi tinggi badan yang tepat.

1. Faktor Genetik

Pemilik tubuh tinggi biasanya cenderung memiliki orangtua berpostur tinggi. Hal ini dikarenakan tinggi badan sangat dipengaruhi oleh faktor genetis, termasuk juga ras asal.

2. Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk seperti terlalu banyak membungkuk atau malas bergerak juga menjadi penyebab tubuh pendek. Membungkuk akan membuat struktur tulang melengkung sehingga terlihat lebih pendek dari yang seharusnya. Sedangkan malas bergerak dapat menyebabkan pertumbuhan tulang tak optimal.

3. Kekurangan Kalsium

Kalsium menjadi salah satu zat penting untuk pertumbuhan tulang. Inilah mengapa kekurangan kalsium dapat membuat seseorang susah tinggi.

Tidak usah minder ketika memiliki badan pendek. Ada beberapa alat penunjang tinggi badan bertambah di bawah ini dapat anda gunakan ketika berolahraga yang terjual bebas dipasaran.

Alat Peninggi Badan

  1. Inversion Table
  2. Horizontal Bar
  3. Jaco Therapy Bed
  4. Orthogon
  5. Trampolin
  6. Spin Black Power
  7. V-O Apparatus

Jika sudah mengetahui dan paham apa saja alat peninggi badan dengan cepat, anda harus tahu cara meninggikan badan secara alami dan mengunakan suplemen.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Meski kini sudah ada teknik dan cara meninggikan badan dengan cepat melalui operasi, nyatanya tak semua orang sanggup melakukannya. Hal ini dikarenakan operasi menambah tinggi badan tergolong operasi yang menyakitkan dan menguras banyak dana. Oleh karenanya, lebih baik Anda mencoba cara meninggikan badan dengan berolahraga secara alami berikut ini. Selain minim biaya, cara-cara berikut juga terbukti aman bagi kesehatan.

1. Kalsium

Tinggi badan sangat berkaitan dengan struktur tulang. Oleh karenanya, memperbaiki kondisi tulang dengan memperbanyak konsumsi kalsium bisa membantu menambah beberapa cm tinggi badan.

Caranya :

Perbanyak makanan yang mengandung kalsium seperti susu, yogurt, udang, pisang, lobak putih, keju, bayam dan lain sebagainya.

2. Mineral

Menjadi zat yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan, Mineral benar-benar tak boleh lupa dikonsumsi. Memenuhi asupan mineral juga bukan perkara sulit, cukup konsumsi air mineral dalam takaran cukup.

Caranya :

Konsumsi air mineral minimal 8 gelas sehari. Namun, jangan pula terlalu banyak karena akan memperberat kinerja ginjal.

3. Protein

Tak hanya mampu membentuk masa otot, protein juga mengandung asam amino yang sangat bermanfaat sebagai peninggi alami dan cepat. Asam amino akan merangsang pertumbuhan sel sehingga badan tubuh tinggi.

Caranya :

Konsumsi protein lebih banyak dibanding biasanya. Namun, seimbangkan antara mengkonsumsi protein nabati dan protein hewani.

4. Vitamin

Vitamin untuk meninggikan badan anak memang sudah banyak dijual bebas di pasaran dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, bukan berarti vitamin penambah tinggi badan menjadi solusi utama. Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan penuh vitamin sebagai solusi terbaik sebelum beralih ke produk buatan pabrik.

Caranya :

Konsumsi makanan kaya vitamin, terutama buah-buahan. Contoh buah yang dapat meninggikan badan adalah buah naga. Namun sayangnya, buah ini tergolong buah musiman.

5. Bersepeda

Tak hanya mengasyikan, bersepeda ternyata bisa dijadikan cara meninggikan badan yang ampuh. Gerakan saat mengayuh akan merenggangkan tulang dan otot kaki sehingga membuatnya lebih panjang.

Caranya :

Bersepeda secara rutin minimal 30 menit dalam satu hari.

6. Basket

Ketika melakukan basket, tubuh akan banyak melakukan kegiatan melompat dan berlari. Gerakan-gerakan inilah yang memicu peregangan otot dan tulang sehingga membuat badan lebih tinggi.

Caranya :

Lakukan basket secara rutin setiap sore hari. Jika tak memungkinkan, Anda bisa mempraktikan teknik-teknik dalam permainan basket seorang diri.

7. Berayun

Berayun sudah lama dipercaya sebagai gerakan sederhana untuk menambah tinggi badan. Tak hanya itu, gerakan berayun juga bis a membentuk otot lengan.

Caranya :

  1. Berdiri tegak, lalu meloncat dan membiarkan tangan berayun. (Anda bisa memanfaatkan ambang pintu yang tinggi atau membeli alat gym untuk menigngikan badan yang bentuknya menyerupai gawang).
  2. Ayun badan hingga 8 kali ayunan.
  3. Turun sejenak untuk mengatur pernafasan dan ulangi seperlunya.

8. Lari Cepat

Siapa menyangka jika lari cepat menjadi cara menambah tinggi badan yang cepat dan efektif. Saat berlari, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan. Hanya saja, lari cepat tak disarankan dilakukan terlampau sering karena dapat membuat otot tendon bengkak.

Caranya :

  1. Ambil posisi strat jongkok.
  2. Lakukan lari cepat dengan jarak pendek.

9. Berenang

Cara cepat meninggikan badan dengan cepat yaitu dengan rutin melakukan aktivitas berenang. Berenang bisa dibilang menjadi olahraga untuk meninggikan badan yang paling tepat. Berenang berarti meregangkan seluruh otot dan tulang. Sayangnya, olahraga jenis ini membuat dada terlihat lebih bidang.

Caranya :

Cukup berenang secara rutin tiga kali dalam seminggu.

10. Yoga

Tak hanya mampu menenangkan pikiran, yoga ternyata juga dapat memperbaiki postur tubuh sehingga terlihat lebih tinggi.

Caranya :

Lakukan yoga secara rutin setiap hari.

11. Voli

Saat voli, tubuh akan melakukan lompatan-lompatan kecil. Gerakan inilah yang dapat membantu tubuh lebuh tinggi.

Caranya :

Cukup lakukan olahraga voli 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

12. Menendang

Gerakan menendang yang dimaskud bukanlah menendang bola. Melainkan latihan menendang tanpa objek apapun. Gerakan mendorong kaki ke depan kuat-kuat saat menendang dapat membuat kaki lebih panjang.

Caranya :

  1. Berdiri tegak dan lebaran kedua kaki.
  2. Lakukan gerakan menendang secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.
  3. Ulangi hingga 20 kali gerakan dan lakukan secara rutin setiap hari.

13. Melompat

Cara untuk meninggikan badan murah tanpa menghabiskan biaya mahal yaitu sering melakukan gerakan lompat. Gerakan melompat yang dilakukan berulang-ulang juga terbukti menjadi cara meninggikan badan yang efektif. Alat meninggikan badan melalui gerakan melompat juga bisa Anda buat sendiri dengan bahan karet gelang.

Caranya:

  1. Berdiri tegak.
  2. Sejajarkan tangan memegang karet untuk lompatan.
  3. Ayunkan tangan ke depan dengan gerakan berirama.
  4. Pastikan kaki meloncat seirama ayunan tali lompatan.

14. Squat Jump

Tak perlu alat gym untuk meninggikan badan, gerakan squat jump yang tergolong sederhana sudah dapat menjadi solusi penambah tinggi yang cepat. Gerakan jongkok dan melompat ini mampu membuat tulang bertambah tinggi. Tak hanya itu, latihan ini juga berfungsi memperkuat otot paha dan kaki.

Caranya :

  1. Ambil posisi jongkok.
  2. Fokuskan berat badan pada tumit.
  3. Lompat setinggi-tingginya dengan menggeser tumpuan berat badan pada kaki.

15. Pilates Roll Over

Jenis latihan lain yang bisa dijadikan cara meninggikan badan adalah pilates. Latihan ini bertujuan untuk memperpanjang area tulang belakang hingga leher sehingga membuat tinggi badan bertambah.

Caranya :

  1. Tidur telentang dengan posisi tangan sejajar menyentuh lantai.
  2. Angkat kedua kaki bersamaan hingga posisi tegak lurus.
  3. Secara perlahan, tarik kaki melewati kepala hingga berhasil menyentuh lantai.
  4. Tahan posisi hingga 8 kali hitungan lalu ulangi.
  5. Jangan paksakan jika terasa sakit. sebaiknya berhenti sejenak lalu meneruskannya kembali ketika rasa sakit mereda.

16. Spin Stretch Forward

Cara meninggikan badan lainnya adalah dengan melakukan latihan Spin Stretch Forward. Tak perlu alat meninggikan badan yang macam-macam, untuk melakukan latihan ini Anda hanya membutuhkan matras sebagai alas atau bisa juga melakukannya di atas kasur.

Caranya :

  1. Duduk tegak di atas matras.
  2. Buka kaki selebar bahu dan lipat kaki ke arah depan.
  3. Arahkan tangan ke depan sembari membungkuk berusaha menyentuh ujung kaki.

17. Squat Thrust

Latihan ini bisa menjadi cara meninggikan badan yang cepat. Hanya saja perlu kekuatan dan ketangkasan untuk melakukannya.

Caranya :

  1. Ambil posisi berjongkok namun tangan terletak di lantai.
  2. Posisi tangan dijdadikan tumpuan dengan badan tengkurap tapi melayang.
  3. Secara perlahan ayunkan kedua kaki ke belakang secara bersamaan.
  4. Lakukan berulang-uang sesuai kemampuan.

18. Pull up

Pull up menjadi latihan peninggi badan cepat tanpa bantuan obat. Selain dapat djadikan cara meninggikan badan, pull up juga dapat melatih kekuatan otot lengan.

Caranya :

  1. Berdiri tegak.
  2. Raih palang yang lebih tinggi dari tubuh kita. Jika tak memiliki, Anda bisa mencari pusat kebugaran dan mencari alat untuk meninggikan badan jenis ini.
  3. Angkat tubuh ke bagian tas hingga kepala melampaui tiang.
  4. Lakukan berulang-ulang sembari mengatur nafas.

20. Stepper

Latihan jenis ini cukup populer di pusat kebugaran. Hanya saja, untuk melakukannya Anda harus memiliki alat meninggikan badan khusus untuk strepper. Jika tak memilikinya, sangat disarankan megunjungi tempat gym dan mengikuti arahan instruktur.

21. Vertical Hanging

Cara meninggikan badan lainnya adalah dengan latihan vertical hanging atau gerakan menggantung. Cara ini dapat memperpanjang tubuh bagian atas. Namun, dapat diimbangi dengan variasi untuk menambah panjang kaki.

Caranya :

  1. Bergantunglah pada sesuatu yang lebih tinggi dari pada tinggi kita. Bisa menggunakan palang atau ambang pintu.
  2. Sebagai variasi, cobalah meraih tanah dengan ujung kaki.

22. Cobra Strech

Disebut cobra strech karena latihan dasar untuk meninggikan badan yang satu ini memiliki gerakan layaknya ular kobra yang akan mematuk. Meski tergolong sederhana, latihan ini dapat membuat tubuh bagian atas lebih panjang.

Caranya :

  1. Ambil posisi tengkurap
  2. Angkat bagian dada hingga kepala.
  3. Gunakan kedua tangan sebagai tumpuan dan usahakan kepala menghadap ke depan dengan pandangan lurus.

Cara Meninggikan Badan dengan Suplemen dan Menggunakan Produk

Selain menggunakan cara alami, Anda juga bisa mencoba produk penambah tinggi badan. Banyak variasi produk yang bisa dipilih, misalnya saja vitamin untuk meninggikan badan, susu untuk menambah tinggi badan dengan cepat atau bisa juga dalam bentuk kaplet.

Meski cukup banyak variasi produk penambah tinggi badan yang dijual bebas. Anda perlu hati-hati dalam memilih, terutama jika berkaitan dengan vitamin untuk meninggikan badan anak. Salah-salah, produk yang Anda pilih justru dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Tapi Anda tak perlu khawatir, masih ada merk obat peninggi badan yang aman dikonsumsi. Berikut beberapa merk yang bisa Anda coba.

1. Zevit Grow

Cara agar cepat tinggi yaitu dengan rutin meminum suplemen Zevit Grow. Salah satu penyebab tubuh tak terlalu tinggi adalah kekurangan vitamin, phospor dan kalsium. Untuk mengatasi masalah ini, maka Zevit Grow hadir dengan nutrisi lengkap. dalam obat peninggi badan tercepat ini terkandung vitamin D, B komplesks dan juga C.

Sayangnya, produk ini merupakan produk yang dirancang sebagai vitamin untuk meninggikan badan anak atau yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga tak memiliki efek signifkan bagi orang dewasa.

2. Curcuma Plus Grow

Produk peninggi badan yang satu ini merupakan trobosan peninggi badan secara alami namun dikemas dengan teknologi modern. Curcuma Plus Grow merupakan inovasi vitamin agar anak tumbuh tinggi yang dipadukan dengan ekstrak curcuma untuk menambah nafsu anak. Tak hanya itu, Curcuma Plus Grow diproduksi dalam varian rasa jeruk, strawberi dan blackcurrrant sehingga lebih disukai anak.

3. Height Up

Cara meninggikan badan menggunakan obat lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengkonsumsi Height Up. produk ini cocok digunakan karena menjanjikan menambah tinggi badan cepat. Produk ini diklaim mampu menambah tinggi badan 2 hingga 15 cm dengan konsumsi rutin.

4. Biolysin Emulsion

Diperkaya minyak ikan dan vitamin,  Biolysin Emulsion bisa dibilang merupakan penambah tinggi badan anak yang laris di pasaran. Tak hanya itu, dibuat dengan formulasi rasa jeruk, vitamin yang satu ini juga menjadi suplemen kesukaan anak.

5. HiLo School

Diperkaya 10 vitamin dan 6 mineral penting, produk yang satu ini dipercaya sebagai susu untuk menambah tinggi dengan cepat. Hanya saja, produk ini dikhusukan untuk usia 5 hingga 12 tahun, sedangkan bagi usia remaja, ada produk lanjutan yang diberi merk HiLo Teen.

6. Boneeto

Susu pertumbuhan lain yang dipercaya mampu menjadi cara menambah tinggi badan anak yang efektif adalah Boneeto. Dengan kandungan kalsium tinggi, susu ini akan membantu pertumbuhan tulang anak.

7. Zee

Cara cepat tinggi badan bertambah yaitu rutin mengkonsumsi suplemen Zee. Sama dengan susu pertumbuhan lainnya, susu ini juga mengandalkan kandungan kalsium tinggi yang cocok untuk pertumbuhan tulang.

8. Calcium Sandoz Calsource Junior Syrup

Mampu memenuhi kebutuhan kasium harian anak, produk yang satu ini diklaim mampu menguatkan tulang dan gigi. Karena diindikasikan untuk anak, produk yang satu ini diformulasi dengan rasa jeruk yang enak.

9. Fitkom Gummy Calcium

Cara meninggikan badan yang menyenangkan bagi anak adalah dengan mengkonsumsi Fitkom Gummy. hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai permen, lucu dan juga memiliki rasa enak.

10. Scott’s Emulsion

Vitamin penambah tinggi badan paling ampuh yaitu Scott’s Emulsion. Memiliki kandungan kalsium tinggi seta minyak hati ikan cod, vitamin yang satu ini dapat dijadikan cara meninggikan badan yang cepat. Tak hanya itu, kandungan di dalamnya juga dapat membuat daya tahan tubuh anak lebih kuat.

11. Indomilk Calci Skim

Diperuntukan untuk remaja hingga dewasa, susu pertumbuhan yang satu ini mengandung vitamin A, C, E, Zinc dan FOS Oligofruktosa. Uniknya, produk ini dilengkapi dengan Colustrum Bone Protein yang mampu membuat tulang tetap sehat.

Efek Samping Suplemen atau Produk Peninggi Badan

Pada umumnya, suplemen peninggi badan bisa dijadikan cara meninggikan badan yang aman.  Hanya saja, Anda perlu memilih obat yang sudah benar-benar bersertifikasi BPOM. Selain itu, penggunaan produk juga harus telaten dan sesuai dosis. Penggunaan yang sembarangan bisa saja menghilangkan keampuhan produk. Berikut ini adalah beberapa efek samping suplemen atau obat peninggi badan.

  1. Gangguan pernafasan.
  2. Alergi.
  3. Demam.
  4. Gangguan pencernaan.
  5. Sakit tulang.
  6. Sakit sendi.
  7. Gangguan ginjal.
  8. Sering depresi.
  9. Metabolisme tubuh terganggu.
  10. Resiko terkena stroke.
  11. Resiko terkena penyakit jantung.
  12. Terkena osteoporosis.

Tips Meninggikan Badan

Ada beberapa tips dalam menambah tinggi badan yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari=hari.

  1. Penuhi kadar asupan senyawa dalam tubuh.
  2. Rutin mengkonsumsi suplemen peninggi badan.
  3. Sering melakukan kegiatan olahraga.
  4. Perbaiki pola hidup.
  5. Menjauhi narkoba, rokok dan alkohol.
  6. Istirahat yang cukup.

Baca Juga: Inilah Suku Uighur, “Penyumbang” Perempuan-perempuan Cantik di Dunia

Sudah tahu bukan cara meninggikan tubuh atau badan yang ampuh? Jika sudah, cobalah kombanisikan antara obat peninggi badan, penggunaan alat peninggi badan cepat, pemenuhan gizi serta latihan fisik. Hal ini dikarenakan tinggi badan sangat dipengaruhi oleh status gizi, kelancaran metabolisme dan juga kebiasaan seseorang.

Tags: Badan, Meninggikan Badan, Tubuh

Kecantikan 6 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com