29 Cara Memerahkan Bibir dengan Bahan Alami, Obat dan Produk Serta Efek Sampingnya

Kecantikan 3 months ago
29 Cara Memerahkan Bibir dengan Bahan Alami, Obat dan Produk Serta Efek Sampingnya

Salah satu cara memerahkan bibir yang paling umum adalah dengan menggunakan lipstik. Memulas lipstik untuk menghilangkan bibir hitam memang cukup efektif. Namun, cara ini tak bersifat permanen. Ketika lipstik dihapus, maka bibir akan kembali ke warna semula.

Meski dapat menghilangkan bibir hitam sementara waktu, bukan berarti Anda bebas menggunakan lipstik sesuka hati. Penggunaan lipstik terlalu sering justru dapat memicu berbagai masalah seperti bibir kering, kusam, pecah-pecah atau bahkan alergi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Banyaknya masalah yang disebabkan penggunaan lipstik sembarangan membuat Anda haus sangat berhati-hati memilih lipstik pemerah bibir hitam. salah-salah, produk yang Anda pilih justru akan membuat kondisi bibir semakin parah.

Penyebab Bibir Hitam

Sebelum membahas cara memerahkan bibir, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab bibir hitam. Hal ini untuk memastikan cara mengatasi bibir hitam yang Anda pilih sudah tetap dan penyebab bibir hitam tak kembali terulang.

1. Faktor Genetik

Pemilik kulit gelap biasanya cenderung memiliki bibir yang lebih gelap pula. Hal ini dikarenakan warna bibir juga dipengaruhi oleh pigmen. Semakin gelap kulit, maka semakin gelap pula warna bibir seseorang.

2. Kurang Perawatan

Bibir hitam juga bisa disebabkan oleh kurangnya merawat bibir. Misalnya saja tak membersihkan bibir dari bekas lipstik ketika akan tidur. Kebiasaan buruk ini membuat kulit di area bibir mengalami kerusakan sehingga warnanya menghitam.

3. Sering Menyentuh Bibir

Tanpa disadari kebiasaan menyentuh bibir ternyata juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. menyentuh area bibir berarti memperbesar kemungkinan kontaminasi kuman dan merusak lapisan bibir. Tak hanya itu, kebiasaan mengatupkan bibir dan membasahinya dengan air liur nyatanya juga memiliki efek buruk menghitamkan bibir.

4. Merokok

Kebiasaan lain yang dapat menghitamkan bibir adalah merokok. Ketika merokok, bibir akan langsung bersentuhan dengan rokok. Hal ini membuat zat-zat sisa rokok mengendap dan menjadikan bibir gelap. Jika masalah ini yang Anda alami, maka Anda wajib berhenti merokok sebelum mencoba aneka cara memerahkan bibir.

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Setelah mengetahui penyebab bibir hitam, maka Anda bisa mencoba beberapa cara memerahkan bibir secara alami berikut ini.

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat dijadikan pencerah bibir hitam alami. Cara kerjanya sama dengan cara kerja jeruk nipis untuk mencerahkan kulit yakni dengan memaksimalkan kinerja vitamin C di dalamnya.

Caranya :

  1. Belah satu buah jeruk dan peras airnya.
  2. Tambahkan sedikit air hangat lalu oleskan pada bibir hingga merata.
  3. Diamkan 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  4. Lakukan berulang-uang setidaknya 1 hingga 3 kali untuk menghilangkan bibir yang hitam.

2. Mentega

Cara cepat memerahkan bibir menggunakan mentega memang terdengar aneh. Namun, mentega benar-benar ampuh sebagai pencerah bibir. Kandungan minyak alami di dalamnya mampu membantu melembabkan bibir sekaligus lebih cerah.

Caranya :

Oles mentega pada bibir setiap pagi sebelum mandi dan malam hari sebelum tidur.

3. Madu

Pemerah bibir alami murah dan terjangkau adalah madu. Madu merupakan pemerah bibir alami yang sudah dikenal masyarakat luas. Cara kerjanya adalah dengan melebapkan, menutrisi sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak.

Caranya :

Oleskan madu murni pada bibir 2 hingga 3 kali sehari.

3. Alpukat

Cara memerahkan bibir hitam dengan cepat lainnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Alpukat mampu menutrisi bibir hitam sekaligus menjaga kelembapannya.

Caranya :

  1. Lumatkan satu sendok daging bual alpukat.
  2. Tambahkan dua tetes minyak zaitun.
  3. Gunakan sebagai masker mulut hitam.

4. Air Mawar

Biasa dijadikan sebagai penyegar kulit dan menghilangkan mata panda, siapa menyangka jika air mawar juga dapat digunakan sebagai pencerah bibir alami dan lembab. Air mawar memiliki sifat dingin yang menenangkan sel kulit, melembankan sekaligus menutrisi.

Caranya :

  1. Oleskan air mawar pada bibir hingga merata.
  2. Diamkan 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak Almond

Cara mencerah bibir sekaligus melembabkan yaitu dengan minyak almond. Minyak almond sendiri sudah terbukti ampuh dalam hal memerahkan bibir. Cara alami memerahkan pria maupun wanita dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping.

Caranya :

  1. Oleskan minyak almond pada bibir yang sudah dibersihkan.
  2. Lakukan rutin setiap pagi dan malam hari untuk terapi bibir hitam dan rusak.

6. Yogurt

Produk olahan susu yang satu ini tak hanya memiliki khasiat bagi kesehatan saja, akan tetapi juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat yogurt untuk kecantikan adalah sebagai perona bibir alami.

Caranya :

  1. Oleskan yogurt dua hingga tiga kali sehari.
  2. Lakukan secara rutin untuk mencerahkan bibir secara permanen.

7. Buah Jeruk dan Delima

Kandungan vitamin C pada buah jeruk mampu bertindak sebagai pencerah bibir alami. Dipadukan dengan kandungan Anthocyanin pada buah delima,  campuran ini dapat dijadikan pemerah bibir alami dan permanen. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam cara memerahkan bibir permanen dengan buah jeruk dan delima simak dibawah ini.

Caranya :

  1. Campurkan air perasan jeruk dengan buah delima.
  2. Blender dengan sedikit air hingga halus.
  3. Tuang dalam plastik lalu simpan dalam freezer hingga membeku.
  4. Gunakan untuk menggosok bibir secara lembut setiap pagi hari.

8. Lemon

Sama seperti halnya jeruk nipis, lemon juga memiliki manfaat untuk memerahkan bibir secara alami. Kandungan vitamin C di dalamnya akan bekerja sebagai pencerah alami sekaligus menangkal efek buruk lingkungan.

Caranya :

  1. Belah lemon menjadi dua.
  2. Gosokkan pada bibir dengan gerakan memutar.
  3. Diamkan 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

9. Kunyit

Cara agar bibir merah selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Namun, cara ini biasanya meninggalkan bekas kuning yang menempel pada bibir dan bisa hilang jika dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis.

Caranya :

  1. Tumbuk dua ruas kunyit.
  2. Tambahkan sedikit air hangat lalu oleskan pada bibir.
  3. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Jika masih meninggalkan bekas kuning, maka ambil perasan air jeruk nipis menggunakan kapas dan oles lembut pada permukaan bibir.

10. Susu

Tak hanya menyehatkan badan, susu juga bisa dijadikan salah satu cara alami membuat bibir merah. Susu mampu mengangkat sel kulit mati dan memicu regenerasi sel.

Caranya :

  1. Oles susu murni pada area bibir.
  2. Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

11. Minyak Zaitun

Memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K, minyak zaitun dapat dijadikan bahan alami pencerah bibir. Cara kerjanya adalah dengan melembapkan, menutrisi sekaligus meregenerasi sel.

Caranya :

Cukup oles minyak zaitun secara rutin atau dengan menggunakan produk pemerah bibir dengan kandungan minyak zaitun.

12. Minyak Jarak

Cara memerahkan bibir yang juga sudah terbukti efektif adalah dengan menggunakan minyak jarak. Minyak alami ini akan mengobati bibir rusak, pecah-pecah dan menghitam akibat tumpukan sel kulit mati.

Caranya :

Oleskan minyak jara pada bibir secara rutin dua hingga tiga kali sehari.

13. Minyak Kelapa

Terbukti punya segudang manfaat untuk kecantikan, minyak kelapa ternyata juga dapat digunakan untuk memerahkan bibir secara alami.

Caranya :

Oles minyak kelapa pada bibir secara rutin atau gunakan krim pencerah bibir hitam dengan kandungan utama minyak kelapa.

14. Gula

Jarang yang tahu jika gula memiliki manfaat lain sebagai pencerah bibir. Gula dapat digunakan sebagai scrub alami sehingga mengangkat sel kulit mati penyebab bibir hitam.

Caranya :

  1. Kompres bibir menggunakan air hangat.
  2. Ambil sedikit gula lalu gosok perlahan pada bibir dengan gerakan memutar.
  3. Kompres bibir dengan air dingin.

15. Strawberry

Mengandung banyak vitamin C, strawberry dapat dijadikan cara mencerahkan bibir dengan cepat. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu membuat terlihat lebih cerah. Tak heran jika strawberry disebut-sebut sebagai pemerah bibir alami permanen.

Caranya :

  1. Belah buah strawberry menjadi dua.
  2. Gosok pada bibir perlahan.
  3. Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

16. Delima

Buah delima mengandung polifenol yang merupakan antioksidan alami. Polifenol ini akan bertindak sebagai pemicu regenerasi sel mati sekaligus menangkal radikal bebas penyebab bibir hitam.

Caranya :

  1. Blender satu bah delima.
  2. Oleskan sebagai masker pemerah bibir alami.
  3. Bilas dengan air bersih setelah 10 menit.

17. Mentimun

Cara memerahkan bibir yang aman lainnya adalah dengan menggunakan mentimun. Buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga berfungsi sebagai pelembap bibir alami. Sifat dinginnya juga membuat sel di area bibir lebih tenang sehingga membuatnya lebih cerah.

Caranya :

  1. Iris mentimun lalu gosokan pada bibir.
  2. Jika punya waktu senggang, Anda juga bisa menempelkan irisan timun dan membiarkannya hingga mengering.

18. Kentang

Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pencerah kulit, kentang juga bisa digunakan untuk memerahkan bibir hitam. kandungan mineral dan vitamin di dalamnya mampu mengembalikan kondisi bibir rusak ke kondisi semula.

Caranya :

  1. Haluskan kentang menggunakan blender.
  2. Diamkan sejenak hingga air dan patinya terpisah.
  3. Buang bagian bening dan ambil endapannya saja.
  4. Gunakan sebagai masker secara rutin satu minggu sekali.

19. Daun Mint

Tak hanya punya efek dingin, daun mint juga memiliki kandungan vitamin yang mampu memerahkan bibir secara alami.

Caranya :

  1. Tumbuk dua lembar daun mint.
  2. Oleskan pada bibir dan diamkan 15 menit.
  3. Bilas hingga bersih.

20. Lidah Buaya

Sering dijadikan bahan alami penumbuh rambut, siapa menyangka jika lidah buaya juga bisa dicoba sebagai pencerah bibir herbal. Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Caranya :

  1. Oleskan lendir lidah buaya pada bibir.
  2. Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

21. Es Batu

Sifat dingin es akan membuat pembuluh darah di area bibir menyempit. Dengan demikian,  tekanan darah pada bibir akan meningkat dan bibir nampak merah merona. Cara agar bibir merah alami menggunakan es batu ini mudah untuk dipraktekkan.

Caranya :

  1. Gosokkan es batu pada bibir secara perlahan.
  2. Lakukan rutin 15 menit sehari.

22. Pasta Gigi

Cara dan tips memerahkan bibir menggunakan pasta gigi mungkin terdengar tak wajar. Namun, pasta gigi ternyata kaya akan mineral sehingga dapat dijadikan cream untuk menghilangkan bibir yang hitam.

Caranya :

  1. Usapkan pasta gigi pada bibir, oles tipis saja.
  2. Diamkan 15 menit.
  3. Bilas dengan air hingga bersih sembari dilap menggunakan kain lembut.

23. Cuka Apel

Cuka apel ternyata juga ampuh mencerahkan bibir hitam. hanya saja, penggunaannya harus dicampur dengan madu dan perasan lemon. Cara tradisional memerahkan bibir ini diyakini sangat ampuh dan mujarab.

Caranya :

  1. Campur satu sendok cuka apel dengan satu sendok madu dan satu sendok air perasan lemon.
  2. Oleskan pada bibir secara merata.
  3. Biarkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

24. Baking Soda

Bahan tambahan kue ini ternyata juga ampuh mengikis sel kulit mati penyebab bibir hitam. bahkan, jika diaplikasian secara rutin, bibir akan kembali cerah seperti bayi baru lahir.

Caranya :

  1. Campurkan setengah sendok teh baking soda dengan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta.
  2. Gunakan untuk scrub bibir.
  3. Lakukan setidaknya satu minggu sekali.

Cara Memerahkan Bibir dengan Menggunakan Produk

Selain cara alami, ada juga produk menghilangkan bibir hitam yang terbukti ampuh. Ada banyak pemerah bibir permanen untuk bibir hitam, namun pemilihan produknya harus sangat hati-hati. Pasalnya, tak semua produk pemerah bibir aman digunakan, terutama bagi kulit sensitif.

Bagi Anda yang ingin mencoba cara memerahkan bibir menggunakan produk aman, berikut beberapa produk yang bisa dijadikan refrensi.

1. Vaseline Lip Therapy Rosy Pink

Produk yang satu ini bisa dijadikan solusi penghilang bibir hitam, terutama bagi Anda yang memiliki bibir kering dan pacah-pecah. Memiliki kandungan pewarna pink alami, produk satu ini sangat tepat dijadikan pemerah bibir hitam alami.

2. Lip Ice Sheer Color

Memiliki formula ringan, produk yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang masih belajar mengenakan make up. warna yang ditimbulkan juga sangat ringan sehingga tak terlalu mencolok digunakan untuk remaja yang masih usia sekolah.

3. Baby Arauna Lip Balm

Produk yang satu ini dirancang sebagai vitamin bibir agar tidak hitam. Lipstik vitamin ini diklaim mampu melembapkan bibir hingga 12 jam tanpa kilap. Bahkan, formulanya mudah meresap sehingga terasa ringan di bibir.

4. Kji & Co Lip Spa

Cara memerahkan bibir dengan cepat permanen lainnya adalah dengan menggunakan produk Kji & Co Lip Spa. Bukan satu produk, melainkan 3 produknya yang dirancang dalam satu rangkaian perawatan bibir. Produk tersebut antara lain lip tatto, perawatan bibir anti penuaan dan masker bibir.

5. Burt’s Bees Beeswax Tinted Lip Balm

Dikombinasikan dari bahan alami dan juga bahan kimia aman, produk yang satu ini dapat menghilangkan bibir hitam dengan cepat. Dengan pewarna tipis dan mendekati warna alami bibir, tampilan Anda akan terkesan natural jika menggunakan pemerah bibir ini. sayangnya, produk ini belum tersedia di pasar Indonesia sehingga Anda harus membelinya secara online.

Jenis Merk Lipstik Aman Digunakan

Ada banyak sekali merk lipstik untuk memerahkan bibir hitam yang aman digunakan. Berikut ini beberapa merk lipstik untuk pemerah bibir hitam tersebut.

  1. Josie Maran Argan Color Stick
  2. Bare Minerals Gen Nude Matte Liquid Lipstick
  3. Chanel Rouge Coco Hydrating Crème Lip Colour
  4. L.A. Girl Matte Flat Velvet Lipstick
  5. Charlotte Tilbury Matte Revolution Lipstick
  6. Lime Crime Velvetines Liquid Lipstick
  7. Wardah Exclusive Lipstick
  8. Neutrogena MoistureSmooth Color Stick
  9. L’Oreal Colour Riche Lipcolour
  10. Silky Girl Moisture Rich Lipcolor

Efek Samping Menggunakan Produk Pemerah Bibir

Meski dapat dijadikan cara memerahkan bibir dengan cepat, bukan berarti produk pemerah bibir sepenuhnya aman. Beberapa produk tak cocok digunakan untuk kulit sensitif. Oleh karena itu, lakukan tes alergi sebelum memutuskan memulas produk pada bibir.

Tak hanya itu, beberapa produk juga mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, sangat disarankan memeriksa apakah produk tersebut benar-benar sudah terdaftar di BPOM agar Anda bisa tampil cantik tanpa mengundang efek negatif bagi kesehatan.

Tips Memerahkan Bibir Untuk Wanita

Untuk membuat bibir menjadi merah dan sehat ada banyak sekali cara. Berikut ini cara memerahkan bibir wanita dengan cepat.

  1. Mengkonsumsi air putih yang cukup.
  2. Menghindari makan makanan yang terlalu panas.
  3. Jangan merokok.
  4. Menjaga bibir dari matahari.
  5. Selalu menjaga bibir agar tetap lembab.
  6. Jangan terlalu sering menggunakan lipstik.
  7. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah.
  8. Menghindari makanan terlalu pedas.

Baca Juga: Inilah Ancaman Kesehatan Jika Gemar Main Ponsel Di Toilet

Sudah menemukan pemerah bibir permanen untuk bibir hitam yang paling pas dengan kebutuhan Anda? Jika sudah, cobalah satu cara memerahkan bibir dengan telaten setidaknya selama satu bulan sebelum berpindah ke cara lainnya. ingat pula untuk menghindari merokok, paparan sinar matahari terlalu sering dan membiarkan lipstik menempel saat tidur jika tak ingin bibir menghitam kembali.

Tags: Bibir, Lipstik, Memerahkan Bibir, Mulut, Wajah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com