35 Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami, Pelembap, Scrup dan Obat Serta Efek Samping

35 Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami, Pelembap, Scrup dan Obat Serta Efek Samping

Tetap sayangnya, ada beberapa bagian tubuh yang susah diselaraskan dengan warna kulit lainnya. Salah satunya adalah tangan, bagian tubuh yang sering sekali terkena paparan sinar matahari. Namun tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara memutihkan kulit tangan dengan baik dan tepat.

Untuk tetap menjaga kulit cerah, sebaiknya anda meningkatkan perhatian anda lebih tinggi lagi karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Cobalah untuk menjaga nutrisi yang diperlukan oleh kulit serta sebisa mungkin jauhkan kulit dari hal-hal yang bisa membuatnya hitam dan kusam. Bagi wanita yang selalu menjaga kecantikan kulit, menggunakan tabir surya ketika hendak keluar rumah cukup disarankan. Karena tidak hanya membakar kulit, sinar ultraviolet matahari juga bisa membuat kulit menjadi hitam.

Penyebab Kulit Tangan Hitam :

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kulit tangan menjadi hitam dan tampak kusam. Dengan mengetahui penyebab yang bisa terjadi, anda bisa mengetahui dan menganilis seperti apa cara penganganan yang akan anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan tangan menjadi terlihat hitam:

1. Sinar Matahari

Terkena sinar matahari secara berlebihan bisa membakar kulit, efek sampingnya adalah kulit menjadi hitam dan tampak kusam. Penyebab yang satu ini sangat sering terjadi pada kulit tangan karena kulit tangan adalah bagian kulit yang sering terkena sinar matahari langsung. Untuk membantu dalam mencegah penyebab yang satu ini adalah menggunakan lotion atau tabir surya ketika anda keluar rumah. Tetapi meskipun anda sudah menggunakan tabir surya, tetap saja terlalu lama di bawah sinar matahari bisa membuat kulit menjadi hitam.

2. Peradangan

Salah satu efek samping dari peradangan adalah menyebabkan kulit menjadi hitam. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi. Tetapi sebenarnya peradangan sangat jarang terjadi pada area tangan, namun hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa peradangan jenis ini bisa terjadi. Peradangan ini bisa terjadi karena produksi melanin yang tidak stabil, biasanya juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, dermatitis, dan lainnya.

3. Perawatan Kulit yang Salah

Penyebab yang satu ini sangat sering terjadi pada bagian tangan, karena bagian tangan merupakan bagian kulit yang sangat mudah dirawat dan dijangkau. Tetapi ketika terjadi kesalahan dalam perawatan, maka bagian kulit yang terlebih dahulu terkena adalah kulit tangan. Hal ini bisa terjadi karena ketidakcocokan lotion atau produk kecantikan yang anda gunakan. Efek sampingnya tidak hanya bisa membuat tangan menjadi hitam, tetapi bisa juga membuat masalah kulit seperti benjol-benjolan dan semacamnya.

4. Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan nama lain dari zat perusak yang berada di sekeliling anda. Untuk anda yang sering keluar rumah dengan pakaian tidak menutupi tangan maka kemungkinan besar bisa menyebabkan kulit tangan hitam akibat radikal bebas yang bertebaran dimana-mana. Tidak hanya itu, kondisi semakin diperparah dengan adanya sinar ultraviolet yang merusak kulit. Radikal bebas sendiri sangat sering dijumpai pada area perkotaan, khususnya area yang memiliki udara kotor akibat populasi udara yang disebabkan karena asap kendaraan dan semacamnya.

5. Jarang Mandi

Mandi merupakan proses pembersihan tubuh. Hal ini ditunjukkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh serta membersihkan kotoran yang ada pada kulit. Karena kulit tangan menjadi bagian kulit yang sering terkena sinar matahari dan juga udara kotor, maka ketika mandi sebaiknya kulit tangan diberikan perhatian khusus. Gunanya agar kecerahan dan kebersihan kulit tangan bisa disetarakan dengan bagian kulit lainnya. Jarang mandi bisa membuat kulit menjadi terlihat kusam, tidak hanya kulit tangan saja tetapi seluruh bagian kulit pada diri anda.

6. Menggunakan Pakaian Tanpa Lengan

Ada banyak sekali model pakaian yang bisa anda coba, beberapa diantaranya memiliki model unik tanpa lengan. Biasanya model pakaian seperti ini sangat banyak dijumpai dalam pakaian wanita, gunanya untuk memperlihatkan fashion dan daya tarik wanita itu tersendiri. Tetapi model seperti ini bisa menyebabkan kulit tangan menghitam daripada kulit lainnya. Hal ini dikarenakan bagian tangan sering terkena radikal bebas atau sinar matahari. Orang yang cerdas akan mengatasi hal ini dengan perawatan ekstra, tetapi jika anda orang yang tidak mau repot, lebih baik minimalisir penggunaan baju tanpa lengan.

Gejala Kulit Tangan Hitam :

Gejala-gejala ini bisa terjadi ketika tangan anda mengalami kehitaman yang diakibatkan oleh penyebab di atas. Untuk kulit tangan hitam sendiri biasanya gejalanya tidak terlalu banyak, sangat berbeda dengan gejala suatu penyakit. Berikut ini beberapa gejala yang timbul ketika kulit tangan menghitam:

1. Hitam dan Kusam

Ciri atau gejala pertama adalah menghitamnya kulit serta terlihat lebih kusam. Hitamnya meresap sampai ke sel-sel paling dalam jaringan kulit akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Sedangkan kekusaman bisa terjadi akibat radikal bebas atau kotoran yang menempel pada kulit tangan anda.

2. Kulit Kering

Meski jarang terjadi, ada beberapa orang yang mengalami kulit tangan hitam sekaligus kering. Ketika di gesekan dengan benda-benda seperti kuku akan membekas berwarna putih. Hal ini terjadi karena kelembaban kulit tangan menjadi berkurang. Semua itu bisa disebabkan karena zat jahat dan pengaruh dari sinar matahari langsung.

3. Gatal-Gatal

Gatal-gatal bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti anda kurang mandi dan adanya bakteri akibat radikal bebas. Gejala ini mungkin sangat jarang terjadi, tetapi tetap bisa terjadi seiring dengan menghitamnya kulit. Gatal-gatal dan kulit tangan menghitam juga bisa menjadi pertanda bahwa anda terkena penyakit khusus yang menyerang tangan.

Cara Mengatasi Kulit Tangan Hitam Secara Alami :

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit tangan. Secara alami, buah, sayur, atau bahan alami lainnya dengan kandungan vitamin B, C, atau E sudah sangat cukup. Namun ada beberapa bahan yang bagus dipadukan untuk mendapatkan efek yang lebih baik seperti berikut ini:

1. Ampas Kopi Hitam

Salah satu bahan alami yang bermanfaat memutihkan kulit tangan yaitu ampa kopi. Ampas kopi hitam biasanya terkenal karena mampu membuat rambut tetap sehat serta tumbuh lebih baik lagi. Tetapi manfaat yang ada di dalam ampas kopi hitam juga bisa membantu dalam mengatasi kulit tangan hitam. Hal ini karena manfaat kopi pada umumnya untuk kulit mampu membuat sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kulit hitam bisa rontok. Karena itulah ampas kopi hitam ini seringkali dijadikan sebagai scrub alami.

Caranya:

  • Seduh kopi hitam tanpa menggunakan gula.
  • Biarkan sampai dingin kemudian disaring.
  • Bisa ditambahkan madu dan diamkan 30 menit.
  • Setelah itu baru bisa dioles ke tangan hitam anda.

2. Lemon dan Garam

Garam dan lemon sama-sama memiliki manfaat alami untuk mengatasi kulit hitam. Manfaat utamanya adalah mengelupas sel kulit mati yang ada pada tangan anda sehingga kulit menjadi tampak cerah dan bersinar. Kedua bahan ini biasanya dijadikan sebagai scrub alami. Tidak hanya pada area tangan saja, scrub garam dan lemon juga sangat cocok diterapkan pada daerah kulit lainnya.

Caranya:

  • Sediakan buah lemon kemudian potong menjadi 2 bagian.
  • Sediakan garam kemudian ditaburkan pada bagian lemon satunya.
  • Setelah itu bisa di gosokkan pada tangan.

3. Gula dan Susu

Tidak hanya memiliki kandungan kalsiumnya tinggi, susu juga mampu memutihkan kulit. Dengan dicampur kan menggunakan bahan gula, kedua paduan ini bisa menjadi scrub alami yang sangat efektif untuk memutihkan kulit tangan. Metode ini bisa anda terapkan sebagai cara memutihkan kulit tangan yang cukup ampuh dan mudah diterapkan. Susu juga memiliki kandungan vitamin A dan D serta kalsium, hal ini juga bisa membantu dalam memperkuat kuku karena pada dasarnya kuku memerlukan yang namanya kalsium. Cara ini bisa dijadikan sebagai cara alami memutihkan kulit tangan.

Caranya:

  • Siapkan gula, bisa gula putih atau gula merah.
  • Campur kan dengan air kemudian dimasak sampai meleleh.
  • Setelah berbentuk pasta, gosokan pada tangan beberapa detik kemudian dicampur susu.
  • Rendam tangan anda pada campuran tersebut.

4. Tomat, Lemon, dan Oatmeal

Penggunaan ketiga bahan ini sangat banyak diterapkan pada urusan perawatan wajah. Meski jarang diketahui, faktanya oatmeal sangat cocok untuk dijadikan bahan scrub. Gunanya untuk mengelupas segala sekulit mati serta membuat kulit tampak lebih cerah lagi. Campuran ini cukup efektif untuk mengatasi kulit hitam akibat sinar matahari. Karena biasanya sinar ultraviolet matahari merusak kulit tetapi tidak mengelupas sel kulit mati. Karena itulah untuk membuat tangan normal kembali, anda harus mengelupas sel kulit mati tersebut.

Caranya:

  • Siapkan 2 sendok makan oatmeal.
  • Satu sdm dadih.
  • Jus tomat 1 sendok makan saja.
  • Aduk sampai merata kemudian terapkan pada kulit tangan.
  • Biarkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Perawatan ini bisa anda terapkan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

5. Minyak Zaitun

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun juga mampu mengatasi yang namanya kulit hitam pada tangan. Tetapi minyak zaitun juga terkenal dengan manfaatnya yaitu membantu dalam mengatasi flek hitam serta masalah kulit wajah lainnya. Manfaatnya sebagai cara memutihkan kulit tangan ini sangat mujarab. Dengan menggunakan metode scrub, minyak zaitun bisa dijadikan sebagai alat pengangkat sel kulit mati yang ampuh.

Caranya:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Siapkan gula secukupnya.
  • Campur kedua bahan tersebut, kemudian digosokkan pada kulit tangan.
  • Biarkan beberapa menit dan bilas setelahnya.

6. Kentang

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki dengan kentang sudah terbukti dan banyak orang puas akan hasilnya. Penggunaan kentang bisa dengan cara di jus atau dengan cara penyajian lainnya. Manfaat utama dari kentang ini mampu mencerahkan serta memutihkan kulit wajah. Tetapi kentang juga seringkali dijadikan sebagai bahan ramuan utama untuk memutihkan kulit tangan.

Caranya sebenarnya cukup mudah, buatlah jus kentang secukupnya kemudian dioleskan langsung ke tangan. Biarkan beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih. Cara memutihkan kulit tangan ini bisa anda coba dengan mudah, apalagi kentang juga termasuk bahan dapuran yang sangat mudah didapat dengan harga terjangkau.

7. Tomat dan Bubuk Sandalwood

Cendana atau juga bisa disebut sebagai standalone merupakan bahan alami yang mampu memutihkan kulit. Efek positif lainnya adalah membantu mendinginkan kulit serta menyembuhkan masalah yang terdapat pada kulit seperti jerawat atau lainnya. Untuk kulit tangan sendiri, perpaduan bubuk sandalwood dan tomat biasanya dijadikan sebagai penghilang noda-noda dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tangan menjadi cerah kembali.

Caranya:

  • Siapkan satu sendok makan cendana.
  • Satu sendok makan buah tomat segar.
  • Satu sendok makan buah lemon segar.
  • Dan mentimun secukupnya.
  • Campur semua bahan yang disebutkan kemudian aduk sampai merata.
  • Ketika adonan sudah berbentuk pasta, oleskan pada tangan secara merata.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit kemudian dicuci bersih setelahnya.

8. Susu dan Kulit Jeruk

Semua bagian dari buah jeruk memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi. Salah satu khasiat dari vitamin ini adalah membantu dalam memutihkan kulit secara alami. Sedangkan untuk kandungan susu, kandungannya bermanfaat untuk memutihkan kulit serta mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit tangan anda. Susu juga memiliki kandungan kalsium, vitamin a dan b yang sangat tinggi.

Caranya:

  • Siapkan kulit jeruk kemudian dijemur potongan-potongan kecilnya.
  • Diamkan selama 1 sampai 2 hari hingga kulit jeruk benar-benar kering.
  • Setelah kering, ambil dan parut kulit tersebut hingga menjadi bubuk.
  • Simpan baik-baik bubuk tersebut di tempat kedap udara.
  • Bubuk tersebut kemudian dicampur dengan air susu sehingga berbentuk pasta.
  • Oleskan pada tangan anda dan diamkan beberapa menit.
  • Kemudian dibilas setelahnya

9. Mentimun dan Lemon

Kandungan yang terdapat pada lemon dan mentimun sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kedua perpaduan tersebut juga sangat ampuh dalam menghilangkan belang yang terdapat pada wajah. Begitupun juga dengan belang yang terdapat pada tangan, kedua kandungan tersebut sangat efektif dalam memutihkan kulit tangan.

Caranya:

  • Siapkan mentimun dan juga air lemon secukupnya.
  • Campur kedua bahan tersebut secara merata.
  • Aplikasikan langsung pada tangan anda dan biarkan beberapa menit.
  • Setelah mengering, anda bisa mencuci tangan anda menggunakan air bersih.

10. Madu dan Lemon

Cara memutihkan kulit tangan selanjutnya adalah menggunakan perpaduan lemon dan madu. Lemon memiliki manfaat yang pada dasarnya memang baik untuk kulit, karena lemon merupakan keluarga jeruk yang kaya dengan vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi utama untuk kulit, vitamin C juga memberikan kesegaran dan sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Selain sehat untuk kulit dan mampu memutihkan kulit tangan, madu juga banyak dipergunakan menjadi salah satu cara menebalkan bulu mata agar tampak lebih cantik dan lebat.

Caranya:

  • Siapkan lemon dan madu secukupnya.
  • Aduk sampai benar-benar rata setelah dicampur kan.
  • Aplikasikan kepada tangan anda dan biarkan sampai mengering.
  • Setelah mengering, anda bisa membersihkannya menggunakan air hangat.

11. Almond

Almond merupakan salah satu keluarga dari kacang-kacangan dan terkenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kacang almond juga dipercaya mampu menyehatkan rambut, banyak yang menggunakan almond sebagai metode agar rambut menjadi lebat, kokoh, dan jauh dari masalah rambut yang bisa terjadi. Manfaat almond juga sangat baik untuk kulit, bahkan dipercaya mampu menghindarkan kulit dari berbagai penyakit karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Caranya:

  • Siapkan almond secukupnya kemudian rendam semalaman.
  • Keesokan harinya, kupas almond kemudian giling hingga halus.
  • Tambahkan satu sendok teh tepung beras dan juga gram flour.
  • Tambahkan juga 1 sendok teh susu dan juga 4 tetes air lemon.
  • Campuran tersebut kemudian digunakan pada tangan dengan cara digosok melingkar, bisa juga diterapkan pada kaki.
  • Setelah itu dibiarkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

12. Lidah Buaya

Cara memutihkan kulit tangan dengan murah dan mudah dilakukan yaitu menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya dikenal sebagai salah satu yang terbaik untuk masalah kulit. Bahkan sekarang ini banyak sekali produk yang menggunakan bahan utama gel lidah buaya untuk kecantikan. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin tinggi yang terdapat pada lidah buaya juga banyak diterapkan untuk membantu kesehatan rambut. Cara penggunaan lidah buaya secara alami sangatlah mudah.

Caranya:

  • Siapkan lidah buaya secukupnya kemudian diambil gelnya.
  • Gel nya kemudian digosokkan pada tangan secara merata.
  • Setelah mengering, bilas menggunakan air sampai bersih.

13. Tomat

Tomat tidak hanya dijadikan sebagai bahan utama dapur dengan cita rasa yang khas. Tetapi manfaat tomat juga banyak dipergunakan sebagai pemberian asupan nutrisi pada kulit karena memiliki banyak kandungan gizi didalamnya. Bahkan sekarang ini banyak yang menerapkan tomat sebagai pengganti masker seperti halnya masker mentimun.

Caranya:

  • Siapkan buah tomat secukupnya.
  • Tomat kemudian dibuat sebagai jus dan dicampur sedikit dengan jus lemon.
  • Langsung terapkan ada tangan anda dan biarkan sekitar 15 menit.
  • Setelah kering, bisa menggunakan air bersih untuk membersihkannya.
  • Metode ini juga bisa diterapkan pada kulit yang memiliki masalah jerawat, kulit kering, dan semacamnya.

14. Putih Telur

Putih telur dan kuning telur sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi seperlunya saja. Namun untuk masalah kecantikan khususnya kesehatan kulit, putih telur lah yang sangat direkomendasikan untuk anda coba. Kandungan yang terdapat pada putih telur sangat bermanfaat untuk memutihkan kulit, tentu saja tidak hanya kulit tangan yang bisa diatasi menggunakan putih telur. Manfaatnya akan lebih terasa ketika anda mencampurkan nya dengan jus lemon.

Caranya:

  • Siapkan cukup satu butir telur yang sudah dipisah kuning telur dan putih telurnya.
  • Ambil putih telurnya kemudian campur sedikit lemon dan kocok sampai berbusa.
  • Setelah campurannya berwarna putih, langsung gosokkan pada tangan secara melingkar.
  • Setelah kering, bilas menggunakan air hangat.
  • Cara ini juga bisa anda terapkan untuk rambut agar kesehatannya terjaga.

15. Kunyit

Cara memutihkan kulit tangan dengan kunyit memang sudah dilakukan sejak nenek moyang kita lahir. Kunyit bisa dikatakan sebagai bahan masakan yang sangat banyak dipergunakan untuk meningkatkan cita rasa masakan tersebut. Untuk kulit, biasanya penggunaan kunyit dilakukan secara langsung tanpa bahan-bahannya.

Namun sejak dulu kunyit memang dipercaya sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi gangguan kulit seperti jerawat dan semacamnya. Kunyit juga bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk membantu dalam memutihkan, mengatasi jerawat, mengatasi penuaan dini, dan lain-lain.

Caranya:

  • Siapkan kunyit secukupnya.
  • Haluskan kunyit dengan cara diparut.
  • Oleskan pada tangan anda.
  • Cuci menggunakan air bersih setelahnya.

16. Pepaya

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang sangat ampuh dalam memutihkan kulit. Salah satu buah yang dikenal memiliki vitamin E yang banyak adalah buah pepaya. Banyak yang memadukan pepaya dengan madu karena kedua bahan ini kandungan vitaminnya sangat banyak sehingga sangat efektif dalam memutihkan kulit.

Caranya:

  • Siapkan buah pepaya dan madu secukupnya.
  • Lumatkan pepaya seperlunya.
  • Tambahkan sedikit madu beberapa tetes (Jika tidak mempunya madu maka tidak perlu).
  • Oleskan langsung ke tangan anda sambil dipijat.
  • Biarkan kurang lebih 30 menit.
  • Kemudian dibilas menggunakan air dingin.
  • Metode ini sangat efektif diterapkan setelah mandi.

17. Yogurt dan Susu

Salah satu rahasia memutihkan kulit tangan dengan menggunakan campuran susu dan yogurt. Yogurt dan susu memiliki kandungan yang hampir sama, karena itulah perpaduan kedua bahan ini sangat efektif dalam pengetikan kulit. Susu dan yogurt memiliki kandungan kalsium tinggi, keduanya juga memiliki kandungan serat dan nutrisi yang beragam. Pada dasarnya, kedua bahan ini memang banyak dipercaya untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit. Fungsi susu sendiri membantu dalam memutihkan kulit serta mengangkat sel kulit mati. Sedangkan yogurt akan membantu dalam meningkatkan kelembapan kulit dan memutihkan kulit.

Caranya:

  • Sediakan susu dan yogurt secukupnya.
  • Campur kedua bahan tersebut secara merata.
  • Oleskan pada tangan secara merata sambil dipijat.
  • Biarkan kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

18. Bengkoang

Cara memutihkan kulit tangan dengan mudah dan efektif yaitu menggunakan air perasan buah bengkoang. Bengkoang juga banyak dipergunakan sebagai bahan utama pembuatan produk kecantikan. Bahkan bengkoang sangat terkenal di asia timur karena manfaatnya yang baik untuk kulit. Bengkoang sendiri digunakan sebagai masker tangan, manfaatnya adalah kandungan vitamin B yang sangat tinggi dan sehat untuk kulit.

Caranya:

  • Siapkan bengkoang kemudian dikupas.
  • Cuci sampai bersih kemudian diparut.
  • Ambil airnya saja dengan cara diperas.
  • Air yang diperas akan berwarna putih.
  • Air tersebut didiamkan kurang lebih semalaman sampai mengendap.
  • Gunakan sebagai masker kurang lebih 1 jam.
  • Setelah itu bisa dibilas menggunakan air bersih.

19. Wortel

Wortel banyak dikenal karena sangat bagus dijadikan sebagai bahan masakan seperti sup. Rasanya sederhana serta tekstur lembut membuat wortel sangat mudah dicerna. Salah satu manfaat dari wortel adalah menyehatkan kulit karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sendiri merupakan nutrisi yang sangat diperlukan kulit. Karena itulah, tidak hanya wortel, anda juga bisa menggunakan bahan lainnya yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan vitamin B yang sangat tinggi.

Caranya:

  • Siapkan wortel secukupnya.
  • Parut wortel sampai halus kemudian ditambahkan body lotion.
  • Gunakan pada tangan hingga merata.
  • Biarkan kurang lebih 30 menit kemudian bersihkan setelahnya.
  • Metode ini bisa diterapkan pada kulit wajah untuk membantu mengatasi kulit kering.

20. Beras

Cara memutihkan kulit tangan dengan tepung beras terbilang sangat tradisional, karena sejak dulu beras dikenal mampu memutihkan kulit layaknya seperti susu. Yang dipergunakan adalah air beras, karena itulah pertama-tama anda harus mengeluarkan air beras tersebut.

Caranya:

  • Siapkan beras secukupnya kemudian tumbuk sampai hancur.
  • Campur kan sedikit dengan minyak zaitun setelah itu digunakan.
  • Biarkan kurang lebih 30 menit lalu pergi mandi.
  • Jangan sampai menggunakan tepung beras dengan alasan praktis.

21. Pisang

Pisang juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak rontok dengan mudah. Tetapi manfaat lain dari pisang itu sendiri adalah membantu dalam menyehatkan kulit agar lebih cerah dan putih. Pisang juga dikenal mampu menyehatkan sistem pencernaan tubuh manusia, namun mengkonsumsi pisang secara berlebihan setiap hari sangat tidak direkomendasikan.

Caranya:

  • Siapkan pisang kemudian dilumat secukupnya.
  • Tambahkan sedikit madu cukup 4 sendok makan saja dan gula pasir 4 sendok makan juga.
  • Setelah tercampur secara merata, kemudian dioleskan pada tangan.
  • Biarkan kurang lebih 20 menit dan bilas setelahnya.


Cara Memutihkan Kulit Tangan Menggunakan Produk dan Obat

Produk kecantikan yang baik adalah produk yang sudah terdaftar di BPOM dan mendapatkan surat izin edar. Dengan sertifikat tersebut, bisa dijadikan sebagai panutan dalam memilih produk kecantikan yang benar-benar aman untuk anda gunakan. Tetapi tetap saja perlu memerhatikan dari sudut pandang lain. Berikut ini beberapa produk untuk memutihkan kulit tangan yang sudah teregistrasi oleh BPOM dan aman untuk anda gunakan:

1. Ertos

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki dalam waktu 1 minggu dengan rutin memakai krim Ertos. Ertos merupakan krim pemutih kulit yang umumnya dipergunakan untuk kulit wajah, tetapi kandungan yang ada di dalamnya cukup bagus untuk memutihkan kulit tangan. Merk ini terkenal karena kualitas bahan herbal yang benar-benar berkhasiat serta mampu mengatasi segala penyakit kulit.

Produk pemutih kulit di apotik ini juga bisa mengatasi jerawat serta kulit berminyak. Ertos juga termasuk produk cream night, yang artinya sangat efektif jika dilakukan sebelum anda tidur atau diterapkan ketika malam hari.

2. Cream Theraskin

Cara memutihkan kulit tangan yang belang akibat sinar matahari yaitu dengan rutin menggunakan cream theraskin. Theraskin merupakan produk kosmetik yang sudah sangat terkenal mengatasi berbagai macam masalah kulit. Produk ini juga cocok digunakan oleh banyak ragam kulit.

Selain memiliki tujuan utama mencerahkan kulit wajah, krim ini juga bisa diterapkan untuk kulit tangan agar lebih cerah dan bersinar. Krim ini diklaim tidak memiliki kandungan merkuri atau bahan kimia yang berbahaya. Semua itu terbukti karena krim yang satu ini mendapatkan sertifikat BPOM yang artinya aman untuk anda gunakan.

3. Cream Adha

Krim pemutih kulit tangan permanen dan seketika ini mengklaim dirinya tidak memiliki efek samping dan bisa dijadikan sebagai krim pencerah wajah yang sangat efektif. Krim ini diformulasikan dengan cara natural, sehingga krim ini akan memberikan anda solusi terbaik bagi yang memiliki wajah kusam dan tampak hitam. Salah satu hasil laboratorium juga menunjukkan bahwa kandungan krim ini tidak memiliki merkuri atau bahan kimia berbahaya lainnya.

4. Elora Beauty

Manfaat utama dari produk perawatan kulit yang satu ini adalah mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, membebaskan flek hitam, dan lainnya. Meski ditujukan untuk wajah, tetapi manfaat krim ini juga bisa ditujukan pada kulit tangan yang kusam atau hitam. Untuk masalah keamanan sudah sangat teruji, karena elora beauty juga memiliki sertifikat izin edar yang sah.

5. Pound’s Flawless White

Ponds merupakan brainly yang sangat terkenal di indonesia. Karena itulah, banyak sekali produk yang diluncurkan oleh brand tersebut dan memiliki pandangan positif bagi konsumen. Produk kecantikan ini biasanya dijadikan sebagai pemutih kulit wajah, tetapi juga bisa digunakan untuk bagian kulit lainnya. Salah satu hal yang memikat dari brand ini adalah memiliki harga yang relatif murah, tetapi masih memberikan pengalaman terbaik untuk kesehatan kulit.

6. Magic Glossy

Cara memutihkan tangan dan kaki dalam semalam dengan menggunakan produk bernama Magic Glossy. Produk ini dikatakan permanen dalam memutihkan muka. Produk ini juga sangat populer di toko kosmetik online dan bisa didapat dengan mudah.

Jenis produk pemutih kulit kaki dan tangan ini memiliki tiga jenis yaitu krim malam, krim siang, dan jenis serum. Bisa dikatakan magic glossy adalah versi tingkatan dari vege herbal cream. Tentu saja manfaatnya akan lebih ditingkatkan dengan kandungan yang lebih baik lagi dan memberikan ekspektasi sesuai harapan untuk konsumen.

7. Wardah Ligtening Day

Salah satu brand yang sangat populer di indonesia, namun relatif memberikan harga yang mahal tetapi juga memberikan pelayanan kecantikan kulit yang sangat bagus. Produk yang satu ini cukup terkenal di kalangan wanita muslim, karena kepercayaan produk ini cukup aman serta halal untuk digunakan. Kandungan yang terdapat pada produk ini sangat banyak, baik itu vitamin atau sehat lainnya.

8. Olay White Radiance

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki dalam waktu 1 hari dengan rutin memakai Olay White Radiance. Produk pemutih kulit dengan cepat ini juga terkenal populer. Merek yang satu ini memfokuskan untuk kecantikan wajah secara aman menggunakan intensif cream.

Kandungan utama dari produk pemutih kulit tangan dan kaki ini adalah vitamin yang kompleks serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit. Salah satu kelebihan dari produk ini adalah membantu dalam mengatasi radiasi ultraviolet matahari. Hal ini akan membantu anda dalam melindungi kulit dari kerusakan yang bisa terjadi akibat sinar ultraviolet.

9. Far n Pink

Produk ini bisa dikatakan sebagai produk pencerah wajah yang bersifat tradisional. Bisa digunakan untuk perawatan seluruh tubuh, serta memiliki sabun yang sudah bersifat tersertifikasi. Karena itulah produk ini sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan perawatan untuk kulit tubuh dan wajah. Merek yang satu ini biasanya menyertakan serangkaian paket dalam produknya, karena itulah produk ini benar-benar kompleks untuk menjaga kecantikan anda.

10. Royalty Cosmetic

Produk ini merupakan paket pencerah muka yang memiliki bahan alami. Harganya cukup mahal tetapi memberikan banyak isi paketan yang bisa anda jadikan sebagai perawatan kulit anda. Salah satu manfaat dari produk ini adalah membantu dalam memutihkan kulit tangan. Tentu saja tidak hanya kulit tangan, pada dasarnya manfaat utama dari produk ini memang ditujukan untuk seluruh bagian kulit tubuh.

Efek Samping Produk Pemutih Kulit Tangan :

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika hendak membeli produk pemutih kulit. Salah satunya adalah memperhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Tetapi seringkali produk tidak mencantumkan nya agar mendapatkan untung lebih. Karena itulah salah satu cara lain yang bisa anda coba adalah memilih kosmetik yang teregistrasi oleh BPOM. Anda bisa mencari di google produk apa saja yang sudah tersertifikasi atau mengikuti saran di atas karena semua produk di atas adalah produk yang teregistrasi.

Pertama perhatikan bahan berbahaya apa saja yang tidak baik untuk produk kosmetik. Berikut ini adalah beberapa bahan beresiko yang biasanya terdapat dalam produk pemutih kulit:

  • Merkuri atau air raksa.
  • Hidrokinon yang biasa dipakai cuci cetak foto.
  • Steroid yang biasanya digunakan dalam mengatasi peradangan.
  • Rhododendron, bahan alami kulit pohon birch.
  • Salah satu atau kombinasi dari retinoic acid, kortikosteroid, dan hidrokinon.
  • Ascorbic acid atau vitamin C dalam jumlah banyak.

Sedangkan untuk bahan aman, anda harus memerhatikan nya. Berikut ini adalah beberapa bahan aman yang biasanya terdapat dalam produk kecantikan kulit:

  • Kojic acid.
  • Arbutin.
  • Lycoris.
  • Kamumil.
  • Mulberry.
  • Teh hijau.
  • Antagonis alpha-MSH.

Untuk efek sampingnya sendiri biasanya terjadi akibat adanya interaksi alergi, ketidakcocokan dengan kulit anda, menggunakan produk kecantikan abal-abal, atau kelebihan dosis. Beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah:

  • Sebagian jenis kulit mengalami alergi.
  • Beberapa jenis kulit bisa mengalami iritasi, biasanya terkena akibat bahan kimia atau penggunaan berlebih.
  • Kulit menjadi lebih tua atau penuaan dini.
  • Dapat memicu kanker kulit yang bereaksi pada sinar matahari.
  • Masalah kulit seperti ruang, jerawat, panu, bintik-bintik, sampai cacar.

Tips Memutihkan Kulit Tangan :

  1. Menggunakan khasiat dari buah stroberi.
  2. Menkonsumsi buah bluebery yang kaya dengan vitamin.
  3. Menggunakan mentimun sebagai masker tangan atau masker kulit lainnya.
  4. Memarut bengkoang kemudian ditempel pada tangan.
  5. Mengusap tomat yang sudah dihancurkan pada tangan.
  6. Mengkonsumi alpukat atau menjadikannya masker kulit.
  7. Menggunakan labu sebagai masker tangan.
  8. Menghaluskan buah pisang kemudian dioles pada tangan.
  9. Mengolesi tangan menggunakan madu.
  10. Menggunakan madu dan oetmal sebagai masker tangan.
  11. Mengolesi yogurt pada tangan secara merata.

Tips Mencegah Kulit Tangan Hitam

  1. Rutin mengonsumsi makanan yang sehat.
  2. Beri perlindungan kulit dari terpaan sinar matahari.
  3. Pandai dalam hal merawat kulit tangan.
  4. Gunakan scrub.
  5. Gunakan pelembap.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Produk Serta Efek Samping

Sangat penting untuk terus memperhatikan prosedur yang berlaku agar terhindar dari efek sampingnya bisa terjadi. Cara memutihkan kulit tangan hampir sama dengan cara memutihkan kulit lainnya. Semuanya memiliki resiko masing-masing. Jika anda termasuk orang yang takut terkena resiko, tidak ada salahnya meminta dokter untuk menangani perawatan kulit anda secara langsung.

Tags: Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Tangan

Kecantikan 6 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com