40 Cara Menebalkan Bulu Mata dengan Bahan Alami, Produk dan Trik Serta Efek Samping

40 Cara Menebalkan Bulu Mata dengan Bahan Alami, Produk dan Trik Serta Efek Samping

Bulu mata cantik, lentik dan lebat memang dapat membuat penampilan mata jauh lebih indah sehingga membawa pengaruh penting pada penampilan wajah secara keseluruhan. Oleh karena alasan inilah, wanita kerap kali mencari cara menebalkan bulu mata baik dengan menggunakan bahan alami, produk maupun menggunakan trik kecantikan.

Penyebab Bulu Mata Tipis

Banyak wanita memiliki bulu mata tipis, padahal mereka menginginkan bulu mata tebal sehingga tetap terlihat cantik alami dengan mata indah. Lantas, apa yang membuat bulu mata tipis? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Faktor Genetik

Penyebab bulu mata tipis yang paling utama adalah faktor genetik jika ini yang terjadi, maka akan sedikit sulit menemukan cara menebalkan bulu mata yang pas. Berbagai cara alami maupun produk mungkin tak akan bisa bekerja secara maksimal. Namun, jangan khawatir karena Anda masih bisa mengatasinya dengan trik make up ataupun tanam bulu mata.

2. Kurang Nutrisi

Penyebab lain yang menyebabkan bulu mata tipis adalah kekurangan nutrisi. Kekurangan magnesium, Vitamin E, B, mineral dan juga protein membuat folikel rambut kurang sehat sehingga tak menumbuhkan rambut baru. Selain itu kekurangan nutrisi juga menyebabkan rambut rapuh dan rentan kerontokan.

3. Kerontokan

Kerontokan bulu mata adalah hal yang sering terjadi tanpa disadari. Hal ini menyebabkan bulu mata makin tipis jika penyebab utama kerontokan seperti kekurangan nutrisi dan kondisi kering tak segera diatasi.

4. Perlakuan yang Salah

Menggunakan alat jepit bulu mata akan membuat bulu mata makin lentik. Namun, jika bantalan karet alat penjepit bulu mata tak diganti secara rutin justru memicu kerontokan bulu mata. Selain itu, kebiasaan lain seperti mengucek bulu mata juga meningkatkan kerusakan yang berakhir pada kerontokan bulu mata.

5. Tak Cocok dengan Produk

Banyak wanita yang menyepelekan produk kecantikan untuk bulu mata karena menganggap semua produk terlihat sama dan ditujukan untuk semua jenis bulu mata. Namun, nyatanya tak demikian.  Beberapa produk berkualitas rendah berpotensi merusak bulu mata, menyebabkan iritasi dan bahkan berujung pada kerusakan retina. Selain itu, penggunaan produk berkualitas bagus juga tak menjamin kecocokan terhadap produk tersebut. Beberapa yang memiliki kulit sensitif bisa saja mengalami iritasi karena tak cocok dengan bahan kandungan produk.

Cara Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Bahan Alami

Cara memanjangkan bulu mata secara alami serta menebalkan dan melentikkannya bisa Anda lalukan secara alami dan juga mudah. Hanya saja, Anda perlu ketelatenan dan kesabaran untuk melakukannya. Adapun cara alami untuk menebalkan bulu mata  yang bisa Anda coba antara lain :

1. Lidah Buaya

Dalam 5 menit bulu mata dan alis anda akan tebal, jika penggunaannya secara teratur. Tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis ini sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kecantikan. Lidah buaya atau aloevera dipercaya mampu menebalkan rambut, melembabkan kulit hingga mengatasi bekas jerawat, namun, siapa menyangka jika lidah buaya juga berguna sebagai cara menebalkan alis dan bulu mata.

Lidah buaya mengandung karbohidrat, protein, kalori, lemak, vitamin A, Vitamin C, Thiamin, Kalsium dan juga zat besi. Semua kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan bulu mata, mencegah kerontokan serta membuatnya lebih tebal. Jika digunakan pada alis, lidah buaya juga bermanfaat sebagai cara menumbuhkan alis secara alami.

Caranya :

  • Oleskan lendir lidah buaya pada akar bulu mata setiap pagi sebelum mandi.
  • Ingat untuk hati-hati ketika mengoleskan lendir lidah buaya ke bulu mata agar tak mengenai kelopak mata. Hal ini dikarenakan lendir lidah buaya dapat menyebabkan rasa gatal dan menimbulkan iritasi.
  • Diamkan 30 menit lalu cuci secara perlahan.

2. Minyak Zaitun

Cara menebalkan bulu mata secara alami dengan cepat yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun. Minyak yang biasa dijadikan bahan tambahan pada menu diet sehat ini rupanya juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Tak hanya dapat dijadikan masker dan bahan pembersih wajah, minyak zaitun juga bisa menjadi cara menumbuhkan bulu mata. Tak hanya itu, manfaat minyak zaitun untuk alis yang jarang diketahui adalah untuk melebatkan alis, menghitamkan sekaligus membuatnya nampak lebih rapi dan indah.

Caranya :

  • Oles minyak zaitun mulai dari pangkal hingga ke ujung bulu mata layaknya memakai maskara.
  • Jika terasa sulit dan takut minyak menetes, mengoleskan minyak zaitun dengan kuas maskara bersih bisa membuat Anda lebih mudah mengaplikasikannya.

3. Daun Sirih

Daun sirih merupakan bahan alami yang sering dikaitkan dengan masalah kewanitaan. Tak hanya itu, daun beraroma khas ini juga dianggap sebagai antiseptik yang ampuh untuk mengatasi luka dan juga penyakit mata. Namun, rupanya daun sirih  juga memiliki manfaat lain sebagai cara menumbuhkan bulu mata dengan cepat secara alami. Khasiatnya menebalkan bulu mata pun tak kalah dibandingkan produk penebal bulu mata berharga mahal.

Caranya :

  • Ambil tangkai daun sirih lalu cuci bersih.
  • Celupkan tangkai pada lendir lidah buaya dan gunakan untuk mengusap bulu mata mulai dari pangkal hingga ujung.
  • Usapkan mulai dari bulu mata bagian dalam ke arah luar agar nantinya Anda tak hanya mendapat manfaat cara memuat bulu mata tebal, melainkan juga lentik.

3. Susu

Populer sebagai cara alami menguatkan tulang hingga menjaga kekebalan tubuh, susu ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Mungkin Anda tak asing dengan manfaat susu di bidang kecantikan sebagai pelembab dan pemutih kulit alami, namun bagaimana dengan manfaat susu untuk menebalkan bulu mata? Meski terdengar asing, susu memang benar-benar bisa menebalkan bulu mata dengan waktu relatif singkat.

Caranya :

  • Basuh bulu mata dengan susu murni.
  • Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Kemiri

Cara menebalkan bulu mata secara alami dan permanen yaitu dengan memanfaatkan biji kemiri. Biji kemiri memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk menumbuhkan dan menghitamkan rambut. Jika diaplikasikan pada bulu mata, biji kemiri juga dapat menjadi cara panjangkan bulu mata, menghitamkan dan menebalkannya. Selain itu, biji kemiri juga bisa menjadi cara menebalkan alis secara alami.

Caranya :

  • Bakar kemiri lalu tumbuh hingga halus.
  • Oleskan pada bulu mata di malam hari.
  • Biarkan semalaman lalu bilas keesokan harinya.

5. Jeruk Nipis

Cara menebalkan bulu mata dengan jeruk nipis memang efektif. Namun, cara ini memiliki resiko yang tak bisa dianggap remeh. Air perasan jeruk nipis akan terasa perih dan bahkan bisa menimbulkan iritasi jika mengenai mata.

Caranya :

  • Oleskan air perasan jeruk nipis pada bulu mata dengan sangat hati-hati.
  • Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.
  • Jika terasa perih, segera basuh mata dengan air bersih mengalir.

6. Telur Udang

Terletak di sela kaki udang, telur udang sangat gampang ditemui. Telur udang memiliki rasa nikmat ketika disantap. Namun, siapa sangka jika telur udang tak hanya memanjakan lidah, tapi juga memiliki manfaat untuk menebalkan bulu mata.

Cara menebalkan bulu mata dengan telur udang mungkin terdengar menjijikkan. Namun, jangan salah. Meski memiliki bau amis menyengat, telur udang memiliki kandungan protein tinggi sehingga mampu menebalkan dan memanjangkan bulu mata dengan cepat.

Caranya :

  • Pisahkan udang yang masih segar dari telurnya.
  • Tumbuk telur udang.
  • Oleskan pada bulu mata secara perlahan.
  • Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Teh Hijau

Teh hijau telah lama dipercaya sebagai bahan herbal yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Minuman yang populer di Jepang ini dipercaya mampu melawan kanker hingga menurunkan resiko penyakit jantung. Jika diaplikasikan untuk kecantikan teh hijau juga berguna untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus membuatnya lebih tebal, termasuk juga untuk menebalkan bulu mata. Menariknya lagi, jika diaplikasikan pada eera mata secara rutin, teh hijau juga mampu memberikan rasa rileks serta menghilangkan mata panda.

Caranya :

  • Seduh teh hijau dalam cangkir menggunakan air panas.
  • Ketika suhu seduhan teh cukup hangat celupkan kapas bersih ke dalamnya.
  • Gunakan kapas yang telah dibasahi seduhan teh untuk mengompres mata.

8. Air Kelapa

Manfaat air kelapa untuk menetralkan racun dan mengembalikan elektrolit tubuh mungkin sudah umum diketahui. Namun, bagaimana dengan cara menebalkan bulu mata menggunakan air kelapa? Faktanya, air kelapa memiliki kandungan nutrisi yang mampu membuat bulu mata lebih panjang dan lebat. Jika dilakukan secara rutin, Anda juga akan mendapatkan wajah awet muda bebas kerut serta noda bekas jerawat memudar.

Caranya :

  • Basuh muka dengan air kelapa.
  • Jika tak ingin banyak air kelapa yang terbuang, maka Anda bisa mengoles air kelapa menggunakan kapas.
  • Diamkan sejenak hingga air kelapa meresap ke wajah.
  • Bilas kembali menggunakan air bersih.

9. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin E

Cara menebalkan bulu mata secara alami Vitamin E berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan juga menjaga kesehetan kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E dapat membuat bulu mata lebih panjang dan lebat.

Caranya :

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E seperti strawberry, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

10. Minyak Fenugreek

Minyak yang satu ini mungkin masih terdengar asing karena memang tak berasal dari Indonesia. Minyak Fenugreek merupakan hasil ekstrak tanaman fenugreek yang berasal dari Yunani. Minyak yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama bagi perawatan kulit dan rambut.

Caranya :

  • Oleskan minyak fenugreek pada bulu mata di malam hari.
  • Diamkan semalaman.
  • Bilas keesokan harinya.

12. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil atau disebut juga minyak pohon teh memiliki manfaat cukup besar bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak ini dipercaya sebagai salah satu cara mengobati panu, mengatasi kulit kering dan juga mengatasi aneka masalah kulit lainnya. Selain itu, minyak jenis ini juga berguna sebagai cara menebalkan bulu mata dengan cara memicu pertumbuhan rambut baru serta menegah kerontokan.

Caranya :

  • Oles perlahan Tea Tree Oil pada bulu mata mulai dari pangkal hingga ujung.
  • Diamkan semalaman.
  • Bilas hingga bersih.

13. Minyak Biji Rami

Belum sepopuler minyak esensial lainnya, namun minyak biji rami terbukti ampuh untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Minyak rami mengandung omega 3 dan asam linoleat yang berfungsi untuk memicu pertumbuhan bulu mata baru serta mencegahnya dari kerontokan. Jika diaplikasikan pada rambut, minyak biji rami juga bisa digunakan untuk mencegah kerontokan rambut, menebalkan sekaligus mengatasi kebotakan.

Caranya :

  • Oleskan minyak biji rami pada akar bulu mata. Oleskan secara tipis agar minyak tak menetes masuk ke mata.
  • Diamkan semalaman.
  • Bilas perlahan dengan air mengalir keesokan harinya.

14. Minyak Biji Wijen

Tak hanya dapat menjadi minyak penyedap masakan, minyak biji wijen ternyata juga berguna sebagai bahan alami penebal bulu mata. Serupa dengan minyak esensial lainnya, minyak wijen akan merangsang bulu mata tumbuh lebih cepat dan lebat.

Caranya :

  • Oleskan minyak wijen pada bulu mata seperlunya.
  • Diamkan 30 menit atau bisa juga membiarkannya semalaman.
  • Bilas dengan air bersih mengalir.

15. Minyak Rosemary

Cara tradisional menebalkan bulu mata dan alis yaitu dengan mengaplikasikan minyak rosemary. Minyak rosemary merupakan salah satu  jenis minyak yang cepat meresap dan mampu memberi kelebaban pada kulit. Jika diaplikasikan pada rambut, minyak ini juga dapat mencegah kerontokan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru.

Caranya :

  • Oles minyak rosemary pada akar bulu mata.
  • Diamkan 30 menit sebelum membilasnya menggunakan air bersih.

16. Minyak Jojoba

Salah satu penyebab bulu mata tipis adalah kurang nutrisi pada bulu mata serta kondisi bulu mata yang kering. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan minyak jojoba. Minyak jojoba tak hanya akan menutrisi, melainkan juga membentuk lapisan lilin tipis yang akan melindungi bulu mata dari kerusakan serta kerontokan.

Caranya :

  • Oleskan minyak jojoba pada bulu mata seperlunya.
  • Diamkan hingga bulu mata mengering. Bilas menggunakan air bersih.

17. Santan

Cara alami dan tradisional dalam menebalkan bulu mata dengan menggunakan santan. Identik dengan makanan dan minuman, santan juga memiliki manfaat tersembunyi untuk menebalkan bulu mata. Santan memiliki kandungan yang berguna untuk membuat bua mata terlihat lebih hitam dan lembab. Selain itu, santan memiliki kandungan protein yang mampu membuat bulu mata lebih tebal.’caranya :

  • Oles santan kental menggunakan kapas atau cotton bud pada bulu mata. Ingat untuk menggunakan santan segar yang diperas dari kelapa asli.
  • Diamkan selama setengah jam lalu bilas hingga bersih.

18. Minyak Kemiri

Minyak kemiri telah lama dipercaya sebagai cara menebalkan rambut secara alami, menjadikannya lebih hitam dan juga kuat. Namun, bagaimana dengan khasiat minyak kemiri untuk bulu mata? Memiliki kandungan omega 3 berupa asam linoeat, minyak kemiri juga mampu merangsang pertumbuhan bulu mata sehingga membuatnya lebih tebal. Jika dioleskan pada alis, minyak kemiri juga dapat berguna sebagai cara menumbuhkan alis.

Caranya :

  • Oles minyak kemiri pada bulu mata sebelum mandi.
  • Diamkan 30 menit sebelum dibilas.

19. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung protein yang mampu merangsang pertumbuhan alami rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai pelapis untuk melindungi bulu mata dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Jika diaplikasikan di kulit kepala, minyak kelapa juga berguna sebagai cara menyuburkan rambut.

Caranya :

  • Oles minyak kelapa murni pada bulu mata.
  • Diamkan setengah jam lalu bilas hingga bersih.

20. Minyak Almond

Cara melebatkan bulu mata selanjutnya adalah menggunakan minyak almond.  Minyak yang satu ini mungkin lebih maha jika dibandingkan degan minyak lainnya. namun, minyak almond memiliki kandungan magnesium dan protein dalam jumlah besar. Dua kandungan penting ini akan membantu bulu mata menjadi lebih panjang, tebal serta mencegah kerusakan.

Caranya :

  • Oleskan minyak almond sebagai bahan perawatan bulu mata alami.
  • Diamkan selama satu malah.
  • Keesokan harinya bilas bulu mata hingga bersih.

21. Minyak Jarak

Cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata lainnya adalah dengan menggunakan minyak jarak. Kandungan dalam minyak jarak akan membuat bulu mata lebih lembab dan mencegah kerontokan. Protein di dalamnya juga mampu merangsang folikel untuk menumbuhkan rambut baru. Jika diaplikasikan pada alis, minyak jarak juga berfungsi untuk mempertebal alis secara alami.

Caranya :

  • Apliksaikan minyak jarak pada bulu mata.
  • Diamkan selama satu malam. Bilas bersih keesokan harinya.

22. Telur

Cara menebalkan bulu mata lainnya yang mungkin bisa Anda coba sendiri di rumah adalah dengan menggunakan telur. Telur memiliki kandungan protein tinggi yang mampu merangsang pertumbuhan bulu mata. Kandungan biotin dan vitamin B di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan bulu mata serta membuatnya lebih lentik.

Caranya :

  • Kocok telur hingga mengental.
  • Rendam cotton bud pada telur yang sudah dikocok.
  • Sapukan cotton bud pada bulu mata.
  • Biarkan meresap selama 15 menit
  • Bilas menggunakan air hingga benar-benar bersih.

23. Minyak Lavender

Memiliki banyak kandungan nutrisi, minyak lavender telah lama dipercaya sebagai cara menebalkan bulu mata. Minyak lavender akan memberikan nutrisi sehingga tubuh akan berusaha menumbuhkan bulu mata baru. Tak hanya itu, minyak lavender juga berperan sebagai condisioner alami yang membantu melembabkan dan melindungi bulu mata dari pengaruh lingkungan.

Caranya :

  • Teteskan minyak lavender pada cotton bud.
  • Sapukan cotton bud pada bulu mata.
  • Diamkan kurang lebih setengah jam lalu membilasnya menggunakan air bersih.

24. Ekstrak Bunga

Cara lain untuk melentikan dan menebalkan bulu mata adalah dengan menggunakan minyak bunga. Namun, bukan bunga sembarangan yang bisa Anda gunakan, melainkan bunga calendula dan comflower. Dua jenis bunga ini akan membuat akar bulu mata lebih kuat sehingga menghindari kerontokan bulu mata.

Caranya :

  • Tumbuk bunga comflower dan celendula hingga haus dan tercampur rata.
  • Tambahkan sedikit air.
  • Rendam cotton bud lalu oleskan pada akar bulu mata.
  • Diamkan 15 menit, kemudian bilas.
  • Jika menginginkan cara praktis, Anda juga bisa menggunakan ekstrak celendula dan comflower dalam bentuk cair dengan perbandingan masing-masing satu sendok teh.

25. Kulit Buah Lemon

Jika buah lemon memiliki manfaat sebagai media diet sehat, lain halnya dengan kulit  buah lemon yang dapat digunakan sebagai cara menebalkan bulu mata. Kulit lemon mengandung vitamin B, C, asam folat dan nutrisi penting lainnya yang merangsang pertumbuhan bulu mata secara alami.

Caranya :

  • Keringkan kulit buah lemon.
  • Rendam kulit lemon kering dalam minyak kelapa atau minyak zaitun hingga minyak terserap.
  • Sapukan kulit lemon pada bulu mata setiap hari sebelum tidur.
  • Bilas keesokan harinya hingga bersih.

26. Shea Butter

Shea Butter merupakan lemak yang diekstrak dari tumbuhan bernama Shea. Lemak sehat ini mengandung vitamin B dan E yang sangat berguna untuk merawat bulu mata secara alami.

Caranya :

  • Oleskan shea butter pada bulu mata menggunakan cotton bud.
  • Pijat lembut area mata sembari menunggu shea butter meresap selama 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

27. Minyak Argan

Minyak argan dapat mejadi cara melebatkan  bulu mata karena memiliki kandungan vitamin A, E dan asam lemak yang mampu merangsang pertumbuhan bulu mata. Jika diaplikasian secara rutin, minyak arga juga dapat membuat bulu mata panjang dan lentik.

Caranya :

  • Usap lembut bulu mata menggunakan minyak argan.
  • Usap dengan gerakan satu arah agar bentuk bulu mata tak rusak.
  • Diamkan selama satu malam. Bilas keesokan harinya hingga bersih.

28. Minyak Jeruk Bali

Tak hanya mau menghilangkan stres karena aromanya yang menenangkan, minyak jeruk bali rupanya juga mampu menjadi cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Minyak jeruk bali akan menutrisi sekaligus melembabkan bulu mata sehingga membuatnya lebih tebal alami.

Caranya :

  • Sapukan minyak jeruk bali di malam haru sebelum tidur.
  • Biarkan meresap dan baru bersihkan keesokan harinya ketika Anda bangun tidur.

Cara Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Produk Kecantikan

Selain mengunakan cara alami, menebalkan bulu mata juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk umumnya, produk untuk menebalkan bulu mata berbentuk serum. Hanya saja, aplikatornya yang sangat beragam. adapun beberapa jenis serum untuk bulu mata jika ditinjau dari aplikatornya antara lain :

1. Brush Pen Type

Cara menebalkan bulu mata dan alis dengan menggunakan Brush Pen Type. Sesuai namanya, serum bulu mata jenis ini memiliki aplikator berbentuk pena. Ujungnya yang runcing memungkinkan Anda memakai serum tepat di akar bulu mata. Keuntungan lainnya adalah mudah diaplikasikan dan penggunaaan serum lebih hemat. Hanya saja, aplikator ini membuat Anda kesulitan jika ingin mengaplikasikan serum ke seluruh bulu mata. Beberapa merk serum dengan aplikator berbentuk pena yang bisa Anda coba antara lain :

  • Spectral Lash Eyelash Stimulator
  • Apotcare Optilash Serum Intensife
  • Revita Lash Advanced Eyelash Conditioner
  • Natural Riches Pure Organic Cold Pressed Castor Oil

2. Mascara Brush Type

Serum dengan aplikator berbentuk menyerupai kuas mascara ini juga menjadi pilihan tepat bagi para pemula. Ujung aplikatornya memudahkan Anda mengaplikasikan serum mulai dari akar hingga ujung bulu mata. Cara aplikasinya juga membuat bulu mata terangkat ke atas sehingga dapat juga dijadikan cara membuat bulu mata lentik. Namun, perlu diingat jika aplikator ini beresiko membuat iritasi jika Anda mengoleskannya terlalu dalam. Merek serum type ini yang bisa Anda coba antara lain :

  • Nature Republic Botanical Eyelash Serum
  • Olay Regenerist Micro-Sculpiting Eye Cream & Lash Serum Duo
  • Talika Lipocils & Black
  • TSW Premium Lash Ampule

3. Chip Type

Aplikator serum yang satu ini berbentuk bulat hingga oval menyerupai kuas lipstsik. Serum jenis ini memang mudah digunakan. Namun, Anda perlu hati-hati karena banyaknya serum yang menempel di ujung aplikator tak dapat dikontrol sehingga serum yang terlalu banyak menempel bisa mengakibatkan serum masuk ke mata dan juga menyebabkan serum cepat habis. Beberapa merk serum bulu mata dengan aplikator Chip Type antara lain :

  • Shiseido Adenovital Eyelash Serum
  • Givenchy Mister Lash Booster
  • FEG Eyelash Enhancer
  • L’Orelal Paris Daouble Extend Last Boosting Serum

4. Bedak Bayi

Cara menebalkan bulu mata dengan bedak bayi memang belum banyak orang yang mempraktekkan. Namun memang sudah terbukti banyak artis-artis yang telah mencobanya.

Caranya:

  • Tahap pertama anda bisa melekukkan bulu mata. Dalam tahap ini anda harus memastikan untuk menahan alat pelengkuk bulu mata sekitar 8 detik, jika ingin mendapatkan hasil maksimal.
  • Setelah sudah melengkukkan, maka langkah anda mengaplikasikan maskara. Dengan catatan satu sampai dua kali saja sudah cukup.
  • Selanjutnya, ambilah sebuah cutton bud dan oleskan sedikit bedak bayi.
  • Oleskan cutton bud yang berisi bedak bayi pada bagian dalam dan luar bulu mata.
  • Aplikasikan maskara satu kali lagi dari mulai ujung sampai seluruh bagain bulu mata menjadi hitam lagi.
  • Lihat perbedaannya.

Cara Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Trik kecantikan

1. Mascara

Mascara menjadi solusi cara menebalkan bulu mata yang mudah dan instan. Saat ini, banyak sekali produk maskara yang bisa Anda gunakan. Tinggal sesuaikan saja dengan budget dan seberapa tebal bulu mata yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat jika penggunaaan mascara juga memiliki resiko, yakni kemungkinan iritasi mata dan juga hasil yang tak permanaen.

2. Bulu Mata Palsu

Dibandingkan penggunaan maskara, penggunaan palsu bisa dibilang lebih ribet dan tak semua orang tahu cara memakai buku mata palsu yang benar. Namun, bulu mata palsu dapat menghasilkan bentuk dan ketebalan bulu mata seperti yang diinginkan. Meski memberikan hasil akhir maksimal, penggunaan bulu mata tetap memiliki kekurangan, antara lain aplikasi yang memerlukan teknik khusus, bulu mata bisa saat terlepas hingga mata terasa berat ketika menggunakannya.

3. Ekstension

Jika bulu mata menghasilkan tampilan mata sesuai keinginan, pun demikian dengan ekstension atau tanam bulu mata. Dua teknik menebalkan bulu mata ini hampir sama, hanya saja ekstension atau sulam bulu mata memerlukan tindakan penanaman bulu mata tambahan di kelopak mata. Hasilnya memang terlihat lebih natural, namun teknik ini lumayan menguras kantong dan membutuhkan perawatan khusus. Untuk hasil yang selalu rapi, Anda juga memerlukan sisir bulu mata khusus.

Merk Serum Menebalkan Bulu Mata

  1. Shiseido Professional Adenovital Eyelash Serum
  2. Revitalash Advanced
  3. Rimmel Lash Accelerator Serum
  4. Givenchy Mister Lash Booster
  5. Erto’s Eyelash Serum
  6. L’Oréal Paris Double Extend Lash Boosting Serum
  7. Diorshow Maximizer Lash Plumping Serum
  8. Etude House My Lash Serum
  9. Olay Regenerist Micro-Sculpting Eye Cream & Lash Serum Duo
  10. Estée Lauder Lash Primer Plus

Efek Samping Menebalkan Bulu Mata

Cara menebalkan bulu mata dengan trik make up seperti penggunaan maskara, bulu mata palsu dan juga extension memiliki resiko yang cukup sulit dihindarkan. Cara-cara ini memiliki resiko rasa tak nyaman saat mengedipkan mata hingga memicu kerontokan pada bulu mata yang asli.

Jika cara menebalkan bulu mata dengan trik make up memiliki resiko, pun demikian dengan cara alami maupun produk. Resiko yang mungkin terjadi adalah rasa gatal akibat bulu mata baru akan tumbuh, iritasi dan bulu mata kering jika tak cocok dengan bahan yang digunakan atau bahkan rasa perih jika bahan alami maupun produk penebal bulu mata sampai masuk ke mata.

Tips Menebalkan Bulu Mata

Mencoba salah satu cara menebalkan bulu mata seperti yang dibahas di atas saja tak akan cukup jika Anda tak mengetahui tips pemakaiannya. Adapun tips yang perlu Anda perhatikan antara lain :

1. Tips Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Bahan Alami

Jika Ingin menebalkan bulu mata menggunakan bahan alami, hal yang perlu Anda perhatikan adalah ketelatenan. Pasalnya, cara alami tak mungkin memberikan hasil secara instan. Perlu kesabaran untuk mendapatkan hasil maksimal. Oleh karena itu, coba satu cara secara rutin setidaknya selama satu bulan sebelum mencoba cara lainnya.

Selain itu, Anda juga harus paham jika alami bukan berarti tanpa efek samping. Jika mendapati keluhan, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter terdekat guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

2. Tips Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Produk

Berhubungan erat dengan mata dan berdekatan dengan mata, maka produk untuk menebalkan bulu mata harus benar-benar dipilih secara selektif. Anda harus memastikan jika produk yang Anda pilih bebas pewarna buatan pewangi serta paraben. Adanya kandungan ini mungkin bisa menyebabkan iritasi atau bahkan masalah mata yang lebih serius.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kualitas produk. Selalu pastikan produk yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM agar Anda bisa tampil cantik tanpa menanggung resiko kesehatan. Memilih produk yang benar-benar asli juga tak kalah pentingnya agar kesehatan tak menjadi taruhan.

Bukan hanya itu, masalah harga juga harus benar-benar diperhitungkan. Penggunaan produk untuk menebalkan bulu mata harus berulang agar hasilnya terlihat. Mungkin Anda berfikir jika hal ini bisa disiasati dengan penggunaan produk dalam jumlah sedikit. Namun, pada nyatanya hal ini justru membuat hasil yang Anda dapatkan tak sesuai ekspektasi.

2. Tips Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Teknik Kecantikan

Cara menebalkan bulu mata lain yang bisa dibilang instan adalah dengan menggunakan teknik kecantikan. Hal ini bisa dilakukan dengan pemakaian mascara, bulu mata palsu dan juga ekstension. Untuk penggunaan mascara, hampir semua produk aman asalkan terdaftar di BPOM. Namun, Anda perlu lebih jei lagi jika memilih menggunakan bulu mata palsu atau ekstension.

Bulu mata palsu dan ekstension memiliki resiko merusak bulu mata lebih tinggi karena menambahkan bulu mata tambahan pada kelopak mata, baik dengan cara di lem (bulu mata palsu) atau ditanam (ekstension). Bulu mata palsu akan menimbulkan kerusakan pada bulu mata jika lem tak segera dibersihkan dengan baik ketika bulu mata palsu dilepas. Pun demikian dengan ekstension yang dapat menimbulkan kerusakan, iritasi dan menimbulkan rasa gatal jika tak dirawat dengan benar.

Agar Anda tetap nyaman dan cantik meski mencoba cara menebalkan bulu mata menggunakan teknik kecantikan, pastikan Anda menggunakan produk yang aman. Jika menggunakan produk berupa serum, maka pastikan produk yang Anda gunakan tak mengandung paraben, pewangi buatan serta pewarna. Namun, jika menggunakan produk berupa bulu mata palsu atau ekstension, ada baiknya jika Anda menggunakan bulu mata tambahan yang berkualitas dan benar-benar dirancang oleh ahlinya.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Brewok dengan Bahan Alami

Dari sekian banyak cara menebalkan bulu mata, sudah temukan cara yang paling pas dengan Anda? Ingat jika tak ada cara menebalkan bulu mata yang instan. Cara alami mungkin akan menunjukkan hasil setidaknya setelah satu bulan pemakaian. Sedangkan pemakaian produk penebal bulu mata biasanya akan menunjukkan hasil maksimal setelah satu atau dua minggu pemakaian rutin. Menebalkan bulu mata dengan ekstension, maskara atau bulu mata palsu memang memberikan hasil instan, tapi hasil yang didapatkan tak permanen seperti cara menebalkan bulu mata menggunakan bahan alami atau serum.

Tags: Bulu Mata, Mata, Menebalkan Bulu Mata

Kecantikan 6 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com