34 Cara Menghaluskan Telapak Tangan dengan Bahan Alami dan Produk Serta Efek Samping

34 Cara Menghaluskan Telapak Tangan dengan Bahan Alami dan Produk Serta Efek Samping

Kebanyakan manusia terlebih wanita yang menginginkan telapak tangannya halus. Ketika bersalaman sama orang lain, apalagi orang yang baru anda kenal, pasti anda malu ketika telapak pada tangan anda sangat kasar. Kalau sudah seperti itu, ujung ujungnya anda pasti jadi malu dan tidak terlihat percaya diri. Masalah seperti sering sekali dialami oleh wanita yang dimana wanita lebih memikirkan kecantikan dan kebersihan.

Sebelum kita membahas mari kita ketahui dulu apa penyebab telapak tangan kita menjadi kasar agar kita dapat mencegahnya.

Penyebab Telapak Tangan Menjadi Kasar

1. Gesekan dengan benda keras atau kasar

Jika anda sering melakukan kegiatan kegiatan atau pekerjaan yang membuat tangan dan harus bergesekan dengan benda kasar, kemungkinan besar telapak tangan anda pasti juga akan kasar. Karena gesekan pada benda keras atau kasar merupakan penyebab utama telapak tangan kita mengalami kekasaran dan kering. Sebagai contoh menyetir mobil atau motor tanpa sarung tangan, mengangkat benda keras atau berat dan lain sebagainya.

2. Ditergen

Kenapa kebanyakan ibu rumah tangga atau buruh cuci memiliki telapak tangan yang kotor. Hal itu sebabkan oleh kebiasaan mereka dalam mencuci pakaian. Ya ditergen yang dipakai untuk mencuci pakaian dapat menyebabkan alergi pada kulit, terutama pada kulit sensitif. Campuran bahan kimia yang terdapat pada ditergen dapat merusak kulit, sehingga bersentuhan langsung dengan ditergen dapat membuat kulit menjadi kasar.

3. Jarang minum air

Jarang minum air akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, Dan jika hal ini terus jadi akan berdampak buruk pada kulit. Kulit akan menjadi kering, keriput dan pecah-pecah, akibatnya kulit menjadi kasar, salah satunya yaitu kulit bagian telapak tangan. Nah baiknya anda penuhi kebutuhan caira yaitu dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

4. Kekurangan nutrisi

Seseorang yang memliki pola makan yang tidak sehat maka sangat rentan terserang kulit kering dan pecah, terlihat kusam dan kasar. Penyebab telapak tangan kasar ini banyak muncul akibat seseorang mengkonsumsi makanan yang bergizi rendah, Misalnya, jenis makanan junkfood.

Cara Menghaluskan Telapak Tangan Secara Alami

Nah setelah kita mengetahui apa saja penyebabnya, mari baca dan simak cara-cara alami yang dapat menghaluskan telapak tangan yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

1. Lidah Buaya

Tumbuhan Lidah Buaya memiliki banyak khasiat yang luar biasa baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Lidah Buaya merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Kandungan Lidah Buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Maka tidak di ragukan lagi bahwa Lidah Buaya ini dapat menghaluskan telapak tangan yang kasar. Caranya: Belah satu buah daun Lidah Buaya menjadi dua bagian. Lalu, ambil gel di dalamnya dengan menggunakan sendok, lalu gosokkan ke bagian telapak tangan anda secara merapat, setelah itu tunggu sampai mengering dan bilas bersih.

2. Jeruk Nipis

Pada umumnya, kita hanya melihat jeruk nipis digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau masakan saja. Tapi ternyata masih ada manfaat lain yang bisa digunakan dari buah jeruk nipis ini. Satu diantaranya untuk menghaluskan telapak tangan yang terlihat kasar. Jeruk Nipis ini mengandung Vitamin C, Zat Besi, Kalsium, Fosfor, Mineral, Asam Sitrun, Asam Sitrat, Asam Amino, Minyak Atsiri serta AHA (alpha hydroxy acids) yang berguna untuk menghaluskan telapak tangan.

Caranya: Sebelum menggunakan Jeruk Nipis ini, pastikan dulu tidak terdapat luka di bagian telapak tangan anda! Tekan-tekan dengan kuat permukaan jeruk nipis tersebut, lalu belah menjadi dua bagian, setelah itu oleskan secara merata ke seluruh permukaan tangan, diamkan hingga kering.

3. Susu Cair

Pada umumnya juga Susu Cair ini lebih di kenal dengan minuman yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, dan juga mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh semua kalangan dan usia, terutama manfaatnya untuk pertumbuhan tulang karena memiliki kadungan kalsium. Kandungan susu yaitu kalsium, Zat Besi, Kalium, Vitamin A, D, B6, B12 dan Protein. Di era saat ini susu cair ini sudah banyak digunakan untuk menghaluskan kulit.

Caranya: Siapkan wadah berukuran sedang, lalu tuangkan susu cair ke dalamnya. Gunakan susu cair tersebut untuk merendam telapak tangan anda selama kurang lebih 10 menit atau 20 menit.

4. Ampas Kopi

Kopi adalah minuman yang paling diminati oleh kalangan muda tentunya. Ampas kopi ternyata bisa digunakan untuk perawatan kulit. Siapa yang sangka kalau kopi ini ternyata juga berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh, tentunya untuk menghaluskan telapak tangan yang terlihat kasar.

Caranya: Gunakan ampas dari secangkir kopi sebagai masker di telapang tangan anda, buat secara merata dan tunggu kurang lebih 15 menit atau 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Gula dan Madu

Selain sebagai pemanis masakan atau minuman, ternyata gula juga dapat digunakan untuk menghaluskan telapak tangan anda. Madu, meski juga dikenal secara meluas sebagai pemanis alami yang sering diminati oleh kebanyakan orang, faktanya ampuh digunakan untuk menghaluskan telapak tangan anda dan masih banyak khasiat lainnya.

Oleh karena manfaatnya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tidak ada salahnya anda mencoba untuk menghaluskan telapak tangan anda yang terlihat kasar tersebut, yang bahannya terdiri dari gula dan madu; selain itu bahan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal akan tetapi manfaatnya tidak diragukan lagi.

Caranya: Campur satu sendok makan madu dan satu sendok gula di wadah anda, lalu pijat-pijat telapak tangan dengan campuran tersebut dengan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Daun Pepaya

Kebanyakan orang hanya mengkonsumsi buah pepaya saja tanpa mengetahui bahwa daun pepaya juga memiliki khasiat yang mampu untuk kecantikan kulit. Ketika mendengar bagian daun pepaya ini, pasti yang terbayang di pikiran anda adalah rasa pahit alami yang dihasilkan dari daun pepaya ini. Namun ternyata daun pepaya ini sangat ampuh juga untuk kesehatan juga kecantikan kulit anda. Daun pepaya diperkaya dengan kandungan vitamin A, B, C, D, E dan kalsium.

Bagi Anda yang memiliki masalah di telapak tangan Anda, daun pepaya ini sangat memiliki potensi untuk menghaluskan telapak pada tangan Anda, dengan bahan-bahan alami. Maka anda patut mencoba menggunakan daun pepaya sebagai alternatif Anda.

Caranya: Pilihlah daun pepaya yang masih muda dan terlihat segar. Lalu gosok-gosokkan secara perlahan ke seluruh bagian telapak tangan anda yang terlihat kasar tadi dengan merata hingga daun pepaya menjadi lumat. Setelah kurang lebih 5 menit, bilas hingga bersih.

7. Air Garam

Garam adalah salah satu bumbu yang sering digunakan untuk masakan. Walaupun di masa sekarang orang orang sudah menyadari bahaya garam bagi tubuh kita jika digunakan atau dikonsumsi secara berlebihan. Namun garam tetaplah merupakan bagian atau bahan yang sangat bermanfaat untuk digunakan pada perawatan kulit.

Caranya:  Campurkan satu sendok makan garam dengan air hangat, lalu rendam kedua tangan Anda sambil menggosok-gosokkannya perlahan. Setelah 15 menit, cuci bersih, keringkan, dan oleskan body lotion.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk kehalusan kulit mereka. Hal itu sudah merupakan rahasia umum. Namun tidak hanya untuk kecantikan, minyak zaitun mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum anda ketahui. Akan tetapi di sini kita akan membahas tentang khasiat minyak zaitun untuk menghaluskan telapak tangan.

Minyak zaitun mengandung Vitamin E dan Vitamin K yang dapat digunakan untuk menghaluskan telapak pada tangan.

Caranya: Oleskan satu sendok teh minyak zaitun pada telapak tangan anda sebelum tidur atau sewaktu anda sedang beristirahat. Kalau sudah merata, diamkan semalaman dan bilas hingga bersih di pagi harinya hingga minyak zaitun tersebut sudah tidak ada lagi.

9. Kentang

Kentang mengandung anti-oksidan dan kaya mineral serta vitamin yang dibutuhkan kulit. Mengonsumsi dan menjadikan kentang sebagai bahan perawatan kulit maupun untuk kecantikan, dipercaya dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah, halus, dan sehat tentunya.

Caranya: Parut satu buah atau lebih kentang yang sudah di kupas, lalu gosok-gosokkan hasil parutan tersebut ke telapak tangan Anda yang terlihat kasar tersebut hingga merata. Kalau sudah merata, diamkan kurang lebih sekitar 20 menit, kemudian bilas parutan kentang dengan menggunakan jus lemon dan lanjut dengan air bersih, dan bilaslah dengan bersih dan secara perlahan.

10. Ampas Teh

Kebanyakan kita ketika selesai meminum teh kita membuang ampas tersebut, tanpa kita sadari ampas teh juga dapat untuk menghaluskan bagian kulit yang kasar. Selain nikmat untuk diminum ternyata juga dapat digunakan untuk kesehatan kulit maupun kecantikan.

Caranya: Menerapkan cara seperti ampas teh ini tidak ada bedanya dengan ampas kopi seperti yang sudah kita bahas di atas tadi. Setelah itu gunakan ampas teh tersebut menjadi masker tangan anda. Tunggu sekitar kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan bersih dan secara perlahan.

11. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat baik terutama untuk merawat kulit yang mengalami kekasaran terutama pada telapak tangan. Minyak kelapa dapat melembabkan berbagai macam kulit. Serta dapat membantu melembutkan kulit, minyak kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawatan telapak pada tangan kita yang sedang mengalami kekasaran pada telapak tangan.

Pijatan halus pada telapak tangan menggunakan minyak kelapa juga dapat membantu merelaksasi kulit agar lebih sehat dan halus.

Caranya: Pijat perlahan telapak tangan menggunakan minyak kepala secara merata lalu tunggu kurang lebih sekitar 10 menit, setelah itu bilas dengan bersih dan perlahan agar minyak kelapa tersebut mampu untuk memberikan kemulusan pada telapak tangan anda.

12. Daun Binahong

Cara menghaluskan telapak tangan permanen yaitu dengan menggunakan daun binahong. Manfaat Daun Binahong untuk kulit terutama untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar karena kurang perhatian atau perawatan. Daun binahong ini sangat banyak memiliki khasiat yang cukup fenomenal untuk kesehatan dan kecantikan dengan kandungannya diketahui secara ilmiah dapat mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh juga bermanfaat untuk kulit anda.

Daun ini sangat bermanfaat dikarenakan banyak mengandung gizi seperti Minyak astri, saponin, terpempid, dan flavonoid yang merupakan unsur senyawa daun binahong yang efektif dan aktif membunuh bakteri. Sehingga daun binahong ini dapat digunakan untuk menghaluskan telapak tangan anda.

Caranya:  Haluskan daun binahong sehalus mungkin kemudian oleskan secara merata di telapak tangan anda, setelah itu tunggu hingga kering kurang lebih 10 menit kemudian cuci dengan air hangat.

13. Campuran Lemon, Madu, Baking Soda

Buah Jeruk Lemon banyak mengandung vitamin, mineral, dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa Senyawa tanaman terdapat di buah jeruk lemon diantaranya adalah seperti asam sitrat, hesperidin, diosmin, eriocitrin, dan d-limonene. Sehingga Lemon sangat bermanfaat untuk menghaluskan telapak tangan anda yang kasar.

Yang kedua itu madu, meski juga dikenal secara meluas sebagai pemanis alami yang sering di minati oleh kebanyakan orang, faktanya ampuh digunakan untuk menghaluskan telapak tangan anda dan masih banyak khasiat lainnya. Oleh karena manfaatnya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tidak ada salahnya anda mencoba untuk menghaluskan telapak tangan anda yang terlihat kasar tersebut, yang bahannya terdiri dari gula dan madu; selain itu bahan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal akan tetapi manfaatnya tidak diragukan lagi.

Yang ketiga itu Baking soda, dimana selama ini baking soda hanya dikenal untuk pembuatan kue, sedangkan manfaatnya untuk yang lainnya itu sangatlah banyak dan tidak semua orang mengetahui hal apa saja yang menjadi manfaat dari baking soda. Baking soda adalah bahan kue yang sangat terkenal di kalangan pastry. Tanpa Banyak orang Mengetahui bahwa baking soda juga memiliki manfaat untuk menghaluskan telapak tangan anda yang kasar tersebut.

Caranya: Campurlah ketiga bahan tersebut ke dalam wadah, berikan sedikit air, lalu aduklah hingga membentuk pasta, gunakan sebagai masker pada telapak tangan anda yang terlihat kasar, tunggulah hingga kering biasanya kurang lebih 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat dengan lembut dan bersih.

14. Daun Teh

Teh mengandung polifenol sejenis anti oksidan bioflavonoid yang lebih baik dari vitamin E dan C yang sangat baik untuk merawat kulit dengan sangat baik apalagi teruntuk telapak tangan yang terlihat kasar dan menjadikannya halus dan lembut.

Anti Oksidan yang sangat tinggi juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit kita. Seperti kulit kasar dan pecah pecah. Nah, sangat cocok untuk anda yang memiliki telapak tangan yang kasar tersebut.

Biasanya yang banyak digunakan orang orang adalah air teh nya, tetapi ternyata daun teh nya juga dapat membantu menghaluskan telapak tangan kita.

Caranya: Gosok-Gosok daun teh pada telapak tangan anda sambil diremas selama kurang lebih 5 menit.

15. Baking Soda

Yang kita tahu bahwa Baking soda selama ini hanya dikenal untuk pembuatan kue, sedangkan manfaatnya untuk yang lainnya itu sangatlah banyak dan tidak semua orang mengetahui hal apa saja yang menjadi manfaat dari baking soda. Baking soda adalah bahan kue yang sangat terkenal di kalangan pastry. Tanpa Banyak orang Mengetahui bahwa baking soda juga memiliki manfaat untuk menghaluskan telapak tangan anda yang kasar tersebut.

Caranya: Campurkan sedikit madu pada baking soda, aduk hingga rata. Lalu gunakan sebagai masker pada tangan anda. Untuk hasil yang maksimal lakukan lah perawatan ini minimal 3 kali seminggu.

16. Cocoa Butter

Kandungan Lemak pada Cocoa atau yang paling akrab dikenal coklat ini sangat bak untuk merawat kulit yang mengalami kerusakan, termasuk pada telapak tangan anda yang mengalami kapalan dan kasar.
Caranya: Ratakan cocoa atau coklat ini pada seluruh tangan anda lalu tunggulah kurang lebih 15 menit kemudian bilaslah menggunakan air hangat. Cara ini di anjurkan untuk dilakukan secara rutin karena jika hanya sekali saja cara ini tidak dapat memberikan khasiatnya secara merata sehingga sangat di anjurkan untuk melakukan nya dengan secara rutin.

17. Tepung Jagung

Tepung jagung atau yang akrab di sapa tepung maizena ini adalah salah satu brand merek yang sangat terkenal. Brand merek sangat berpengaruh dalam manfaat kegunaannya. Tepung Maizena adalah tepung yang di hasilkan dari pati biji jagung yang memiliki kadungan protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi. Banyak orang yang menggunakan tepung ini untuk bahan makanan termasuk bahan kue. Ternyata tepung maizena ini ternyata memiliki khasiat untuk merawat kulit kita, termasuk untuk telapak tangan anda yang terlihat kasar.

Caranya: Cara ini sangat mudah cukup campurkan tepung jagung dengan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Setelah menjadi pasta gunakanlah pasta tersebut sebagai masker pada telapak tangan yang terlihat kasar tersebut, lalu tunggu hingga mengering atau kurang lebih 15 menit. Lalu bilas lah menggunakan air hangat dengan lembut dan bersih.

Lakukanlah cara ini dengan secara rutin agar khasiat yang diterima sangat bagus dan mampu menghaluskan telapak tangan yang terlihat kasar.

18. Mentega

Mentega, siapa yang tidak tahu apa itu mentega? , mentega itu adalah campuran yang digunakan untuk bahan membuat roti, ternyata tak hanya dapat membuat roti saja tetapi mentega juga dapat di gunakan untuk merawat kulit anda. Kandungan Vitamin A pada mentega juga dapat menjadikan kulit menjadi halus dan lembut.

Telapak Tangan yang kasar juga dapat menjadi halus jika dengan giat dan rutin menggunakan mentega sebagai masker.

Caranya: Gosok-gosok lah kedua tangan anda yang telah diberi sedikit mentega, lalu tunggu kurang lebih 10 menit lalu bilaslah dengan air hangat dengan bersih dan perlahan. Lakukan lah cara ini dengan secara rutin setiap pagi hari, agar tangan anda menjadi halus dan lembut.

19. Campuran Garam dan Minyak Zaitun

Caranya: Siapkan empat sendok makan garam halus, lalu beri 2 sendok makan minyak zaitun lalu aduk lah hingga rata, oleskan lah pada telapak tangan selama 20 menit. Dengan merawat menggunakan garam dan minyak zaitun ini dapat membuat telapak pada tangan anda menjadi halus dan lembut.

20. Sabun Cair dengan Kandungan Scrub

Mengapa telapak tangan bisa menjadi kasar? Sebab kulit telapak tangan kering, sehingga perlu untuk melakukan pelembapan. Lalu apakah sebatas itu untuk menghaluskan telapak pada tangan anda? Tentunya tidak, jadi sel sel kulit mati yang ada di telapak tangan anda di angkat. Baru kemudian di pertahankan kelembapannya, disini banyak orang yang bertanya tanya bagaimana caranya agar kelembapan nya bisa bertahan lama. Salah satunya menggunakan scrub , atau yang lebih di kenal dengan butiran butiran halus yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya: Gosok gosok lah telapak tangan anda dengan sabun cair secukupnya lalu bilaslah dengan lembut dan perlahan, lakukanlah cara ini dengan rutin agar sel kulit mati mampu di angkat dengan bersih tanpa sisa.

21. Shea butter

Shea butter sering digunakan oleh orang orang dewasa. Selain berguna untuk krim anti penuaian dini, ternyata shea butter ini juga dapat di gunakan untuk melembabkan kulit telapak tangan anda. Kandungan minyak dalam komposisinya mampu melembutkan telapak tangan anda yang sedang kasar.

Caranya: Anda cukup menggunakannya 2 kali dalam satu hari setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

22. Minyak Almond

Minyak almond ini tidak kalah ternarnya dengan minyak zaitun dalam hal kecantikan, karena minyak almond ini memiliki banyak khasiat untuk kulit anda. Khasiatnya mampu membantu anda mengatasi kulit kering dengan cara membantu mengontrol minyak dalam tubuh. Minyak almond ini juga berguna untuk melembabkan kulit tubuh anda, termasuk telapak tangan anda.

Caranya: Oleskan Minyak almond tersebut ke telapak pada tangan anda, lalu tunggulah sekitar kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air hangat, lakukanlah cara ini dengan secara rutin agar mampu meraih hasil yang maksimal pada kulit telapak tangan anda.

23. Campuran Pisang, Lidah buaya dan Madu

Cara menghaluskan telapak tangan dengan cepat yaitu menggunakan mencampurkan 3 bahan seperti pisang, lidah buaya, dan madu ini sangat mampu untuk menghaluskan telapak tangan anda.

Caranya: Kumpulkan 3 bahan utama seperti pisang, lidah buaya, dan madu, Bersihkan lidah buaya, lalu belah dan ambillah gelnya untuk dimasukkan ke dalam blender.

Setelah melakukan hal tersebut, mari kita lanjut dengan memasukkan pisang yang telah di kupas sebelumnya juga di dalam blender dan tambahkan sedikit madu, lalu blender lah hingga sehalus mungkin.

Setelah halus pindahkan bahan tersebut ke dalam sebuah wadah atau dapat langsung di gunakan kan dengan cara oleskan lah ke telapak tangan anda yang sudah di bersihkan terlebih dahulu.

Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas lah dengan menggunakan air bersih.

24. Oatmeal

Ternyata Oatmeal juga memiliki manfaat untuk mengangkat sel sel kulit yang mati serta mampu untuk melembabkan dan menghaluskan telapak tangan.

Caranya: Dengan mencampurkan oatmeal dengan air mawar, kemudian oleskan lah pada telapak tangan anda, lalu lakukan lah cara ini setiap hari secara rutin agar telapak pada tangan anda semakin halus.

25. Rumput Laut

Rumput laut dapat dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi santapan bersama nasi dan lauk pauk lain. Rumput laut banyak mengandung banyak nutrisi terutama vitamin E yang tinggi yang dapat mengatasi penyebab telapak tangan yang terlihat kasar, kering dan pecah pecah.

Mengkonsumsi rumput laut setiap hari dapat meningkatkan kualitas tangan yang lebih sehat, lembab alami, dan kencang.

26. Cuka Apel

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasi telapak tangan anda yang terlihat kasar. Kandungan asam alaminya dapat membantu kelembutan kulit yang kasar dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya: Celupkan kapas pada cuka apel dan tempelkan kapas tersebut pada bagian telapak kaki yang mengalami kekasaran sebelum tidur, biarkan semalaman. Lalu keesokan paginya, eksfoliasi bagian telapak tangan dengan batu apung, setelah itu oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa sesudahnya agar kelembapannya tetap terjaga, ulangi setiap hari hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

27. Gandum

Anda bisa mengatasi telapak tangan anda yang terlihat kasar dengan membuat scrub sendiri dari gandum (oatmeal). Ia akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati plus menjaga kelembapan telapak pada tangan anda tersebut.

Caranya: Campurkan satu sendok makan gandum bubuk dan minyak jojoba untuk membuat pasta, lalu oleskan pada telapak tangan anda, biarkan selama 30 menit setelah itu bersihkan dengan air dingin dan kekeringan. Lakukan hal ini di setiap hari hingga telapak tangan anda menjadi halus total.

28. Air Putih

Menurut seorang pakar dermatology asal kota Georgia, Amerika Serikat Dr. Kennet ellner, M.D mengemukakan bahwa, tanpa asupan air yang cukup, maka lapisan kulit telapak pada tangan akan mengalami dehidrasi, dimana hal itu akan berdampak pada telapak tangan menjadi tampak kering, kasar, kusam, dan gelap kehitam hitaman. Mecuci tangan adalah cara paling praktis dan paling efektif dalam menghaluskan telapak tangan anda supaya menjadi lebih lembab, segar, halus dan mulus.

Lupakan memiliki telapak tangan yang mulus, halus, dan cerah jika anda malas memenuhi kebutuhan mineral untuk tubuh kamu. Paling tidak, seseorang dewasa harus mengkonsumsi sekurang kurangnya 2,5 liter atau 8-10 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh anda. Air akan membuat jaringan sel-sel kulit telapak tangan terhidrasi dengan baik.

29. Beras

Selain untuk makanan utama dalam kebutuhan sehari-hari, ternyata beras dapat di manfaatkan untuk hal yang lainnya, yaitu untuk mengatasi masalah kulit kering atau kasar pada telapak tangan.

Caranya: Siapkan beras yang sudah di haluskan dan minyak zaitun atau madu, lalu campur kedua bahan tersebut hingga mengental atau membentuk pasta. Kemudian segera oleskan ke bagian telapak tangan anda, lalu diamkan selama 30 menit atau lebih. Terakhir bilaslah dengan air mengalir sampai bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

30. Putih Telur

Telur merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, ternyata mampu mengatasi masalah kulit misalnya pada telapak tangan kita.

Caranya: Siapkan satu butir telur dan satu sendok makan air lemon dan madu lalu campurkan ketiga bahan tadi hingga merata atau sampai berbentuk pasta, kemudian oleskan ke bagian telapak tangan anda dab diamkan lah selama beberapa menit atau sampai mengering. Lalu kelupas atau angkat masker dari kulit kemudian bilaslah dengan air hangat sampai menjadi bersih. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menghaluskan Telapak Tangan Menggunakan Produk

1. Paraffin wax

Anda dapat menggunakan paraffin wax untuk menghilangkan kulit yang kering dan mati serta menyembuhkan telapak tangan yang kering dan terlihat kasar. Ia juga bekerja sebagai emollient alami untuk melembutkan kulit dan menjaga kandungan minyak alami pada kulit.

Caranya: Panaskan paraffin wax secukupnya untuk pada microwave dan tambahkan minyak mustard atau minyak kelapa dengan jumlah yang setara, lalu oleskan pasta ini pada telapak tangan yang kering dan kasar. Biarkan semalaman dan bersihkan telapak tangan anda keesokan paginya, lalu lakukan setiap hari selama 1-2 minggu.

2. Hand Cream

Cara di atas adalah cara untuk mengatasi telapak tangan yang kasar dengan menggunakan bahan bahan yang sering kita gunakan sehari hari. Selain bahan di atas masih banyak lagi cara untuk menghaluskan telapak tangan anda yang terlihat kasar sehingga mengurangi kepercayaan diri anda. Salah satunya adalah Hand Cream, Hand Cream memang tidak sepopuler handbody atau pun bahan bahan di atas, padahal sebenarnya tubuh atau kulit kita ini memerlukan hand cream. Banyak orang yang bertanya tanya mengapa hand cream itu sangat di butuhkan untuk tubuh atau kulit. Karena pertama, tangan adalah hal yang orang lain perhatikan setelah memerhatikan wajah dan rambut anda.

Kedua Hand Cream ini mampu melembabkan kulit kita termasuk telapak tangan yang terlihat kasar. Maka dari itu anda perlu menggunakan hand cream secara rutin setiap sehabis mandi dan di sela sela aktivitas agar mampu menjaga kelembapan telapak pada tangan anda. Disini kita akan membahas 10 merek hand cream yang bagus berikut daftar nama nama hand cream tersebut dan penjelasannya.

  • Kiehls Ultra Strenght handsalve Hand Cream

Hand cream yang satu ini merupakan salah satu varian hand cream dari brand perawatan kulit terkenal. produk untuk menghaluskan telapak tangan ini di formulasikan bisa juga untuk telapak tangan anda yang kasar agar menjadi lembab dan terlepas dari kulit kering.

  • The Body Shop Hand Cream

Hand cream yang satu ini mengeluarkan seri pelembab tangan yang mudah di serap oleh kulit kita, hand cream ini juga dapat digunakan untuk telapak tangan anda yang kasar, karena hand cream ini menjaga kulit agar tidak kering.

  • Neutrogena Hand Cream

Salah satu hand cream untuk telapak tangan kasar yaitu Neutrogena Hand Cream. Hand cream yang satu ini tidak kalah menariknya dari hand cream lainnya, karena sangat mampu untuk menghaluskan telapak tangan anda yang terlihat kasar.

3. Minyak Castor

Minyak castor yang kental ini dapat membantu melembabkan kulit yang kering dan kasar, sehingga merupakan alat yang efektif untuk menghaluskan telapak tangan.

Caranya: rendam telapak tangan anda dengan air hangat selama 10 menit. Lalu gosok telapak pada tangan anda dengan batu apung, lakukan lah cara ini dengan setiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.

4. Baby oil

Baby oil juga dapat menjadi alternatif untuk menghaluskan telapak pada tangan anda yang terlihat kasar. Caranya anda cukup mengoleskan baby oil pada telapak tangan anda ketika terasa kasar dan kering dan ketika anda menggunakannya dengan rutin sehingga telapak pada tangan anda menjadi halus dan lembut.

Tips Mencegah Telapak Tangan Kasar

Jika anda telah melakukan perawatan pada telapak tangan anda. Berikut adalah anjuran untuk mencegah agar tidak terjadi lagi kekasaran pada telapak tangan anda:

  1. Hindari Rokok.
  2. Kelola stress dengan bijak.
  3. Pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung pelembap.
  4. Hindari paparan tangan anda dari alkohol.
  5. Konsumsi buah dan sayuran terutama yang mengandung Vitamin C dan E.
  6. Jika menginginkan hasil terbaik, kunjungilah dokter kulit untuk mendapatkan saran sesuai dengan jenis dan tipe kulit anda.

Baca Juga: 8 Kebohongan yang Biasa dilakukan Oleh Pria

Itulah beberapa cara menghaluskan telapak tangan secara alami yang bisa kami bagikan. Membuat telapak tangan lembut dan tidak kasar merupakan dambaan setiap orang. Intinya pelajari apa saja penyebab dan cara mencegah agar telapak tangan anda tidak kasar.

Tags: Telapak Tangan

Kecantikan 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com