30 Cara Menghaluskan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Obat Serta Efek Samping

30 Cara Menghaluskan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Obat Serta Efek Samping

Memiliki kulit yang halus dan cerah juga merupakan ciri kulit yang sehat dan terawat. Bergaya apapun tentu Anda akan tampak sempurna. Tidak heran jika banyak orang yang mati-matian mencari cara menghaluskan wajah secara alami atau dengan Cream wajah agar merubah penampilan fisiknya.

Faktanya, Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membantu wajah terlihat lebih halus baik secara alami ataupun menggunakan Cream. Cara menghaluskan wajah alami tentu akan lebih aman karena dapat memberikan berbagai kebaikan untuk kulit, seperti Vitamin dan nutrisi penting lainnya. Sedangkan menggunakan Cream wajah saat ini cukup populer.

Banyak Cream wajah tersedia di pasaran, namun membutuhkan kejelian dan konsultasi dengan dokter agar tidak salah pilih. Jika ingin mendapatkan wajah yang halus, tentu ada beberapa informasi yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut hal-hal yang wajib Anda ketahui tentang mengapa kulit kasar dan tidak halus, apa saja cara menghaluskan wajah secara alami, dengan Cream wajah, serta apa saja efek sampingnya.

Penyebab Wajah Kasar

1. Faktor Keturunan

Hal pertama yang bisa menyebabkan wajah anda menjadi lebih kasar karena adanya faktor keturunan. Bintik-bintik di wajah memang karena bisa faktor keturunan. Jadi kalau kedua orang tua memiliki wajah yang kasar, bisa jadi anda juga memiliki wajah yang kasar. Genetika bisa menentukan kulit anda kasar ataukah lebih lembut. Untuk itu, akan sulit melakukan cara menghaluskan wajah jika kulit kasar karena keturunan.

2. Menggunakan Kosmetik Terlalu Sering

Selanjutnya, bagi anda yang terlalu sering menggunakan kosmetik maka bisa memiliki resiko lebih besar kulit menjadi kasar. Penggunaan kosmetik seperti bb cream, foundation, ataupun bedak bisa membuat kulit menjadi kasar. Jadi, anggapan bahwa cara menghaluskan wajah dengan kosmetik adalah benar, tentu salah. Hal ini dikarenakan adanya pori tersumbat dan bisa menyebabkan wajah menjadi kasar.

3. Komedo

Sudah bukan rahasia lagi bahwa komedo bisa menyebabkan kulit menjadi kasar, bahkan ketika diraba maka akan sangat terasa komedo yang muncul di kulit wajah. Komedo bisa muncul dikarenakan kulit memiliki sumbatan dari sel kulit mati yang sudah menumpuk di pori-pori kulit. Tentu saja komedo ini tidak bisa dibiarkan karena bisa merusak penampilan anda. Namun, jika dikarenakan komedo, maka cara menghaluskan wajah tentu mudah, yaitu dengan perawatan alami.

4. Jerawat

Jerawat juga bisa menjadi penyebab wajah menjadi kasar. Jerawat sendiri akan memunculkan benjolan pada wajah. Banyak orang yang sering merasa kurang percaya diri dengan banyaknya jerawat pada wajah. Apalagi jika jerawat memberikan bekas, tentu akan membuat wajah menjadi kasar dengan kurun waktu yang lebih lama. Selain membuat wajah menjadi lebih kasar, jerawat juga memberikan rasa nyeri yang akan membuat anda merasa kurang nyaman. Disisi lain, jerawat juga dapat meninggalkan bekas bopeng. Cara menghaluskan wajah karena jerawat, bekas jerawat, dan juga bopeng masih bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami.

5. Jarang Membersihkan Wajah

Penyebab wajah menjadi kasar bisa juga karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan, misalnya kebiasaan jarang membersihkan wajah. Ketika anda jarang membersihkan wajah maka akan membuat wajah anda penuh dengan bakteri dan hal tersebut juga bisa membuat komedo dan jerawat datang. Jika memang Anda sangat jarang membersihkan wajah, cobalah rajin membersihkan wajah setelah beraktifitas di luar rumah sebagai salah satu cara menghaluskan wajah yang mudah.

6. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Jika jarang mencuci wajah dapat membuat wajah menjadi kasar, siapa sangka bahwa terlalu sering mencuci wajah juga bisa membuat wajah menjadi kasar. Sekalipun setiap hari ada debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Memang penting untuk mencuci wajah, tetapi jika dilakukan terlalu sering maka bisa menyebabkan wajah menjadi kering dan kulit akan menjadi kasar. Itulah mengapa sebaiknya anda memperhatikan apakah anda terlalu sering mencuci wajah untuk cara menghaluskan wajah, supaya tidak salah perawatan.

7. Menggunakan Kosmetik Yang Tidak Cocok

Selain terlalu sering menggunakan kosmetik, wajah kasar juga bisa dikarenakan kosmetik yang anda gunakan tidak cocok dengan jenis kulit wajah. Sangat penting memang untuk mengetahui jenis kulit anda sebelum menggunakan kosmetik. Efek samping yang diberikan akan membuat wajah menjadi lebih kasar dan masalah wajah juga datang. Untuk itu, cara menghaluskan wajah yang paling sederhana adalah dengan memilih kosmetik yang sesuai.

8. Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Penyebab lainnya bisa dikarenakan kebiasaan buruk anda sering menyentuh wajah. Sekalipun sepele ternyata terlalu sering menyentuh wajah dapat membuat kuman dan bakteri menempel pada wajah. Tangan anda sering sekali digunakan untuk menyentuh barang atau benda yang mungkin tidak bersih. Jika anda sembarangan menyentuh wajah maka dapat memberikan efek kulit menjadi tidak sehat dan terasa lebih kasar. Cara menghaluskan wajah selanjutnya adalah dengan tidak terlalu sering menyentuh wajah.

9. Sering Berganti Produk Perawatan

Untuk anda yang suka sekali melakukan perawatan, pastikan agar tidak terlalu sering mengganti produk perawatan anda. Kadang banyak wanita yang kurang puas dengan hasil perawatan yang didapatkan, kemudian memutuskan untuk mengganti produk perawatan. Hasilnya ada efek samping yang diberikan berupa kulit wajah yang menjadi kasar. Hal ini dikarenakan di dalam produk perawatan memiliki kandungan bahan kimia yang berbeda-beda. Jadi, jika anda mencari cara memutihkan muka, jangan gonta-ganti produk kecantikan Anda!

10. Memiliki Pola Hidup Tidak Sehat

Selain memperhatikan perawatan wajah, anda juga harus memperhatikan pola hidup. Wajah yang kasar bisa jadi karena anda memiliki pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja ketika anda sulit tidur dan sering begadang, maka akan memberikan dampak yang buruk untuk kulit anda. Jerawat dan komedo bisa datang kapan saja, sehingga akan memberikan efek kulit menjadi kasar. Mulai sekarang, anda harus bisa merubah pola hidup yang sehat supaya menjadi cara menghaluskan muka yang efektif.

11. Mengkonsumsi Makanan Kurang Sehat

Selanjutnya, wajah yang kasar juga bisa disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Beberapa makanan memiliki kandungan yang bisa memberikan dampak timbulnya jerawat dan komedo, sehingga akan membuat kulit anda menjadi lebih kasar. Biasanya makanan yang bisa membuat jerawat dan komedo muncul adalah makanan yang memiliki kandungan lemak atau minyak yang banyak. Cara menghaluskan wajah akan efektif jika Anda tidak mengkonsumsi makanan sembarangan.

12. Stress Berat

Pola yang tidak sehat mungkin salah satunya bisa dikarenakan stress berat. Stress juga bisa menjadi penyebab wajah kasar dan berbintik. Pengaruh stress pada wajah dan tubuh memang sangat besar, untuk itu ada baiknya agar menghindari stress. Cara menghaluskan wajah akan lebih ampuh kalau Anda lebih menghargai diri sendiri dan tidak mudah stress.

13. Karena Kondisi Cuaca

Tidak hanya faktor dalam diri sendiri, tetapi faktor luar juga ada misalnya saja karena kondisi cuaca yang kurang baik dan bersahabat dengan wajah anda. Cuaca yang dingin akan memberikan pengaruh kulit menjadi kasar sebab kering. Kulit tidak akan mendapatkan asupan air dengan baik sehingga akan menjadi kering dan perih. Ketika perih dan iritasi maka bisa menyebabkan kulit wajah akan kasar. Dengan demikian, pastikan anda memberikan perawatan ekstra sebagai cara menghaluskan wajah ketika cuaca sedang buruk.

14. Sinar Matahari Yang Menyengat

Selain cuaca yang dingin, sengatan matahari juga bisa menyebabkan wajah menjadi kasar. Paparan sinar matahari yang langsung menyengat pada wajah dapat menyebabkan munculnya bintik pada wajah. Hal tersebut tentu saja bisa menyebabkan wajah anda menjadi lebih kasar lagi. Jika anda sedang menjalani perawatan tentang cara menghaluskan wajah, jangan sering-sering melakukan aktifitas yang membuat kulit terpapar sinar matahari.

15. Kurang Air Putih

Selanjutnya, penyebab wajah kasar adalah kurangnya mengkonsumsi minum air putih. Seperti yang kita tahu bahwa kulit wajah juga membutuhkan asupan air untuk membuat wajah terlihat lebih segar. Jika kekurangan asupan air putih maka bisa menyebabkan kulit kering dan akhirnya efek samping terakhir bisa menyebabkan wajah menjadi kasar. Untuk itu, cara menghaluskan wajah pasti bisa berhasil dengan menjaga asupan air putih.

16. Hormon Tidak Seimbang

Hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab kenapa wajah tampak lebih kasar. Hormon akan menyebabkan wajah berbintik dan akhirnya menjadi kasar. Ketidakseimbangan hormon ini dikarenakan banyak hal, bisa jadi karena mengkonsumsi obat, menggunakan alat kontrasepsi, dan masih banyak yang lainnya. Periksakan diri Anda jika anda telah melakukan berbagai cara menghaluskan wajah karena mungkin anda memiliki hormon yang tidak seimbang.

17. Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi memang menjadi bagian untuk membantu wajah terlihat lebih lembut, tetapi siapa yang sangka bahwa terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menjadi penyebab wajah menjadi kasar. Eksfoliasi yang terlalu sering akan membuat wajah anda terasa lebih kering dan kasar. Untuk itu lakukan satu atau dua kali dalam satu minggu. Maka dari itu, cara menghaluskan wajah harus tidak boleh berlebihan termasuk ketika eksfoliasi.

18. Karena Milia

Kulit anda yang kasar bisa juga dikarenakan milia atau penumpukan keratin yang ada pada kelenjar minyak. Milia bisa juga disebut dengan jerawat bayi, sebab biasanya tumbuh pada bayi yang baru lahir. Sekalipun begitu, biasanya orang dewasa juga mengalami milia ini. Walaupun demikian, Anda masih dapat menggunakan cara menghaluskan wajah secara alami dalam kondisi tersebut.

19. Karena Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris juga bisa menjadi bagian penyebab wajah menjadi kasar, sebenarnya datang dengan sekelompok benjolan merah yang kecil dan hampir menyerupai jerawat tapi tidak ada rasa nyeri dan gatal. Biasanya disebabkan oleh penyakit turunan tapi hal tersebut hanya sebagian besar. Segera periksa ke dokter jika anda mengalami kondisi tersebut dan ingin mencari perawatan tepa sebagai cara menghaluskan wajah karena penyakit ini.

20. Adanya Alergi

Wajah kasar juga bisa disebabkan anda memiliki alergi. Alergi ini bisa datang dari makanan yang dikonsumsi dan tubuh tidak menerimanya. Tentu saja akan memberikan dampak wajah anda menjadi lebih kasar lagi. Maka dari itu, perhatikan apa saja yang Anda makan, dan apa saja pemicu alergi sebagai cara menghaluskan wajah jika karena memang alergi yang membuat kulit kasar.

21. Model Rambut

Model rambut juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa kulit wajah menjadi kasar. Kotoran rambut yang biasanya jatuh ke wajah akan memberikan dampak datangnya masalah kulit seperti jerawat ataupun komedo. Bakteri tersebut akan membuat pori-pori tersumbat dan dampak akhir wajah anda akan terasa lebih kasar. Untuk itu, cara menghaluskan wajah dapat dengan mengganti model rambut Anda.

Cara Menghaluskan Wajah Secara Alami

1. Menggunakan Pasta Gigi

Cara menghaluskan wajah dengan alami dan cepat yang pertama, anda bisa mencoba dengan menggunakan pasta gigi. Menggunakan bahan alami biasanya ada banyak di sekitar kita, termasuk menggunakan pasta gigi. Bukan hanya bisa digunakan untuk menghaluskan wajah saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengangkat komedo dan juga mengatasi kulit yang kusam. Cara alami ini juga mudah dilakukan sebab dapat ditemukan dimanapun.

Caranya:

  • Sediakan pasta gigi herbal secukupnya.
  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air hangat.
  • Kemudian oleskan pasta gigi herbal ke wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air biasa
  • Lakukan cara ini sehari satu kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 2. Menggunakan Pepaya

Selanjutnya cara menghaluskan wajah secara alami yang mudah ditemukan dan dapat menghaluskan wajah yaitu buah pepaya. Rasanya pepaya memang sudah sering digunakan untuk perawatan wajah. Pepaya akan bekerja untuk menjadi eksfoliator yang akan membantu mengangkat sel kulit mati. Jadi selain dapat menghaluskan wajah dapat digunakan untuk mengatasi komedo, jerawat, dan juga komedo dengan cepat.

Caranya:

  • Sediakan buah pepaya yang sudah matang secukupnya.
  • Haluskan buah pepaya tersebut.
  • Tambahkan minyak zaitun atau madu asli.
  • Aduk rata sampai seperti pasta, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Pastikan anda sudah membilas wajah anda.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Lakukan cara menghaluskan wajah ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Menggunakan Kulit Jeruk

Jika biasanya anda suka sekali mengkonsumsi jeruk, maka jangan membuang bagian kulitnya sebab dapat digunakan untuk membantu menghaluskan wajah. Di dalam kulit jeruk ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk perawatan kulit wajah tanpa efek samping.

Caranya:

  • Sediakan kulit jeruk segar dan 3 sendok teh air lemon .
  • Blender kedua bahan tersebut. Pastikan untuk tidak terlalu encer.
  • Kemudian bersihkan wajah, dan oleskan kulit jeruk yang sudah lembut tersebut pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 5 menit dan gosok perlahan. Bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Menggunakan Yogurt Dan Pisang

Selain pepaya, anda juga bisa menggunakan buah pisang untuk perawatan wajah agar lebh halus. Pisang ini memiliki kandungan Vitamin E dan juga kalium untuk membuat wajah halus. Agar lebih cepat menghasilkan wajah yang halus, ada baiknya jika dicampurkan dengan yogurt yang juga memiliki nutrisi baik untuk wajah.

Caranya:

  • Sediakan buah pisang dan haluskan sebanyak 1 cangkir.
  • Campurkan dengan yogurt dan aduk sampai seperti pasta.
  • Cuci wajah anda terlebih dahulu. Kemudian oleskan secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Cara ini lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil cepat.

5. Menggunakan Alpukat

Banyak sekali jenis buah yang bisa digunakan untuk membantu wajah agar tetap cerah dan halus. Alpukat adalah salah satu buah yang bisa digunakan untuk melembutkan wajah sebab memiliki kandungan lemak bak yang tinggi dan beberapa nutrisi lainnya. Alpukat juga bisa membantu melembabkan kulit.

Caranya:

  • Sedakan satu buah alpukat segar dan ambil bagian dagingnya.
  • Campurkan dengan madu asli sedikit saja. Aduk sampai jadi rata.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dan olesakan pasta alpukat tersebut secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit atau sampai kering.
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu untuk hasil lebih cepat.

6. Menggunakan Telur dan Madu

Cara tradisional menghaluskan wajah dengan campuran telur dan madu banyak sekali orang praktekkan. Rasanya sudah bukan rahasia lagi bahwa telur juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah.  Kandungannya akan merawat wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Campurkan dengan madu asli agar mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Caranya:

  • Sediakan satu butir telur yang sudah diambil bagian putihnya. Kemudian kocok putih telur tersebut.
  • Campurkan dengan 2 sendok makan madu alami dan aduk rata.
  • Cuci wajah terlebih dahulu dan oleskan merata seperti menggunakan masker.
  • Diamkan selama 30 menit agar kandungan meresap.
  • Bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu untuk hasil lebih cepat.

7. Menggunakan Tomat

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan tomat yang merupakan salah satu bahan yang mudah ditemukan. Buah tomat ternyata juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu menghaluskan wajah. Di dalamnya juga ada senyawa likopen yang bisa membantu merawat kulit, bahkan dapat digunakan untuk menghilangkan komedo.

Caranya:

  • Sediakan satu buah tomat yang masih segar. Kemudian belah menjadi 2.
  • Sediakan bubuk kopi dan taburkan pada bagian dalam potongan tomat tersebut.
  • Usapkan pada wajah yang sudah dicuci bersih.
  • Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Cara ini gunakan 3 kali dalam satu minggu.

Cara lainnya, anda bisa membuat tomat menjadi masker wajah alami yang juga bisa melembutkan wajah.

8. Menggunakan Scrub Kopi

Selanjutnya, anda bisa menggunakan scrub kopi untuk membantu menghaluskan wajah. Scrub kopi memiliki butiran kecil yang akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati. Cara ini sangat alami untuk membantu perawatan wajah.

Caranya:

  • Sediakan 2 sendok makan kopi bubuk dan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan.
  • Campurkan kopi bubuk dan minyak zaitun sampai jadi scrub.
  • Cuci wajah dan oleskan scrub kopi pada wajah secara merata.
  • Gosok perlahan-lahan dan diamkan selama 15 detik.
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Cara ini lakukan 3 kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal.

9. Menggunakan Lemon

Lemon merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk membantu menghaluskan kulit wajah dengan baik. Lemon akan bekerja menjadi eksfoliator dan membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Kulit kasar anda akan menjadi lebih lembut dengan menggunakan lemon.

Caranya:

  • Sediakan 1 buah lemon dan madu asli sebanyak 2 sendok makan.
  • Peras lemon untuk diambil airnya saja, kemudian campurkan dengan madu.
  • Cuci wajah dan oleskan campuran tersebut pada wajah.
  • Diamkan selama 30 menit agar kandungan bisa bekerja.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Cara ini lakukan 3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih cepat.

10. Lakukan Eksfoliasi

Agar mendapatkan wajah yang halus, ada baiknya anda harus sering melakukan eksfoliasi. Cara ini sudah membuktikan sangat ampuh untuk perawatan wajah. Cara kerjanya akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah akan terasa lebih lembut.

Caranya:

  • Anda bisa menggunakan minyak zaitun.
  • Gosokkan pada wajah dan gosok agar sel kulit bisa terangkat.
  • Diamkan selama semalaman dan bilas dengan air bersih esoknya.

Sebenarnya, eksfoliasi ini dapat digunakan dengan bahan alami apapun asalkan ada hasil dengan pengangkatan sel kulit mati.

11. Menggunakan Wortel Dan Madu

Bahan alami juga bisa dipadukan, misalnya saja menggunakan wortel dan madu. Kedua bahan ini sangat cocok digunakan untuk menghaluskan wajah secara alami dan tidak memberikan efek samping. Selain itu, wortel yang dipadukan dengan madu asli akan membantu untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah.

Caranya:

  • Sediakan beberapa wortel yang sudah diparut.
  • Campurkan dengan madu 2 sendok makan dan aduk sampai rata.
  • Cuci wajah dan gunakan paduan wortel madu pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 15 menit agar kandungan dapat bekerja dengan baik.
  • Bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Lakukan cara ini 1 kali dalam satu minggu untuk hasil sempurna.

12. Menggunakan Apricot Dan Madu

Tidak hanya wortel saja yang bisa dipadukan dengan madu, tetapi buah apricot juga memiliki peran untuk menghaluskan wajah. Apricot memiliki kandungan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya itu, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah wajah yang lainnya.

Caranya:

  • Sediakan buah apricot secukupnya, kemudian hancurkan sampai lembut.
  • Campurkan adonan tersebut dengan madu asli.
  • Cuci wajah dan oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit agar kandungan dapat meresap.
  • Bilas dengan menggunakan air bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kandungan apricot dan madu ini juga akan membantu menghilangkan minyak pada wajah yang berlebih.

13. Menggunakan Lidah Buaya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya punya kandungan yang bisa digunakan untuk banyak hal. Tidak hanya digunakan untuk melembutkan rambut tetapi juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah. Bukan hanya menghaluskan wajah, tetapi juga membantu memberikan perawatan dari beberapa masalah wajah yag mengganggu.

Caranya:

  • Sediakan gel lidah buaya yang masih segar.
  • Kemudian haluskan dan aplikasikan pada wajah yang sudah dicuci secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Cara ini bisa dilakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Menggunakan Minyak Kelapa

Bukan hanya lidah buaya, tetapi anda juga bisa menggunakan minyak kelapa agar membantu wajah menjadi lebh halus. Di dalam minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang bisa membantu melembabkan wajah dan juga mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Caranya:

  • Sediakan 1 sendok makan minyak kelapa.
  • Cuci wajah sampai bersih dan anda bisa mengoleskan pada wajah secara merata.
  • Berikan pijatan beberapa detik agar wajah terasa nyaman.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Cara ini ampuh dilakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang lebih cepat.

15. Menggunakan Kunyit

Kunyit sering sekali digunakan sebagai salah satu bahan masakan, namun siapa yang sangka bahwa kunyit juga bisa digunakan untuk membantu menghaluskan wajah tanpa efek samping. Kandungannya akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi jerawat ataupun masalah wajah yang lainnya.

Caranya:

  • Sediakan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan.
  • Tambahkan susu murni secukupnya.
  • Campur sampai menjadi pasta.
  • Cuci wajah anda dan terapkan campuran kunyit dan susu tersebut pada wajah anda.
  • Diamkan selama 30 menit dan cuci menggunakan air bersih.
  • Cara ini bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

16. Menggunakan Daun Mint

Daun mint termasuk salah satu bahan alami yang bisa membantu untuk menghaluskan wajah. Di dalamnya ada kandungan menthol yang aka memberikan efek rileks dan mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya itu, tetapi daun mint juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan masalah wajah lainnya.

Caranya:

  • Sediakan daun mint beberapa lembar, kemudian jus.
  • Cuci wajah anda dan terapkan jus daun mint tersebut pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bisa bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Menggunakan Timun

Sudah bukan rahasia lagi bahwa timun dapat digunakan untuk membantu menghaluskan wajah. Timun juga sudah sering digunakan untuk bahan dasar alat kecantikan atau perawatan wajah. Kandungan pH timun ini sangat cocok untuk kulit. Kandungan air yang banyak bisa digunakan untuk melindungi dari bakteri dan melembabkan.

Caranya:

  • Sediakan satu buah timun yang masih segar.
  • Lembutkan timun tersebut dan campur dengan oatmeal 2 sendok makan.
  • Aduk rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil lebih cepat dan maksimal.

17. Menggunakan Madu

Tidak perlu dipadukan dengan bahan alami lainnya, madu sudah bisa digunakan untuk membantu menghaluskan wajah dengan alami. Madu memiliki kandungan yang hampir lengkap untuk memberikan perawatan sempura pada wajah. Tidak hanya menghaluskan wajah tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, komedo, flek hitam, dan beberapa masalah wajah lainnya.

Caranya:

  • Sediakan madu asli 1 sendok makan
  • Cuci wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan madu asli secara merata pada wajah.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Cara ini lakukan setiap hari untuk menghasilkan wajah halus lebih cepat.

18. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menghaluskan wajah. Minyak pohon teh ini punya kandungan yang akan bekerja untuk memberikan perlindungan ekstra dan mengatasi bakteri penyebab jerawat. Jerawat yang ada di wajah bisa menyebabkan kulit menjadi kasar.

Caranya:

  • Sediakan minyak pohon teh satu sendok makan.
  • Tambahkan sedikit air.
  • Cuci wajah sampai bersih.
  • Oleskan pada wajah secara merata dan berikan pijatan selama beberapa menit.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan setiap malam ketika akan tidur agar memberikan hasil sempurna.

19. Menggunakan Tepung Beras

Tepung beras tidak hanya digunakan untuk membuat makanan, tetapi manfaatnya juga bisa digunakan untuk membantu menghaluskan wajah. Efek yang diberikan untuk menghaluskan wajah terasa lebih cepat, hanya beberapa kali penggunaan sudah bisa mendapatkan hasilnya.

Caranya:

  • Siapkan tepung beras kualitas terbaik satu sendok makan.
  • Berikan campuran air hangat sampai jadi pasta.
  • Cuci wajah anda, dan oleskan secara merata pada wajah.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Cara ini bisa dilakukan setiap hari jika ingin hasil yang lebih cepat lagi.

Cara Menghaluskan Wajah dengan Cream Wajah

1. Menggunakan Garnier Skin Naturals Sakura White Serum Cream SPF 21

Untuk membantu menghaluskan wajah dan membuat pori-pori wajah bekerja dengan baik maka anda bisa mencoba menggunakan Garnier Skin Naturals Sakura White Serum Cream SPF 21. Produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebab memilik kandungan ekstrak alami sakura dan juga pore smoothing serum dimana akan bekerja untuk membuat wajah terlihat lebh cerah dan mulus.

Produk Garnier Skin Naturals Sakura White Serum Cream SPF 21 juga memiliki kandungan SPF 21 yag akan bekerja untuk melindungi wajah dari sinar UV ketika beraktivitas sehari-hari. Selain dapat menghaluskan kulit, ternyata produk ini juga bisa digunakan untuk membantu mencerahkan dan membuat wajah tidak kusam.

2. Menggunakan Pond’s Flawless White Dewy Rose Cream SPF 30

Selanjutnya, anda juga bisa memilih Pond’s Flawless White Dewy Rose Cream SPF 30 yang juga produk terkenal di Indonesia. Produk ini akan membantu menghaluskan wajah, memutihkan, bahkan juga untuk membantu melembabkan wajah.

Produk ini dilengkapi dengan kandungan SPF 30 yang juga akan melindungi wajah dari sengatan sinar matahari ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Pond’s Flawless White Dewy Rose Cream SPF 30 akan membantu memberikan perawatan yang maksimal untuk kulit wajah anda agar terasa lebih lembut.

3. Menggunakan Olay Total Effect 7 in One Anti-ageing Day Cream Normal SPF 15

Olay Total Effect 7 in One Anti-ageing Day Cream Normal SPF 15 merupakan produk selanjutnya yang bisa membantu anda untuk menghaluskan wajah dengan cepat. Produk ini memiliki 7 manfaat yang hadir dalam satu kemasan. Tidak hanya bisa digunakan untuk menghaluskan wajah tetapi juga bisa digunakan untuk membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Ada kandungan vitamin E yang akan membantu menjadi antioksidan dan bisa membantu merawat wajah menjadi lebih lembut dan sehat. Olay Total Effect 7 in One Anti-ageing Day Cream Normal SPF 15 yang akan melindungi kulit wajah anda dari sengatan sinar matahari.

4. Menggunakan Wardah Lightening Day Cream Step 1

Jika anda ingin wajah terasa dengan halus maka bisa mencoba produk Wardah Lightening Day Cream Step 1 yang sudah banyak diguakan para wanita. Memiliki kandungan vitamin B3 membuat produk ini bisa membantu meregenerasi kulit yang baru dan membuat wajah menjadi lembut.

Produk Wardah Lightening Day Cream Step 1 ini tidak membuat wajah anda menjadi berminyak, jadi semakin nyaman digunakan sebab ada kandungan rumput laut. SPF 30 nya akan membantu menjaga wajah anda dari sinar matahari yang merusak.

5. Menggunakan L’Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Melanin Vanish Day Cream SPF 17

Cream untuk membantu menghaluskan wajah selanjutnya ada L’Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Melanin Vanish Day Cream SPF 17. Produk ini memang merupakan produk internasional dan sangat berkhasiat digunakan untuk menghaluskan wajah. Bukan hanya itu, tetapi L’Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Melanin Vanish Day Cream SPF 17 bisa juga digunakan untuk menyamarkan noda hitam di kulit anda.

Produk ini juga memiliki kandungan tourmaline gemstone yang akan bekerja untuk mencerahkan kulit. Kandungan SPF nya juga bisa digunakan untuk melindungi wajah dari sinar matahari.

6. Menggunakan Shu Uemura Ultime8 Sublime Beauty Oil In Cream

Banyak produk cream yang bisa digunakan untuk menghaluskan wajah, ada Shu Uemura Ultime8 Sublime Beauty Oil In Cream. Di dalam produk ini ada 8 jenis kandungan minyak yang membuat wajah menjadi lebih halus, cerah, kencang, dan mendapatkan nutrisi.

Selain itu, produk ini memiliki kandungan ekstrak daun bunga teratai yang akan mengecangkan kulit. Bukan hanya itu, produk in juga membantu wajah menjadi lebih lembab. Sangat cocok untuk perawatan kulit wajah dengan hasil yang cepat.

7. Menggunakan Eau Thermal Avene Hydrance Optimale Rich Hydrating Cream

Mungkin anda jarang mendengar Eau Thermal Avene Hydrance Optimale Rich Hydrating Cream yang juga termasuk Cream untuk melembutkan wajah. Produk ini memiliki kandungan air Avene yang bisa digunakan untuk melembutkan wajah.

Ada juga kandungan lipomucine yang membuat kulit menjadi lebih optimal lagi. Cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan sensitive.

8. Menggunakan Laneige Water Bank Gel Cream

Untuk membantu melembutkan wajah, anda bisa mengguakan Laneige Water Bank Gel Cream. Produk ini bisa digunaka untuk kulit kering. Ada kandungan hydro ion mineral water yang bisa membantu melembabkan kulit. Bukan hanya itu, ada kandungan minyak zaitun yang juga membantu melembabkan kulit.

Produk ini akan membuat wajah anda terasa lembut dan halus tanpa ada masalah wajah yang menganggu.

9. Menggunakan SK-II R.N.A Power Radical New Age

Beberapa wanita pasti sudah tidak asing dengan produk SK-II R.N.A Power Radical New Age sebagai cara menghaluskan wajah. Produk ini akan membantu melembutkan, melembabkan, dan juga membuat anda terlihat lebih muda lagi.

Jika anda menggunakannya secara rutin, maka ada kandungan extra Chlorella yang bisa membantu untuk menyamarkan garis halus dan juga membantu mengatasi tanda penuaan.

10. Menggunakan Kiehl’s Ultra Facial Cream

Rekomendasi cara menghaluskan wajah terakhir ada Kiehl’s Ultra Facial Cream yang bisa membantu melembutkan wajah anda dengan lebih cepat. Produk ini juga termasuk produk internasional yang sudah banyak digunakan para artis. Selain melembutkan, ternyata produk ini juga bisa digunakan untuk membantu melembabkan wajah dengan cepat.

Produk ini juga memberikan nutrisi untuk kulit wajah, jadi selain memiliki wajah cantik tetapi kulit anda juga terasa lebih sehat juga. Kiehl’s Ultra Facial Cream memang sangat efesien untuk perawatan wajah anda.

Efek Samping Menggunakan Cream Wajah Sembarangan

1. Merkuri menyebabkan kerusakan ginjal dan fungsi otak pada ibu hamil

Anda pasti sudah sering dengar dan tahu bahwa membeli Cream untuk perawatan wajah tidak bisa sembarangan. Pastikan bahwa Cream yang anda beli tidak memiliki kandungan berbahaya seperti merkuri. Merkuri atau air raksa merupakan logam yang ada di kondisi normal dan memiliki bentuk cair berwarna abu-abu. Merkuri juga tidak memiliki bau namun dampaknya pada kulit cukup berbahaya. Bahan ini memberikan pengelupasan epidermis kulit. Jika digunakan dalam jangka panjang maka akan menyebabkan hal parah seperti rusaknya fungsi ginjal, dan juga kelainan pada fungsi otak jika digunakan pada ibu hamil.

Cara menghaluskan wajah dengan menggunakan bahan kecantikan yang mengandung Merkuri sudah dilarang pemerintah. Namun, faktanya masih banyak barang-barang kosmetik ilegal yang masuk dengan kandungan Merkuri dan cukup mengkhawatirkan.

2. Hidrokinon menyebabkan hiperpigmentasi

Selain merkuri ada juga hidrokinon yang juga menyebabkan efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Hidrokinon sendiri merupakan sebuah bahan kimia yang sering digunakan pada proses cuci cetak foto untuk menstabilkan minyak. Penggunaan hidrokinon dengan kadar yang tinggi juga memberikan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Efek samping yang diberikan bisa membuat hiperpigmentasi atau membuat kulit berwarna lebih gelap. Kemudian pigmen kulit juga hilang sebab matinya sel melanosit, biasanya akan ditandai dengan muncul bercak putih yang ada pada kulit wajah anda. Efek lainnya, bisa menyebabkan wajah menjadi berwarna biru kehitaman. Biasanya disebabka oleh penumpukan penyakit alkaptonuria.

3. Steroid menyebabkan katarak, pelemahan tulang, dan penipisan kulit

Steroid merupakan bahan yang biasanya diberikan untuk membantu mengurangi adanya peradangan seperti kulit yang merah dan gatal-gatal. Jika digunakan dengan kadar yang tinggi bisa memberikan efek samping yang berbahaya seperti katarak ataupun pelemahan pada tulang. Jika digunakan pada kulit atau wajah, maka efek samping yang diberikan bisa berupa penipisan pada kulit. Apabila kulit menjadi tipis maka akan membuat lebih mudah terluka dan tergores.

Jika steroid dioleskan pada kulit dan masuk pada pembuluh darah maka bisa menyebabkan hal lainnya seperti pembuluh darah kapiler akan tampak jelas di permukaan kulit sebab adanya penipisan yang begitu terlihat jelas. Selain itu juga bisa menyebabkan jerawat datang dan membuat perlambatan penyembuhan luka pada wajah.

4. Rhododenol menyebabkan kulit bercak-bercak putih

Ada rhododenol yang juga termasuk kandungan berbahaya sebab bahan kimia ini membuat kulit bercak-bercak putih karena mengurangi produksi melanin. Jika di Jepang, bahan ini memang disahkan dan sering digunakan untuk alat kosmetik. Namun, tidak lama hal tersebut juga dicabut izinnya di Jepang sebab memiliki efek buruk untuk kesehatan. Untuk itu, hati-hati memilih produk cara menghaluskan wajah yang mengandung Rhododenol.

Efek sampingnya memang tidak seheboh beberapa bahan kimia lainnya. Di Indonesia dulu juga pernah diizinkan penggunaannya tetapi setelah itu dicabut juga karena bisa memberikan efek samping bercak-bercak putih pada kulit anda.

5. Kombinasi hidrokinon, kortikosteroid, dan retinoic acid membuat kulit menipis tampak merah muda

Ada kortikosteroid dan juga retinoic acid yang biasanya digunakan secara umum di pengobatan kulit. Namun jika bahan tersebut dicampur dengan hidrokinon maka produk tersebut tidak akan aman untuk digunakan. Tentu saja ini tidak akan baik untuk Anda jadikan sebagai cara menghaluskan wajah.

Jika digunakan dalam waktu yang panjang dan juga kadar yang cukup tinggi maka bisa berdampak efek samping yang kurang baik pada wajah anda. Hal ini tentunya membuat wajah anda berada dibagian tidak aman karena efek sampingnya yang berbahaya. Misalnya saja seperti penipisan pada kulit dan membuat kulit anda menjadi warna merah muda. Jika hal tersebut terjadi pada wajah anda maka bisa membuat penampilan anda menjadi berkurang nilainya.

6. Vitamin C dan turunannya yang terlalu tinggi membuat ginjal tertekan, gagal ginjal, dan pusing-pusing

Apakah Vitamin C dan turunannya adalah cara menghaluskan wajah terbaik? Vitamin C memang bisa digunakan untuk membantu memutihkan kulit dan bisa digunakan juga sebagai antioksidan yang kuat dan menekan reaksi pada oksidasi pada sintetis melanin. Vitamin C yang digunakan untuk memutihkan kulit biasanya akan diberikan melalui bentuk suntik.

Sekalipun sangat ampuh digunakan untuk membantu memutihkan kulit namun jika digunakan dalam kadar yang tinggi bisa memberikan efek samping berupa kerja ginjal yang memperberat atau bahkan gagal ginjal. Bisa merasa pusing-pusing, kemudian bsa juga menyebabkan ginjal, dan juga bisa dapat pingsan.

Untuk wanita yang sedang hamil, ada baiknya suntikan vitamin C dihindari sebab bisa mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan.

Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Lembut dan Halus

1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Untuk menjaga kelembutan wajah anda agar tetap terjaga ada beberapa hal yang harus dilakukan, salah satunya harus mengkonsumsi air putih.yang banyak. Mengkonsumsi air putih banyak tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda tetapi juga membantu menjaga wajah tetap lembut. Ketika anda mengkonsumsi air putih maka kelembaban kulit wajah juga terjaga dengan baik sebab terhidrasi. Untuk itu, mulai sekarang cobalah Anda meminum air putih yang cukup sebagai cara menghaluskan wajah.

2. Hindari Begadang

Selanjutnya, anda juga harus memberikan kebiasaan yang baik agar kulitwajah tetap lembut. Pastikan untuk menghindari begadang sebab hal tersebut selain mengganggu kesehatan anda juga bisa memberikan dampak yang buruk untuk kulit wajah. Jika anda terlalu sering begadang maka kulit juga tidak akan bersinar dan timbul bintik-bintik yang membuat wajah terlihat lebih kasar.

Untuk itu, pastikan memberikan waktu istirahat yang berkualitas agar wajah tetap lembut. Waktu istirahat yang harus anda miliki sekitar 8-9 jam dalam satu hari. Selain wajah anda akan terlihat lebih lembut, tubuh juga akan menjadi lebih sehat. Serius, tubuh Anda butuh istirahat dan jangan sampai memforsir tubuh. Cara menghaluskan wajah dengan menghindari begadang ini juga bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Hindari Sering Membersihkan Wajah

Selain harus menghindari begadang, pastikan juga anda menghindari kebiasaan membersihkan wajah. Membersihkan wajah memang memberikan dampak yang baik untuk kulit wajah, namun jika terlalu sering membersihkannya maka akan membuat wajah menjadi kasar. Pastikan untuk membersihkan wajah dua kali dalam satu hari. Selain itu, ketika akan membersihkan wajah pastikan tidak menggosok wajah terlalu berlebihan sebab dapat menghilangkan lapisan kulit yang lembab dan alami.

Jika anda ingin mengurangi kadar minyak yang terlalu berlebih maka anda bisa menggunakan bantuan bahan alami agar membuat wajah tampak lebih cerah dan lembut.

4. Jangan Memencet Jerawat

Kebiasaan buruk lainnya dan sering dilakukan adalah memencet jerawat. Memang jika ada jerawat yang muncul pada wajah terkadang ingin memencetnya agar lekas hilang. Namun, siapa yang sangka bahwa memencet jerawat akan membuat wajah menjadi lebih kasar lagi. Jika anda ingin membersihkan jerawat yang ada pada wajah, ada baiknya meminta bantuan dermatologis agar lebih aman dan tidak memberikan efek samping pada wajah anda.

Selain membuat wajah terlihat kasar, memencet jerawat juga bisa membuat masa penyembuhan lebih lama. Tentu penampilan anda akan terlihat lebih terganggu dengan adanya jerawat. Nah, jika anda ingin mencari cara menghaluskan wajah pasca berjerawat, hindari kebiasaan yang satu ini ya!

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk membantu wajah agar tetap terasa lebih halus lagi, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pola makan memang memberikan pengaruh pada kehalusan wajah anda, pastikan untuk menjaga kandungan gizi pada makanan anda. Jika ingin aman, maka konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain membantu menjaga kelembutan kulit wajah, makanan bergizi membuat tubuh anda juga sehat. Itulah mengapa sangat penting menggunakan makanan yang bergizi sebagai cara menghaluskan wajah yang tepat.

Baca Juga: 5 Kelebihan Yang Dimiliki Cewe Pemalas

Berbagai informasi lengkap tentang apa saja cara menghaluskan wajah yang alami atau dengan cream wajah sudah kami paparkan. Ketika Anda ingin menggunakan merk Cream wajah apapun, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter ahli kulit terlebih dahulu. Ketika Anda ingin cantik, Anda mungkin akan mencari cara yang instan. Namun, jika cara yang instan tersebut malah akan merugikan Anda dikemudian hari, maka sebaiknya Anda menggunakan cara alami yang tidak menimbulkan efek samping apapun dan akan memberikan segudang kebaikan untuk kulit Anda.

Tags: Menghaluskan Wajah, Wajah

Kecantikan 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com