34 Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

34 Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

Jika dilihat dari pengertiannya, uban merupakan perubahan warna rambut dari hitam menjadi abu-abu dan kemudian memutih. Warna asli rambut orang Indonesia biasanya hitam dan kegelapan, itu disebabkan karena kandungan melaminnya lebih tinggi. Jika warna rambut telah berubah menjadi putih, berarti telah terjadi proses perubahan kadar melamin.

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan uban, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan munculnya uban. Tentu hal ini yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Karena ternyata, tumbuhnya uban tak selalu disebabkan oleh faktor usia tapi ada hal lain yang mempengaruhi.

Penyebab Munculnya Uban Lebih Cepat

Faktanya ada beberapa faktor yang menyebabkan uban pada pria dan wanita tumbuh lebih cepat, yaitu:

1. Genetik

Ini salah satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa penyebab tumbuhnya uban juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Bahkan, Anda yang masih berusia muda ternyata sudah tumbuh uban yang sering kali membuat jengkel. Proses pertumbuhan uban diusia muda ini telah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua ke anak. Jika saat muda orang tua Anda mengalami masalah rambut beruban, besar kemungkinan hal itu akan diturunkan kepada anak cucunya.

2. Stres

Stres juga ternyata dapat mempengaruhi uban Anda cepat tumbuh. Hal ini disebabkan, karena terhambatnya produksi melamin yang merupakan pigmen alami pewarna pada rambut Anda. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengatur keseimbangan pikiran dan berikan cukup istirahat pada otak Anda, agar tak mengalami stres yang berkepanjangan.

3. Kurangnya Nutrisi dan masalah Kesehatan

Jangan pernah meremehkan asupan gizi yang Anda konsumsi. Karena ternyata, asupan gizi yang kurang atau buruk mampu menyebabkan uban akan tumbuh lebih cepat pada usia muda. Kekurangan protein, vitamin B12, anemia, tiroid, vitiligo, masalah kelenjar pituitari, serta masalah kesehatan lainnya, merupakan penyebab lain uban tumbuh prematur.

4. Merokok

Faktor lain yang menyebabkan uban tumbuh lebih cepat adalah dikarenakan karena seringnya merokok. Pada sebuah penelitian di National Center for Biotechnology Information yang diterbitkan pada tahun 2010, mengungkapkan bahwa, perokok dua setengah kali lebih cepat tumbuh ubah dibandingkan dengan yang non-perokok.

5. Proses Perawatan Rambut yang Salah

Ini juga bisa menjadi pemicu uban lebih cepat tumbuh. Jika rambut Anda dirawat dengan baik dan sesuai, tentu tidak akan mengalami masalah. Namun, jika rambut mengalami perawatan yang keliru atau salah, bisa membuat rambut bukannya menjadi sehat dan indah melainkan menjadi rusak. Beberapa perawatan rambut yang dapat membuat mempercepat tumbuhnya uban, antara lain, pewarnaan rambut, penggunaan hair dryer yang berlebihan, pemilihan shampo yang kurang tepat, terlalu sering keramas, tidak pernah membersihkan rambut, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan uban tumbuh lebih cepat pada usia muda, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana cari menghilangkan uban dengan mudah. Banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan uban pada rambut Anda. Jika menggunakan bahan alami, pastinya Anda tak perlu repot mencarinya, karena bahan alami tersebut cukup mudah didapatkan.

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Sejatinya, rambut memang merupakan bagian penting pada tubuh manusia untuk menutup kepala dari berbagai cuaca maupun hal lainnya. Selain itu, rambut juga salah satu bagian penting untuk menunjang penampilan, baik wanita atau pun pria agar tampilan lebih menarik. Maka dari itu, tumbuhnya uban di usia muda memang sangat mengganggu sekali. Tentu berbagai cara akan dilakukan agar uban hilang dan tak tumbuh kembali.

Namun kembali lagi ke poin di atas, Anda harus memperhatikan faktor apa saja yang dapat membuat uban jadi cepat tumbuh. Jika Anda telah menghindari segala macam hal yang menyebabkan uban tumbuh, tetapi uban tetap muncul, itu berarti terdapat faktor genetik yang mempengaruhi.

Bagi Anda yang sudah terlanjur tumbuh uban di kepala, sebenarnya tak perlu terlalu khawatir. Karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan uban secara alami. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan uban beserta langkah-langkahnya.

1. Biji Pepaya

Mungkin Anda tak pernah mengira sebelumnya, kalau ternyata biji pepaya memiliki khasiat yang sangat berguna. Ini adalah cara alami yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena mendapatkan pepayanya juga cukup mudah. Cara menghilangkan uban menggunakan biji pepaya ini bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut.

Caranya:

  • Pertama, siapkan biji pepaya terlebih dahulu, kemudian cuci bersih. Setelah itu, jemur biji pepaya sampai kering. Jika sudah kering, sangrai atau goreng biji pepaya tanpa menggunakan minyak selama beberapa menit sampai mengering.
  • Kemudian tumbuk biji pepaya tersebut sampai halus. Jika telah halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya. Lalu, aduk dan ratakan hingga tercampur seluruhnya.
  • Jika sudah jadi, berarti Anda telah membuat obat uban alami dari biji pepaya. Selanjutnya, Anda bisa langsung aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sampai merata. Jangan lupa sambil dipijat lembut secara perlahan.
  • Diamkan selama dua jam. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih. Cara ini bisa Anda lakukan kurang lebih 1-2 kali seminggu.

2. Teh Basi

Cara selanjutnya yaitu menggunakan teh basi. Dalam pengertiannya, teh basi di sini maksudnya, Anda membuat teh terlebih dahulu, setelah itu diamkan teh sampai hitam pekat. Itulah yang dimaksud bagaimana cara menghilangkan uban dengan teh basi. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan Seduhan Teh

Yang pertama Anda lakukan adalah menyiapkan teh terlebih dahulu. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa gunakan teh hijau atau pun teh hitam murni, tapi bukan dalam kemasan siap seduh. Lalu, rebuslah teh hijau atau teh hitam murni secukupnya dengan air hingga mendidih dan biarkan seduhan tersebut hingga berubah warna menjadi hitam pekat. Kemudian, diamkan beberapa saat sebelum digunakan untuk menurunkan suhu agar tidak terlalu panas.

  • Bersihkan Rambut

Selanjutnya adalah bersihkan rambut dengan baik dan benar. Bersihkan rambut dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi serta karakteristik dari rambut Anda sendiri. Usahakan membersihkan rambut atau membilasnya menggunakan air biasa atau suhu normal, tidak terlalu dingin atau pun panas. Pastikan kalau rambut Anda benar-benar bersih dan tidak ada lagi shampo serta kotoran yang menempel.

  • Keringkan Rambut

Jika telah dibersihkan, selanjutnya adalah mengeringkan rambut. Dalam hal ini, sebaiknya hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Cukup keringkan rambut menggunakan handuk kering dan bersih yang memiliki tekstur lembut, agar tak membuat rambut cepat rusak. Karena, rambut yang beruban lebih cepat rontok dan mudah patah dibandingkan rambut normal.

  • Aplikasikan Cairan Teh ke Rambut

Jika rambut telah dalam kondisi bersih dan kering, langkah selanjutnya yaitu, mengaplikasikan seduhan teh yang telah didiamkan tadi langsung ke rambut Anda cukup menggunakan tangan. Jangan lupa gunakan juga ampas dari teh tersebut ke rambut secara merata dan berulang-ulang. Sebenarnya untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa merendam rambut ke dalam cairan teh tersebut. Jika sudah teraplikasi ke seluruh rambut, maka diamkan beberapa saat hingga kandungan dalam teh meresap serta bekerja dengan baik ke dalam rambut Anda.

  • Bilas Rambut dan Keringkan

Jika sudah didiamkan beberapa saat, maka langkah terakhir yang Anda lakukan adalah membilas rambut sampai bersih dari sisa teh yang masih menempel. Untuk kali ini, cukup bersihkan rambut dengan menggunakan air mengalir saja, tidak perlu menggunakan shampo lagi. Jika dirasa telah bersih, selanjutnya keringkan rambut dengan handuk bersih dan kering. Dalam hal ini juga sebaiknya hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, agar rambut tak mudah patah dan rontok.

3. Kulit Kentang

Apakah pernah terpikir oleh Anda, bahwa kulit kentang dapat bermanfaat untuk menghilangkan uban? Ya, ternyata kulit kentang memang ada khasiatnya, yaitu dapat menghilangkan uban secara alami. Jika sebelumnya Anda mengupas kentang dan membuang kulitnya begitu saja, sekarang mungkin tidak lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menghilangkan uban dengan kulit kentang, di antaranya adalah:

  • Pilih Kentang yang Bagus

Pertama-tama, pilih 5-6 buah kentang yang segar dan tampilannya bagus. Pilih ukuran yang besar, jika adanya yang kecil-kecil, Anda bisa memilih 7-8 kentang. Usahakan jangan sampai ada bagian yang busuk. Setelah itu, pastikan jika tekstur kentang bagus, yaitu keras, tidak lembek atau lunak. Karena jika ada kentang yang lunak, maka proses menghilangkan uban tidak akan maksimal.

  • Mencuci Kentang Sampai Bersih

Selanjutnya, mencuci kentang-kentang tersebut hingga bersih. Biasanya, kentang yang dibeli di pasar masih tersisa kotoran maupun tanah yang menempel. Gunakan air bersih dan mengalir untuk mencucinya, agar kotoran mudah terangkat serta dibersihkan. Sebab, jika lumpur-lumpur tanah dan kotoran masih menempel, dapat menimbulkan penyakit.

  • Mengupas Kentang

Jika sudah dipastikan kentang tercuci dengan bersih semua, langkah selanjutnya adalah mengupas kentang-kentang tersebut. Kupas kentang dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm dan pastikan kulit kentang terkupas dengan rapi. Jika sudah, letakkan kulit kentang di tempat yang bersih. Sebelumnya, pastikan tangan Anda dan juga pengupas kentang yang dipakai terbebas dari kotoran.

  • Rebus Sampai Mendidih

Setelah semua kentang dikupas, selanjutnya adalah merebusnya. Siapkan panci yang ukurannya cukup untuk kulit kentang tersebut, kemudian siapkan air sebanyak 700 ml. Rebus kulit kentang hingga air mendidih dan biarkan direbus selama 30 menit. Jika sudah 30 menit, matikan kompor dan biarkan hingga suhunya menurun.

  • Saring Air Rebusan Kulit Kentang

Setelah itu, saring air rebusan tersebut agar dapat terpisah dari kulit kentangnya. Karena yang akan digunakan adalah air rebusan kulit kentang tersebut. Lakukan penyaringan sedikit demi sedikit dan masukkan pada wadah bersih yang telah disiapkan, atau bisa simpan dalam botol semprotan atau spray agar penggunaan lebih mudah.

  • Bersihkan Rambut

Jika air rebusan telah siap pakai, pastikan rambut Anda bersih dari debu dan kotoran yang menempel. Maka dari itu, sebelum digunakan sebaiknya bersihkan rambut terlebih dahulu menggunakan shampo. Ketika keramas jangan lupa pijat-pijat kulit kepala Anda agar nantinya memudahkan penyerapan air rebusan kulit kentang tersebut. Pastikan gunakan shampo yang sesuai dengan rambut Anda. Setelah rambut dibilas sampai bersih, selanjutnya gunakan kondisioner. Hal ini sebagai perawatan tambahan serta nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut Anda.

  • Keringkan Rambut

Jika telah keramas dan menggunakan kondisioner, selanjutnya keringkan rambut Anda menggunakan handuk kering yang bersih dan lembut. Sebaiknya saat mengeringkan dengan handuk, rambut jangan digosok-gosok melainkan cukup ditepuk-tepuk. Jika sudah kering sempurna, sisirlah rambut jadi beberapa bagian agar mudah pengaplikasiannya. Pastikan kalau sisir yang digunakan juga bersih dari debu dan kotoran dan sebaiknya hindari penggunaan sisir plastik karena dapat menghasilkan listrik statis yang dapat membuat rambut kusut.

  • Aplikasikan Air Rebusan Kulit Kentang

Jika rambut telah dibagi menjadi beberapa bagian, tinggal langsung semprotkan air rebusan tersebut pada rambut Anda. Semprotkan sedikit demi sedikit, yang terpenting seluruh rambut terkena air rebusan kulit kentang. Jika sudah rata sempurna, pijat lembut kulit kepala Anda agar pori-pori terbuka, sehingga air rebusannya cepat meresap. Setelah itu, diamkan hingga rambut mengering secara alami. Baru setelah kering, Anda bisa bilas rambut Anda hingga bersih.

4. Kopi

Kopi ternyata tak hanya enak untuk dinikmati, tapi juga terdapat banyak khasiat di dalamnya. Ya, salah satunya bisa digunakan untuk menghilangkan uban. Tapi, bagaimana cara menghilangkan uban dengan kopi? Jika Anda sudah tak sabar mengetahuinya, simak penjelasannya di bawah ini.

Caranya:

  • Siapkan kopi murni terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan tiga sendok kopi murni tersebut ke dalam gelas. Siapkan air panas, kemudian tuang air panas tersebut ke dalam gelas berisi kopi. Aduk rata.
  • Pastikan kopi jangan terlalu encer, usahakan tetap kental dan berwarna hitam pekat. Setelah itu, pindahkan kopi pada wadah lain atau mangkok. Diamkan beberapa saat sampai kopi menurunkan suhunya menjadi suhu ruang.
  • Jika kopi sudah berubah suhu, bisa langsung aplikasikan seduhan kopi tersebut pada rambut Anda secara merata. Aplikasikan sedikit demi sedikit menggunakan tangan, sambil dipijat secara perlahan. Kemudian, diamkan selama 30 menit.
  • Jika telah 30 menit, langsung bersihkan rambut Anda menggunakan shampo serta kondisioner setelahnya. Agar rambut menjadi lebih lembut dan juga sehat.
  • Setelah rambut dibilas sampai bersih, selanjutnya keringkan rambut menggunakan handuk kering yang bersih dan bertekstur lembut tidak kasar. Cukup tepuk-tepukkan rambut menggunakan handuk agar rambut tak mudah patah dan rontok.

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, bisa campurkan seduhan kopi murni dengan beberapa tambahan bahan alami lainnya. Misalnya, kopi dengan teh, kopi dengan lemon, kopi dengan kemiri, kopi dengan lidah buaya, dan sebagainya. Dengan demikian, hasil yang diinginkan untuk menghilangkan uban menjadi lebih maksimal.

5. Lidah Buaya

Sejak dulu, tanaman lidah buaya telah dipercaya berkhasiat untuk merawat rambut. Salah satu manfaatnya ialah untuk menghitamkan rambut, dengan kata lain, lidah buaya mampu menghilangkan uban pada rambut Anda. Namun, untuk hasil yang maksimal ada beberapa tambahan lain yang membuat hasil dalam menghilangkan uban tersebut menjadi lebih cepat dibandingkan hanya dengan lidah buaya saja.

Inilah beberapa cara menghilangkan uban dengan lidah buaya yang ampuh mengembalikan rambut hitam Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

1) Lidah Buaya dengan Teh

Dari pemaparan sebelumnya telah dijelaskan, bahwa teh basi atau teh yang telah didiamkan mampu menghilangkan uban. Sebelum mencobanya, Anda bisa simak bahan dan cara penggunaannya.

  • Pertama, siapkan lidah buaya ukuran sedang. Kemudian, ambil dagingnya dan hancurkan sampai halus.
  • Setelah itu, campurkan seduhan teh yang sudah didiamkan semalaman. Lalu, aduk sampai menjadi pasta.
  • Jika pasta sudah siap. Anda bisa langsung gunakan ke rambut sedikit demi sedikit, sambil dipijat perlahan.
  • Setelah itu, diamkan selama 30 menit. Jika telah 30 menit, bisa langsung dibilas dan dibersihkan menggunakan shampo atau keramas seperti biasa. Lalu, bilas sampai bersih.

2) Lidah Buaya dengan Kelapa Hijau

Sepertinya, kelapa hijau sangat nikmat jika dikonsumsi di cuaca panas, karena kesegarannya mampu menghilangkan dahaga. Tapi ternyata, selain menyegarkan serta menyehatkan, kelapa hijau juga memiliki manfaat lain. Kelapa hijau mampu mengembalikan kelembaban alami rambut dan juga memberikan perlindungan terhadap efek buruk sinar matahari.

  • Yang harus disiapkan pertama adalah kelapa hijau ukuran sedang. Lalu, parut seluruh daging kelapanya.
  • Kemudian, siapkan garam satu sendok makan.
  • Setelah itu, siapkan juga gel lidah buaya yang telah diambil dari tanaman lidah buaya ukuran sedang.
  • Kemudian, campurkan kelapa parut tersebut dengan garam. Peras kelapa parut sampai menghasilkan santan.
  • Jika santan sudah siap, Anda bisa langsung oleskan gel lidah buaya ke rambut Anda. Tunggu hingga 15 menit. Jika sudah 15 menit, basuhkan santan tersebut keseluruh rambut dari atas hingga ujungnya. Selanjutnya, diamkan selama 30 menit.
  • Jika sudah selesai, bisa bersihkan dan bilas rambut menggunakan shampo hingga bersih.

3) Lidah Buaya dengan Wortel

Wortel juga berkhasiat untuk melembabkan alami rambut. Selain itu, mampu menjaga pigmentasi rambut agar tetap normal. Kandungan vitamin C dan juga antioksidan pada wortel mampu membuat rambut tampak lebih hitam berkilau secara alami.

  • Pilihlah wortel yang masih segar, kemudian cuci bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu, parut wortel dan peras air wortelnya hingga terkumpul sekitar 50 ml (sebaiknya tak perlu ditambahkan air).
  • Langkah selanjutnya, siapkan gel lidah buaya dan aplikasikan pada rambut Anda secara merata keseluruh permukaan rambut. Pijat-pijat perlahan dan diamkan selama 15 menit.
  • Jika sudah, basuhkan air perasan wortel pada rambut Anda sambil dipijat perlahan. Kemudian, tutup menggunakan handuk hangat dan diamkan kembali selama 15 menit.
  • Jika telah selesai, bisa langsung bilas rambut Anda hingga bersih. Dengan cara keramas seperti biasa.

4) Lidah Buaya dengan Alpukat

Alpukat sepertinya menjadi buah favorit yang sering dijadikan jus. Alpukat juga memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengembalikan kilau alami rambut yang telah memudar karena efek dari paparan sinar matahari. Berikut ini, cara menghilangkan uban menggunakan campuran lidah buaya dan  alpukat.

  • Terlebih dahulu siapkan daging alpukat sekitar 50 gram.
  • Siapkan minyak zaitun sebanyak 5 sdm.
  • Siapkan juga gel lidah buaya yang berukuran sedang.
  • Caranya adalah, gabungkan ketiga bahan di atas dan aduk sampai rata. Sebelum itu, jangan lupa basahi rambut Anda menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan, agar pori-pori pada kulit kepala terbuka.
  • Setelah rambut basah, kemudian langsung aplikasikan bahan campuran tersebut ke rambut Anda, sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan selama 30 menit dan setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air dingin sebelum Anda keramas.

5) Lidah Buaya dengan Kopi

Kandungan kafein pada kopi ternyata memiliki khasiat untuk meregenerasi sel kulit mati yang menyebabkan rambut jadi putih. Untuk itu, sangat tepat sekali jika campuran lidah buaya dan kopi ini akan membuat hasil yang maksimal pada rambut Anda.

  • Siapkan kopi sebanyak 3 sendok makan. Kemudian campurkan dengan gel lidah buaya dan aduk hingga merata sempurna.
  • Bersihkan rambut Anda terlebih dahulu dengan air bersih.
  • Jika sudah, selanjutnya, oleskan pasta kopi pada rambut secara merata keseluruh permukaan rambut sambil dipijat perlahan.
  • Pada proses pendiaman rambut ini agak lama dibandingkan yang lain, yaitu sekitar 1 jam.
  • Jika telah 1 jam, bilas rambut menggunakan air hangat. Kemudian, baru lanjutkan keramas dengan shampo hingga bersih.

6. Cara Menghilangkan Uban dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun nampaknya sudah menjadi pelengkap penting pada kehidupan sehari-hari. Karena banyaknya khasiat yang diperoleh dari minyak zaitun tersebut. Dan satu satu khasiatnya adalah mampu membuat rambut Anda jadi lebih sehat, seperti memperkuat rambut, mengurangi kekeringan atau melembabkan rambut, serta mampu mengembalikan warna alami rambut.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan uban menggunakan minyak zaitun, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

  • Bahan utama yang perlu disiapkan adalah minyak zaitun.
  • Kemudian masukkan minyak zaitun dalam panci secukupnya dan masak hingga panas.
  • Jika sudah, diamkan sebentar hingga suhunya menurun. Jika telah terasa hangat, gosokkan minyak zaitun pada kulit kepala menggunakan ujung jari. Pijat secara perlahan dengan gerakan melingkar. Pijat-pijat kurang lebih selama 15 menit.
  • Tutup rambut menggunakan handuk atau penutup lainnya. Diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya.
  • Lakukan dua malam sekali, agar hasilnya cepat terlihat.

7. Cara Menghilangkan Uban dengan Kemiri

Siapa yang tidak tahu khasiat dari kemiri? Ya, khasiat kemiri memang sudah tidak diragukan lagi.  Kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, tebal, berkilau, dan juga sehat tentunya. Penggunaan rutin kemiri untuk perawatan rambut juga sangat baik, karena kemiri sendiri dinilai sangat aman.

Oleh karena itu, Anda wajib menyimak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghilangkan uban dengan menggunakan kemiri, serta mampu membuat menjadi lebih hitam berkilau. Yuk, disimak!

  • Pertama-tama, siapkan kemiri terlebih dahulu kurang lebih 250 gram.
  • Selanjutnya, bakar kemiri di atas api hingga minyaknya keluar. Jika minyak kemirinya telah keluar, ambil minyak tersebut dan simpan pada wadah bersih.
  • Kemudian, siapkan kain bersih yang seratnya tidak terlalu rapat (bisa gunakan pakaian dalam anak yang sudah tidak terpakai).
  • Lalu, bungkus kemiri menggunakan kain atau kaos tersebut. Kemudian, tumbuk hingga halus.
  • Kemudian, peras perlahan di atas wadah bersih dan biarkan sampai minyaknya keluar. Minyak kemiri telah siap untuk digunakan.
  • Bersihkan rambut Anda terlebih dahulu, pastikan sudah tidak ada lagi debu dan kotoran yang menempel.
  • Oleskan minyak kemiri keseluruh rambut, sambil dipijat perlahan agar meresap ke kulit kepala dan rambut Anda.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih 1-2 jam. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih, hingga tak ada minyak yang menempel. Bisa Anda lakukan dan terapkan secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Lemon

Ternyata lemon juga memiliki khasiat untuk rambut. Lemon sendiri memiliki kandungan vitamin B, C, dan fosfor yang melimpah di dalamnya. Kandungan vitamin dan mineral ini, sangat baik dan penting untuk menjaga kesehatan sel pigmen yang terdapat pada rambut Anda.

Maka dari itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan uban yang dapat dilakukan dari lemon ini. Simak penjelasan penyajian dan penggunaannya di bawah ini.

  • Bahan yang perlu Anda siapkan adalah jus lemon kurang lebih dua sendok teh dan juga minyak kelapa sebanyak dua sendok makan.
  • Pertama, panaskan terlebih dahulu minyak kelapa selama kurang lebih satu menit sampai terasa hangat.
  • Jika minyak telah ditiriskan, campurkan dengan jus lemon dan aduk rata.
  • Kemudian, Anda bisa langsung aplikasikan ke rambut Anda sedikit demi sedikit hingga merata keseluruhan. Lalu, pijat perlahan pada kulit kepala dan juga rambut Anda agar mudah meresap.
  • Lalu, diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bisa Anda bilas menggunakan shampo sampai bersih dan gunakan kondisioner setelahnya.
  • Anda bisa mengulanginya dua kali dalam seminggu.

9. Bawang Bombay

Jika mendengar bawang bombay, pasti Anda langsung tertuju pada sebuah masakan atau pun makanan. Ya, karena bawang bombay sendiri merupakan penyedap yang mampu menggugah rasa pada sebuah masakan. Tapi, apakah Anda tahu jika bawang bombay juga memiliki khasiat untuk menghilangkan uban?

Kandungan yang terdapat pada bawang bombay, yakni vitamin C, asam folat, phyronutrients, serta zat besi yang mampu menunda tumbuhnya uban. Selain itu, bawang bombay juga kaya akan katalase, yaitu enzim antioksidan yang berkhasiat untuk mengembalikan warna alami pada rambut

Cara yang paling mudah adalah, Anda bisa mengkonsumsi bawang bombay setiap hari. Namun, ada cari lain yang juga bisa diaplikasikan langsung pada rambut Anda. Bisa Anda simak di bawah ini cara menghilangkan uban dengan bawang bombay dan penggunaan dalam berbagai cara.

  • Cara pertama, Anda bisa langsung memblender bawang bombay. Kemudian, saring bawang tersebut untuk diambil airnya saja. Lalu, air bawang bombay tersebut bisa digunakan untuk masker rambut.
  • Cara kedua, bisa juga mencampurkan jus bawang bombay dengan minyak kelapa. Perbandingannya 1:1. Jika aroma bawang bombay terlalu kuat, bisa tambahkan satu butir telur dan satu sendok makan minyak zaitun.
  • Aplikasikan masker bawang bombay ke rambut Anda dan kulit kepala. Pijat-pijat secara perlahan agar dapat meresap dengan baik. Lalu, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, bilas rambut menggunakan shampo sampai bersih hingga aroma bawang bombay hilang.
  • Anda bisa lakukan perawatan ini dua kali seminggu secara rutin. Tak hanya mampu menghilangkan uban, namun juga mampu membuat rambut menjadi lebih lembut, kuat, lebat, dan berkilau.

Itulah beberapa cara menghilangkan uban menggunakan bahan-bahan alami. Ternyata banyak sekali bahan yang bisa dan mudah Anda dapatkan, baik di pasar tradisional maupun di dapur Anda sendiri. Jika perawatan-perawatan untuk rambut bisa dilakukan secara rutin, pasti hasil yang didapatkan akan maksimal.

Cara menghilangkan uban secara alami memang sangat mudah dilakukan. Selain itu, Anda tak perlu merogoh kantung lebih dalam demi perawatan rambut untuk menghilangkan uban. Keuntungan yang didapat, karena bahan alami tentu lebih aman dibandingkan perawatan yang lebih menggunakan bahan kimia.

10. Daun Rambutan

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui ada khasiat yang terdapat dalam daun rambutan. Tentunya daun rambutan cukup mudah dijumpai, sehingga tak sulit mendapatkannya. Orang dulu percaya bahwa daun rambutan memiliki khasiat dalam mengatasi masalah rambut, terutama uban. Berikut ini merupakan cara mudah untuk membuat perasan daun rambutan.

  • Pertama, siapkan 10 lembar daun rambutan. Cuci sampai bersih.
  • Jika sudah dicuci bersih, tumbuk daun rambutan sampai halus, lalu tambahkan sedikit air.
  • Selanjutnya, peras daun rambutan tersebut sampai mendapatkan air perasan dalam wadah bersih.
  • Jika air perasan sudah cukup, lalu oleskan air perasan tersebut pada rambut. Terutama bagian yang sering muncul uban.
  • Diamkan selama satu jam. Jika sudah, bilas sampai bersih.

Selain dengan perasaan daun rambutan, ternyata ada cara lain yang mampu menghilangkan uban menggunakan daun rambutan, yaitu dengan tambahan bahan lain. Di antaranya adalah:

1) Daun Rambutan dan Lidah Buaya

Lidah buaya memang tak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan rambut. Maka dari itu, campuran daun rambutan dan lidah buaya cukup ampuh menghilangkan uban secara alami.

  • Siapkan 10 lembar daun rambutan yang telah dicuci bersih. Lalu tumbuk hingga halus.
  • Selanjutnya, sediakan dua buah lidah buaya ukuran sedang. Cuci sampai bersih, kemudian kupas kulitnya.
  • Tumbuk daging lidah buaya sampai halus. Setelah itu, campurkan lidah buaya dengan daun rambutan yang telah dihaluskan juga.
  • Aduk rata sampai menjadi masker. Lalu aplikasikan pada rambut Anda, sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan selama satu jam. Jika sudah, bilas sampai bersih dengan air mengalir hingga tak tersisa masker yang menempel.

2) Daun Rambutan dan Kemiri

Selain lidah buaya, kemiri juga salah satu bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut. Jika dicampurkan dengan daun rambutan, tentu akan menghasilkan khasiat yang jauh lebih ampuh dalam mengatasi masalah uban.

  • Siapkan 12 lembar daun rambutan, cuci bersih dan tumbuk halus.
  • Lalu, siapkan 5 butir kemiri. Sangrai atau bakar hingga menghitam. Kemudian tumbuk pada tempat berbeda.
  • Saring tumbukan kemiri menggunakan kain bersih sampai mengeluarkan minyak.
  • Begitu pun dengan daun rambutan. Saring daun rambutan dan peras hingga mendapatkan air perasannya.
  • Kemudian campurkan dua bahan tersebut dan aduk rata.
  • Selanjutnya, oleskan pada seluruh rambut dan diamkan semalaman.
  • Bilas rambut keesokan harinya menggunakan air bersih.

3) Daun Rambutan dan Santan

Santan ternyata memiliki khasiat yang mampu melembabkan rambut. Selain dapat melembabkan, santan juga mampu menghitamkan rambut secara alami. Campuran santan dan daun rambutan tentu mampu mengatasi masalah rambut beruban. Untuk itu, Anda perlu simak di bawah ini.

  • Siapkan 100 ml santan kental yang dihasilkan dari satu butir kelapa muda.
  • Lalu siapkan 20 ml perasan daun rambutan. Kemudian, campurkan dua bahan tersebut.
  • Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sambil Anda pijat perlahan.
  • Jika ingin hasil maksimal, diamkan selama satu jam.
  • Jika sudah, bilas menggunakan air hangat terlebih dahulu, kemudian dengan air dingin sampai rambut bersih.

4) Daun Rambutan dan Merang

Merang juga merupakan salah satu bahan alami yang mampu menghitamkan rambut. Merang memang memiliki khasiat yang mampu menambah pigmen rambut Anda. Tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal jika dicampurkan dengan daun rambutan sebagai penghilang uban.

  • Siapkan 7 lembar daun rambutan, cuci bersih, dan haluskan.
  • Siapkan merang secukupnya. Bakar dan tumbuk, kemudian ambil minyaknya dengan cara disaring menggunakan kain bersih.
  • Campurkan tumbukan daun rambutan yang telah halus dengan minyak merang hingga menjadi seperti masker.
  • Oleskan masker ke seluruh rambut, sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan selama 30 menit. Jika sudah bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Setelah itu, keramas dengan shampo seperti biasa sampai bersih.

Cara Menghilangkan Uban dengan Obat dan Produk

Setelah mengetahui cara menghilangkan uban menggunakan bahan-bahan alami, ada juga cara instan yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan obat. Obat uban tentunya juga sangat membantu menghilangkan uban secara cepat dan mudah. Karena Anda tinggal menggunakannya sesuai anjuran pemakaiannya. Berikut ini ada beberapa obat uban yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Obat Uban Sari Ulin

Obat uban Sari Ulin ini merupakan obat ramuan tradisional suku Dayak, Kalimantan. Dengan komposisi ekstrak buah ulin, ekstrak buah kelabat, ekstrak buah kemiri, merang padi, dan virgin oil. Bahan-bahan yang digunakan tentu yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan mutu obat uban Sari Ulin.

Manfaat Obat Uban Sari Ulin

Kandungan bahan-bahan alami yang terdapat dalam obat uban Sari Ulin ini tentu memiliki khasiat dan manfaatnya masing-masing. Manfaat utama dari obat uban Sari Ulin ini, yaitu menghitamkan rambut yang telah memutih secara bertahap dan permanen, menghitamkan rambut putih atau uban yang akan tumbuh, dan bekerja dari akar rambut secara efektif serta permanen.

Keunggulan Obat Uban Sari Ulin

Keunggulan dari obat uban Sari Ulin ini adalah obat uban dengan ramuan herbal tradisional yang bebas dari kandungan bahan kimia. Selain itu, aman digunakan untuk siapa saja baik muda maupun tua, tanpa menimbulkan efek samping, terjamin halal karena terbuat dari bahan alami dengan kualitas terbaik.

2. Green Angelica

Green Angelica merupakan obat uban permanen dengan tiga produk yang dimilikinya, yaitu Hair Shampo Green Angelica, Hair Tonic Variant Grey Green Angelica, dan Hair Serum Green Angelica. Dari masing-masing produk obat penghilang uban tersebut, tentunya memiliki keunggulan serta manfaat yang berbeda. Untuk itu, simak penjelasan dari keunggulan produk Green Angelica di bawah ini.

  • Hair Shampo Green Angelica

Shampo Green Angelica ini memiliki manfaat serta keunggulan, yaitu sebagai penumbuh rambut yang mampu menguatkan serta memperbaiki kondisi rambut rusak akibat rambut beruban. Selain itu, manfaat lain dari shampo penghilang uban ini adalah ampuh menghentikan kerontokan dan juga mencegah kebotakan.

  • Hair Tonic Variant Grey Green Angelica

Hair tonic penghilang uban ini merupakan obat uban alami yang terbuat dan diolah dari minyak kastor murni. Hair tonic ini mampu menghilangkan dan menghitamkan rambut beruban secara ampuh. Yang terpenting, obat uban ini tidak mengandung pewarna kimia yang dapat merusak rambut.

  • Hair Serum Green Angelica

Serum vitamin rambut ini terbuat dari minyak kukui, yang mampu menutrisi dan menyehatkan rambut dari dalam. Hair serum ini juga ampuh mencegah kebotakan sejak dini dan mampu menguatkan rambut dari akarnya.

Manfaat Produk Green Angelica

  1. Memudahkan dalam hal menghilangkan uban.
  2. Dapat mengembalikan pigmen hitam rambut.
  3. Menutrisi sekaligus memperbaiki pigmen rambut.
  4. Mencegah timbulnya masalaha rambut bercabang.
  5. Dapat menghitamkan rambut secara perlahan.
  6. Dapat mengatasi masalah rambut rontok ringan.
  7. Menumbuhkan dan menguatkan akar rambut.

Itulah beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan uban. Produk-produk tersebut tentunya cukup aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Anda bisa menggunakan obat penghilang uban ini jika ingin lebih praktis dalam penggunaannya.

Tips Mencegah Timbulnya Uban Sejak Dini

Jika Anda tak menginginkan tumbuhnya uban di usia muda, tentu Anda harus mencegahnya lebih awal. Adapun cara untuk mencegah percepatan tumbuhnya uban di usia muda adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi Nutrisi Pada Rambut

Jika rambut Anda kekurangan nutrisi, tentunya bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban lebih cepat. Oleh karena itu, rambut membutuhkan asupan nutrisi, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin B9, serta zink. Tak perlu khawatir, karena vitamin dan mineral tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dari ikan, telur, tiram, kerang, daging sapi, bayam, sawi hijau, asparagus, almond, kacang mete, dan masih banyak lagi.

2. Mengelola Stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh dan juga mampu mempercepat proses berubahnya warna rambut jadi keabuan. Jadi, jika Anda ingin mencegah pertumbuhan uban di usia musa, dari sekarang harus bisa kelola dan kurangi stres Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan pergi liburan, meluangkan waktu melakukan aktivitas yang Anda sukai. Olahraga. Anda bisa juga berkonsultasi kepada psikolog.

3. Rutin Mengecek Kesehatan

Selain faktor genetik, kekurangan nutrisi, serta kebiasaan merokok, ternyata faktor kesehatan juga mampu mempengaruhi proses pertumbuhan uban lebih cepat. Beberapa penyakit yang mempengaruhi uban lebih cepat tumbuh di usia muda, di antaranya ada vitiligo. Vitiligo yaitu gangguan autoimun yang menyebabkan sel-sel melanosit membuat warna pada rambut berubah. Selain itu, ada hipertiroidisme atau gangguan tiroid. Penyakit ini mengubah folikel rambut sehingga membuat cepat berubah warna menjadi putih, kering, dan juga kusam.

4. Berhenti Merokok

Sudah diketahui bahwa merokok merupakan aktivitas yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok dalam jangka panjang tentunya mampu membuat pigmen pada rambut hilang. Selain itu, juga menyebabkan proses penuaan dini pada tubuh. Maka dari itu, sebaiknya hilangkan kebiasaan merokok Anda jika ingin memiliki tubuh yang sehat serta rambut sehat tanpa uban.

5. Hindari Mewarnai Rambut

Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, sebaiknya Anda mencari tahu apa dampak yang akan dialami bagi kesehatan rambut. Karena mewarnai rambut dapat menyebabkan penuaan dini pada rambut, yaitu rambut akan mengalami proses percepatan pertumbuhan uban. Dengan demikian, sebaiknya hindari mewarnai rambut Anda. Jika ingin benar-benar mewarnai rambut,  maka lakukan dengan cara mewarnai rambut secara alami.

6. Pilih Shampo yang Tepat

Memilih shampo yang tepat merupakan hal yang cukup penting bagi kesehatan rambut Anda. Pilihlah shampo yang kandungan kimianya sangat ringan. Selain itu, pilih shampo sesuai dengan jenis rambut Anda agar tidak membuat rambut rusak. Misalnya, jika rambut Anda rontok, maka pilih shampo untuk rambut rontok dan begitu juga yang lainnya. Jika pilihan Anda tepat dan sesuai, maka akan terhindar dari kerusakan rambut dan beruban pada usia muda.

Dari beberapa cara pencegahan munculnya uban pada usia muda, yang perlu Anda perhatikan adalah mengatur dan menjaga pola hidup sehat. Semua kembali lagi pada diri Anda sendiri. Jika Anda menginginkan tubuh serta rambut yang sehat, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk pada hidup Anda.

Berbagai pemaparan dan penjelasan mengenai cara menghilangkan uban dengan menggunakan bahan alami maupun obat sudah kami jelaskan secara lengkap. Sebaiknya Anda lakukan secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal. Yang terpenting, jangan lupa selalu memberikan asupan nutrisi pada rambut Anda. Menjalani pola hidup sehat. Menghindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan uban cepat tumbuh. Mengatur pola tidur.

Baca Juga: 35 Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami

Semoga ulasan tentang cara menghilangkan uban ini dapat membantu Anda yang mengalami keluhan percepatan tumbuh uban di usia muda. Dengan beberapa cara yang telah dijabarkan, tentunya harus diseimbangkan dengan asupan nutrisi dari dalam tubuh juga. Ingat uban bisa timbul kapan saja dan tidak mengenal usia.

Tags: Menghilangkan Uban, Rambut, Uban

Kecantikan 6 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com