WAJIB TAHU! Inilah 8 Makanan Terbaik Agar Rambut Tetap Sehat

WAJIB TAHU! Inilah 8 Makanan Terbaik Agar Rambut Tetap Sehat

Rambut sehat merupakan salah satu idaman bagi semua orang, terutama bagi para wanita. Banyak dari mereka telah menghabiskan banyak uang untuk membeli produk mahal dalam perawatan rambut agar lebih sehat.

Namun pada kenyataannya, merawat rambut agar senantiasa tetap sehat dan indah ternyata dimulai dengan makanan sehari-hari.

Dilansir dari laman realbuzz.com, inilah 8 makanan terbaik yang dapat merawat rambut agar tetap sehat berikut ini.

1. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian Utuh - 8 Makanan Terbaik Agar Rambut Tetap Sehat

Banyak biji-bijian seperti beras merah dan gandum, kaya akan kandungan vitamin B, termasuk biotin (B7), yang dapat membantu meringankan alopecia dan mengatasi rambut mudah rontok. 

Biji-bijian utuh yang sehat seperti gandum mentah juga merupakan sumber silika yang baik, yang dapat membantu mengurangi kerusakan rambut.

Dengan mengkonsumsi biji-bijian alami, pastinya rambut Anda akan tetap sehat dan kuat. 

2. Kacang

Kacang mengandung protein dan zinc yang cukup tinggi, serta sangat bagus untuk perawatan rambut agar tetap kuat dan licin.

Kacang yang baik untuk dikonsumsi salah satunya adalah kenari, yang dikemas dengan kandungan asam lemak omega-3 dan biotin. 

Lalu, ada kacang Brazil, yang tinggi akan kandungan selenium. Selenium tidak hanya bagus untuk merawat kulit kepala agar tetap sehat, tetapi juga kandungan mineralnya juga bisa membantu mencegah rambut rontok.

3. Biji benih bunga matahari, labu & rami

Seperti kacang-kacangan, semua biji baik untuk kesehatan rambut. Biji bunga matahari adalah sumber biotin yang tinggi. 

Lalu, biji labu mengandung kadar zinc tinggi, dan biji rami merupakan sumber vegetarian omega-3 yang tinggi, kesemuanya dapat membantu menutrisi kulit kepala dan rambut agar tetap sehat dan kuat.

4. Ikan berminyak (Oily Fish)

Jika Anda merindukan rambut yang kuat dan berkilau, cobalah mengkonsumsi ikan berminyak seperti salmon, ikan trout, ikan sarden, dan lainnya. 

Ikan tersebut dikemas dengan kandungan asam lemak (fatty acids) omega-3, yang penting untuk menjaga kulit kepala Anda dalam kondisi baik. 

Tak hanya itu, ikan berminyak juga terdapat kandungan protein, yang penting untuk pertumbuhan rambut dan menjaganya agar tetap kuat.

Lalu, ada kandungan zat besi, yang bisa mengatasi rambut rontok. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh Anda, cobalah untuk mengkonsumsi ikan berminyak dengan jus lemon yang kaya akan kandungan vitamin C.

5. Tiram dan kerang

Ternyata Tiram merupakan sumber nutrisi utama yang sangat penting bagi kesehatan rambut. 

Tak hanya sebagai sumber zinc alami tertinggi, tiram juga sebagai sumber selenium, zat besi dan protein yang sangat baik. 

Kerang juga tinggi akan kandungan mineral sekaligus menjadi sumber vitamin B12 yang baik.

Baik tiram maupun kerang, keduanya sama-sama nutrisi yang cukup baik bagi kesehatan pertumbuhan rambut maupun kulit kepala.

6. Yoghurt

Selain mengandung kalsium yang tinggi, ternyata yoghurt juga merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan rambut.

Bagi Anda yang menderita gangguan kulit kepala seperti ketombe-an, cobalah untuk mengambil yoghurt lalu meletakkannya secara langsung ke kulit kepala dan rambut dan memintanya layaknya keramas saat mandi.

Biarkan selama 10 menit agar kandungan yoghurt tersebut menyerap ke kulit kepala dan rambut. Lalu bilas dengan air. 

Cara ini merupakan salah satu cara mengasyikkan dalam merawat rambut dan kulit kepala.

7. Alpukat

Alpukat dikenal dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal, asam lemak dan vitamin E, yang kesemuanya dapat membantu dalam menutrisi rambut agar terasa kenyal dan kuat.

Agar rambut tetap halus dan berkilau, buah alpukat bisa menjadi bagian dari rutinitas perawatan rambut Anda sebagai pelembab rambut.

Buah alpukat juga bisa menemani aktifitas diet rutin Anda sembari merawat kesehatan rambut. 

8. Telur

Bagi Anda yang mengalami rambut rontok, telur bisa memberikan solusi sempurna. 

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik yang penting untuk pertumbuhan rambut, dan juga kaya akan biotin. 

Telur juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Seperti halnya makanan diatas, telur juga bagus sebagai perawatan luar untuk rambut.

Untuk perawatan yang kaya protein, oleskan langsung telur yang sudah dikocok ke rambut, biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Selamat mencoba.

Tags: Cara Merawat Rambut Alami, Cara Merawat Rambut Secara Alami

Kecantikan 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com